Bing.com : Mesin Pencari Terbaru Microsoft


Setelah sebelumnya dikabarkan bernama Kumo, ternyata dalam public beta nama itu berganti menjadi bing. Ya, bing.com adalah mesin pencari terbaru besutan microsoft yang diharapkan mampu untuk bersaing melawan dominasi google dalam bisnis mesin pencari. Bagaimana kualitas hasil pencarian bing?


Karena saya orang indonesia, saya mencoba mencari dengan input bahasa Indonesia. Percobaan pertama saya coba kata "metode hanifida". Ternyata, yang keluar teramat sedikit, bahkan jika opsi diambil hanya halaman yang berasal dari indonesia, result hanya 9 biji. Agak aneh karena pemisahan geografis nampaknya dari lokasi server, bukan dari tag atau bahasa yang dipakai. Blog - blog berbahasa indonesia sama sekali tidak muncul. Ini jauh berbeda dengan google dimana meski difilter hanya halaman dari Indonesia, blogspot atau wikipedia yang mengunakan bahasa Indonesia tetap muncul. Menurut saya, ini kelemahan terbesar bing.

Secara tampilan bing juga tidak terlalu istimewa. Sederhana. Dari sekian banyak percobaan pencarian nampak sekali bahwa total hasil pencarian yang dihasilkan masih jauh dari pesaingnya. Untuk kata "ponari", bing menghasilkan 23500 hasil pencarian, sementara google 471000. Lebih dari duapuluh kali lipat lebih banyak. Untuk pencarian image, bing sangat powerfull. Opsinya sangat banyak, mulai dari ukuran, portrait atau landscape, warna atau grayscale, dan semacamnya. Untuk mencari image, bing bisa jadi pilihan menarik.

Jika filtering diabaikan dan jumlah hasil pencarian lebih banyak lagi, sebenarnya bing punya kans untuk menjadi besar. Kita tunggu saja kelanjutannya. Bertahan, atau mati muda seperti penantang - penantang sebelumnya.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

Ridwan said...
halo brad....sebelumnya saya mu memperkenalka diri nih seklaian promosi juga blog yg saya baru buat hehehhe...boleh ya ikut beken.
ngomong2 tu search engine seampuh google ga???
apa semua frasa yang kita tuliskan bisa dengan cepat ditemukan,????
ini link saya http://bisnisonline19.blogspot.com
jangan lupa kunjugi juga ya sekalan posting ehhehe
makasih :)
BudiTyas said...
Nampaknya masih belum sebagus google, bro. Disamping filteringnya yg blom optimal, databasenya jg belum lengkap. Misalkan saja pencariannya relevan, jika datanya miss tetap saja ada potensi situs yg relevan tidak muncul di SERP.

Wah, blog situ baru isi 5 biji ya :)
Keep posting bro..

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e