Re-Class Untuk Membuka Pasar Baru

Jika anda melihat beragam toko di kanan kiri anda sepanjang perjalanan, maka anda melihat beragam jenis toko dengan beragam dagangan. Jika dipilah, maka ada toko kelontong, toko buah, toko meubel, dan semacamnya. Dalam pemrograman, mereka bagaikan kelas - kelas yang menjalankan fungsinya tersendiri.

Sekedar mempelajarinya dan mengikuti arus tidak akan memberikan nilai tambah apapun. Bagaimana jika class - class toko itu kita coba kelompokkan sendiri menurut cara kita, jaman kita, dimana ada nilai tambah lebih dari sisi kompetisi? Mampukah kita?


Contoh mudah :
Restoran, Toko Meubel, Bengkel, Toko buah.
Gampang bukan untuk mengetahui pengelompokannya berdasar apa? Well, yang ini agak sulit untuk di re-class, hehe..

Ambil contoh lain :
Indosat, XL, Telkomsel, Esia, Fren, Smart, Flexy, Starone, Ceria.
Bisa mengkategorikan pengelompokan berdasar apa? Ya,..yang ini nampaknya bisa di re-class

Misalkan saja kita lihat skema distribusi mereka hingga ke customer. Ada dealer, grosir, dan retail. Masih terbuka cara pandang yang lain jika dilihat dari produk operator selular tersebut, misalnya : Penjual Perdana, Penjual Voucher fisik, Penjual tronik, Penjual layanan data.

Orang yang jualan voucher fisik,tronik, sekaligus perdana ini banyak sekali jadi sulit dianggap class yang berbeda, tapi layanan data bisa dipisahkan. Ia bisa di re-class untuk menjadi genre outlet mandiri yang mengusung layanan khusus data.

Misalkan saja : POSIDE, layanan internet wireless anda. Yang dijual diantaranya : Smart Internet, Ceria Internet, IM2, Telkomflash, XL broadband, dan layanan internet wireles lain. All about wireless mulai dari kabel data, layanan pasang, pemilihan layanan sesuai letak geografis dan tangkapan sinyal terbaik, dan lain - lain. Class baru ini bisa dimaksimalkan dan berkembang di masa mendatang seiring dengan majunya teknologi wireless dalam menyajikan Internet murah sekaligus makin terbukanya masyarakat terhadap kemajuan jaman. Dengan memfokuskan ke bidang satu ini, ada banyak kemungkinan yang bisa diperdagangkan, jadi tidak cuma terbatas pada pemasangan awal. Bisa saja berkembang menjadi toko modem, antena luar penguat sinyal, jasa servis koneksi internet, dan masih banyak lagi, termasuk pedagang yang paling kompeten untuk merekomendasikan HP apa yang paling nyaman untuk berinternet ria. Artinya, masyarakat yang ingin memiliki dan punya kendala seputar internet wireless bisa mempunyai toko rujukan dimana ia bisa mendapat pertolongan jika mengalami kendala. Itu contoh kemungkinan re-class dari taburan layanan dan barang dagangan yang main variatif di sekitar kita.

Ada lagikah kemungkinan re-class atau genre baru yang mungkin hadir dalam waktu dekat? Jika ada, pastikan anda jadi yang pertama. Selalu ada ruang terbuka dengan menciptakan genre bisnis sendiri daripada beradu dengan class - class bisnis yang sudah mapan dan dikenal orang.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

1 komentar:

Index Annuity said...
awesome article is presented nice way.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e