Kerusuhan SARA di Xinjiang Cina

Kerusuhan yang dalam perkembangannya mulai mengarah ke masalah ras dan agama terjadi di Xianjiang, Cina. Kerusuhan ini bermula dari pertikaian antar pekerja pabrik, kemudian diikuti oleh aksi damai dari para pekerja yang mendukung salah satu pihak yang bertikai. Namun perkembangan yang terakhir malah menjadi huru - hara besar - besaran yang menewaskan ratusan orang.






Semakin banyak yang ikut terlibat, makin jauh opini yang dikembangkan, maka masalah bukannya mengecil tapi justru makin besar. Bagaimana sikap kita sebagai orang Indonesia? Yah, sebagai sesama manusia, jikapun belum mampu membantu, akan lebih baik jika kita tidak ikut - ikut memperkeruh suasana dengan mengembangkan opini SARA lebih jauh lagi. Masalah itu adalah pertikaian pekerja. Titik.

Jika ada yang mengangkat isu ras, apalagi agama dan menyebabkan masalah itu jadi makin keruh saja, atau menyebabkan korban makin bertambah. Dosa ditanggung masing - masing. Masalah kecil tetap kecil selama tidak ada provokator yang membuat masalah kecil menjadi masalah besar. Stempel Agama? Hati - hatilah, tanggung jawabnya besar.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e