Rel = canonical Menjadi Default Blogger Blogspot

rel canonicalUntuk pengguna blogger blogspot, kini rel="canonical" sudah menjadi default, jadi tanpa harus menambahkan kode manual, mesin blogger sudah secara otomatis menambahkannya untuk anda. Nah, sebenarnya apa sih maksud dari rel=canonical?


Jika anda mempunyai website atau blog, sering terjadi satu halaman memiliki alamat yang lebih dari satu. Contohnya saja untuk blog ini. Ada sebagian artikel yang memiliki lebih dari satu alamat, terutama jika artikel tersebut berisi komentar. Misalkan saja artikel berikut :

http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html

memiliki alamat lebih dari sepuluh dimana setiap komentar memiliki alamatnya sendiri dengan pattern sebagai berikut :

http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html?showComment=1236683760000#c4138393008731103714
http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html?showComment=1236686340000#c8711709400081242260

Alamat - alamat di atas menuju ke halaman yang sama.

Google adalah mesin pencari yang mengindex berdasar link. Jika tidak ada rel=canonical, google akan mengulang kegiatan pengindexan di halaman identik yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Untuk itulah google menekankan agar suatu website mengaplikasikan rel=canonical di blog/website mereka. Dengan rel="canonical", maka google tidak harus bersusah payah mengindex yang tidak perlu, sedang pemilik situs, terutama yang pakai hosting berbayar, bisa lebih menghemat bandwidth karena link - link tambahan tersebut tidak berulang kali dicrawl google hanya untuk dimasukkan ke kategori duplicate content.

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

mukhtaruddin said...
tapi kok di edit html saya gak ada ya...itu kenapa?? terus kalau mau ditambahkan secara manual bagaimana scriptnya dan di mana diletakkannya?? terimakasih sebelumnya..
BudiTyas said...
Munculnya bukan di editing, tapi saat blog anda tayang. Saat blog anda tampil, coba deh view page source. Tulisan rel canonical ada di sana. Klo di edit HTML, ya ntar bisa anda hapus dunk :D , rugi google capek2 jadiin default.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e