Tools Berguna Khas Blogger Pemula

Apa yang ada di blog pemula dan blog yang sudah 'manula^_' tentunya berbeda, termasuk peralatannya. Menjadi beginner tidak perlu malu mengakui karena yang expertpun awalnya adalah beginner/pemula. Dalam 2 bulan blog ini berjalan, ada beberapa tool khas pemula yang sangat membantu saya untuk lebih memaksimalkan traffic blog. Beberapa diantaranya :


1. Feedjit. Feedjit memberi saya banyak sekali informasi. Diantaranya : dari mana pengunjung berasal, jika dari search engine kata kuncinya juga langsung ketahuan. Dari mana mereka(koneksi netnya) berasal, dari blog ini menuju kemana, dll. Enaknya feedjit adalah data yang tampil realtime, jadi enak untuk pemula. Mungkin bagi yang trafficnya ribuan/hari sudah tidak praktis lagi, tapi selama masih di kisaran ratusan, data feedjit masih enak untuk dipantau.

2. Who's among us. Tool ini menarik karena menyimpan informasi total pengunjung yang online di blog kita secara realtime sekaligus menampilkannya dalam grafik, jadi kita tahu di jam - jam berapa saja pengunjung biasanya baca - baca blog kita.

3. My pagerank. Ini juga menarik karena secara realtime membantu kita memonitor jumlah visitor, pageview, dan data - data lain demi pengembangan situs lebih lanjut.

Nah, 3 tool itu yang menurut saya paling penting untuk pemula. Tidak perlu malu menampilkannya jika dengan melihat data itu mampu membantu anda meningkatkan kualitas situs anda. Tool tersebut bukan untuk pamer (apa yg mau dipamerin?hehe), tapi lebih ke pemantauan progres situs. Untuk beginner, data realtime penting sekali. Traffic keluar masuk setiap saat perlu benar - benar kita cermati. Jika traffic anda sudah tinggi, nampaknya tool tersebut tidak perlu kita pakai lagi. Rekapan harian rasanya lebih dari cukup. Jangan terbalik - balik. Yang senior pasang buat pamer, yang junior enggan pasang karena gengsi. Wah,...

Btw, karena post pakai hp, sulit utk buat link. Jika ada yang minat pakai 3 tool diatas, silahkan langsung saja lihat di samping. Semua tampil di situ dan bisa anda klik untuk menuju website pembuatnya.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e