Keahlian Agen Publik Perusahaan

Melanjutkan post sebelumnya, apa sih kebutuhan dan keahlian yang harus dimiliki seorang agen publik? Berikut ini daftarnya :


1. Identitas ganda.
Jika anda pernah nonton film2 spionase, seorang agen rahasia biasanya memiliki paspor dengan nama berbeda - beda. Dengan konsep yang sama, agen publik memperoleh identitas ganda dengan mudah dan murah. Pakai multiple nickname dengan akun email berbeda - beda. Agen publik yang bagus punya paling tidak 10 akun email yang terus diganti secara periodik.

2. Paham psikologi massa.
Agen harus tahu kapan saatnya bertindak, dengan identitas yang mana aja, dan apa saja teknik2 yang harus digunakan. Sebagai contoh saja, seorang blogger populer bisa mempost berisi sentimen negatif thd suatu brand, dan biasanya, banyak yg mendukung via comment. Tanpa perlakuan khusus, ini bisa jadi rangkaian gerbong kesaksian negatif yang panjang. Sangat buruk untuk brand. Nah, agen publiklah yg bertugas memutus gerbong, dan kalau memungkinkan justru mengubah arahnya.

3. Paham model2 diskusi.
Agen dengan beragam ID harus paham model2 diskusi, jadi bisa terjun ke arena dengan ID yg sesuai dgn cara yang sesuai. Sangat sulit memblok sebuah post negatif yang kuat dan intelek. Nah, untuk memutus arus pengaruh, si agen bisa saja merusak ritme diskusi, alih - alih berdebat dgn kemungkinan kalah lbh besar. Dgn merusak ritme, post bisa jadi tdk menarik lagi, dan itu cukup utk meredam berkembangnya opini lebih jauh.

4. Paham dengan social media.
Rasanya tdk perlu penjelasan lagi. Ibarat petani, inilah sawahnya.

5. Lainnya (brani usul?)

Di samping hal - hal di atas, ada juga yang perlu dihindari, misalnya :
1. Memiliki blog/situs dengan tema brand yang dibela.
Jika ini terjadi, ibarat menyamar, anda mengaku terang2an kalau anda agen rahasia. Lucu sekali.

2. Merepresentasikan diri sendiri, bukan identitas tertentu.
Saat terlibat dlm diskusi panas, bisa jadi anda bicara mewakili diri anda sesungguhnya, baik gaya penulisan maupun metode penyampaian. Jika itu terjadi, maka terbentuk multiple identity yg homogen. Anda mudah ketahuan. "Kok si A spt anda? Kalian orang yg sama ya? Wah, mata2 perusahaan ni yee...". Kacau deh.

3. Jadi terkenal.
Jadi james bond? Pada kenyataannya, agen rahasia yg baik itu tidak terkenal. Jika agen sampai terkenal, kesalahannya pasti : terlalu lama dan intens dgn satu ID atau terlalu intens dlm diskusi dgn satu ID. Itu jelas nggak bagus. Resiko ketahuannya besar.

4. Salah target.
Agen tidak berusaha menggiring opini tapi justru berusaha meyakinkan para peserta diskusi. Agen lupa kalau fungsinya sbg katalis, bukan reaktan yg terlibat intens dlm diskusi. Publik bukan sekedar peserta diskusi, tp juga pembaca umum(yg biasanya mayoritas).

Pada intinya, internet itu media bebas yang buta. Tidak ada beda manusia satu dgn yang lain. Sebuah media bebas yang berpengaruh dan relatif mudah dimanipulasi. Bagaimana dgn anda? Berani jadi master pengendali opini yg sama sekali tdk terkenal?
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e