Menjual : Ekstraksi Beragam Keahlian

Untuk beberapa post ke depan, poside akan membahas lebih lanjut tentang menjual. Informasi yang diketengahkan berasal dari pengalaman pribadi, rekan/praktisi, dan tentu saja: internet. Jika anda tertarik, mari kita bahas bersama - sama.


Keahlian menjual merupakan ekstraksi beberapa keahlian, diantaranya:
1. Membangun kredibilitas dan pengenalan karakter
2. Presentasi
3. Negosiasi
4. Deal/closing
dimana keahlian - keahlian tersebut diaplikasikan dalam durasi terbatas.

Menjual bisa berarti banyak hal, seperti menjual ide pada atasan, menjual strategi marketing pada perusahaan, menggoalkan kerjasama, dan masih banyak lagi dimana tidak diartikan secara sempit hanya menjual barang atau jasa. Lebih dari itu, kemanpuan menjual adalah skill dasar bagi individu sebagai sebuah sumber daya agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang.

Dalam banyak kasus, kita tidak punya keleluasaan waktu untuk memaparkan apa yang ingin kita jual. Entah karena yang ingin kita presentasi terlalu sibuk atau target kita sendiri yang cukup banyak bisa jadi penyebabnya. Dalam menjual, ada 4 hal tadi yang perlu dilakukan. Jadi, pintar - pintarlah mengekstraknya agar keempatnya tetap terlaksana dengan waktu yang terbatas. Secara garis besar, berikut ini esensi 4 hal di atas:
1. Kredibilitas dan pengenalan karakter.
Berkenalan dan berbincang sebagai pembuka adalah saat yang sangat penting. Di situ, kredibilitas anda akan dinilai. Entah melalui seragam, ID card, hingga cara anda berbicara. Di saat yang sama andapun menilai dan mengengali karakter prospek anda. Membangun kredibilitas dan mengenali karakter sulit dipisahkan karena setiap karakter menilai dengan kacamatanya sendiri. Jadi, bisa dibilang bahwa membangun kredibilitas dan mengenali karakter prospek harus dilakukan secara simultan.

2. Presentasi.
Saat semua terbuka, maka itu saat anda mempresentasikan dagangan anda. Dari pengamatan karakter di step sebelumnya anda bisa tahu bagaimana seharusnya anda mempresentasikan dagangan anda tersebut. Beda karakter beda cara, dan anda akan melakukan hal ini dengan lebih baik seiring meningkatnya jam terbang.

3. Negosiasi.
Jika presentasi berhasil dan tumbuh minat, maka langkah selanjutnya adalah negosiasi. Kalau versi lapak di pasar, negosiasi adalah tawar menawar.

4. Deal/closing.
Ini penutup negosiasi. Inti dari closing sebenarnya adalah menumbuhkan keyakinan bahwa keputusan yang telah disepakati adalah tepat. Di saat yang sama juga membuka kesempatan di waktu - waktu mendatang untuk menjual pada orang yang sama.

Jika anda ingin terjun sebagai wirausahawan, setiap langkah adalah menjual, baik menjual keahlian, produk, atau kerjasama bisnis. Jadi, bagi wirausahawan, 4 hal itu harus terus menerus dilatih agar mengalir secara alami dan mendarah daging.

Note: jam terbang sayapun belum tinggi, but i'm on the way through. Learning...by doing. Jika anda ada sample case dalam menjual, please share. Pasti jadi bahasan yang menarik :)
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e