Format Iklan Internet Masa Depan

Pernahkah anda bertanya - tanya mengapa iklan baris google lebih menarik dibanding iklan gambar/flash yahoo? Jawabannya ada di koneksi internet anda sekalian. Pada saat itu (mungkin hingga saat ini) iklan gambar adalah beban karena berat secara relatif mengacu ke kemampuan koneksi rata - rata pengguna internet. Kelebihannya iklan Google cuma satu. Enteng.

Pada dasarnya saat transfer data itu bukan hambatan, sebuah informasi jika ditilik menarik atau tidaknya justru jadi terbalik. Kita bandingkan dengan iklan konvensional saja, maka yang paling menarik adalah iklan video, kemudian gambar, baru iklan text. Dilihat dari tarifnyapun bisa langsung kelihatan mana yang lebih mahal.


Iklan itu menarik karena 2 hal. Pertama konteks iklannya, kedua adalah art dari iklan itu sendiri. Dilihat dari konteksnya, ketiganya sama - sama mendeliver informasi pengiklan, namun dari sisi artnya, media video/gambar bergerak jauh lebih kaya.

Dengan makin majunya teknologi, koneksi jadi makin cepat, dan bukan tidak mungkin dalam 3-5 tahun ke depan koneksi broadband yang murah sudah ada di mana - mana. Lantas bagaimana dengan keunggulan Google? Kalau Google tetap fokus hanya ke iklan baris, mungkin saja ia akan ketinggalan jaman. Ia bisa saja dikejar lagi oleh yahoo (yang saat ini tidak terlalu menarik karena iklan gambarnya)

Saya membayangkan apa jadinya jika iklan - iklan tv yang menarik dan lucu - lucu itu bisa dengan mudah tayang di internet. WoW. Pasti hilang obrolan kita di internet yang bilang, "Dah pada liat iklannya Oalah..Agus Three di TV?" berganti, "Liat iklan Three di Yahoo ga?, iseng tadi ngeklik eh ternyata lucu lho..."

Itu harapan masa depan. Dengan adanya iklan video/gambar, selain lebih menarik, maka akan lebih banyak lagi ahli - ahli desain/ director yang dapat pekerjaan, dan tentunya dunia desain akan lebih berkembang. Untuk tahap perkenalan, bisa saja sebenarnya Google atau Yahoo mulai mengaplikasikannya sekarang, dengan memberikan pilihan buat pengguna tentunya agar pengguna yang koneksinya lambat atau terbeban bandwidth bisa memilih untuk tidak menerima iklan jenis tersebut.

Koneksi ke depan akan makin cepat dan makin baik. Itu sudah pasti. Nah, mulai dari saat inilah kita seharusnya sudah punya prediksi ke depan. Ide - ide kecil bisa saja jadi peluang.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

Rommi Ariesta said...
Mari kita berdoa, internet di indonesia semakin wus-wus dan wus, tentunya murah.

Semakin bergeraknya zaman, orang semakin rakus terhadap resources. Lihat saja, memori komputer 10 tahun dan bandingkan dengan sekarang.

Pastinya secara alami kita memang lebih menyukai melihat dari pada membaca. Ilustrasi/iklan dalam format audio visual memang lebih menarik.

Peluang memonetasi blog akan berkembang pula.
BudiTyas said...
Wah, ternyata okezone udah mulai pake movie di bagian kanan atas tampilan web. Baru tahu nih. Iklan rokok absolute mild. Keren juga dimodel widescreen tanpa frame.
BudiTyas said...
Hari ini juga mulai terlihat vivanews pasang movie, cuma ada framenya jadi kalah keren dibanding okezone. Masak iklan bisa di maju mundurin kayak youtube, lihat sekali bosen dong..?
mind author said...
thanks bro infonya..menarik ! salam kenal

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e