Navinot : Desain Blog Yang Berkarakter

Blog pada awalnya adalah personal, mencitrakan selera dan pribadi pemiliknya. Meski kini blog telah dimanfaatkan untuk beragam keperluan, namun karakter yang terbangun dari blog itu sendiri sangat kuat. Sisi manusiawinya terasa lebih kental dibanding platform lain.

Bicara mengenai desain blog yang berkarakter, maka kita bicara mengenai desain blog yang khas, unik, memiliki sesuatu yang berbeda dibanding yang lain. Perbedaan ini cukup konsisten, berulang, dan menjadi tema dasar yang segera dikenali sebagai identitas blog.

Contoh blog yang menurut saya berkarakter adalah blog navinot.com. Blog tersebut identik dengan sketsa pensil yang dibalut dengan paduan warna - warna pastel yang lembut, meski sedikit gelap. Tema sketsa pensil itu menjadi menarik dan membentuk karakter karena mudah dikenali dan jarang ada yang menggunakan. Misal ada yang lainpun belum tentu mampu memadu padankan sketsa pensil dengan warna dan motif yang sesuai.

Nah, pertanyaannya, mampukah kita membuat sebuah desain blog yang berkarakter? Jika kreatif dan mau berusaha, tentunya bisa. Banyak tema yang bisa dikembangkan untuk menjadi tema yang khas. Misalkan saja tema bengkel dengan mur - bautnya. Tema salon yang kental dengan motif rambut, sisir, dan pernik kecantikan, atau tema - tema lain yang bisa dikembangkan menjadi background, button, dan segala perabot blog untuk membuatnya hidup dan memiliki karakter.

Saat ini saya masih belajar membangun fungsionalitas blog, belum ke sisi artistiknya. Suatu saat, sayapun ingin punya blog dengan desain yang berkarakter. Yah..., mari tetap saling tengok. Kali aja blog - blog yang jarang kita datangi lagi ternyata sudah berubah drastis. Dari kepompong,... berubah jadi kupu - kupu cantik.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

Ivan @ NavinoT said...
Wow! Thanks Bro! Jadi wurung ganti theme nih. :)
Poside said...
Weh, .. mo ganti theme? Klo karakternya dipertahankan gpp lho berekspresi, hehe.. :)
shinta said...
Tp klw ganti themes untuk mencegah kebosanan aj gmn th???

Salam kenal...
budityas said...
Klo ga kehilangan identitas gpp kali mbak. Btw, biasanya yg punya blog yg paling semangat ganti theme, soalnya dia yg paling dulu bosan. Visitor teraktif kan yg punya blog sdr, hehe..

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e