Metode Menghafal Hanifida

Hanifida adalah metode hafalan dengan sistem asosiasi, dimana objek yang dihafal dihubungkan dengan kalimat/kata yang mudah mudah untuk dihafal dan diasosiasikan. Nama Hanifida sendiri berasal dari nama pembuat sistem hafalan tersebut, yaitu ustadz Hanif dan istrinya, ustadzah Ida dari Jombang. Metode ini sudah dipatenkan pada tahun 2006


Sistem hafalan ini terbukti efektif untuk anak - anak dimana anak dibawah usia 10 tahun sudah mampu menghafal Quran beserta artinya. Dengan metode hanifida pula anak mampu menghafal deret 100 angka dalam 2 menit. Sejauh yang saya baca, belum ada contoh efektifitas metode tersebut untuk orang dewasa. Kalau anda sendiri, berapa panjang angka yang bisa anda hafal? Coba deh bikin urutan 3 nomor HP di phonebook HP anda kemudian dihafal. Itu baru max 36 angka lho (asumsi 12 digit per no HP). Kalau dah bisa, coba sebutkan dengan cara terbalik. Bisa? Haha, pasti syusyah...!
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

11 komentar:

dinioctaviani said...
mau tau cara metode hanifida menghubungi kemana ya,,??
BudiTyas said...
Haloo? Ada praktisi hanifida yang baca? Sabar ya mbak, saya mo jadi ditektif dulu melacak hanifada ini. Laporan akan saya post secepatnya.
Anonymous said...
TOLONG, tolong info lengkapnya dimana bisa di dapatkan bukunya , sama siapa bisa belajarnya... untuk daerah Medan sudah ada belum. tks Joko Medan
BudiTyas said...
Sejauh yang saya tahu, infonya di La Raiba, timur pasar bandung, jombang jatim. Ph 081553166216/0321-851004/7163566.

Kalau menilik metode ini sudah ada sejak 2006 dan sifat pelatihannya komersil, saya jadi sedikit bingung dengan info dari detik. Apakah berita atau advertorial?

Sayang training center tsb kurang responsif, kalau lebih responsif momen ini bisa dimaksimalkan lewat blognya. Klo memang minat, kayaknya lebih efektif lsg telp aja.
anis said...
Bukunya sekarang sudah ada di klub guru jabodetabek. kalau mau belajar juga bisa harganya 125.000. murah kannnn!!!!
eribudi said...
Ada yang bisa kasih tahu dimana saya bisa membeli buku ini secara lengkap?
Di klub guru sudah tidak dijual lagi, sekalipun dijual harus mengikuti pelatihan yang mahal.
Mohon informasinya ke eri_file@yahoo.com

terimakasih
Anonymous said...
DI Kaltim Balikpapan telah dilakukan training metoda Hanifida ini, 2 angkatan,Akt I : tgl 21-22 Maret,2009 di hotel ZUrich dan Akt II : tgl 11-12 April,2009 di hotel Le Grandeur. Untuk angkatan ke II, di adakan juga training kelas bedah otak bagi yang telah mengikuti training teknik menghafal Al-Quran dan Hasmaul Husna. Mayoritas peserta dewasa dan ada juga beberapa orang remaja dan para peserta cukup antusias.Karena training ini masih baru selesai, maka belum ada feedback tentang efektifitasnya. Sebagai salah seorang peserta saya sangat rekomendasikan kepada semua untuk dapat ikut training ini.
Aldi said...
ada yang tahu gak kalau di makassar di mana kita bisa belajar metode ini ? atau membeli bukunya?
krisyandi said...
untuk yang ingin tahu ttg hanifida bisa dilihat di : www.laraibahanifida.co.cc
mudah-mudahan bermanfaat
wassalam
(kanoeku@yahoo.com)
ada yang tahu perhimpunannya di makassar atau udah ada nda buku and cd nya beredar di makassar.di mana?
BudiTyas said...
Coba contact via phone aja. Nampaknya penyebaran metode ini belum meluas. Misal berminat, dengan contact via phone mungkin bisa dikirim materinya.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e