Logika Pagerank

Sekedar permainan logika saja, anda boleh sependapat, boleh juga tidak. Ini mengenai pagerank. Jika anda diminta untuk mendesain sistem pagerank, aturan seperti apakah yang akan anda terapkan untuk menentukan ranking suatu situs? Google membangun metodenya dengan logika, dan jika kita pakai alur logika yang sama dalam memprediksinya, maka hasilnyapun tentu kurang lebihnya akan sama. Berikut ini adalah logika sistem penentuan PR dari sudut pandang poside :


1. Pada dasarnya, search engine akan berlaku seperti halnya directory. Ia akan mengindeks dan mengelompokkan situs di internet meski sifatnya tidak sekaku directory. Jika poside adalah pendesain pagerank, maka saya akan mengubah N/A menjadi PR 0 setelah ada cukup informasi dalam suatu situs untuk mulai dikelompokkan/dikategorisasi.

2. PR 1 akan diberikan jika suatu situs memiliki cukup materi untuk bisa dispesifikasi dari sisi konten tanpa harus memperhitungkan link dari situs lain. Justru link ke luar menuju suatu situs dengan PR tinggi akan diperhitungkan karena sedikit banyak memberikan penjelasan mengenai materi yang disajikan.

3. Untuk mencapai PR 2 ke atas, maka link mulai dilihat keluar masuk dan kualitasnya. Kualitas disini dilihat dari kesamaan materi. Link masuk dari situs2 yang belum jelas kategorinya (PR 0) maka tdk akan mempengaruhi PR, tapi jika link itu dari situs yg minimal sudah PR 1, maka ada poinnya karena PR 1 sudah teridentifikasi materinya, dalam arti, link PR 1 mampu memberikan kepastian lebih bahwa pengelompokan yang dilakukan sudah tepat. Sebaliknya untuk link keluar, jika terlalu banyak bikin link keluar untuk situs - situs PR rendah, situs dengan konten yang belum cukup terspesifikasi (apalagi jika ternyata beda materi), maka PR terancam turun karena mempersulit peranking dalam menentukan kategorisasi situs baru. Jika melink ke PR yg lebih tinggi, PR tidak turun, tapi juga tidak naik.

4. Untuk PR level selanjutnya, link dari situs dengan materi yg sama secara global akan diperhitungkan, jadi PR tinggi akan lebih mudah dicapai jika kontennya spesifik dan tidak banyak tersedia di internet karena dengan konten yang spesifik, sedikit link dari situs lain yang berkategori sama sudah cukup secara prosentase untuk menjadikan suatu situs 'penting' di topik tersebut.

Beberapa hal lain yang muncul sebagai akibat logika yang digunakan :
1. Link dari situs PR tinggi ke situs PR rendah akan membuat situs PR rendah meningkat rankingnya karena hal itu "PR tinggi memberitakan tentang kategori situs PR rendah" sehingga mempermudah peranking menentukan kategori situs PR rendah tersebut meski hal itu beresiko bagi pemilik PR tinggi.

2. Jika yang melink ke situs PR rendah adalah situs - situs PR tinggi namun berbeda - beda kategori/materi, bukannya PR yang akan naik, justru situs PR tinggi yang kemungkinan akan turun. Situs PR tinggi tersebut membuat algoritma pagerank kesulitan mengkategorisasi situs - situs baru. Daripada bikin rusak metode pengelompokan, lebih baik PR tinggi yang asal bikin link tersebut di drop rankingnya.

Lantas bagaimana cara pengelompokan suatu situs? Bukankah kategori akan sangat variatif mengingat banyaknya jumlah situs web di dunia? Kalau saya punya mesin pencari, kategorisasi dinamisnya jadi sangat mudah. Misalkan page anda bertitel bisnis online, maka SERP yang terbentuk dari kata tersebut adalah anggotanya (dari kelompok bisnis online). PR tertinggi kemungkinan dimiliki oleh situs yang dilink lebih banyak oleh mereka yang tampil di SERP. Jadi, bukan PR yang mempengaruhi SERP, malah sebaliknya, meski pada akhirnya PR tinggi tetap memiliki kans lebih besar untuk muncul di halaman depan hasil pencarian.

Jika logika di atas benar, maka ada cara terbaik untuk meningkatkan PR yaitu dengan melihat title page kita dan mencari web serupa di search engine dan mengajaknya bertukar link. Melakukan link antar situs yang sama - sama tampil di search engine di kata kunci yang sama adalah salah satu cara paling cepat dan paling aman untuk meningkatkan PR. Cara lain yang agak nakal adalah model dummy blog dengan content serupa. Tautkan satu sama lain dengan ujung web/blog utama.

Bagaimana cara cepat menurunkan PR? Gampang saja. Bikin aja banyak - banyak link ke situs - situs yang sama sekali tidak akan muncul bersama dengan situs anda di SERP (berarti benar - benar sudah tidak sekategori).

Melakukan kalkulasi tersebut tentunya tidak bisa dalam sekali waktu karena menyangkut hubungan antar situs. Wajar saja jika Google melakukan perubahan PR secara periodik, bukan harian. Nah, friend, tertarik mencoba mengoptimasi PR anda dengan berdasar logika di atas?
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

nyubi said...
wah, gitu yah mas
mkasih banget infonya
BudiTyas said...
Itu masih hipotesa mas, blom dikonfirmasi melalui percobaan. Silahkan dicoba. Apapun hasilnya, pasti akan berguna untuk dipelajari lebih lanjut
CintaHerbal said...
aku juga penasaran dgn page rank, blog saya juga tahu2 pagerank udah 1, padahal baru 2 bulan umurnya
dimas said...
bisa dijadikan suatu patokan untuk mendapatkan pagerank ...

bisa di coba tuh tipsnya ...

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e