Strategi Bisnis Ala MacGyver

Anda kenal McGyver? Pernah nonton serialnya? Memang sudah cukup lama berlalu, namun serial satu itu mengajarkan banyak hal. Bukan sekedar teknik meracik beragam senyawa kimia dari bahan  - bahan yang kita temukan sehari - hari, tapi juga mentalitas menyelesaikan beragam persoalan dengan memanfaatkan apa yang ada. Nah, poin yang akan kita bahas di sini adalah : memanfaatkan apa yang ada.


Jenis - jenis bisnis itu sendiri banyak sekali macamnya. Setiap jenis membutuhkan kelengkapan tersendiri. Kelengkapan inilah yang kadang membuat kita terpaku, menunggu, karena terlalu kaku menyikapi lingkngan dan opportunity yang ada.

Katakanlah anda saat ini menganggur, bingung mau kerja apa. Cari kerja sulit, mau bisnis nggak punya modal, dan lain sebagainya. Beragam alasan dicari - cari untuk tetap bisa bergantung santunan orang tua. Ini yang perlu kita ubah dengan mentalitas ala MacGyver. Yakinkan diri anda sendiri bahwa setiap langkah anda adalah sebuah strategi survival yang membanggakan, jadi anda tidak malu melakukan apa saja yang perlu dilakukan demi mendapatkan penghasilan. Sisi inspiratifnya, orang buta, orang tanpa lengan, orang - orang cacat bisa hidup dan bekerja, maka anda yang normal seharusnya lebih bisa.

Strategi apa yang bisa anda lakukan? Ada beberapa hal, diantaranya :
1. Nilai diri anda sendiri, dan buat daftar apa saja yang bisa anda lakukan dengan apa yang anda miliki saat ini. Perhatikan keahlian anda, sarana yang anda miliki, kondisi finansial, dan sebagainya.

2. Dari apa yang mungkin itu, coba evaluasi kansnya. Mana yang kira - kira paling mungkin untuk dilakukan pada saat ini. Bukan minggu depan, bukan bulan depan, atau tahun depan. Saat ini.

3. Ya. Itu saja. Setelah ketemu, segera lakukan. Tunggu apa lagi?

Jika hal terbaik yang bisa anda lakukan saat ini telah anda temukan, segera eksekusi. MacGyver akan selalu kalah dengan musuh - musuhnya kalau ia menunggu segalanya ideal. Ia menang karena mampu memanfaatkan apa yang ada, dengan segera, sebelum musuh - musuhnya datang.

Satu gagal, dua gagal, tetap terus usahakan dengan metode yang sama. Berpijak pada apa yang ada dan mampu anda lakukan. Cepat atau lambat, orang yang mau terus mencoba akan menemukan keberhasilan.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Narzis Blog's said...
Hmm, berarti semuanya harus dimulai dari diri kita sendiri...
Tapi susah kalo menilai diri sendiri, pasti yang bgaus2 doank yang dibilang, wkwkwkwk....
Cuma kalo soal kemampuan, cuuma kita sendiri yang tau :)
wahidhasan said...
Setuju pak.. internet jg Aset, so gmn caranya internet bs menghasilkan uang, itu yg hrs dipikirkan...
BudiTyas said...
Benar pak. Apalagi jika ada internet kantor gratisan. Jika bisa dimanfaatkan, mengapa tidak? LOL :D

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e