Bisnis Baru : Multiplier Effect Kemudahan Koneksi Internet

Bicara mengenai internet, akhir - akhir ini perhatian tidak bisa lepas dari koneksi dan ketersediaan koneksi. Beberapa bulan terakhir, operator selular mulai aktif menjaring pelanggan dan secara ketat berkompetisi di layanan data. Tidak bisa tidak, dengan makin murah dan makin tersedianya akses internet, beragam bisnis baru bermunculan. Ini adalah sumber penghasilan baru yang terbuka lebar untuk siapapun yang bisa memanfaatkannya. Kesempatan bisnis yang makin menjanjikan itu diantaranya :


1. Bisnis Modem
Perangkat koneksi satu ini adalah sentral. Dengan makin menjamurnya pengguna laptop dan koneksi 3G/CDMA, modem portable yang simpel dan praktis akan banyak dicari. Bisnis modem dan penyediaan koneksi internet untuk personal adalah lahan basah yang akan makin berkembang. Pada umumnya, penjualan modem adalah lahan bisnis toko komputer, namun dengan makin banyaknya peminat, korelasi modem dengan toko komputer bisa saja bergeser. Toko modem bisa berdiri sendiri dengan spesialisasi pada penyediaan alat koneksi dan jasa - jasa terkait internet. Misalkan saja pembuatan situs, hosting, maupun pulsa. Kini makin banyak pulsa telepon yang habis untuk layanan data daripada menelepon.

2. Bisnis Internet
Bisnis internet bisa bermacam - macam, namun dengan makin semaraknya pasar lokal, akan lebih baik jika lokal lebih dimaksimalkan. Mulai dari PPC lokal hingga eCommerce yang menyasar pasar lokal akan lebih berkembang dibanding pasar international yang notabene sedang bergelut dengan krisis. Bagi pemain adsense, penurunan pendapatan pasti terjadi. Jadi, lokal yang sedang tumbuh akan jadi primadona baru.

3. Bisnis Publikasi Internet
Bukan hal baru jika pemain offline kini beranjak ke online. Koran - koran digital ada di mana - mana. Namun, ada perbedaan antara publisher kolektif dan publisher individual. Publisher individual bisa fokus ke daerah mengangkat apa saja yang ada di daerahnya sendiri. Ini akan jadi bisnis menarik karena di tiap kota kemungkinan tumbuh publisher - publisher baru dengan pengiklan - pengiklan yang memang secara khusus menyasar pasar lokal. Jika publikasi tadinya lokal to global, atau global to global, ke depan akan mulai beralih ke lokal to lokal. Apa saja yang terjadi di level kabupaten akan lebih bisa termaksimalkan. Makelar - makelar mobil harus waspada, mungkin saja akan banyak pemain baru berbasis online yang bisa mengganggu lahan bisnisnya.

Kemungkinan lain masih banyak, sementara itu saja dulu. Kalau anda punya ide, silahkan berbagi di kolom komentar. Bisa jadi ide andalah yang terbukti menjadi jenis bisnis besar di kemudian hari. Siapa tahu.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e