Branding Website : Pernik Template

Setelah beberapa hari otak atik template blog, jadi kepikiran tentang branding website via elemen - elemen/ pernik - pernik web. Singkat kata singkat cerita gini :

Ngedandanin blog kan kadang harus nyari - nyari theme nih. Banyak di internet yang pada ngasih theme gratisan. Ada sebagian yang dikasih hanya kodenya aja, ada yang dikasih berikut elemen - elemen penyusunnya (mungkin biar di host sendiri maksudnya biar si empunya theme hemat bandwidth)

Yang ngasih theme hanya kodenya (klo blogspot ya .xml nya), biasanya icon list ato pernik2 mungil lain di host di server gratis dgn alamat yg nggak permanen. Alamat nggak permanen ini filenya nggak bisa 'ditimpa' atau di replace. Kalaupun dihapus lantas upload lagi dgn filename yg sama, alamatnya bisa jadi berbeda.

Para pembuat theme ini nampaknya memang murni membuat theme demi datangnya traffic. Lha lantas gimana biar ada nilai tambahnya untuk si pembuat theme? Nah ini yang jadi pikiran saya.

Kalo saya jadi pembuat theme, maka yang saya lakukan kayak gini :
1. Buat theme yang cantik, banyak pernik - pernik pendukungnya dlm bentuk image. Entah itu icon list, atau ikon judul posting, dll. Yg penting loading tidak terlalu berat, standar aja.

2. Saya simpan pernik2 tersebut di server dengan alamat yang fix, permanen. Kalo yang gratis ya geocities misalnya. Lebih baik lagi klo server berbayar.

3. Saya kasih kode theme dalam bentuk kodenya aja, jadi loading pernik tetap dari server saya.

4. Saya sebarkan gratis seperti umumnya para pembuat theme.

Nah setelah itu tinggal tunggu waktu aja theme itu dipakai banyak orang. Makin OK yang pakai tentu makin banyak. Biasanya orang malas buat download pernik2 tsb satu persatu untuk di host sendiri, asalkan theme dipasang dah oke ya udah. Jarang yang mo ribet kecuali emang theme addict.

Nah, sekarang menciptakan awarenes dan kesadaran branding bisa lewat pernik - pernik tadi. Misalkan aja setiap 2 hari sekali selama 6 jam pernik di alamat yg fix tadi kita replace dengan elemen lain. Gimana akibatnya?

Contohnya aja icon list bulet ijo kayak di samping blog saya itu tuh. Gimana misalnya kalo sewaktu - waktu tahu - tahu jadi logo Toyota atau Pertamina misalnya. Selama ukurannya sama dan tidak terlalu menganggu saya pikir tidak masalah. Pengguna template tdk akan terlalu keberatan. Apalagi jika hanya sewaktu - waktu saja. Itu kalo si empunya blog menyadari (klo sampe sadar berarti aware replace ikon sukses), misal yg sadar cuma pengunjungnya aja, ya tetap sukses juga (maksa,hehe..)

Nah sekarang kita coba pelajari :
1. Lebih atraktif & lebih menimbulkan awarenes mana icon mungil yang berganti tanpa terduga dibanding banner gedhe tapi itu2 aja? Setahu saya sih apa - apa yang mudah diduga lebih mudah untuk diabaikan ;)

2. Berapa mahal sih biayanya untuk icon semungil itu? Kayaknya tetep masih murah deh, apalagi kalo hostingnya gratis.

3. Potensinya? Misalkan ada 100an orang yg pake theme tsb n tiap blog dikunjungi 100 orang, ya potensinya 10 ribuan view lah. Klo ikon list yg berulang muncul tiap baris di sidebar, pasti cukup meriah dan mengena. Lumayan kan? Itu baru icon mungil. Blom yang lain.

Nah, itu sekilas pelajaran yang saya dapat selama otak atik theme. Bagi saya, branding itu bisa disebut branding kalo yang kena tuh web/blog orang lain dimana identitas brand kita tampil di situ. Klo brand kita terpampang hanya di situs kita aja ya kayak Spanduk IM3nya Indosat dipajang hanya di kantor Indosat sendiri. Sama juga bo'ong ;)
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

Toni @ NavinoT said...
Totally like this new theme! Bagian widget RSS itu, ada impact SEO-nya gk? *curiga :D*
BudiTyas said...
Hue..he.., ada ^_^. Malah lumayan besar.
Pernah dicoba, blogku yg lain yg ga pernah aku apa - apain, cuman ada posting sebiji, malah nongkrong di hal depan Google. Gara2nya list update blog via Rss Itu ntuh. Lagian enak juga, klo ada yg update lsg tahu.
dani said...
lah saya sbg pengunjung lbh milih kl langsung ke post asli dibanding rss-nya
lbh usable dan aksesibel gemana gitu.. :)

tp itu ya lbh ke canggih ngganya google :(
katanya sih dah punya bedain konten duplikasi mana, aslinya mana...
BudiTyas said...
Bagian widget rss yg ada reguler, teknis, ma artis tuh di crawl google jg ternyata. Krn Tiap hari ada yg pada update, lumayan numpang tambah2 keyword. Di search google disamping situs asli, blog kita kadang jg ikut ke list, padahal kontennya dah otomatis ganti, wong rss update terus. Pas blog kita di klik, udah keupdate, nggak ada lagi materinya. Pengalaman sih gitu. Nggak tau tu google.

Klo baca2 sih emang enak langsung ke situsnya, jarang yg pake reader. Orang subscribe RSS jg belum tentu dibaca di reader. Paling kayak saya, dipajang jd widget. Itu keitung jg ternyata. Feedburner subscribernya nambah. Jd kepikiran cara licik nih biar blog keliatan keren..;p banyak subscribernya...

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e