Memindah Blog Dari Akun Satu ke Yang Lain

Akhirnya, poside.blogspot.com berpindah akun juga. Akun blogspot saya yang sebelumnya terlanjur crowded dengan puluhan dummy blog. Saya pilih memindahnya agar blog ini bisa dimanage dengan lebih serius. Ternyata memindah blog dari akun blogger yang satu ke akun blogger yang lain tidak terlalu sulit. Begini caranya :


1. Buka dua buah browser yang berbeda. Contohnya saja, satu firefox, satunya lagi opera.

2. Untuk yang firefox, login ke akun baru blogger. Untuk yang opera, login ke akun lama blogger.

3. Di kaun lama, masuk ke pengaturan blog yang ingin dipindahkan, export konten blog yang ingin dipindahkan tersebut.

4. Bikin blog asal saja di blog baru, kemudian copy paste kode html template blog di akun lama ke blog di akun baru. Jangan lupa contreng "expand template widget" agar kode tercopy seluruhnya. setelah di save, blog baru anda akan tampak sama dengan blog lama meski tanpa isi dan nama subdomainnya berbeda. Lanjutkan dengan setting tanggal dan lain sebagainya sesuai blog lama. Usahakan setting seakurat mungkin.

5. Setelah itu, langkah berikutnya adalah duplikat kode - kode di widget. Kalo anda punya kode html/javascript, silahkan dipindahkan ke blog baru dengan lokasi/penempatan yang sesuai. Kode mungkin tidak bekerja karena nama subdomainnya berbeda, tapi tidak apa. Nantinya tetap akan bekerja jika nama domain sudah diubah.

6. Nah, blog baru sudah hampir jadi. Sekarang tinggal mengcopy konten blog lama. Dengan fasilitas di pengaturan, import hasil export blog lama tadi ke blog baru. Untuk diperhatikan; jika setting komentar blog baru membolehkan anonimous berkomentar, maka komentar ikut terimport, jika tidak, hanya post saja yang terimport. Komen - komen yang ada akan hilang (Yang ini agak aneh. Kadang meski tidak anonimouspun komen ikut terimport, jadi harus teliti untuk yang satu ini).

7. Sekarang anda sudah punya blog baru di akun baru yang identik dengan blog lama di akun lama. Tinggal memindahkan nama subdomainnya saja. Untuk itu, baik blog lama maupun blog baru, masuk ke pengaturan di bagian publish blog. Di situ kita bisa mengatur perubahan nama subdomain blog. Ubah nama domain lama ke nama sembarang sehingga nama sebelumnya jadi bebas digunakan siapa saja. Setelah berhasil, ubah nama subdomain baru ke nama subdomain blog lama yang sudah bebas digunakan tadi. Akhirnya, blog baru sudah sepenuhnya identik dengan blog lama baik dari template, isi, maupun subdomain.

Kendala & Solusi:

1. Pastikan pengaturan tanggal tepat. Jika di blog lama jam ikut Jakarta (GMT+7), sesuaikan setting tersebut di blog baru. Jika tidak, post peralihan, misalnya tgl 31 mei bisa berubah menjadi 1 april. Ini akan merusak permalink. Contohnya post saya yang satu ini :
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran.html
seharusnya adalah :
http://poside.blogspot.com/2009/04/sarden-tantangan-pemasaran.html
Akhirnya jadi broken link hanya gara - gara lupa setting tanggal. Damned!!

2. Sebelum ke langkah 7 (mengganti nama subdomain), pastikan permalink tiap post identik. Kadang mesin blogger mengimport post dengan menambah _xxnomor di akhir permalink post. Misalnya :
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran.html
jadi
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran_2321.html
Jika itu terjadi, import gagal dan harus diulang. Jika post yang satu seperti itu, semua pasti juga seperti itu.

3. Jika anda punya widget yang terikat subdomain. Daftar feed misalnya. Saat tidak muncul di blog baru biarkan saja. Saat langkah 7 dilakukan dan subdomain berganti dengan yang asli, daftar itu akan kembali lagi.

Nah, demikian cara memindah blog dari akun satu ke yang lain. Semoga bermanfaat.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

Zippy said...
Itu kalo udah terlanjut di set ke zona lain, bisa diubah kan bro..??
Gak ada masalah kan nantinya..??
BudiTyas said...
Klo post udah banyak dan banyak post di tanggal peralihan bulan, mending zona waktu tidak diutak atik bro. Klo masih belum banyak, mending diset aja ke yang paling enak. Zona penting karena selain berpengaruh ke tanggal, juga bermanfaat buat set waktu klo mo bikin scheduled post.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e