Mencari Info Terbaru Dengan Google Search

Jika menyangkut pencarian berita di Google, kadang kita gemas sendiri karena data yang tampil di halaman depan hasil pencarian adalah berita jaman baheula. Sudah kita tulis lengkap dengan bulan atau tahun sekalipun tetap saja data - data kuno yang menghiasi halaman pencarian. Hal seperti ini sebenarnya ada solusinya, yaitu menggunakan opsi date range google.

Bila anda menggunakan pilihan standar google, maka dalam hal update pencarian, hasil terupdate didapat dengan opsi "recent result" dimana hasil pencarian yang anda dapat adalah web atau blog yang melakukan update pada beberapa jam terakhir. Pilihan lain yang bisa anda pilih adalah "past 24 hours", "Past week", "Past year", atau "Any time".

Contohnya saja, jika anda sedang mencari lowongan pekerjaan, maka akan lebih baik anda beri batasan rentang waktu, jadi hasil pencarian tidak melancong jauh ke tahun - tahun jaman mbah Harto masih hidup.

Contohnya buruk : "Lowongan September 2009". Hasilnya sebagian adalah lowongan, namun lebih banyak  lagi aneka data tidak relevan dengan kata "september 2009".
Contoh bagus : "Lowongan". Ya, kata lowongan saja, tapi atur date rangenya ke waktu yang sesuai. Misalkan saja sebulan terakhir atau seminggu terakhir.

Secara default, "recent result" hanya memberi update hingga batasan jam. Jika anda adalah news addict, maka anda bisa merubah sedikit string yang tampil di alamat browser anda sehingga update dalam hitungan menit bisa didapat. Contohnya untuk kata "pemasaran" di google.co.id berikut ini :

String standar (any time) :

http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&tbo=1&newwindow=1

String recent result :

http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&tbo=1&newwindow=1&tbs=rcnt:1

String 10 menit terakhir :
http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&output=search&tbs=qdr:n10&tbo=1

Anda memperhatikan bedanya? Untuk pencarian yang sangat update, struktur string terakhirnya berbeda. Seperti ada search di dalam search dengan adanya string "&output=search&tbs=qdr:n10&tbo=1"

Untuk berita yang di upload 10 menit terakhir, kuncinya ada di kata "n10". Nah, ini bisa anda ganti dengan yang lebih spesifik jika anda mau. Pada contoh, kata yang saya cari adalah "pemasaran". Jika anda ingin mencoba mendapat hasil pencarian untuk data 10 menit terakhir, anda copy paste saja string di atas dan anda ganti "pemasaran" dengan kata yang ingin anda cari. Atau lebih mudah lagi bisa anda gunakan widget yang ini.

Ingin tahu data dalam beberapa detik terakhir? Ubah saja "n" menjadi "s".
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Bisnis Online said...
Allow, balik lagi nih setelah sekian lama gak aktif :)
Zippy said...
Weeeh, mantep nih bro...
Betul banget, kadang yang muncul emang jama baheula punya... :D
Met lebaran :)
hpnuggroho.com said...
idem ..sda
informasi yang update nih, jadi gak perlu pusing lagi bukain satu per satu hanya untuk lihat yang paling fesh ...

salam kenal, tetap semangat ....

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e