Etalase Maya : Belajar dari distribusi online

Distribusi produk melalui internet rasanya memang tidak familiar, namun itu terjadi dan membuat distributornya menjadi perusahaan yang paling besar di Internet. Distributor itu bernama Google dan produk yang didistribusikan adalah informasi dalam bentuk iklan. Hal yang paling menarik dari distribusi ini adalah distributornya mengemas sekumpulan produk dalam sebuah etalase maya bernama Google adsense. Nah, nama google adsense menjadi begitu terkenalnya hingga lebih terkenal dibanding produk yang diiklankan itu sendiri. Sudah dapat gambaran umumnya? Poin terpenting di sini ada di Etalase maya.

Saat ini, waralaba kelontong atau lebih dikenal dengan franchise minimarket begitu marak hingga tersebar hingga ke pelosok - pelosok kabupaten. Perkembangannya nyata dan masyarakat mulai merasakan beragam kelebihannya dibanding toko - toko kelontong biasa. 2 waralaba retail yang paling banyak berkembang saat ini adalah alfamart dan indomaret. Jika dianalogikan dengan internet, waralaba kelontong ini seperti halnya blog wordpress dan blogger. Penggunanya memiliki alamat berbeda - beda namun memiliki basis domain yang sama, kalau bukan wordpress ya blogspot. Jika diibaratkan outlet/rumah, maka kedua platform tersebut bisa dibilang Outlet/rumah maya.

Kaitan branded outlet maya dan branded outlet nyata sudah ada, dan keduanya memberikan arti besar dalam hal penyebaran 'produk - produknya' masing - masing. Dari sisi finansial sudah bisa kita lihat berapa banyak uang yang berputar di sana. Banyak sekali. Kita permudah dalam list saja hubungan maya-nyata tersebut untuk mempermudah penggambaran :

Outlet :
Wordpress :: Alfamart--> Sukses
Blogger :: Indomaret--> Sukses

Etalase :
Adsense :: ???? --> Super Sukses

Nah, sekarang mari kita fokus kembali ke etalase maya. Sudah adakah branded etalase nyata? Belum ada. Padahal, etalase maya - adsense- merupakan sumber uang terbesar Google. Bagaimana kalau kita coba membuat sebuah branded etalase nyata? Ini masih dalam tataran wacana, dan karena saya yang buat ya akan saya kasih nama seenak saya sendiri.

Adsense :: BoedyBox --> Halah...,narsis (*o*)

Copy paste konsep Google adsense, maka Boedybox ini akan ditawarkan untuk ditempatkan di beragam toko. Produk yang diisikan di boedybox berbeda - beda tergantung keinginan mitra, yang jelas, Boedybox harus sudah terafiliasi dengan grosir/ supermarket besar dengan harga yang murah. Saatnya distributor memiliki brand sendiri (sementara ini brand yang umum adalah Cik ini, Cik itu, atau Koh anu,...hayyaa...)

Baiklah, untuk sementara itu dulu ide tentang etalase Boedybox mengingat posting sudah terlalu panjang. Untuk lebih jelas mengenai strategi pemasaran Boedybox akan dibahas di posting mendatang.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e