4

Offline Store : Pasca Startup

{ }
Beberapa hari setelah toko buka, tentunya ada tantangan - tantangan yang harus dihadapi. Tantangan sifatnya teknis praktis, bukan esensial yang harus ditelaah berjam - jam atau dibahas secara bertele - tele. Beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian diantaranya :

1. Faktor Perencanaan
Mungkin benar jika ada yang bilang, jalan dulu, tetek bengek dipikir sambil jalan. Perencanaan matang dan panjang bisa tidak berguna saat dinamika bisnis berjalan rapid, kencang, terus berubah. Kita tidak bisa merancang kapan harus menghindari lobang dan kapan harus mengerem kendaraan untuk suatu perjalanan. Kita hanya bisa melakukannya saat berkendara, tanpa rencana. Ini sifatnya teknis, tapi menentukan selamat tidaknya sampai tujuan.

2. Faktor Finansial
Apakah modal yang besar punya efek yang positif? Ini bisa menjebak. Pemain baru harus pintar - pintar melihat output atau seberapa cepat ia mampu menjual. Jika pemain baru mengambil produk dalam jumlah banyak untuk mengejar harga murah sementara outputnya masih kecil, resikonya adalah saat kena penurunan harga. Produk baru keluar beberapa biji, harga sudah jatuh. Pemain baru kadang tergoda membeli partai karena punya modal, dan ini bisa jadi blunder. Jadi perlu kalkulasi output untuk memprediksi seberapa besar input yang cocok.

3. Faktor SDM
SDM atau tenaga kerja juga punya pengaruh besar. Misalkan saja produk keluar bergantung salesman, sementara salesman bisa resign setiap saat, maka saat ia keluar, aliran produk jadi tidak lancar, bahkan bisa terhenti. Untuk pekerja lainpun relatif sama. Tanpa adanya backup, jika ada yang resign, otomatis kinerja secara keseluruhan terganggu.

4. Faktor Pricing
Jika berdagang untuk user, penentuan harga juga penting. Harga rendah tidak selamanya membuat produk laku. Membanting harga tidak selalu bisa membuat toko jadi kebanjiran pengunjung. Jadi perlu dipilih, mana produk reguler yang sensitif harga dan mana yang tidak.

5. Faktor Promosi
Promosi untuk produk, usaha retail, usaha grosir, tidak sama. Untuk retail kelas menengah ke bawah dengan rentang layanan terbatas, yang terpenting hanyalah menunjukkan eksistensi dan kelengkapan produk. Klo suplier atau grosir lebih ke harga, dimana eksposenyapun perlu dengan cara yang bijak agar tidak merusak harga. Kebanyakan usaha dagang kecil, informasi lebih banyak tersebar dari mulut ke mulut.

Yak, demikian sharing kali ini. Tidak ada startup yang instant. Suply and demand juga berproses, mendalami pasar berproses, dan promosipun berproses. Setahap demi setahap dan seimbang agar tidak ada bottle neck yang bisa membuat optimasi hal - hal lain menjadi tidak berguna. Seperti nyetem gitar, semua senar harus pas agar tidak fals.
4

Libur Ngeblog, Bisnis Offline Running

{ }
Yak, beberapa waktu lamanya saya absen dalam mengupdate blog ini. Bukan karena bosan atau apa, sekedar kesibukan sehari - hari yang membuat aktivitas online agak terganggu. Selain itu, beberapa bulan aktif ngeblog kok bikin badan jadi gampang lesu (apa karena ga dapat income dari ngeblog ya? ^_^). Btw, memang perlu ada keseimbangan dalam beraktivitas. Menatap monitor terus juga ga sehat. Melototin earning adsense terus apalagi. Bikin penyakit, hehe.

Kebetulan saya dapat hibah lokasi usaha yang cukup bagus. Jadi dalam dua bulan ini fokus untuk membuat ruko saya itu agar bisa menghasilkan, dan akhirnya, dengan semangat yang tidak muluk2, saya isi itu ruko dengan alat listrik dan barang kelontongan. Bulan pertama memang kayak monyet2an, bengong nungguin orang hilir mudik berharap ada yang mampir di toko, tapi bulan selanjutnya lumayan. Rasanya kayak berburu traffic buat blog, hanya saja muka2nya pada kelihatan, bukan sekedar avatar.

Berkomunikasi dengan pengunjung offline ternyata menarik, nggak kalah dengan berkomunikasi online. Tipikal offliner memang beda, bahasan beda, dan tentunya, menambah wawasan juga dengan cara yang berbeda. Internet memang menyediakan banyak hal, tapi dunia nyatapun bisa jadi sangat menarik, terutama saat begitu banyak orang mulai berkomunikasi via telp, FB, blog, etc,.. bertatap muka dengan orang - orang baru secara offline jadi berasa kayak saat pertama kali berkomunikasi dengan orang2 tak dikenal secara online. Dulu,.. waktu saya pertama kali kenal mIRC.....kurang lebihnya. Exciting...
1

Jalur Cepat Karir Polisi Bersih

{ , }
Jika saja ada polisi yang bersih, jujur, dan mau berpartisipasi aktif membuka segala borok - borok kepolisian, kesempatan untuk naik jabatan dan jadi seorang tokoh sangat besar. Paling tidak, jabatan - jabatan puncak akan banyak yang lowong.

Jika dalam prosesnya membuat ia dimutasi, ia bisa berteriak lewat media. Media sedang getol - getolnya mengekspose masalah ini, apalagi masyarakat. Ia punya kesempatan untuk dinilai publik secara positif. Pahlawan reformasi kepolisian.

Jika ia dianggap pengkhianat oleh koleganya, juga bukan masalah. Menjadi pengkhianat para polisi bandit calon pesakitan bukanlah hal yang buruk, apalagi dengan dukungan masyarakat di pihaknya. Ia punya kans untuk menjadi bagian sebuah korps yang bersih di kemudian hari. Korps yang tentu saja tidak membenci seorang penentang bandit, bahkan justru salut karena mampu membersihkan citra kepolisian. Sebuah tol karir yang mungkin hanya sekali seumur hidup.

Ini sekedar skenario untung rugi, saran bagi polisi bersih agar mau 'bersuara' demi bangsa dan karir dia sendiri.
0

Pelajaran Dari Seorang Mahfud MD

{ }
Dari sekian banyak komentar yang saya dengar di TV, mungkin apa yang diucapkan oleh Mahfud MD yang paling menarik untuk saya. Bahwa keadilan itu tidak hanya datang dari hukum pidana, tapi juga hukum administrasi negara dimana Presiden bisa berlaku aktif dengan kewenangannya untuk menindak pada para bawahannya.

Hukum prosedural pidana yang terus berputar - putar antara polisi - jaksa untuk menyelidiki masalah yang menyangkut polisi - jaksa sendiri bisa dibilang adalah lelucon. Banyak pihak yang berpendapat bahwa menyerahkannya pada proses hukum - seperti SBY bilang - sementara proses yang berjalan adalah hukum pidana,  mengindikasikan bahwa presiden kurang aktif dalam menggunakan wewenangnya untuk memperjuangkan keadilan yang didambakan masyarakat. Dalam hal ini,banyak yang merasa kecewa.

Seorang Anggodo yang jelas - jelas menampar muka polri dan kejaksaanpun, polri tidak sanggup menemukan satupun bukti untuk mendakwanya. Dari sekian panjang durasi sadapan, tidak ada satupun? Heran. Saya ragu apakah mereka benar - benar mencari. Apanya yang salah? Polisi yang bertugas mencari, sementara mereka terlibat. Mungkin itu salahnya.

Seorang Mahfud MD adalah warga negara yang punya kehendak untuk menegakkan keadilan, bukan kebenaran sebatas prosedur, tapi esensi. Mungkin saja benar pendapatnya. Menyerahkan kasus Bibit - Chandra pada hukum kriminal prosedural, dimana itu pekerjaan polri dan kejaksaan, sama saja berjalan mundur. Tidak akan kemana - mana. TPF pun, jika berjalan dalam hukum pidana dimana butuh bukti, ia tidak kemana - mana. Siapa nantinya yang akan mencari dan ditugaskan menemukan bukti? Polri lagi polri lagi?

Semoga saja hasil kerja TPF, tim 8 ini nantinya ditindak lanjuti Presiden dengan kewenangannya menggunakan hukum Administrasi - seperti Mahfud bilang - untuk menyelesaikan semua ini. Semoga saja.
2

Kasus KPK, TV, dan ... Saya

{ }
Menonton meriahnya pemberitaan kasus cicak - buaya di TV membuat saya lupa kalau ada blog yang perlu diisi, LOL. Benar - benar ngabisin waktu nonton tu kasus. Kayak sinetron. Ada tokoh antagonisnya, ada tokoh protagonisnya. Sampai saat ini tokoh protagonisnya sudah menunjukkan tanda - tanda membaik dan para tokoh antagonis mulai keliatan belangnya. Entah ini sinetron bakal sekali jadi atau sambung menyambung macam Tersanjung kita sama - sama liat aja. Jarang - jarang ada tontonan reality sinetron macam ini, wkwkwk...

Wokeh, nonton tipi lagi...
5

Mencoba Gudang Garam Surya Premium

{ }
Gudang Garam kembali meluncurkan produk baru. Kali ini, yang dioptimize (ceile..optimize) adalah Gudang Garam Surya yang dilabeli dengan kata "premium". Seberapa premiumkah? Kebetulah hari ini saya nyoba rokok satu itu. Bungkusnya lumayan keren meski nampak seperti rokok "limited edition", dalam arti, masih nampak coba - coba, desainnya belum sekuat Gudang Garam International atau Djarum Super. Dari segi harga, lumayan murah. Harganya sedikit di bawah Djarum Super tapi sedikit di atas Gudang Garam (GG) International. Dari segi rasa, ada aroma manis meski aroma khas GG yang gurih masih kental terasa.

Dari sisi kompetitor, produk apa yang ingin diserang? Kalau melihat harga, kemasan, ataupun rasa, nampaknya hanya Djarum Super lawannya. Rokok Djarum punya kekhasan di rasa manis, dan dibanding produk - produk GG yang lain, Gudang Garam Surya Premium ini rasanya paling manis. Namun, jika yang ingin diserang adalah Djarum Super, mengapa menggunakan brand Surya dengan kemasan layaknya Surya Limited Edition? Agak aneh, karena ini membuat kekuatannya dalam menciptakan trial melalui ATL/Iklan jadi sulit. Orang akan menganggap Surya premium sebagai GG Surya dalam kemasan limited dengan rasa khas Surya yang cenderung pahit. Jika orang sudah pernah mencoba GG Surya, rasanya tipis mau mencoba GG Surya Premium ini jika memang ia tidak merasa cocok dengan GG Surya.

Dengan kelemahan dalam brand "Surya" dengan kemasan yang nampak sebagai "Surya 12 Limited Edition", agar calon konsumen mau mencoba, maka perlu aktivitas BTL yang intensif. ATL jadi kurang efektif. Just my 2 cents. Kalo bicara kualitas, rokok satu ini layak bersaing dengan Djarum Super, hanya saja, apakah benar Djarum yang kena diserang? Salah - salah, justru ia mengkanibal GG International, atau lebih buruk, menjadi jembatan penghubung bagi GG International untuk berpindah ke Djarum Super. Who knows?
9

Masalah Harga Aqua Galon

{ }

Beberapa waktu lalu saya berniat membeli Aqua galon di sebuah kota kecamatan. Masih seputar lebaran, dan ternyata, toko - toko tidak punya stok galon isi, alias stok habis. Mereka bilang, harga kulak Aqua galon naik gila - gilaan, mending nggak ngambil dulu. Harga di atas 13 ribu per galon sudah tidak masuk akal.

Sebulan kemudian, ternyata galon - galon yang terpajang masih galon kosong. Pemilik toko masih enggan untuk kulak karena harga di tempat kulakan juga masih sama. Mahal. Mungkin tempat buat kulakan itu juga barangnya ga laku - lagu dan mereka juga membeli dengan harga tinggi, jadi ga mau jual rugi. Rantai distribusi seperti terputus. Grosir ga mau jual rugi, retailer ga mau ambil, konsumen kelimpungan. Banyak konsumen yang akhirnya memasak air sendiri untuk dimasukkan ke dalam aqua galon mereka. Sebulan lebih, dan kerugian Aqua dari kasus seperti ini bukan hanya pada revenue, tapi juga brand image. Untuk merk sebesar Aqua, ini tragedi. Produk bermerk tapi kontrol harganya seperti barang komoditi, kacau dan tetap kacau tanpa ada intervensi brand owner.

Aqua seperti makanan empuk bagi brand lain yang ingin berekspansi. Beberapa teman sempat menukar galon Aquanya dengan merk lain, dengan menambah uang 5 ribu. Pilihan jadi terlampau mudah. Pilih merk lain dengan distribusi dan harga stabil, atau mau terus mengisi galon dengan memasak sendiri? Ya akhirnya pilih tukar galon. Bagaimana Aqua?
3

Berharap Kamera Pengaman Mini

{ }
Tetangga sebelah kiri rumah bulan kemarin kemalingan. Uang dan perhiasan yang hilang nilainya puluhan juta. Tetangga sebelah kanan rumah juga kena seminggu kemudian. Barang yang hilang laptop dan peralatan elektronik. Agak mengkhawatirkan memang. Rasanya dunia permalingan makin maju aja. Kalau maling makin canggih begini, nampaknya para pemilik rumah juga perlu makin canggih. Saya jadi kepikiran memasang webcam di depan rumah. Kabarnya webcam bisa dibikin hanya merekam jika ada gerakan. Konsepnya sederhana, semacam membandingkan gambar sebelum dan sesudahnya. Jika ada perbedaan signifikan (alias ada gerakan) maka komputer akan mulai merekam.

Sistem CCTV dengan webcam kayak gini tentunya butuh komputer yang menyala semalam suntuk. Kalo pakai PC, kayaknya bisa jebol tagihan listriknya. Mungkin lebih tepat kalau pakai laptop jadi lisrik lebih bisa dihemat dan tidak langsung tewas jika listrik mati. Ini masih dalam tataran ide saja, jadi belum saya eksekusi. Kalau harapan saya sih, ada sebuah produk camera kecil yang dilengkapi MMC plus sensor gerak, jadi lebih praktis. Lebih bagus lagi jika ada output untuk mentrigger alarm. Wah, pasti maknyus. Kalau harganya wajar, pasti laris manis.

Yak, lagi - lagi ini masih sebatas ide, atau saat ini mungkin produknya sudah ada? Saya kurang tahu juga. Kalau melihat di pasaran video recorder buatan China begitu banyak, nampaknya membuat video recorder dengan sensor gerak dan output untuk alarm tidak butuh modifikasi terlalu banyak. Usaha membuatnya cukup sebanding dengan fungsinya.
7

Lomba Muntah Sedunia

{ }
Sebuah studio TV penuh sesak dengan penonton yang sedang menyaksikan lomba muntah sedunia. Peserta pertama yang berasal dari Jepang adalah seorang pesumo. Ketika memuntahkan isi perutnya penuh terisi 3 ember. Penontonpun langsung menyambut dengan tepuk tangan yang meriah. Peserta kedua yang berasal dari Amerika adalah seorang pegulat WWF. Ketika memuntahkan isi perutnya badannyapun langsung menciut. Penontonpun bersorak gembira. Sampai akhirnya tiba giliran peserta ketiga dari Indonesia dengan perawakan kurus kering. Melihat kontestan yang satu ini penontonpun mencemoohkan dirinya dengan teriakan huuuuuuuuuuu. Bagaimana bisa dengan badan yang sepertinya kekurangan isi perut bisa menang? Akhirnya dengan tenang peserta terakhir tersebut mengambil ember bekas muntahan peserta yang lain dan langsung meminumnya. Akhirnya seribu penonton studio dan jutaan pemirsa di rumah yang menyaksikan acara tersebut langsung muntah-muntah, dan jadilah ia pemenangnya.   
1

Berenang Bersama Ayah Tiri

{ }
Pada suatu keluarga terjadi sebuah perceraian dan hak asuh anak berada ditangan ibunya. Tiga bulan sejak peristiwa itu berlalu sang ayah tidak tahan dengan kesendiriannya dan si ayah pun berkunjung ke rumah mantan istrinya yang kini telah mendapat suami baru, ia pun bertanya pada anaknya.

Ayah : Nak, apa yang kau dapat dari ayah baru kalian?
Anak : Berenang, saya sering berenang di danau bersama ayah.
Ayah : Asik dong!
Anak : Iya, tapi yang paling susah saat berusaha berenang keluar dari karung.
Ayah : ??????...
5

Post ke 315

{ }
Sudah cukup banyak waktu tercurah untuk blog ini. 315 artikel. Mungkin ini waktunya rehat sejenak. Banyak yang perlu dibenahi, luasnya dunia untuk dijelajahi, dan teman serta tetangga untuk dikunjungi. Sebelum usai, ada puisi untuk anda tentang kegemaran saya. Menulis...

Saat penatmu belum lagi hilang, dan kantuk tak juga membuat matamu terpejam, peganglah pena lalu menulislah.Tuliskan apa saja yang ada padamu, di hatimu, di fikiranmu. Biarkan ia mengalir sampai ke hilir, menuju muara. Mungkin saat sadarmu mulai memasuki ruang mimpi dan mengunci diri, selembar dua lembar tulisan telah terbentang menyambutmu di pagi hari.
2

Kuis Segitiga

{ }
Rileks sejenak, ada sebuah kuis untuk anda. Berapa jumlah segitiga yang ada pada gambar berikut ini? jangan khawatir jika salah. 92,6 persen orang Amerikapun salah dalam menjawabnya :D
3

Beban Itu Untukku

{ }
Jejak langkahmu dalam, beban menindih.
...berpayung hujan,berselimut awan,
...aku tahu.
Binar indahmu berkabut,
dan tiap kedipanmu itu air mata,
...aku juga tahu.

Kau kan kugantikan, sayangku
beban itu untukku
karena pengorbanan dari tiap bulir peluh ini
adalah butir mutiara wujud rasa sayang,
perhiasan cintaku.

Aku bersamamu,
selalu
3

Murdoch dan Monetisasi Informasi

{ }
Barusan baca berita antaranews tentang pidato Rupert Murdoch, si raja media, dalam KTT media sedunia di Beijing. Inti dari yang ia sampaikan adalah : Ia ingin mendapat bayaran dari konten yang ia produksi. Terdengar masuk akal, namun saya agak takut dengan collateral damagenya, efek rantai jika apa yang ia kehendaki benar - benar terlaksana. Paling tidak secara langsung akan ada beberapa konten agregator yang diwajibkan membayar untuk bisa menyebarkan informasi.

Imbas tidak langsungnya bukan sekedar pada tema pokok, yaitu membayar berita, tapi justru pada metode bagaimana ia berorasi untuk mendapatkan dukungan melalui KTT. Pada dasarnya, kesepakatan yang dibentuk oleh bisnis - bisnis yang sama itu cenderung menjadi kartel. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya klo sekelompok penyedia layanan email berkumpul dan sepakat untuk tidak lagi menyediakan secara gratis layanannya, atau blog - blog yang tadinya gratis jadi tidak gratis lagi karena sebuah kesepakatan serupa. Dunia online bisa jungkir balik. Agak dramatis ya? Mungkin tidak sejauh itu, namun jika suatu tindakan dengan cara di atas berhasil, bukan tidak mungkin layanan - layanan lain juga akan terinspirasi untuk bertindak sama, yang pada akhirnya menciptakan pola bisnis biaya tinggi di Internet yang harus ditanggung oleh keseluruhan netters.

Google news, Yahoo news, MSN, atau yang lokal aja, Bataviase, layak untuk terus memantau perkembangan berita ini.
3

Bottle Neck Bisnis

{ , }
Dalam sebuah proses yang berkesinambungan, kita mengenal istilah bottle neck. Bottle neck sendiri adalah bahasa metafor untuk menggambarkan batas bawah kinerja. Dalam sebuah botol, seberapapun besar botolnya, aliran yang keluar dari botol dibatasi ukuran lehernya.

Bisnis adalah rangkaian proses, paduan beragam variabel. Dalam kondisi yang kompleks tersebut, sudah pasti ada bottle necknya. Jika ini tidak dieliminasi, maka seberapapun optimasi komponen/variabel lain, hasil akhirnya tidak jauh berbeda, bahkan bisa lebih buruk.

Sebuah contoh : Perusahaan A memasarkan produk barunya dengan gencar. Dengan anggaran yang besar, iklannya bahkan muncul di TV. Perusahaan B sebagai pesaing pemasarannya jelek, anggarannya untuk beriklan rendah, namun distribusi produknya bagus, jauh lebih bagus daripada A. Nah, jika perusahaan A terus saja mengoptimasi pemasaran tanpa memperbaiki distribusi sebagai bottle necknya, apa yang terjadi? Kemungkinan besar, perusahaan B yang justru diuntungkan. Konsumen yang berniat membeli produk perusahaan A tapi tidak menemukannya di toko, besar kemungkinan mereka akhirnya mengalihkannya ke produk pengganti. Produk perusahaan B. Yang keluar dana marketing besar - besaran perusahaan A, tapi yang laku produk perusahaan B. Menyakitkan bukan?

Mungkin ada dari anda yang pernah menawarkan suatu layanan untuk corporate. Suatu optimasi yang masuk akal, atau pemasaran online yang bagus, atau apapun, namun susah untuk tembus. Mereka tertarik, tapi tidak ada approval. Hal yang paling mungkin terjadi, bottle neck perusahaan bukan di situ. So, jangan memaksakan diri, mending cari perusahaan lain yang lebih potensial.
5

Berdebat Dengan Pakar

{ }
Ada satu kegiatan yang selalu saya suka, yaitu berdebat dengan orang - orang yang ahli di bidangnya. Kegiatan ini bukan untuk pamer, cari masalah, sok tahu, atau yang lain. Semua semata - mata karena sebuah pandangan bahwa berdebat atau berdiskusi dengan orang yang ahli di bidangnya itu tidak pernah ada ruginya.

Kalau kita kalah, kita dapat ilmu. Kalau kita menang, maka kita dapat nama. Terdengar masuk akal? Jadi bukan cari menang - menangan, karena menang atau kalah sama untungnya. Yang terpenting kita memberi respon yang berkualitas, maka kitapun akan mendapat respon balik yang berkualitas pula.

Menyerap ilmu - ilmu gratis dari para pakar. Mungkin bukan cara terbaik, tapi seperti itulah cara saya belajar.
6

Territory Management

{ }
Territory Management atau gampangnya adalah pengaturan wilayah kekuasaan, adalah suatu metode penanganan wilayah dalam kaitannya dengan pemasaran dan distribusi produk. Itu gampangnya. Untuk sukarnya, silahkan googling ^_^.

Untuk perusahaan yang bergerak di consumer goods atau telco, territory management menjadi penting karena menjadi panduan kerja di lapangan. Territory management yang baik akan memandu kerja team dari sisi strategi, taktik, hingga teknis.

Untuk sebuah wilayah, apa saja yang kira - kira yang perlu dimanage dan bagaimana memanagenya? Management sales, jadwal branding, jadwal promosi, etc..etc. Nampak mudah, tapi tidak benar - benar mudah jika menyangkut kompetisi. Dalam kompetisi, pelaksanaan yang baik bukanlah jawaban. Harus lebih baik atau terbaik dibanding yang lain. Itu baru jawaban.

Sebuah management yang baik harus mampu menyeimbangkan semua source yang ada sehingga tidak ada bottle neck. Management yang baik menganalisa data statistik dan mampu melihat celah untuk berinovasi secara kreatif. Memang tidak mudah saat management bawah diinjak dan ditekan target penjualan, tapi insting kreatif bagi manager kreatif kadang justru muncul saat berada dalam kondisi ekstrem.

Saya sendiri bukanlah pelaku, sekedar melihat dari luar saja. Namun untuk mereka - mereka yang sudah menerapkan territory management dengan baik tentunya bisa menjawab pertanyaan menyangkut marketing dan distribusi berikut ini:

1. Lebih efektif mana branding tersebar dibandingkan sistem fokus area?
2. Lebih efektif mana sistem sales terpusat dibanding menempatkan sales di agen/depo?

Sebenarnya banyak hal yang bisa diolah dari suatu wilayah, tapi sementara cukup 2 itu dulu saja.

Bicara hal ini saya jadi ingat si raksasa lesu, Gudang Garam. Entah bagaimana kabar mereka sekarang. Beberapa tahun lalu, saya baca di swa, trennya declining. Mungkin sampai sekarang malah belum ke titik balik. Saya kurang tahu. Distribusi GG saya perhatikan bagus, tapi nampaknya memang hanya itu tugasnya. Tidak ada data lapangan yang digrab, jadi tidak ada variabel apapun untuk dianalisa management selain trek persalesan itu sendiri. Dalam arti, untuk distribusi yang bagus, respon balik informasi area yang bisa diolah minim, sementara semua hal di lapangan berubah dengan cepat. Pemasangan neonbox sepanjang jalan juga terkesan asal - asalan. Boros, dengan imbal balik yang belum pasti. Seperti tindakan yang bersandar hanya pada satu data; penurunan penjualan, tanpa tahu apa yang musti dilakukan selanjutnya.

Well, .. rasanya bicara GG akan membuat post ini jadi terlalu panjang dan OOT. Saya simpan saja untuk post selanjutnya. Akhir kata, saya akhiri dulu post ini dengan satu kata : bersambung ^_^.
4

Bersandar Pada Yahoo?

{ , , }

Beberapa hari ini yahoo terasa sangat menyebalkan. Yah, setelah geocities ditutup, yahoo pipes yang digunakan untuk menampilkan top komentator di blog ini juga tidak nampak lagi. Blong kosong tidak terlihat daftar namanya. Menyedihkan,.. semoga segera bisa tampil lagi.

Yahoo sendiri memang sedang berbenah. Jual ini itu, menghilangkan servise ini itu agar menjadi lebih baik, .. lebih baik buat mereka tentunya. Yang seperti ini tidak nyaman untuk pengguna. Bersandar pada Yahoo rasanya demikian rapuh.

Dulu saya sempat punya akun mail yahoo juga, tapi karena lama tidak dibuka, semua inbox hilang dan perlu proses tertentu untuk membuatnya aktif lagi. Berbeda dengan Gmail dimana setelah setahun baru saya buka lagi, tidak ada satupun data yang hilang. Bahkan langganan feed sayapun masih ada hingga mencapai ribuat inbox unread. Mungkin ini juga alasan saya menggunakan Blogger blogspot. Saya lebih percaya google dibanding siapapun (termasuk diri saya sendiri) untuk memastikan blog saya tetap hidup.

Reliabilitas layanan gratis, jika disebut demikian, yahoo tidak saya rekomendasikan. Jika google menyediakan tool serupa, pilih google saja. Untuk masalah yang gratis - gratis, google adalah jagonya.
8

Mengapa Perusahaan Rokok Boros Dalam Promosi?

{ }
Mungkin tidak ada di dunia ini jenis bisnis yang begitu royal menghambur - hamburkan dana untuk promosi selain bisnis rokok. Dalam setahun, perusahaan rokok bisa menghabiskan dana hingga triliunan hanya untuk promosi.

Rokok, dalam level tertingginya, sudah tidak lagi bersaing dalam hal kualitas. Rokok satu dan yang lain pada dasarnya serupa. Hal yang masih bisa dimainkan hanya image, selebihnya adalah ketergantungan konsumen pada merk.

Bisnis rokok memang dilematis. Diluar alasan kesehatan, bisnis ini memberikan sumbangan besar dalam dunia entertainment. Dari F1, MotoGP, Siaran Bola, hingga konser - konser musik berjalan dengan dana dari bisnis ini. Sejauh ini, saya belum menemukan keunikan yang serupa dalam bisnis - bisnis lain. Mungkin bisnis rokok memang khas. Bisnis yang benar - benar bersandar pada strategi marketing untuk membuatnya menjadi besar.
4

Waktunya Rehat

{ }
Terus menerus dengan artikel serius membuat traffic blog menurun signifikan, meski subscriber justru meningkat. Sebuah dilema. Terakhir kali posting kategori popnews atau berita ringan adalah sebulan yang lalu, dan traffic masih bagus. Akhir - akhir ini memang kepala sedang penuh dengan beragam ide, dan nampaknya bukan ide yang populer ^_^, well... mungkin saya perlu sedikit refreshing dengan humor atau berita - berita baru yang menghibur. Paling tidak menghibur diri sendiri ^_^.
7

Google Wave : Langkah Strategis Google Membendung Microsoft

{ , }
Persaingan 2 perusahaan raksasa itu makin panas saja. Setelah Microsoft menantang dominasi search engine Google dengan Bing, tidak lama lagi, aplikasi perkantoran paling terkenal besutan Microsoft juga bisa dinikmati online secara gratis, bersaing head to head dengan Google doc. Ini adalah tantangan beruntun Microsoft secara langsung untuk Google.


Bagi netters yang terbiasa online mungkin lupa apa manfaat sebuah aplikasi bernama Microsoft office. Facebook dan twitter mungkin lebih akrab di telinga. Namun bagi pekerja corporate, Microsoft office adalah vital. Dalam sebuah komunikasi via e-mail, attachment yang paling sering ditemui adalah file buatan software Microsoft tersebut.

Saat ini, umumnya corporate menggunakan email Outlook web, dimana antar personelnya berkolaborasi dan berbagi file melalui attachment. Setiap materi yang dibahas bisa diarsipkan, tidak seperti halnya chat. Kelemahan metode ini adalah ketidak praktisan. Komunikasi bisa diarsipkan, namun attachment perlu didownload untuk bisa ditampilkan. Komunikasipun tidak bisa se realtime chat. Meski cara ini bisa jalan, namun jika ada yang lebih baik, sangat dimungkinkan cara ini akan ditinggalkan.

Google kuat di layanan publik, namun kalah jauh dari Microsoft untuk layanan corporate. Dengan adanya Google wave, Google nampaknya ingin balas menyerang Microsoft di core competensi Microsoft sendiri. Layanan corporate.

Google wave adalah layanan kolaborasi online yang memiliki kemampuan menggabungkan chat dan dokumen secara online - realtime, dan tetap bisa diarsipkan. Ini bisa menggantikan semua layanan corporate Microsoft, mulai dari layanan web mail hingga office. Dengan kemampuan tersebut, komunikasi online baik secara vertikal maupun horisontal dalam sebuah team/hierarki corporate bisa terjembatani tanpa perlu biaya yang mahal. Jika perusahaan - perusahaan besar mengadopsi cara baru ini, bisa dipastikan revenue Microsoft akan terjun bebas.

Ini sekedar prediksi, namun bukan tanpa alasan. Google wave dibuat juga bukan tanpa alasan. Tagline "productivity" yang diemban Google wave berkompetisi head to head kasat mata dengan produk - produk Microsoft. Bukankah Microsoft office juga lekat dengan kata "productivity"?
2

Cara Kerja Bisnis Pulsa Tronik

{ }
Pada awalnya, cara pengisian pulsa elektronik dilakukan dengan menggunakan chip dari masing - masing operator. Telkomsel, Indosat, XL, dan operator - operator seluler lain mempunyai chip sendiri - sendiri. Dalam keadaan demikian, maka untuk 'kulakan' pulsa, seorang penjual pulsa harus kulakan satu per satu ke tiap - tiap operator dan harus punya ponsel yang cukup banyak untuk menampung masing - masing chip. Hal ini tentunya menjadi beban bagi penjual pulsa bermodal kecil. Untuk menyiasati hal itu, muncullah yang namanya server all operator.

Server all operator memiliki semua chip dari masing - masing operator. Ia menjadi penengah bagi penjual pulsa dan operator seluler sehingga penjual/retailer pulsa tinggal memerintah server all operator untuk mengisi pulsa sesuai dengan permintaan pembeli menggunakan suatu kode tertentu, cukup dengan bermodal 1 ponsel saja. Retailer tidak perlu lagi memiliki banyak chip. Ia hanya perlu merequest, dan server operator yang akan menyalurkan request itu ke chip masing - masing operator. Agar bisa merequest ini, si penjual harus mendeposit sejumlah uang ke server all operator, dimana untuk tiap request, depositnyanya akan dipotong sesuai harga pulsa.

Untuk mudahnya, berikut ini alur yang terjadi saat seorang konsumen membeli pulsa di konter yang menggunakan jasa server all operator :

Saat konsumen datang, biasanya ia akan menulis nomor dan nilai pulsa di kertas yang disediakan. Katakanlah simpati 10 ribu sebagai contoh. Maka si penjual pulsa akan menulis kayak gini :

S10.nomorkonsumen.kodeIDpenjual

S10 = Kode Simpati 10 ribu
kodeIDpenjual = Kode pengaman untuk ponsel transaksi. Biar ponsel transaksinya ga bisa digunakan oleh orang selain penjual.

Beda server bisa beda cara penulisan requestnya. Nah, request itu dikirim ke server menggunakan beberapa macam cara. Umumnya via SMS atau menggunakan YM (yahoo messenger). Umumnya, kalau menggunakan SMS, server sudah menyediakan target pengiriman sesuai chip/kartu yang digunakan penjual. Maksudnya agar biaya SMS lebih bisa dihemat karena rata - rata operator, tarif sesama lebih murah.

Di server, perintah itu melakukan dua hal. Pertama memotong deposit sesuai harga kulakan, selanjutnya mengirim perintah ke chip operator untuk mengisi nomor yang dimaksud. Ini hanya terjadi dalam beberapa detik, tahu - tahu ponsel konsumen sudah terisi pulsa. Si konsumen membayar seharga Rp 11.000,- ke penjual, sementara deposit si penjual terpotong di bawah itu. Selisihnya adalah keuntungan bagi penjual.

Yang namanya teknologi buatan manusia, tentu bukannya tanpa kendala. Kendala paling umum waktu mengisi pulsa adalah pengisian yang lambat/tertunda. Ada beberapa alasan ini terjadi, diantaranya :

- Error di pihak operator. Ini sifatnya global, jadi jika operatornya yang bermasalah, semua server akan terkena imbasnya.

- Error di pihak server. Yang terimbas cuma reseller dari server tersebut.

Kadang - kadang di sisi operator tidak eror, di sisi server juga tidak eror, tapi ada pesan dari pihak server bahwa untuk 'kartu x' pengisian lambat. Nah, kalau ini yang terjadi, kemungkinan pemilik servernya lupa atau 'duitnya belum ngumpul' untuk mendeposit ke pihak operator ^_^. Maklum saja. Server - server kecil yang sedang mencari pasaran kadang berani ngasih piutang, padahal deposit ke operatornya cash.

Oke deh. Segitu dulu ngelantur saya. Kapan - kapan disambung lagi.
7

Mensyukuri Indahnya TV

{ , }
Mungkin banyak dari kita lupa dengan sebuah nikmat, yaitu Televisi alias TV. Ia sudah hadir sejak lama, menemani kita dengan tontonan yang begitu kita nanti saat kita masih kecil. He-man, Silverhawk, Satria Baja Hitam, Doraemon, dan masih banyak lagi. Sesuatu yang kadang kita lupa karena bergelut dengan pikiran yang seringkali begitu 'online'.

Hari ini saya kembali menikmati TV, sesuatu yang telah sekian lama saya anggap remeh karena penuh dengan sinetron yang tidak bermutu. Sekedar duduk santai di bantal empuk, menikati cemilan, sambil memindah - mindah channel dengan remote. Lalu saya melihat kabar gempa, sedu sedan mereka yang terkena musibah, rumah - rumah yang hancur porak - poranda. Yah, benar - benar informasi yang sangat kaya, seakan saya ada di sana. Dan itu semua berkat televisi.

Lantas saya baca - baca berita di Internet, saya banding - bandingkan. Dan ternyata saudara - saudara, berita - berita di Internet yang sekedar tulisan atau gambar, bagi saya nampak begitu kuno bila dibanding televisi. Aneh memang. Karena bukan barang baru, televisi jadi kurang saya perhatikan. Tapi kini tidak lagi. Saya telah kembali mensyukuri hadirnya televisi. Rasa syukur yang lengkap dengan penerimaan atas ketidak sempurnaan kualitas tayangan - tayangannya. Yah, lagian memang TV tidak pernah salah sih. Stasiun TVnya, atau mungkin kitanya saja yang terlalu permisif dengan tayangan - tayangan yang tidak mendidik.


Ups...cukup sekian saja dulu. Saya bakal curhat lama kalo nggak bersikap kejam pada jemari sendiri dan berhenti mengetik, ....

Note : Turut berduka cita untuk korban - korban gempa yang terjadi di Sumbar, Jambi, dan sekitarnya. Semoga diberi ketabahan atas cobaan yang menimpa.
8

Bisnis eBook, Sistem Uang Otomatis, dan Skema Ponzi

{ , }
Jika anda melihat bagaimana bisnis online dalam bentuk ebook atau sistem uang otomatis bekerja, sebagian dari anda mungkin tahu bahwa model yang digunakan adalah skema Ponzi. Investor awal mendapat profit dari dana investor/member berikutnya. Apakah bisnis semacam ini penipuan? Apakah ini etis?

Analogi saya begini :
Dalam sebuah meja judi berisi 4 orang, semua mempertaruhkan uang dalam jumlah yang sama dimana yang akhirnya menang dan mendapat uang hanya satu orang saja. Pertanyaannya; apakah 3 orang yang kalah itu tertipu? jawabannya tidak. Tidak ada penipuan di sini karena sedari awal aturannya sudah diketahui oleh semua, bahwa jika masuk ke meja judi, anda tidak berbisnis, tapi berjudi dimana keuntungan yang satu berasal dari kerugian yang lain. Meski sifatnya money sum game, di Amerika judi tidak dilarang, karena tidak ada unsur penipuan. Akadnya sudah jelas sejak mula.

Kembali lagi ke bisnis eBook dan sistem uang otomatis yang banyak beredar di Internet, termasuk di ads yang tampil di blog ini ^_^. Apakah itu bisa disebut penipuan? Kembali kita harus merujuk ke kasus - kasus skema Ponzi yang pernah terjadi. Charles Ponzi, dituntut melakukan tindak penipuan karena menyebutkan bahwa bisnis yang ia lakukan adalah bisnis kupon Pos, padahal sebenarnya tidak. Bernard Madoff dituntut melakukan tindak penipuan karena ia menyebutkan pada investor - investornya bahwa ia menggunakan dana mereka untuk bisnis saham, padahal yang ia lakukan adalah sebuah skema Ponzi. Tindak penipuan yang dilakukan dua orang itu adalah : Tidak secara jujur menyebutkan bagaimana cara mereka menghasilkan pendapatan yang sebenarnya. Unsur penipuan bukan karena skema Ponzinya, tapi karena mereka menyampaikan informasi yang tidak benar. Nah, untuk alasan yang sama, bisnis eBook atau sistem uang otomatis belum bisa dikategorikan sebagai penipuan karena memang cara bisnis tersebut menghasilkan uang sudah terbuka sejak awal tanpa ditutupi, jadi calon member bisa menganalisa sendiri bagaimana cara "bisnis" itu bekerja.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ia etis? Ini kembali ke sudut pandang masing - masing. Jika anda merasa oke - oke saja dengan pola mendapat uang dari kerugian orang lain, sah - sah saja karena judi pun berpijak pada konsep itu. Namun jika anda merasa yang demikian itu tidak etis dan illegal karena merugikan yang lain (atau tidak cukup transparan dalam mengungkap mekanismenya), andapun mendapat cukup banyak pendukung.

Terlepas dari pro - kontra terhadap bisnis tersebut, saran saya adalah : Jika anda ingin masuk dalam skema Ponzi, anda harus tahu sejak mula bahwa anda bisa menang, dan anda bisa kalah. Dalam skema Ponzi, tidak ada klausul bahwa semua orang pasti menang.
6

Skema Ponzi : Contoh dan Perkembangannya

{ }


Skema Ponzi adalah sebuah model investasi dengan menjanjikan keuntungan tinggi, dimana keuntungan itu bukan didapat dari bisnis, tapi dari dana investor lainnya. Dengan kata mudah, keuntungan yang didapat oleh investor lama berasal dari dana investor baru. Meski telah dilarang dan dikategorikan sebagai penipuan, skema ini masih marak sampai sekarang, bahkan berkembang dengan beragam kamuflase meski pada dasarnya tetap sama. Keuntungan berasal dari masuknya investasi baru, bukan margin hasil usaha.

Pada awal skema Ponzi berjalan, Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi (atau nama amerikanya Charles Ponzi) menyatakan bahwa dia menginvestasikan dana dengan membeli Kupon Pos Internasional dan mengkonversikan nilainya dengan dolar Amerika untuk mendapat profit yang tinggi. Investor yang bergabung di awal - awal merasa investasinya berhasil, sehingga muncul yang namanya 'kesaksian'. Adanya 'bukti' dan kesaksian ini membuat skema berjalan sehingga investasi deras mengalir masuk. Pada saat Carlo Ponzi menerapkan sistem ini, ada puluhan ribu orang yang menjadi korbannya. Contoh lain yang terkenal adalah skema Ponzi yang dilakukan oleh Bernard L. Madoff. Prinsipnya sama, hanya saja yang dijadikan kedok adalah investasi saham, bukan Kupon Pos Internasional. Untuk kasus di Indonesia, yang paling terkenal mungkin skema Ponzi berkedok bisnis ginseng yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Dalam kelanjutannya, skema Ponzi ini berkembang menjadi beragam bentuk, namun tetap dengan prinsip yang sama. Keuntungan investor lama berasal dari masuknya dana investor baru. Perbedaannya hanya dalam kedok dan mekanisme masuknya investor baru. Kedok yang bisa digunakan diantaranya :

1. Berkedok Bisnis Margin Tinggi
Bisnis valas, saham, dan semacamnya bisa dijadikan kedok karena memang menjanjikan profit tinggi. Investor - investor awal yang ditarget biasanya para pejabat, ibu - ibu pejabat, atau orang kaya yang kesaksiannya memiliki pengaruh.

2. Berkedok Harta Karun/Simpanan Mr X di bank Swiss
Kedok ini juga bisa dilakukan, dimana setiap investor akan mendapat beberapa kali lipat investasinya. Dana investasi itu alasannya digunakan untuk sogokan, perijinan, atau semacamnya agar uang/bunganya bisa cair.

3. Berkedok Produk Superior
Produk pada dasarnya belum/tidak bernilai/bernilai rendah, namun dimarkup sedemikian rupa sehingga bisa menarik uang investor dalam jumlah cukup untuk membuat skema Ponzi bisa berjalan.

Jika dilihat dari mekanismenya, skema Ponzi kini justru lebih banyak ditemui dalam bentuk jaringan berjenjang atau multi level, tidak lagi tersentral. Untuk yang satu ini, kedok yang paling sering digunakan adalah kedok yang ketiga, yaitu produk superior.

Nah, pertanyaan yang mengemuka kemudian adalah: Apakah MLM termasuk skema Ponzi? Apakah MLM Legal? Untuk tahu apakah suatu bisnis MLM menganut skema Ponzi atau bukan, kita hanya perlu melihat ekspansi membershipnya. Apakah jika tidak ada member baru bisnis tersebut masih bisa survive? Jika bisa, maka MLM itu bukanlah skema Ponzi, jika ya, maka ia menggunakan skema Ponzi. Seperti telah dibahas di atas, ciri skema Ponzi adalah keuntungan investor lama berasal dari investor baru. Jika tidak ada investor baru, tidak ada 'korban' baru, bisnis sudah bisa dipastikan mati.

Beberapa contoh MLM yang tidak menggunakan skema Ponzi diantaranya :

1. MLM Pulsa.
MLM Pulsa sulit mengadopsi skema Ponzi karena harga produknya sudah terpublikasi secara luas di luar sistem. Markup harga yang timbul tidak untuk mengeruk dana investasi membernya, tapi murni usaha untuk mendapat profit dari harga dasar yang jelas. MLM ini bisa hidup tanpa ada penambahan member baru selama harga produknya masih mampu bersaing dengan harga yang dijual di luar sistem.

2. MLM Air Minum
MLM yang baru saja saya ketahui adalah MLM Air minum dengan merk Axogy. Ia mengadopsi sistem MLM hanya untuk membentuk outlet/reseller, bukan untuk hidup dari hasil investasi. Jika tidak ada penambahan member barupun, sistem ini tetap lancar karena galon air yang dijual memberikan profit yang cukup untuk membuat bisnis itu tetap berjalan.

Nah, saya sudah memberikan contoh MLM yang tidak menerapkan skema Ponzi. Andapun bisa menambahkan sendiri contoh anda, tentunya dengan alasan yang masuk akal.

Pertanyaannya kemudian, mana sajakah dari MLM yang ada di Indonesia ini yang terindikasi menggunakan skema Ponzi untuk mengeruk keuntungan? Hehe..., jawabannya : Banyak! Coba anda analisa sendiri. Dari sekian banyak, mana saja yang masih bisa hidup tanpa ada penambahan member baru.

Dari sekian banyak model - model skema Ponzi, model MLM adalah yang paling lihai. Mengapa bisa disebut paling lihai? Karena gagalnya sistem dibebankan pada member, bukan kreator. Dalam MLM Ponzi, jika suatu sistem tidak lagi bisa berkembang, maka member terakhirlah yang disalahkan karena tidak mampu merekrut member baru, dan ia tidak bisa menuntut si kreator karena sudah ada perjanjian di awal program digulirkan. Si kreator akan tetap kaya raya, dan member - membernya tidak bisa menuntut siapapun untuk kerugian yang telah ia derita. Jika dulu Carlo Ponzi menggunakan metode MLM untuk skemanya, ia tidak akan menjadi tertuduh utama dan satu satunya, ia bisa balik menuduh member - membernya yang ga bisa kerja dan memperluas jaringan. Hoho,.. betapa enaknya...
4

Branding Tidak Akan Ada Lagi

{ , }

Branding memiliki sifat aktif, dibuat, dilakukan oleh brand owner dan ditujukan pada calon - calon konsumennya. Bisa dikatakan, branding dilakukan dalam rangka menjual produk/jasa [ya iya, masa buat gaya - gayaan. Bodo bgt si budi!^_^]. Dalam sistem pemasaran modern yang memanfaatkan media massa yang bersifat satu arah, branding menjadi cara praktis menciptakan ijazah bernilai sempurna tanpa harus melewati test publik. Kecap kami adalah yang nomer satu, dan tidak ada yang protes. Misal protespun tidak akan terdengar karena efek massalnya memang satu arah saja.

Di masa - masa mendatang, sistem menilai diri sendiri seperti ini tidak akan efektif lagi. Setiap produk akan melewati test oleh publik dimana hasilnya akan direspon balik secara massal juga. Sama masalnya dengan publikasi karena medianya sudah ada. Semakin tidak relevan antara promo dan realitas produk yang ada, respon publik juga akan makin keras. Pada intinya, cost branding yang besar tidak lagi secara garis lurus meningkatkan hasil. Dan jika memang demikian, bukankah lebih baik menunggu ijazah publik daripada membuat ijazah sendiri untuk dihakimi publik? Dalam konklusi serupa, Tipping point Gladwel yang menyatakan bahwa viral dipicu oleh influencer menjadi kurang valid. Usaha branding dengan sistem viral melalui 'influencer' tidak akan banyak membuahkan hasil karena toolset yang digunakan memang tidak bersifat mengalir dari hulu ke hilir, atau produsen ke konsumen. Setiap orang adalah mata air dan punya potensi untuk menimbulkan banjir yang besar. Influencer yang dimaksudkan untuk mempengaruhi publik ala TV tapi memanfaatkan social media tidak akan banyak manfaatnya.

Branding layaknya memasang topeng cantik dan meminta semua orang melihatnya dari kejauhan tanpa bertanya. Di era komunikasi massal dua arah, topeng itu jadi mudah dibuka dan siapapun bisa mengenali apa dibaliknya. Jika anda atau perusahaan anda masih loyal dengan skema pemasaran yang ada saat ini, aktivitas branding mungkin tidak bisa anda tinggalkan. Namun jika anda mulai melangkah ke pemasaran primitif modern, branding benar - benar tidak akan ada lagi, karena memang tidak perlu. Saatnya kembali fokus ke produk, kualitas, dan harga. Jika anda mengenal 4P, mulai bagikan saja P untuk promotion pada kesaksian konsumen anda. Teriakan mereka bisa sangat kencang dan terdengar dunia. Dan tentu saja, Gratis!
1

Bagaimana Pemasaran Primitif Bekerja di Era Modern?

{ , }

Sistem primitif jaman dulu bekerja secara detil. Menjual pada orang satu berbeda dengan cara menjual pada orang lainnya. Semua tergantung karakter konsumen yang dihadapi. Di era pemasaran modern dimana publikasi massal memegang peranan, yang terbentuk adalah segmentasi yang sifatnya relatif luas. Konsumen dikelompokkan dalam kategori - kategori, tidak lagi detil orang per orang. Ini terjadi karena komunikasi massal satu arah -produsen ke konsumen- mungkin dilakukan dengan adanya media pendukung. Seperti yang pernah saya sebutkan pada artikel sebelumnya, media tersebut diantaranya koran, televisi, atau radio. Secara biaya, mempublikasikan secara massal informasi yang seragam untuk segmen yang ditarget lebih hemat dibandingkan menginformasikan satu persatu ke calon - calon konsumen layaknya pemasaran primitif, meski tentu saja, penyeragaman ala segmentasi itu mengeliminasi beragam variabel lain sebagai ciri khas tiap individu calon konsumen. Namun mempertimbangkan toolset yang ada, varibel - variabel yang membentuk varian itu bisa diabaikan.

Jika pemasaran modern sedemikian efektif, mengapa perlu pemasaran primitif modern? Jawabannya ada pada kompetisi. Jika setiap perusahaan menggunakan cara yang sama meski itu adalah cara terbaik, tetap ada pemeringkatan mana yang terbaik dan mana yang terburuk. Jika tidak ingin menjadi bagian terburuk dan terdegradasi, maka perlu inovasi, dan pemasaran primitif modern adalah salah satunya. Nah, berikut ini poin - poin pemasaran primitif dalam dunia yang makin modern :

1. Memecah segmen menjadi profil
Dalam pemasaran modern, agar publikasi massal efektif, maka kita butuh segmentasi. Kepada kelompok - kelompok macam apakah sebuah produk perlu dikampanyekan, maka segmentasi menjawabnya. Dalam sistem primitif masa lalu tidak demikian. Sistem primitif mengenali individu, namun tidak dimungkinkan dalam skala massal. Dalam pemasaran primitif modern, pengenalan individu bisa dilakukan secara massal, dalam arti, pemasaran primitif modern mengambil benefit dari pemasaran primitif masa lalu dan pemasaran modern masa kini. Hal itu bisa dilakukan karena toolnya sudah tersedia, yaitu internet dengan kemampuan komunikasi massal dua arah. Dengan cara ini, segmentasi bisa dilakukan secara dinamis dalam bentuk profil. Konsumen tidak dikategorisasi, namun membentuk profil mereka masing - masing.

2. Mengurangi/menghilangkan Branding Cost
Dalam pemasaran modern, kampanye massal lebih difungsikan untuk membentuk dan memantapkan awarenes masyarakat terhadap brand, dimana pada kelanjutannya, diikuti dengan aktivitas - aktivitas marketing pendukung -umumnya below the line- untuk memperbesar kans terjadinya sale/penjualan. Pada tiap tahapnya, selalu butuh biaya yang tidak sedikit. Dalam pemasaran primitif, yang seperti itu tidak ada. Tahap awareness hingga sale dilakukan individual. Brand image yang terbentukpun menjalar secara individual dari mulut ke mulut. Tidak ada anggaran khusus untuk mengkampanyekan brand secara terpisah. Di masa lalu, metode primitif seperti ini kurang efektif karena coveragenya tidak mungkin bisa luas, namun jika kita lihat saat ini, hal itu mungkin. Tidak kurang banyaknya media online yang difungsikan sebagai media komunikasi massal 2 arah dalam cakupan/coverage yang sangat luas. Facebook, tweeter, atau blog bisa menjadi contoh yang mudah.


3. Minimalisasi birokrasi, maksimalisasi individual skill
Secara tradisi, pemasaran modern identik dengan sistem. Team, hierarki, dan tahap - tahap prosedural perlu dilewati untuk berbagai hal, hingga ke tahap eksekusi. Dalam pemasaran primitif, hal - hal seperti itu tidak terjadi. Setiap individu menempuh semua tahap pemasaran, mulai dari pebentukan awareness hingga terjadi transaksi. Bagus atau tidaknya hasil terbeban pada individu. Untuk mekanisme primitif modern, model pemasaran sistematis menjadi tidak praktis. Birokrasi adalah hal yang dihindari karena komunikasi 2 arah realtime terus terjadi. Sebagai kompensasi, maka mereka yang bertugas memasarkan harus punya skill individu yang tinggi, pemahaman produk yang mendalam, sehingga di tiap komunikasi yang terjadi, tingkat erornya rendah tanpa harus mentransfer informasi ke divisi lain. Tanpa skill individu tinggi, kembali lagi terjadi birokratisasi yang menyebabkan respon yang lambat. Ini tidak sesuai dengan dunia mendatang yang akan/sedang kita hadapi.

Nah, 3 hal di atas adalah basis - basis atau pokok mekanisme pemasaran primitif modern. Tujuannya adalah maksimalisasi hasil dengan cost yang rendah, mengandalkan tool - tool sesuai dengan perkembangan jaman. Pada dasarnya, setiap mekanisme pemasaran bersandar pada toolset yang ada. Mulai dari sekedar mulut dan telinga, melangkah ke cetak dan elektronik, hingga ke era internet. Setiap toolset akan memaksa marketing untuk merubah paradigmanya.
0

Jadwal Liga Bola Akhir September 2009

{ }

TVONE-ESPN-STAR SPORT
Liverpool vs Hull City Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 21.00 WIB
Fulham vs Arsenal Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 23.30 WIB

TVONE
Liga Spanyol Zaragoza vs Getafe Minggu, 27 Sep 23:55 - 02:00

ESPN
MLB: Detroit vs Cleveland Jumat, 25 Sep.; Pkl. 06.00 WIB
MLB: Boston vs NY Yankees Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 06.00 WIB
Portsmouth vs Everton Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 18.45 WIB
Stoke City vs Man. United Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 21.00 WIB
Fulham vs Arsenal Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 23.30 WIB
MLB: Boston vs NY Yankees Minggu, 27 Sep.; Pkl. 03.00 WIB
Sunderland vs Wolverhampton Minggu, 27 Sep.; Pkl. 22.00 WIB

STAR SPORTS
Liverpool vs Hull City Sabtu, 26 Sep.; Pkl. 21.00 WIB

TELKOMVISION
Genoa vs Juventus (Tel.2) Jumat, 25 Sep.; Pkl. 01.45 WIB
Catania vs Roma (Tel.1) Minggu, 27 Sep.; Pkl. 20.00 WIB
Juventus vs Bologna (Tel.2) Minggu, 27 Sep.; Pkl. 20.00 WIB
Lazio vs Palermo (Ten Sports) Minggu, 27 Sep.; Pkl. 20.00 WIB
Milan vs Bari Senin, 28 Sep.; Pkl. 01.45 WIB

RCTI
Sampdoria vs Inter, Senin 28/09/09 Pkl. 01:30
Jadwal internasional adalah 26 september. Jika live, harusnya RCTI menyiarkannya tanggal 27 september. Di jadwal RCTI tertulis tanggal 28. Entah RCTI nya salah input atau memang tayangan ulang, saya kurang tahu.
2

Pemasaran Primitif Modern

{ , }
Sales, pada dasarnya adalah tujuan akhir, namun ia menjadi bentuk primitif dari bisnis modern yang menggunakan term marketing sebagai induk. Dalam bisnis modern yang lebih banyak menggunakan pemasaran halus atau soft selling, brand menjadi krusial. Selling skill sebagai keahlian individual disubstitusi oleh kekuatan brand dan mekanisme distribusi. Bagi sebuah brand yang kuat dengan distribusi yang bagus, salesman bisu sekalipun bisa dipekerjakan untuk men-drop produk ke reseller - reseller, dan aliran produk dari produsen ke konsumen bisa mengalir lancar tanpa banyak kendala. Itu mekanisme bisnis modern, dan mekanisme itu bisa jadi tidak lagi relevan karena sangat mungkin digantikan oleh yang lebih baru lagi.
Jika dibuat sebuah timeline, maka skema menuju terjadinya penjualan/sales dapat kita bagi menjadi 3 era :

1. Primitif 
Era dimana tanggung jawab terjadinya penjualan bergantung pada skill selling individual. Mulai dari memperkenalkan produk, membuat konsumen tertarik, hingga akhirnya membeli, semua terbeban pada seorang salesperson. "Produk dagangan si A bagus" lebih dominan dibanding "Produk X bagus".

2. Modern
Era dimana terjadinya penjualan bergantung pada sistem marketing dan distribusi perusahaan. Memperkenalkan produk, membuat konsumen tertarik, hingga terjadi trial, dilakukan melalui aktivitas - aktivitas marketing yang sebagian besar bersifat satu arah. Dari perusahaan menuju konsumen. Publikasi via koran, radio, atau televisi menjadi ciri khas pemasaran modern.

3. Primitif Modern
Adalah era dimana penjualan akan kembali menjadi primitif. Primitif di sini tentu berbeda dengan primitif masa lalu. Primitif di sini adalah mekanisme jual - beli yang terjadi karena komunikasi produsen konsumen kembali menjadi komunikasi dua arah layaknya masa lalu, namun difasilitasi oleh beragam teknologi modern. Presentasi ala primitif tidak didominasi kontak penjual - pembeli dalam lingkup sempit, tapi menjadi semacam presentasi di sebuah hall luas dimana setiap percakapan didengar oleh banyak orang. Branding modern juga tidak lagi satu arah, namun tersebar dimana setiap konsumen bisa memajang pendapatnya di dinding hall layaknya lukisan untuk dilihat semua orang. Paradigma baru butuh toolset baru, bukan adopsi atau hasil adaptasi paradigma lama. Sudah siapkah anda dengan segala perlengkapan pemasaran baru untuk menyambut penjualan primitif di era modern?


Ke depan, poside akan lebih sering membahas mengenai pemasaran primitif modern. Jika anda tertarik dengan bahasan ini dan ingin terus mengikuti artikel - artikel mendatang dan berdiskusi, silahkan berlangganan artikel gratis via RSS feed. Dan satu lagi, kita berpijak pada sales, selling, bukan yang lain. Segala tetek bengek branding, awareness, data user, dan lainnya sekedar aksesoris addisi, bukan fokus. Jargon - jargon komplementer itu sangat mungkin jadi sampah, beban pikiran, dan bisa mendistraksi kita dari tujuan awal bisnis. Sale, produk laku.
4

Perahu Kertas

{ }
http://1.bp.blogspot.com/_aDT-9UhrH5A/SnaMl9SlUzI/AAAAAAAAAKs/MFOBIKoF5ho/s320/kapal+kertas.jpg
Tidak terasa sudah weekend lagi. Seperti biasa, saat weekend, saya terbiasa bernarsis ria menyebarkan kenangan - kenangan indah masa muda saya,.. cie masa muda ^_^. Namanya juga brondong keren, kalo ngga ngegombal nggak afdol dong, hehe.

Puisi kali ini tentang cinta, sebuah perasaan yang mampu menyatukan dunia.Cinta, menjalani hidup dalam kebersamaan. Sebuah janji dan harapan...

Aku telah membuat bahtera, honey...
dari kertas
cukup untuk kita
untuk foto kita berdua
3 x 4, honey...
kamu jadi nahkoda
aku jadi kelasi

Kita tunggu senja...

saat angin darat datang
ketika ia menghembus kencang
kita akan mengarungi samudera
untuk mengelilingi dunia
dunia yang indah, honey...
dunia kita
duniaku, duniamu
dunia kita berdua
3

Poside : Sebuah Blog Pribadi

{ }
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan penghasilan via internet, saya masih bisa merasakan senangnya menulis tanpa mendapat penghasilan. Di sini, di blog ini, adalah rumah maya dimana saya pulang saat letih bekerja.

Blog bisa diibaratkan banyak hal. Bisa jadi semacam ternak yang terus menerus dikasih makan agar gemuk dan menghasilkan. Bisa juga jadi showroom tempat kita memajang beragam karya. Atau semacam bengkel atau lab, tempat kita melakukan berbagai eksperimen. Namun dari sekian banyak, seorang blogger tetap perlu sebuah rumah. Rumah untuk pulang saat ternak - ternaknya sudah dikasih makan. Rumah untuk merenung saat showroom sedang sepi. Dan rumah untuk membagi pengalaman saat blog yang kita jadikan laborat rusak parah karena theme coba - coba yang salah pasang.

Facebook, tweeter, dan beragam akun lainnya sekedar lab buat saya. Rumah saya tetap di sini, di blog poside ini. Apakah anda juga sudah punya rumah maya? Atau anda masih tinggal bersama ternak anda? Atau di showroom? Atau di laborat? Miliki rumah sendiri bro. Dengan memiliki rumah, anda selalu bisa pulang saat segalanya tidak berjalan sesuai harapan.
6

Lindungi KPK Kita!

{ , }

Melihat prestasi polisi dalam memburu Nurdin, rasanya membanggakan. Mungkin sama membanggakannya saat rakyat melihat KPK menangkap para koruptor. Dua institusi itu bekerja maksimal dalam bidangnya masing - masing, mungkin itu yang membanggakan.

Namun, jika melihat hubungan akhir - akhir ini antara keduanya, mungkin kita perlu berfikir ulang. Konflik antara KPK dan Polri terdengar tidak enak. Tumpang tindih wewenang membuat nama baik yang seharusnya dijaga menjadi rusak. Jika ditanya mana yang lebih rusak, mungkin jawabannya akan menuju ke pihak Polri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di kepolisian ada korupsi. Rakyat tahu, dan sangat wajar jika itu menjadi bagian penyelidikan KPK. Justru akan sangat aneh jika KPK tidak melakukannya. Dari level kroco, yang memalak receh dari para pemilik receh lewat tilang, masyarakat tahu institusi besar itu bukan institusi yang sehat.

Kepolisian bukan tempat suci dimana tidak ada korupsi. Jika kerja KPK mau diinterupsi dengan beragam tuduhan yang membuat kinerjanya tidak maksimal, sangat mudah untuk disimpulkan ada tendensi di baliknya. Mungkin tidak ada pilihan lagi bagi polisi selain merubuhkan KPK. Memberikan tumbal bagi KPK mungkin seperti menyerahkan ujung mata rantai yang tidak bisa dikendalikan lagi akan merambat ke mana. Semua bisa saja terlibat bukan? Kalau melihat respon institusi tersebut, bisa jadi memang demikian.

Tanpa backup penguasa tertinggi dan rakyat, mungkin nasib KPK tidak akan lama. Rakyat meminta KPK untuk tidak tebang pilih dalam memberantas korupsi, maka rakyat juga yang punya tanggung jawab melindungi institusi kecil tersebut dari marabahaya. Saat ini posisi KPK tersudut, dan rakyat tentunya tahu siapa yang harusnya mereka bela. Sebagai blogger, saya hanya bisa menulis ini sebagai bentuk dukungan. Jika anda blogger juga, tidak ada salahnya jika kita menunjukkan dukungan kita. Apakah anda blogger yang cukup punya nyali untuk menunjukkan dukungan anda pada KPK? Jika ya, take action Guys!
2

Tool Poside : Bermain Dengan Warna

{ }
Saat bermain - main dengan template, saya suka bingung dengan kode warna. Kode #82ff22 ini untuk menghasilkan warna yang mana ya? Daripada berulang - ulang repot cek dan publish berulang hanya untuk mengetahui visualisasi warna, akhirnya saya buat sekalian toolnya. Di bawah ini, di sisi kiri, kita bisa memasukkan kode warna kemudian mengklik kotak di bawahnya, dan kode tersebut akan tervisualisasi menjadi warna yang sesuai. Sedang yang sisi kanan, itu saya gunakan untuk mencoba - coba warna yang OK untuk blog saya. Slider RGB akan secara realtime mengubah warna background blog ini.

5

Mini Widget Google Search Terupdate

{ }
Masih berkaitan dengan post sebelumnya mengenai pencarian update berita via google search, dibawah ini ada cara yang mudah untuk melakukan pencarian. Hasil via google.co.id dibuka dalam window baru. Silahkan dicoba.

3

Mencari Info Terbaru Dengan Google Search

{ }
Jika menyangkut pencarian berita di Google, kadang kita gemas sendiri karena data yang tampil di halaman depan hasil pencarian adalah berita jaman baheula. Sudah kita tulis lengkap dengan bulan atau tahun sekalipun tetap saja data - data kuno yang menghiasi halaman pencarian. Hal seperti ini sebenarnya ada solusinya, yaitu menggunakan opsi date range google.

Bila anda menggunakan pilihan standar google, maka dalam hal update pencarian, hasil terupdate didapat dengan opsi "recent result" dimana hasil pencarian yang anda dapat adalah web atau blog yang melakukan update pada beberapa jam terakhir. Pilihan lain yang bisa anda pilih adalah "past 24 hours", "Past week", "Past year", atau "Any time".

Contohnya saja, jika anda sedang mencari lowongan pekerjaan, maka akan lebih baik anda beri batasan rentang waktu, jadi hasil pencarian tidak melancong jauh ke tahun - tahun jaman mbah Harto masih hidup.

Contohnya buruk : "Lowongan September 2009". Hasilnya sebagian adalah lowongan, namun lebih banyak  lagi aneka data tidak relevan dengan kata "september 2009".
Contoh bagus : "Lowongan". Ya, kata lowongan saja, tapi atur date rangenya ke waktu yang sesuai. Misalkan saja sebulan terakhir atau seminggu terakhir.

Secara default, "recent result" hanya memberi update hingga batasan jam. Jika anda adalah news addict, maka anda bisa merubah sedikit string yang tampil di alamat browser anda sehingga update dalam hitungan menit bisa didapat. Contohnya untuk kata "pemasaran" di google.co.id berikut ini :

String standar (any time) :

http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&tbo=1&newwindow=1

String recent result :

http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&tbo=1&newwindow=1&tbs=rcnt:1

String 10 menit terakhir :
http://www.google.co.id/search?q=pemasaran&hl=en&output=search&tbs=qdr:n10&tbo=1

Anda memperhatikan bedanya? Untuk pencarian yang sangat update, struktur string terakhirnya berbeda. Seperti ada search di dalam search dengan adanya string "&output=search&tbs=qdr:n10&tbo=1"

Untuk berita yang di upload 10 menit terakhir, kuncinya ada di kata "n10". Nah, ini bisa anda ganti dengan yang lebih spesifik jika anda mau. Pada contoh, kata yang saya cari adalah "pemasaran". Jika anda ingin mencoba mendapat hasil pencarian untuk data 10 menit terakhir, anda copy paste saja string di atas dan anda ganti "pemasaran" dengan kata yang ingin anda cari. Atau lebih mudah lagi bisa anda gunakan widget yang ini.

Ingin tahu data dalam beberapa detik terakhir? Ubah saja "n" menjadi "s".
4

Menggelar Tikar, Menjual Dagangan

{ }
Mungkin title itu cocok untuk mendeskripsikan model bisnis layanan - layanan gratisan di internet. Menyediakan layanan gratis seperti halnya menyediakan tikar atau meja kursi bagi suatu restoran, sementara produk dan bisnis yang menghasilkan uang dijalankan di situ, berbasis layanan gratisan tersebut.

Beberapa layanan yang bisa dijadikan contoh adalah Facebook dan CMS Joomla/drupal. Yang satu adalah layanan yang terorganisir, semenara yang satu lagi adalah CMS yang bebas digunakan dan disebaluaskan siapa saja. Facebook membuat uang berputar melalui layanan periklanan, sementara Joomla membuat bisnis desain dan customize memiliki ruang yang lapang. Keduanya menciptakan bisnis besar.

Menggelar tikar tanpa tahu apa yang bisa dijual di atasnya adalah kesalahan, blunder. Sama salahnya dengan menggelar tikar saat tikar lain sudah lama digelar dan orang - orang sudah nyaman ngobrol di atasnya. Bersaing dengan facebook menjadi sebuah kesalahan jika tidak ada nilai tambah yang khas. Bersaing dengan Joomla juga kesalahan jika tidak ada alternatif fungsionalitas fundamental. Penilai tidak melihat seberapa sulit sebuah kode program dibuat, tapi seberapa besar nilai tambah yang bisa didapatkan.

Pada dasarnya, telah begitu banyak tikar digelar. Jika fokus ke bisnis dan mau instan, maka akan lebih baik langsung saja menggelar dagangan di tikar - tikar yang sudah ada. Atau jika berharap menggelar tikar sendiri, buatlah tikar yang beda. Orang akan malas beranjak dari tempat duduk hanya untuk pindah ke tikar serupa.
7

Berencana Posting Mingguan

{ }
Setengah tahun lebih Poside tayang dengan beragam artikel yang diterbitkan harian, bahkan ada yang sehari hingga dua atau tiga kali. Niat awalnya adalah memperbanyak index di mesin pencari google, jadi jumlah post dimaksimalkan, kualitas agak dikesampingkan. Tentu saja resiko post harian adalah dari sisi kualitas artikel karena sifatnya yang kejar tayang. Kadang setelah beberapa lama saya baca ulang, saya heran sendiri, kok bisa ya saya posting ga jelas kayak gini?.., hehe.

Mungkin ini saatnya mulai beralih ke kualitas, bukan lagi kuantitas. Terbit tidak lagi harian, tapi mingguan. Disamping bisa fokus ke satu artikel, saya tidak akan tergoda melakukan copy paste atau posting asal - asalan. Yah, mungkin memang lebih baik mingguan untuk blog yang hanya dikelola seorang diri.

Saat niat ada, tinggal bikin jadwalnya. Enaknya terbit tiap hari apa, jam berapa. Kalau dilihat dari statistik, blog ini paling ramai dikunjungi pada rabu siang sekitar jam 11- 1 siang. Mungkin post akan diterbitkan pada hari rabu juga. Semoga saja tidak berubah pikiran lagi. Posting mingguan, lebih berkualitas, lebih longgar waktu untuk mengurus blog - blog yang lain. Rasanya ngeblog akan lebih menyenangkan.
0

Membaca Peluang : Teknik dan Mekanisme

{ }
Setiap orang terikat dengan kebutuhan dan keinginan. Setiap manusia juga memiliki keserupaan. Pada dasarnya, membaca peluang adalah membaca apa yang ada di sekitar kita dengan lebih cermat. Lingkungan dan orang - orangnya adalah basis peluang untuk menjadi lahan bisnis yang bisa jadi sangat menguntungkan.

Tidak banyak yang mampu membaca hal seperti ini. Membaca peluang mungkin adalah gift, mungkin juga sekedar kebiasaan yang berulang. Membaca peluang ada banyak macamnya, berikut ini beberapa yang mungkin bisa dijadikan pijakan.

1. Keluhan
Keluhan adalah tanda ada yang tidak beres. Setiap keluhan punya potensi untuk menjadi opportunity bisnis. Contoh sederhana, ibu - ibu mengeluh tukang sayurnya datang terlalu siang, opportunitinya : dagang sayur lebih pagi adalah lahan bisnis. Contoh lain; Susah nyari pulsa di komplek ini, berarti ada prospek bisnis pulsa di daerah tersebut. Ini sekedar contoh membaca opportunity atau peluang melalui keluhan. Tingkat feasible untuk bisa profitable perlu dikaji tersendiri.

2. Kebiasaan/Tradisi
Membaca tradisi bisa menjadi peluang yang bagus. Tradisi dan kebiasaan adalah hal yang berulang. Jika tradisi sifatnya komuniti, kebiasaan sifatnya individual. Contoh peluang dalam hal tradisi misalnya : Kebiasaan menyumbang beras, teh, atau gula saat hajatan di desa. Jika anda bisa melist orang hajatan, anda bisa mendapatkan produk - produk sembako dengan harga murah. Keluarga yang punya hajat rata - rata lebih menyukai uang daripada stok sembako yang cukup untuk berbulan - bulan. Tradisi Opspek mahasiswa baru, tradisi jual ternak saat musim penerimaan mahasiswa baru, tradisi sembako naik saat ramadhan, dan masih banyak lagi tradisi yang jika dicermati bisa menjadi kegiatan rutin anda dalam 1 tahun penuh.

3. Kenangan
Sesuatu yang sudah berlalu bukan berarti tanpa nilai. Ada banyak peluang daam kenangan. Bahkan facebookpun kental dengan nuansa kenangan sehingga orang berbondong - bondong bergabung demi ketemu dengan teman - teman SMA nya dulu. Sesuatu yang telah lewat punya potensi untuk hits kembali. Tinggal kepekaan anda melihat lingkungan. Kenangan apa yang mungkin bisa anda jadikan lahan bisnis. Restorasi foto jaman baheula mungkin?

4. Harapan
Harapan mirip dengan keluhan, hanya saja jika keluhan sifatnya sudah ada namun belum sempurna, kalau harapan lebih pada sesuatu yang diinginkan ada, namun saat ini belum tersedia. Sifatnya invent, bukan duplikasi - optimasi. Orang - orang desa berharap adanya hiburan, dan anda sigap dengan menghadirkan pasar malam. Kemungkinan suksesnya sangat tinggi.

Nah, tiap kali anda ngobrol dengan siapapun, perhatikan poin - poin peluang yang bisa anda saring. Makin terlatih, makin peka, maka wawasan bisnis dan peluang yang mungkin anda eksekusi akan makin banyak. Anda tidak akan kehabisan ide. Semua peluang akan mengalir seperti air. Tambahan lagi, jangan berbisnis mengandalkan asumsi, kayaknya, sepertinya, tapi kurang dalam mendengarkan. Biasanya yang seperti itu hanya berujung kecewa.
6

Ide - Ide Bisnis Terbaru

{ }
Seorang teman tadi pagi konsultasi,.. cie, konsultasi. Intinya mengenai bisnis yang ia jalani. Sudah banyak modal keluar untuk aneka bisnis yang dicoba, sudah banyak kerugian yang diderita, tapi harapan titik balik untung belum juga nampak di depan mata. Pada intinya, yang ingin ditanyakan adalah, enaknya bisnis apa lagi yang bisa mendatangkan hasil dengan cepat mengingat usia tidak muda lagi (dan belum juga dapat jodoh). Haha, moga - moga dia ga baca blog saya.

Jika diflashback ke artikel - artikel saya sebelumnya, saya akan mencoba memberikan saran satu hal, yaitu detil. Gambaran umum saja tidak jalan, karena selalu teknis dan detil yang jadi kendala. Motivasi saja juga tidak jalan, karena motivasi tanpa pemahaman seperti menekan gas lebih dalam untuk lebih cepat masuk jurang. Pada intinya, bisnis akan lebih smooth saat detil - detil tidak dikesampingkan.

Nah, jika melihat sikon, enaknya bisnis apaan ya biar margin yang didapat tinggi? Jika mempertimbangkan lebaran, mungkin yang menarik adalah jualan oleh - oleh khas daerah. Produk oleh - oleh semua terdiri dari 2 hal, yaitu isi dan kemasan. Nah, kita bisa sedikit kreatif dalam hal kemasan. Keripik pisang keju buatan Bu Wakijo berharga Rp 3000 saat dijual dalam kemasan plastik, tapi dengan kemasan eksklusif dan layak dibawa pulang ke kota, bandrol bisa menjadi Rp 5000. Jika gerak cepat, momennya masih terkejar.

Bisnis apa lagi selain itu? Jika anda lihat orang - orang di pinggir jalan suka jualan uang yang masih baru untuk angpau, sebenarnya ada satu lagi yang punya kans untuk dibeli, yaitu amplop tematik. Anak - anak suka dengan yang seperti itu. Uang lama, uang baru, uang lusuh, akan nampak indah saat diberikan dalam amplop dengan desain si unyil berketupat atau doraemon pakai sarung. Ini bisnis singkat, dan prospeknya lebih bagus dibanding kartu ucapan lebaran.

Diluar bisnis bertema lebaran, jika anda aware, ada bisnis lain yang tidak kalah menariknya. Akhir - akhir ini banyak pengangguran, juga banyak orang bermodal (biasanya pensiunan) yang mulai membuka beragam usaha untuk hari tua. Era baby boomerpun melanda Indonesia. Jika dengan adanya pengangguran membuat makelar kerjaan ada di mana - mana, maka tumbuhnya usaha - usaha baru butuh konsultan startup yang mumpuni. Nah, anda bisa berperan di sini. Tugas konsultan startup kira - kira adalah :
- Membuat desain publikasi
- Merancang lokasi2 dimana publikasi disebarluaskan
- Memastikan informasi tersebar dengan baik.

Jadi, misalkan seorang pensiunan jendral buka usaha resto pemancingan, anda bisa menawarkan layanan startup anda. Anda bisa mendesain brosur, menawarkan menyebarkannya di sekolah dan kantor - kantor, dan beragam layanan khas startup usaha, termasuk konsultasi publikasi koran dan radio. Jika anda cukup kompeten, uang bisa anda dapat dari dua arah.

Nah, itu saja dulu share bisnis kali ini. Dan tidak lupa, setiap ide butuh informasi detail, dan itu tugas anda jika anda ingin menjalankannya. Jika anda punya ide - ide bisnis segar lain, silahkan ikutan usul. Usul nggak bayar kok, kali aja bisa menginspirasi rekan - rekan kita yang sedang kebingungan pingin usaha apa.
4

La Liga 2009 - 2010 Disiarkan TVone

{ }
Yak, kabar bagus buat bola mania. Meski RCTI sudah tidak lagi menyiarkan La Liga, kini TVone jadi penggantinya. Kabarnya, urusan deal - dealan harga udah beres, tinggal masalah pegurusan legalitas. Jadi, bagi anda yang senang melihat aksi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Kaka, atau Ibrahimovic bisa berlega hati.

La liga memang tidak lepas dari bintang. Entah dengan pelatihan sejak muda atau membeli dengan harga selangit, pokoknya pertandingan jadi enak ditonton. Kendala yang paling terasa bagi penikmat bola tanah air adalah jam tayang. Tidak banyak orang yang rela membuka mata hingga dini hari, jadi penontonnya kalo bukan maniak bola ya penjaga malam. Mungkin ini yang menyebabkan RCTI mengundurkan diri. Tapi, dengan makin banyaknya bintang bola di sana, siapa sih yang tidak tergoda untuk menonton? Kalau saya sih tetap saya bela - belain tidur sore atau malah begadang sampai pagi sekalian kalo yang tampil Barcelona atau Real madrid.
4

Pentingnya Sebuah Detail

{ }
Perbedaan amatir dan profesional ada dalam bentuk kata yang sederhana. Detail. Dalam sebuah detail tersimpan hal - hal yang membuat yang biasa menjadi istimewa, membuat yang random menjadi terukur. 

Oprah Winfrey, seorang host talkshow handal mengatakan bahwa ia paling menghargai detail. Jika anda mengerjakan sesuatu, pastikan beres sampai ke detail - detailnya. Jika ada detail yang tidak beres, maka semua bisa berubah menjadi bencana.

Dalam cerita mahabarata, saat resi Bisma mengajarkan cara memanah, murid - muridnya diajak untuk melihat pohon dimana ada mainan berbentuk burung tergantung di sana. Ia meminta murid - muridnya untuk membidik seraya bertanya, "apa yang kalian lihat?" Murid - murid menjawab,"saya melihat pohon", lainnya menjawab"..saya melihat batangnya", sebagian mengatakan, "..saya melihat dedaunan". Hanya arjuna yang menjawab dengan berbeda. Ia menjawab, " Saya melihat kepala burung,..saya lihat matanya". Bisma tersenyum. Arjuna bisa melihat target secara detail, spesifik, dan mencoba membidiknya dengan akurat.

Semakin kita mengerti bidang kita secara detail, maka semakin akurat kita membidik, dan semakin besar kemungkinan untuk mengenai sasaran. Detail bukanlah dalam artian specialis, tapi lebih ke pemahaman terhadap masalah yang ada di depan kita.
3

Internet Download Manager Portable

{ }
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel, tanpa perlu instal, membuatnya sangat praktis dan bisa langsung dijalankan dari flashdisk.
intern10
Internet Download Manager has a smart download logic accelerator that features intelligent dynamic file segmentation and safe multipart downloading technology to accelerate your downloads. Unlike other download accelerators and managers that segment files before downloading starts, Internet Download Manager segments downloaded files dynamically during download process.

Internet Download Manager reuses available connections without additional connect and login stages to achieve better acceleration performance. Internet Download Manager supports proxy servers, ftp and http protocols, firewalls, redirects, cookies, authorization, MP3 audio and MPEG video content processing. IDM integrates seamlessly into Microsoft Internet Explorer, Netscape, MSN Explorer, AOL, Opera, Mozilla, Mozilla Firefox, Mozilla Firebird, Avant Browser, MyIE2, and all other popular browsers to automatically handle your downloads. You can also drag and drop files, or use Internet Download Manager from command line. Internet Download Manager can dial your modem at the set time, download the files you want, then hang up or even shut down your computer when it's done.

Other features include multilingual support, zip preview, download categories, scheduler pro, sounds on different events, HTTPS support, queue processor, html help and tutorial, enhanced virus protection on download completion, progressive downloading with quotas (useful for connections that use some kind of fair access policy or FAP like Direcway, Direct PC, Hughes, etc.), built-in download accelerator, and many others.

Portable Internet Download Manager v5.17 Build 4 | 2.58 MB

Download
Hotfile  |  Rapidshare  |  Saveqube
2

Blogger Kini Mendukung "Readmore"

{ }
Berita gembira buat para pengguna blogger. Kini tanpa perlu aneh - aneh, readmore bisa dibuat langsung saat membuat artikel. Tombolnya ada di paling kanan.

Kalau mau mengedit setingan kata "readmore" , bisa lewat dashboard tata letak. Skrinsyutnya kayak gini :


Yang pada pake readmore handmade sekarang sudah tidak perlu repot lagi. Kembalikan saja template seperti semula. Pakai versi asli, lebih mudah dan praktis.
2

XVEL Image Cut : Software Pemecah Gambar - Foto

{ }
89keah2
Jika anda takut file fotografi anda digunakan orang tanpa ijin, mungkin software ini akan membantu. Software ini fungsinya untuk memecah file gambar, kemudian menggenerate htmlnya sehingga gambar – gambar yang terpecah tadi bisa tampil dalam satu kesatuan.
Fungsi lain juga masih banyak. Misalkan saja anda perlu mengirim email gambar yang besar, maka lebih ringan jika anda kirim potongan – potongannya plus html untuk membuatnya tampil seperti aslinya. Ini sekedar beberapa contoh. Kreatifitas anda tetap menentukan seberapa besar manfaatnya untuk anda.

English:
Here’s a creative tool for professional webmasters who are looking for the fastest possible way to create high-quality html template and site design that include a foolproof method for splitting images to prevent theft. Visitors are forced to return to the site every time they want to view images and that automatically increases site traffic. Moreover with Image Cut you will make your images load faster and improve site rating on search engines.

With Image Cut you can split image into parts. Every part can be saved in JPEG, GIF, PNG or BMP formats. Image Cut allows you to split image in different ways and layouts. Additional HTML file is generated to merge all parts into single image again.

Download :
http://rapidshare.com/files/242872723/XVEL.Image_Cut_v1.507-REV.rar
5

Kalender Yellow Pages

{ }
Yellow Pages mempermudah kita untuk mendapatkan informasi bisnis secara lengkap. Dalam setiap penerbitannya melalui buku telepon tahunan, aneka ragam penyedia kebutuhan ada di sana. Layanan ini makin melebar dengan adanya web yellowpages (yang maha njelimet dan tidak mempermudah) maupun data berbentuk CD yang harus ditebus dengan harga yang menurut saya relatif mahal.

Sekedar ide saja, bagaimana jika yellow pages itu menjadi sebuah kalender yang gratis? Apakah memberi manfaat lebih? Secara matematis, jika layanan seperti ini diberlakukan dalam tingkat karesidenan (eks), sebenarnya masih bisa dijalankan, dengan syarat, kalender hanya dibagikan ke warung makan, bengkel, atau tempat - tempat umum yang bisa diakses siapa saja. Dalam arti, bisa diakses secara luas dengan jumlah cetak minimal.

Yellow pages jika berbentuk buku ukuran A4, tebalnya tidak lebih dari kalender model harian yang jumlah lembarnya hingga 365. Dalam arti, jika ukurannya seperempat plano, ketebalan bisa banyak berkurang dan layak dipajang dalam bentuk kalender. Satu lembar paling belakang adalah kalender, selebihnya adalah informasi bisnis dengan kertas yang lebih tipis.

Jika ini bisa dieksekusi, maka untuk mencari layanan akan sangat mudah. Tinggal ke warung, buka - buka kalender, dapat banyak referensi. Secara fungsionalitas sangat powerful, dan yang powerful bisa dihargai dengan mahal.
0

Print Blogging

{ }
Apa yang dimaksud print blogging? Pada dasarnya, print blogging adalah cara memperluas readership dengan cara - cara konvensional. Memperluas pembaca blog dengan menyediakan materi blog secara offline layaknya majalah dinding. Jika materi blog anda bagus dan bermanfaat bagi orang banyak, mengapa tidak mencetaknya dan menempelkan materi tersebut di lokasi - lokasi yang sesuai?

Misalkan saja blog anda berkutat dengan game. Anda bisa mencoba mempublikasikannya secara offline di warung - warung sekitar SMP. Potensi readernya cukup banyak. Coba saja secara rutin menempelkan post unggulan anda di tempat - tempat tersebut. 10 lembar untuk 10 lokasi, lantas anda lihat progress traffic source blog anda, apakah efektif atau tidak. Setiap blog punya potensi readership secara offline, dan yang offline ini punya potensi untuk online. Jika berhubungan dengan jual beli atau bisnis, pasar bisa jadi lokasi yang cocok. Untuk otomotif, bengkel bisa jadi lebih cocok. Tidak harus setiap hari kita tebar fotocopian, cukup semunggu atau sebulan sekali untuk post - post unggulan saja. Selain bermanfaat bagi blog, juga bermanfaat bagi pembaca offline. Jika anda hanya menempel sticker, selebaran, atau guirella marketing lain tanpa isi yang bermanfaat, hasilnya akan lain.

Yang terpenting adalah, anda tebar manfaat, dan andapun akan mendapat balasannya.
2

4Videosoft Platinum : Konversi File Video

{ }

videoconverterplatinum


Ini salah satu software konversi file video yang menarik. Kemampuannya lengkap, mulai dari konversi, memisahkan gambar dan suara, membuat klip, efek, dan lain sebagainya.

English:
4Videosoft Video Converter Platinum is the most advanced total video converter which can convert between any video formats including MPG, MPEG, MPEG2, VOB, MP4, M4V, RM, RMVB, WMV, etc and extract audio from these video.
It also converts between all audio formats including MP3, MP2, AAC, AC3, WAV, MID, MIDI, WMA, M4A, RA, RAM, OGG, APE, AU, FLAC with excellent conversion speed and quality. Then you can easily full enjoy your portable player.
With 4Videosoft Video Converter Platinum you'll be able to easily encode your preferred movies!
Here are some key features of "4Videosoft Video Converter Platinum":
Support the mutual conversion between all the popular video and audio formats:
· 4Videosoft Video Converter Platinum supports all the video and audio formats. Then it can convert them into any other formats.
Extract audio from video:
· Convert video to only the audio for your listening.
Video Splitter:
· 4Videosoft Video Converter Platinum has the trim function. It means that you can get any time-length video clips from your video sources.
Video Cropper:
· Adjust the size of video play region and the output aspect ratio to get the perfect playing effect.
Video Joiner:
· Merge your selected video sources into one file after conversion for you to enjoy successively.
Take Snapshot:
· Capture your favorite pictures when you preview. It can be saved in the default folder automatically.
Easy to use:
· 4Videosoft Video Converter Platinum is really easy to use. The whole process of conversion can be finished in few clicks.
Support all the parameters:
· All the parameters of profile can be provided for you to choose the exact settings for your players.
Support preview:
· You can preview both your source video and the effect of converted video before you begin the conversion.
Fastest conversion speed:
· Provide the fastest conversion speed (>300%), completely support dual core CPU.

Berikut Link Downloadnya:
Download
4Videosoft Video Converter Platinum 3.1.08 Torrent Download
5

Magic Audio Recorder : Rekam Lagu Kenangan Anda

{ }
Rekam Lagu
Mungkin anda masih menyimpan kaset lagu – lagu lama dan ingin koleksi tersebut bisa anda nikmati di laptop atau mp3 player anda. Nah, dengan software ini, anda bisa bisa merekam kaset ke komputer dengan beberapa kelebihan, diantaranya adalah kemampuan reduksi noise dan peningkatan kualitas suara.

Jika suatu saat koleksi lama anda rusak atau hilang, maka anda masih punya simpanan file mp3 hingga kenangan – kenangan lama anda tetap aman tersimpan.

English:
Magic Audio Recorder
is a professional software to record your cassettes and LP’s to CD or MP3, WMA. It could record anything you can hear through your PC speakers, reduce noise from your tape recordings as well as enhance overall sound quality with our equalizer.
Features
• Record your cassettes and LPs to CD or MP3, WMA
• Record anything you can hear through your PC speakers on your PC
• Reduce noise from your tape recordings
• Enhance overall sound quality with our equalizer

Download :
http://rapidshare.com/files/243052972/Audio.Record.Magic.v7.4.0.11.rar.html
2

Menjadi Bodoh Karena Online

{ , }
Dunia maya tetaplah dunia maya. Ada batas - batas dimana kehidupan real perlu mendapat porsi yang semestinya. Berlebihan dan tidak proporsional dalam membagi waktu online - offline akibatnya bukan saja tidak sehat, tapi juga bodoh.

Internet memang sumber beragam informasi, namun tidak semua. Internet memang sarana alternatif berbagi, tapi harusnya bukan yang utama. Offline, seboring apapun, adalah realita yang seharusnya tidak membuat kita lari dari keadaan dan tenggelam dalam dunia maya. Seperti bapak saya bilang, "kamu tidak akan bisa masuk liang kubur sendiri".

Introvert dan aktifitas online yang masif bisa membuat kecerdasan sosial real kita berkurang, nalar obyektif terkikis, dan pada kelanjutannya menyababkan pengetahuan yang tidak berimbang. Tidak proporsional. Seperti apa contohnya?

1. Keanekaragaman hayati opini terkikis
Kita mungkin melihat wisdom of crowd sebagai sarana mengetahui kebenaran obyektif, tapi kita lupa, wisdom of crowd online mengesampingkan opini offliners. Jika dipandang bahwa onliners/netter adalah bagian dari masyarakat umum, kita lupa lagi, bahwa bagian itu sendiri tergroup dalam satu term. Netters. Non netter atau offliners sama sekali tidak terlibat. Jika masalah - masalah yang kita bahas adalah hal umum, melibatkan netters dan non netters, wisdom of crowd via online saja masih jauh dari valid untuk bisa dibilang obyektif. Berpijak dalam hal ini dan membawanya konklusinya ke ranah non netter, jangan kaget jika anda terkaget - kaget karena apa yang ada di sana tidaklah sama dengan yang anda duga.

2. Influence yang terlalu viral
Apa yang terjadi jika sesuatu menjadi terlalu viral? Yang paling jelas adalah variasi akan kandas lebih awal. Penyebabnya adalah sistem komparasi dan judgement yang langsung terbentuk dengan cepat, sejak mula, sehingga variasi yang nampak inferior di awal akan hilang, tidak ada buzz untuk berlanjut menjadi bahasan dalam yang menambah koleksi variasi yang ada. Contoh mudahnya : Jika sejak mula terbentuknya instrumen musik dan seni berlangsung terlalu viral, dengan komparasi dan jugdgement di awal - awal, apakah kita yakin ada tari pendet, gambyong? Apakah akan ada gamelan? Mungkin semua hanya akan tampil di awal dan mungkin saja segera tersingkir tanpa pernah berkembang menjadi sebuah budaya yang kaya.

3. Gagap sosial
Gagap sosial adalah pandangan yang menganggap ritual dan hal - hal yang sifatnya tradisi menjadi tidak penting. Jadi kikuk, bingung, dan kehilangan sense terhadap mekanisme komunikasi dan sosialisasi real. Mungkin ada yang berpendapat, "ah, yang kayak - kayak gitu nggak ada juga ga apa - apa. Nggak masalah". Nah, yang seperti ini akan tumbuh sebagai ekses negatif online secara massif. Ujung - ujungnya, semua dianggap tetek bengek tidak penting. Yang penting cuma komputer dan koneksi internet.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa digali tapi sementara itu dulu untuk menjadi bahan renungan kita kali ini. Online, dalam batas tertentu adalah manfaat, namun selebihnya adalah mudharat.
5

Harga Lampu Hemat Energi Generik

{ }
Lampu hemat energi atau biasa disingkat LHE, bisa didapatkan dengan harga bermacam - macam tergantung posisi anda, apakah sebagai distributor, pengecer, atau konsumen. Untuk LHE generik, atau LHE yang bukan merk ternama, biasanya bisa didapat dengan harga sebagai berikut :

<4000 : Biasanya distributor besar yang langsung mendapat barang dari produsen bisa mendapat harga hingga dibawah 4000. Ini tentu tergantung merk dan 'tampilan' lampu itu sendiri.

4000 - 4500 : Biasanya didapat oleh distributor kota besar yang mendistribusikan produk ke kota - kota kecil di sekitarnya.

4500 - 5000 : Biasanya didapat oleh grosir/distributor kota kecil. Ia menjual produk ke pengecer atau langsung ke pengguna.

5000 - 5500 : Didapat oleh retailer yang menjualnya langsung ke konsumen.

6000 - 7000 : Harga konsumen.

Anda konsumen? Jika iya, kemungkinan harga yang anda dapat mungkin di kisaran 6000an, benar tidak?
4

Blogcatalog : Sumber Traffic Paling Stabil

{ }
Jika ditanya sumber traffic mana yang paling stabil, maka jawabannya mungkin adalah blogcatalog.com. Situs blog network tersebut terus saja membawa pengunjung datang ke blog ini, juga blog saya yang lain yang berhasil mendapat appoval.

Blogcatalog memang bisa menjadi rujukan yang menarik bagi pencari informasi. Sistem appovalnya yang manual membuat blog - blog MFA (made for adsense) sulit untuk masuk. Hanya blog - blog dengan konten original yang bisa mendapat approve dari pengelola, jadi wajar jika blog - blog yang tergabungpun blog - blog yang memang difungsikan untuk berbagi informasi baru, tidak sekedar copy paste atau rangkuman konten blog - blog lain.

Jika anda tertarik untuk mendapat traffic konsisten, blog network ini bisa jadi pilihan utama. Buatlah blog dengan konten original, dapatkan persetujuan pengelola, lantas ke depannya mau dijadikan lahan adsense atau bisnis tidak terlalu masalah. Yang penting approve dulu.
3

Hubungan Jarak Jauh

{ }
Ini sms ke seribu
dan kutanya lagi
Mana....?
Aku tagih rindumu

Rentang mengurai jarak
mengubah kebersamaan
mengendapkan harapan

detik menyulam waktu
merubah hari
mengganti bulan
menunggu dalam penantian

Mana...?
Aku tagih rindumu
tolong balas,
atau kubakar asa ini jadi abu
0

Petak Umpet Penjaga Rombong

{ }
Weekend, waktunya tiba untuk bernarsis ria dengan puisi - puisi jadul. Kali ini puisi tentang bisnis, usaha. Sebuah gambaran tentang ketidak pastian.

Hari ini
Aku main petak umpet
Melawan kesempatan
Melawan nasib dan keadaan

Hari ini
Jatah jaga kandang
Mencari kesempatan
Mengawal nasib
Mengharap keadaan yang menguntungkan...

Hari ini
Lawanku benar - benar sulit ditemukan
Sepi lagi
Dagangan ga laku lagi
Kalah lagi

Ah,..
Petak umpet yang menyebalkan..
3

Tips Javascript Blogger Blogspot

{ }
Blogger adalah mesin blog yang tertutup, dalam arti, penggunanya tidak tahu apa yang terjadi si sisi server. Untuk bisa memodifikasi fungsionalitas standar, maka yang bisa dilakukan hanya lewat javascript dimana kemampuannya dalam mengolah data untuk ditampilkan sangat terbatas karena bekerja di sisi user.

Javascript sering diidentikkan dengan 'lambat', dan beberapa user memilih untuk menghindari penggunaannya untuk blog. Karena bekerja di sisi user, maka cepat atau lambat javascript sebenarnya sangat tergantung pada data apa yang dikerjakan oleh javascript itu sendiri. Makin banyak data yang dibutuhkan, maka prosesnya akan makin lambat, kecuali javascript yang digunakan adalah tipe asyncronous macam ajax atau jquery dimana page dapat ditampilkan tanpa harus menunggu keseluruhan data terload.

Nah, javascript blogger yang seperti apa yang kira - kira bakal membuat blog anda terasa lambat? Ada beberapa, diantaranya :
- Javascript pengolah feed. Ia lambat karena perlu mengambil data umpan dulu sebagai bahan untuk diolah.
- Javascript penampil gambar. Ia lambat karena perlu loading gambar - gambar untuk ditampilkan. Jika menggunakan asyncronous, akan mempercepat tampilnya halaman sementara gambar - gambar yang dibutuhkan sedang diambil.
- Javascript penampil elemen halaman. Javascript untuk membuat elemen model tab seringkali dibuat sekedar untuk menyembunyikan elemen. Jadi perlu menunggu elemen terisi baru ia akan tampil. Ini membuat halaman terasa lama untuk tampil.
- Javascript auto readmore blogger. Ini lambat karena ia mengolah data asli sebelum menampilkan data yang lebih simpel.
- Javascript loop replacing. Javascript yang perlu melakukan looping berulang. Misalnya saja penampil smiley. Ia sering gagal, terutama untuk koneksi lambat karena butuh proses loop dan replace string yang lumayan banyak.

Nah, jika blog anda menggunakan javascript - javascript tersebut, bersiap - siaplah untuk merasakan penurunan performa. Mulai dari lambat tampil, elemen kosong, hingga javascript yang gagal service karena materi yang seharusnya ia olah tidak kunjung tiba.

Jika masih memungkinkan untuk memanfaatkan gadget blogger, maka itu lebih baik. Jika tidak ada dan perlu memanfaatkan javascript, perhatikan data apa saja yang ia olah. Jika terlalu banyak dan sinkron, lebih baik hindari saja.
 
poside by budityas |n|e