Possibility dan Opportunity

Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata kemungkinan dan kesempatan? Kalau anda seorang yang punya banyak waktu luang, seorang pengamat, editor, atau komentator, maka 'kemungkinan' merupakan kata yang sangat menarik dibahas. Possibility is future. Mungkinkah kita membuat aplikasi sukses serupa facebook versi Indonesia? Mungkinkah bikin twitter lokal yang berhasil? Mungkinkah pemasaran horisontal memegang peran besar di masa mendatang? Jawabannya adalah mungkin dan tidak mungkin dengan argumen masing - masing. Kapan hal itu terjawab adalah unknown.


Jika anda pebisnis betulan, ada satu kata yang prioritasnya ada di atas kemungkinan. Opportunity. Kesempatan adalah ruang terbuka dimana sesuatu belum/sedikit tersedia, tapi banyak peminatnya. Dalam arti kata, jika kita menyediakan, maka kemungkinan suksesnya sangat besar.

Mungkinkah kita membuat facebook ala indonesia? Jika anda jawab dengan pembuktian, anda bukan orang bisnis. Jika orang bisnis, yang dijawab adalah opportunities, bukan possibilities. Jika ada orang dari suatu perusahaan datang pada anda dan bertanya, bisakah membuat program bla bla bla dengan bea sekian dalam tempo sekian? Jika anda menjawabnya dan bertindak, berarti anda orang bisnis. Itu opportunity. Menjawab opportunity adalah uang sekaligus kebanggaan. Menjawab possibility berarti kebanggaan, tapi belum tentu uang. Bisa jadi anda justru rugi waktu, uang, dan melewatkan banyak kesempatan,...demi sebuah pembuktian, demi sebuah kebanggaan, yang entah berakhir kapan.

Jika anda berencana menghidupi anak istri, switch quicly. Jangan berputar - putar terus dengan possibility. Kejar opportunity.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

margo said...
Bos....Jangan cuma bisa ngomong dong....emang punya bukti praktis & empiris atas artikel tersebut?
BudiTyas said...
Coba cek microsoft, dia mengawali perusahaan krn opportunity di software traffic lalu lintas, kemudian ada opportunity OS untuk PC dari IBM, dia embat pula. Contoh lain adalah facebook. Mark Z tidak berkiblat ke FS atau Myspace, dia melihat opportunity bahwa rekan2 kampusnya butuh media sosialisasi yg cocok. Jadilah FB. Mereka menjadi besar karena memanfaatkan opportunity, demand yg ada, bukan possibility.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e