Pentingnya Sebuah Detail

Perbedaan amatir dan profesional ada dalam bentuk kata yang sederhana. Detail. Dalam sebuah detail tersimpan hal - hal yang membuat yang biasa menjadi istimewa, membuat yang random menjadi terukur. 

Oprah Winfrey, seorang host talkshow handal mengatakan bahwa ia paling menghargai detail. Jika anda mengerjakan sesuatu, pastikan beres sampai ke detail - detailnya. Jika ada detail yang tidak beres, maka semua bisa berubah menjadi bencana.

Dalam cerita mahabarata, saat resi Bisma mengajarkan cara memanah, murid - muridnya diajak untuk melihat pohon dimana ada mainan berbentuk burung tergantung di sana. Ia meminta murid - muridnya untuk membidik seraya bertanya, "apa yang kalian lihat?" Murid - murid menjawab,"saya melihat pohon", lainnya menjawab"..saya melihat batangnya", sebagian mengatakan, "..saya melihat dedaunan". Hanya arjuna yang menjawab dengan berbeda. Ia menjawab, " Saya melihat kepala burung,..saya lihat matanya". Bisma tersenyum. Arjuna bisa melihat target secara detail, spesifik, dan mencoba membidiknya dengan akurat.

Semakin kita mengerti bidang kita secara detail, maka semakin akurat kita membidik, dan semakin besar kemungkinan untuk mengenai sasaran. Detail bukanlah dalam artian specialis, tapi lebih ke pemahaman terhadap masalah yang ada di depan kita.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

marsudiyanto said...
Bener Mas...
Istilah lainnya adalah mengerucut.
Mengerjakan apapun, langkah kita musti menuju ke pusat, makin detail makin mengerucut...
BudiTyas said...
Iya pak. Banyak hal butuh pendalaman, presisi, detil. Setengah - setengah artinya gagal. Dalam hidup yang kompetitif, saat hanya ada angka binary, 0 atau 1. Pilihannya hanya all in atau tidak sama sekali.
Zippy said...
Wah, bener tuh...
Si Oprah Winfrey orang'x emang detail banget...
Gue juga sih termasuk orang yang detail, gak mau ada kekurangan disana sini...
Harus tepat sasaran :)
Casey Stoner said...
Sukses dan gagal seringkali bedanya begitu tipis, setipis kulit ari, sesuatu yang tipis itu namanya DETAIL, kata sapa ya dulu doh, dah lupa, Yang jelas bukan kata Casey Stoner lohhhh... LOL

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e