Tips Mengikuti Kontes di Internet

Dengan melihat semakin banyaknya kontes di internet, kita harus makin cerdik dalam memilih. Kontes - kontes mana saja yang layak kita ikuti dan kontes mana saja yang berpotensi menjadi scam/penipuan. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya kita tahu, dan tentu saja, kriteria ini sebaiknya juga menjadi perhatian bagi penyelenggara kontes. Apa saja yang kita perlu tahu?

1. Tahu Penyelenggaranya
Kredibilitas penyelenggara kontes adalah hal pertama yang perlu kita tahu. Berapa lama jam terbangnya, berapa besar pengaruh websitenya. Jika mungkin, tentu saja, berapa besar pengaruh website itu untuk bisnisnya sendiri. Main kredibel penyelenggaranya, makin layak anda perjuangkan kontesnya.

2. Tahu Hadiahnya
Selanjutnya adalah hadiah. Perbandingkan nilai hadiah dengan kredibilitas penyelenggara tadi. Jangan sekedar melihat besarnya hadiah,tapi lihat juga apakah itu feasible/layak dengan melihat kemampuan finansial penyelenggara dan sponsornya.

3. Tahu Syarat Memenangkannya
Lomba tapi garis finisnya tidak tahu? Aneh kan? Jika anda mengikuti kontes, pastikan kriteria kemenangan jelas bagi anda. Jika kontes SEO, pastikan search engine yang digunakan dan jam penentuan hasil lomba. Jika kontes review, pastikan apa saja yang jadi landasan menang - kalah. Jika lomba kualitas penulisan dengan juri, pastikan siapa saja jurinya. Pada intinya, anda harus tahu ujung dari apa yang anda kejar.

4. Tahu Durasi Lomba
Berapa lama waktu lomba? Ini menyangkut durasi kerja dan berapa jam anda harus fokus. 1 bulan? 2 bulan? Seharusnya, makin cepat makin baik karena waktu adalah uang. Bukan begitu? Ada yang perlu dipisah antara waktu lomba dan waktu sosialisasi. Waktu sosialisasi boleh lama,tapi waktu lomba sebaiknya singkat saja, dan tentu saja, tidak ada celah bagi siapapun untuk mencuri start.

5. Tahu Kapan Pengumuman Pemenang
Ini tentu yang ditunggu - tunggu. Pengumuman juara. Jika dalam suatu kontes tidak ada informasi tentang hal ini, sebaiknya anda tanyakan sejak awal agar tidak ada great expectation. Penantian tanpa akhir.

6. Tahu Kapan Serah Terima Hadiah
Menang tapi tidak tahu kapan hadiah akan diserahkan? Wah, pahit juga. Seperti di atas tadi. Bisa berujung ke penantian tanpa akhir. Jadi pastikan, untuk yang menyangkut kata 'kapan', ada kejelasan tanggal, jika perlu jamnya sekalian.


Dengan mengetahui tips - tips tersebut, maka anda :

1. Tidak dimanfaatkan
Orang yang ingin belajar dan mencari pengalaman adalah orang yang paling mudah dimanfaatkan. Jadi, jika anda tahu bagaimana detil suatu lomba, andalah yang memanfaatkan lomba itu untuk belajar, mencari pengalaman, sekaligus berburu hadiah, meski penyelenggara juga memiliki agenda tertentu.

2. Tidak kehilangan fokus
Blogging adalah kegiatan dengan alasan tertentu. Setiap orang punya alasan masing - masing. Dengan mengetahui detil kontes, anda tidak akan kehilangan fokus hanya mengejar hadiah yang meski anda menangkan, bisa jadi tidak pernah sampai ke tangan anda.

3. Tahu prioritas
Blogging, ikut kontes A, ikut kontes B, ikut kontes C. Manakah yang perlu dinomor satukan? Pilih saja berdasar tips di atas. Makin qualified, makin layak ia mendapat prioritas. Selebihnya menjadi task sekunder saja. Bagaimanapun, tertipu suatu kontes atau lomba, apapun bentuknya, pasti tidak enak. Bagaimana jika blog anda mendapat predikat blog langganan ditipu? Nggak enak kan?

Oke deh. Segitu dulu aja. Jika ada tambahan informasi atau sanggahan, silahkan disampaikan di kolom komentar.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e