1

Re-Class Untuk Membuka Pasar Baru

{ , , }
Jika anda melihat beragam toko di kanan kiri anda sepanjang perjalanan, maka anda melihat beragam jenis toko dengan beragam dagangan. Jika dipilah, maka ada toko kelontong, toko buah, toko meubel, dan semacamnya. Dalam pemrograman, mereka bagaikan kelas - kelas yang menjalankan fungsinya tersendiri.

Sekedar mempelajarinya dan mengikuti arus tidak akan memberikan nilai tambah apapun. Bagaimana jika class - class toko itu kita coba kelompokkan sendiri menurut cara kita, jaman kita, dimana ada nilai tambah lebih dari sisi kompetisi? Mampukah kita?


Contoh mudah :
Restoran, Toko Meubel, Bengkel, Toko buah.
Gampang bukan untuk mengetahui pengelompokannya berdasar apa? Well, yang ini agak sulit untuk di re-class, hehe..

Ambil contoh lain :
Indosat, XL, Telkomsel, Esia, Fren, Smart, Flexy, Starone, Ceria.
Bisa mengkategorikan pengelompokan berdasar apa? Ya,..yang ini nampaknya bisa di re-class

Misalkan saja kita lihat skema distribusi mereka hingga ke customer. Ada dealer, grosir, dan retail. Masih terbuka cara pandang yang lain jika dilihat dari produk operator selular tersebut, misalnya : Penjual Perdana, Penjual Voucher fisik, Penjual tronik, Penjual layanan data.

Orang yang jualan voucher fisik,tronik, sekaligus perdana ini banyak sekali jadi sulit dianggap class yang berbeda, tapi layanan data bisa dipisahkan. Ia bisa di re-class untuk menjadi genre outlet mandiri yang mengusung layanan khusus data.

Misalkan saja : POSIDE, layanan internet wireless anda. Yang dijual diantaranya : Smart Internet, Ceria Internet, IM2, Telkomflash, XL broadband, dan layanan internet wireles lain. All about wireless mulai dari kabel data, layanan pasang, pemilihan layanan sesuai letak geografis dan tangkapan sinyal terbaik, dan lain - lain. Class baru ini bisa dimaksimalkan dan berkembang di masa mendatang seiring dengan majunya teknologi wireless dalam menyajikan Internet murah sekaligus makin terbukanya masyarakat terhadap kemajuan jaman. Dengan memfokuskan ke bidang satu ini, ada banyak kemungkinan yang bisa diperdagangkan, jadi tidak cuma terbatas pada pemasangan awal. Bisa saja berkembang menjadi toko modem, antena luar penguat sinyal, jasa servis koneksi internet, dan masih banyak lagi, termasuk pedagang yang paling kompeten untuk merekomendasikan HP apa yang paling nyaman untuk berinternet ria. Artinya, masyarakat yang ingin memiliki dan punya kendala seputar internet wireless bisa mempunyai toko rujukan dimana ia bisa mendapat pertolongan jika mengalami kendala. Itu contoh kemungkinan re-class dari taburan layanan dan barang dagangan yang main variatif di sekitar kita.

Ada lagikah kemungkinan re-class atau genre baru yang mungkin hadir dalam waktu dekat? Jika ada, pastikan anda jadi yang pertama. Selalu ada ruang terbuka dengan menciptakan genre bisnis sendiri daripada beradu dengan class - class bisnis yang sudah mapan dan dikenal orang.
0

Berita Prostitusi Online Belum Selesai

{ }
Vivanews akhirnya ikut serta melansir berita prostitusi online artis yang menghebohkan itu, dan kualitas beritanyapun sangat bagus. Diberitakan bahwa direktur PT Surya Lintas Global yang berinisial RD ikut terlibat , bahkan menjadi dalang dimana ia menggaji tersangka lain yang berinisial HD dan EA sebesar 2 juta.


Dari aksi penipuan yang berlangsung sejak Juli 2007 itu, tersangka berhasil memperdaya puluhan korban hingga miliaran rupiah. Saya jadi berfikir, berapa lagi yang akan tertipu jika situs berita tidak mengungkapnya? Wow. Sudah sepantasnya para hidung belang berterima kasih pada situs berita yang melansir berita tersebut pertama kali.

Apa lagi yang mungkin menghebohkan dari kelanjutan berita ini? Kemungkinan adalah korban - korbannya. Bagaimana jika si hidung belang ternyata jadi caleg atau pimpinan parpol? Apa nggak tambah heboh beritanya? Apalagi menjelang pemilu. Pasti meriah sekali.
0

Tools Berguna Khas Blogger Pemula

Apa yang ada di blog pemula dan blog yang sudah 'manula^_' tentunya berbeda, termasuk peralatannya. Menjadi beginner tidak perlu malu mengakui karena yang expertpun awalnya adalah beginner/pemula. Dalam 2 bulan blog ini berjalan, ada beberapa tool khas pemula yang sangat membantu saya untuk lebih memaksimalkan traffic blog. Beberapa diantaranya :


1. Feedjit. Feedjit memberi saya banyak sekali informasi. Diantaranya : dari mana pengunjung berasal, jika dari search engine kata kuncinya juga langsung ketahuan. Dari mana mereka(koneksi netnya) berasal, dari blog ini menuju kemana, dll. Enaknya feedjit adalah data yang tampil realtime, jadi enak untuk pemula. Mungkin bagi yang trafficnya ribuan/hari sudah tidak praktis lagi, tapi selama masih di kisaran ratusan, data feedjit masih enak untuk dipantau.

2. Who's among us. Tool ini menarik karena menyimpan informasi total pengunjung yang online di blog kita secara realtime sekaligus menampilkannya dalam grafik, jadi kita tahu di jam - jam berapa saja pengunjung biasanya baca - baca blog kita.

3. My pagerank. Ini juga menarik karena secara realtime membantu kita memonitor jumlah visitor, pageview, dan data - data lain demi pengembangan situs lebih lanjut.

Nah, 3 tool itu yang menurut saya paling penting untuk pemula. Tidak perlu malu menampilkannya jika dengan melihat data itu mampu membantu anda meningkatkan kualitas situs anda. Tool tersebut bukan untuk pamer (apa yg mau dipamerin?hehe), tapi lebih ke pemantauan progres situs. Untuk beginner, data realtime penting sekali. Traffic keluar masuk setiap saat perlu benar - benar kita cermati. Jika traffic anda sudah tinggi, nampaknya tool tersebut tidak perlu kita pakai lagi. Rekapan harian rasanya lebih dari cukup. Jangan terbalik - balik. Yang senior pasang buat pamer, yang junior enggan pasang karena gengsi. Wah,...

Btw, karena post pakai hp, sulit utk buat link. Jika ada yang minat pakai 3 tool diatas, silahkan langsung saja lihat di samping. Semua tampil di situ dan bisa anda klik untuk menuju website pembuatnya.
2

Membangun Pondasi e-Commerce Kompetitif

{ , }
Memikirkan masa kini dan melihat kesuksesan e-commerce manca nampaknya memang lebih membangkitkan semangat kita untuk turut serta terjun ke dunia e-commerce. Dari sisi biaya, toko maya hanya sedikit membutuhkan modal. Toko maya pada dasarnya adalah kanal distribusi yang memiliki fungsi yang serupa layaknya toko - toko biasa. So, strategi pemasaran tentu dapat diadopsi langsung dari realitas 'toko nyata' yang ada. Sebelum melangkah lebih jauh, saya perjelas dulu garis besar strategi ala poside yang akan ditempuh di sini untuk e-commerce kita, diantaranya :


1. Mereferensikan diri pada toko nyata di lingkungan kita sendiri, bukan pada e-commerce sukses yang sudah ada (amazon misalnya). So, jangan berharap ada link, karena referensi kita tidak bisa di-link.
2. Memulai dari halaman yang putih bersih sehingga langkah yang terbentuk benar - benar tumbuh dari analisa real kita, tidak terpapar pola bisnis e-commerce mainstream yang ada sehingga kita tidak menjadi 'invisible mini brown cow'. Hasilnya unpredictable tentu saja. Remarkable dan mencerahkan, atau mungkin saja resiko yang kita temui.... kacau ekstrim ^_^. Lebih baik berhasil gemilang atau gagal total daripada ikut arus, gagal enggak, berhasil juga nggak terlalu ^_^.

Oke, lets roll on...

Berikut Blueprint e-Commerce Kompetitif
A. Menumbuhkan kepercayaan/kredibilitas
B. Teknis, termasuk layout dan usability
C. Generate traffic & pemasaran
D. Managerial
E. Aneka Tips

A. Menumbuhkan Kepercayaan/Kredibilitas
Untuk toko nyata, kepercayaan dan kredibilitas sangat tergantung modal. Itulah mengapa toko nyata butuh dana besar karena kredibilitas langsung dibentuk secara visual berupa tampilan toko yang meyakinkan. Poin satu ini yang sangat sulit diadopsi toko maya karena berapapun modal toko maya, yang tampak hanya tampilan 2D pada layar monitor. Tapi sisi baiknya, user tidak tahu kalau modal anda ternyata super tipis, asalkan anda mampu membangun kredibilitas anda secara online dengan baik. Lantas bagaimana membangun kredibilitas toko maya?
1. Identitas. Team yang merupakan penggerak toko maya tersebut sedapat mungkin teridentifikasi dengan jelas dan bisa dihubungi dengan mudah. Akan sangat baik jika semua anggota team memiliki YM sendiri atau blog sendiri di sub domain toko maya disamping alamat email usaha. Semakin lengkap identitas yang kita publish, semakin yakin orang untuk membeli.(lebih lanjut di sub bab teknis/usability)
2. Koneksi. Akan lebih meyakinkan jika Toko maya memiliki koneksi dengan toko/distributor nyata yang sudah ternama. Koneksi dengan bisnis real sejenis merupakan indikasi bahwa toko maya tersebut memang serius bergerak di bidangnya, bukan sekedar coba - coba atau sekedar jual - lari.
3. Fleksibilitas. Kemampuan menerima beragam jenis pembayaran dan beragam pilihan perusahaan pengiriman barang merupakan nilai lebih. CC, transfer bank, dan semacamnya ditunjang pilihan pengiriman yang fleksibel memiliki nilai lebih (disamping adanya kemungkinan untuk bekerjasama secara eksklusif dengan perusahaan pengiriman tertentu).
4. Kesaksian. Komentar konsumen memberikan arti penting untuk toko maya. Menciptakan pola membership yang menarik dapat menumbuhkan keyakinan membeli sekaligus pembelian berulang/kunjungan berulang. (lebih lanjut di sub bab traffic & pemasaran)
5. Memiliki real office. Setiap bisnis meskipun ia bergerak di dunia maya, akan lebih baik jika memiliki kantor representatif untuk mengelola bisnis tersebut. (lebih lanjut di managerial).

B. Teknis toko maya
Bicara mengenai teknis, ada baiknya kita lihat toko nyata dulu. Saat anda masuk ke sebuah toko, apa yang anda lihat? Apa yang anda lakukan? Apa yang nyaman untuk anda? Baiklah, saya coba dengan diri saya sendiri saja saat ke toko buku. Saat datang ke toko buku, tentu yang pertama adalah image awal toko. Setelah masuk, saya melihat buku - buku yang ada di rak/etalase. Kemudian saya ambil buku yang menarik untuk saya baca sinopsisnya. Hal - hal yang nyaman buat saya adalah: etalasenya bagus dan nyaman sehingga buku mudah diraih, petugasnya siap saat kita mo nanya - nanya, dan tentu saja, mudah dan cepat membayarnya alias nggak antri. Lantas bagaimana adopsi mayanya?
1. Header yang profesional. Header adalah papan nama toko, jadi sedapat mungkin didesain untuk menciptakan kesan yang bagus di benak konsumen sekaligus menggambarkan apa yang ada di dalamnya.
2. Etalase maya yang indah dan nyaman. Layout halaman produk yang terkategorisasi dan dilengkapi tumbnail sangat mempermudah dalam memilih. Klik untuk membaca sinopsisnya. Disamping usabilitas, desain yang bersih dan cantik adalah satu faktor yang menunjukkan kualitas toko maya.
3. Tersedia tempat bertanya (wiraniaga maya). YM atau fasilitas chat yang mudah sangat menarik tentunya bagi pengunjung untuk bertanya & langsung mendapat jawaban saat itu juga sehingga memperbesar kans penjualan. Keberadaan sistem pencarian memang memberikan nilai tambah, namun dengan adanya komunikasi langsung via YM, chat, atau blog, konsumen dapat berkomunikasi dengan lebih manusiawi, tidak sekedar berkomunikasi dengan mesin.
4. Cepat dan tidak antri. Adopsi mayanya adalah loading page yang cepat dan metode pemesanan yang ringkas sekaligus mudah, jadi pembeli tidak jenuh duluan sebelum menentukan pilihan dan membeli. Jangan terlalu terpengaruh dengan penggunaan mesin/engine CMS yang canggih dan modern jika target anda masih di kisaran ratusan - ribuan transaksi/hari. As always, keep it simple. Makin mudah dan ringan maintainnya, itu makin bagus. Yang penting, pantau terus traffic anda, karena ada saatnya anda harus melakukan update/upgrade teknologi agar mampu melayani sesuai jumlah traffic/customer anda.

C. Generate traffic dan pemasaran
Bagaimana dengan toko nyata? Toko yang bermodal besar biasanya memanfaatkan traffic yang sudah ada dengan membuka usaha di lokasi traffic tinggi. Misalkan saja di mall atau jalan protokol. Untuk menarik perhatian, kadang memanfaatkan SPG juga. Lantas gimana adopsi mayanya?
1. Mendekatlah ke traffic utama. Traffic utama di internet hanya ada 2. Pertama search engine, kedua adalah situs berita. (Situs esek - esek nggak usah dimasukkan yah..^_^). Untuk memanfaatkan traffic situs berita dan search engine, bisa dibaca di post yang ini dimana 'SPG maya' juga dibahas. Jika anda intens dengan Internet, tidak perlu banyak beriklan jika anda mampu membangun traffic secara mandiri.
2. Menciptakan pembelian dan keanggotaan yang mengikat. Kalau anda pernah belanja di carefour atau matahari, tentu anda pernah mendengar tentang kartu belanja. Di dunia maya, membership bisa difungsikan serupa bahkan bisa ditingkatkan lagi. Misalkan saja untuk pembeli yang memberikan kesaksian hari, tanggal, dan jam suatu paket pembelian sampai ke alamat pembeli, maka pembeli tersebut mendapat poin deposit senilai tertentu yang bisa digunakan untuk membeli produk(ini strategi pengganti potongan harga). Cara ini selain meningkatkan jumlah kesaksian, juga menunjukkan pada yang lain bahwa paket benar2 dikirim dan sampai ke tujuan, sekaligus mengikat pembeli untuk tetap berbelanja karena ada dana yang dimasukkan ke account membershipnya.
3. Ciptakan event yang menarik. Event bisa saja jumpa darat atau kontes di internet yang terkait dengan produk. Untuk toko buku misalkan saja kontes cerpen atau kontes resensi buku atau semacamnya. Untuk event non internet bisa dengan mengundang penulis ternama, set lokasi yang eksklusive, dan pembayaran event bisa menggunakan poin yang dimiliki member.
4. Masih banyak lagi. Be creative sajalah.

D. Managerial
Managerial berfungsi untuk menjalankan toko maya dimana ia running as background atau tidak tampak dari sisi user. Sama dengan toko nyata, managerial di sini menyangkut hubungan dengan distributor, suplier, maintenance infrastruktur, managemen tenaga kerja, legal, delivery, dan semacamnya. Yang berbeda antara toko nyata dan toko maya hanyalah media outputnya. Yang lain kurang lebih sama. Yang pasti, yang di belakang layar inilah yang sebenarnya harus rutin bekerja keras. Terkait situs sebagai output,kerja keras hanya dibutuhkan saat startup saja. Jika anda bekerja sendirian, anda harus benar - benar tahu kapasitas anda. Jika salah prediksi dan keteteran, selanjutnya adalah bencana.

E. Aneka Tips
1. Tidak perlu takut dalam memilih produk. Mengapa? Karena anda tidak harus membeli produk terlebih dahulu. Modal anda sekedar gambar dan text, bukan produk nyata! Jadi bisa dikatakan, anda tidak akan pernah rugi untuk produk.
2. Persiapkan launching yang remarkable. Jangan sampai penjualan pertama anda gagal hanya karena salah memilih layanan delivery.
3. Keep in touch dengan suplier anda. Jangan sampai ada pesanan tapi produk tidak tersedia. Jika memang produk tidak ready, umumkan sejak semula di situs anda.
4. Perbanyak relasi suplier. Dengan begitu, kemungkinan anda menjadi kanal 'cuci gudang' semakin besar.
5. Manfaatkan resource anda semaksimal mungkin. Jika secara managerial sudah mapan, bikin e-commerce lagi dan lagi hingga resource anda mencapai peak performancenya. Beragam jenis produk bukan masalah selama resource anda masih mampu menangani.
6. Kredibilitas, profesionalitas, dan reputasi adalah modal bisnis online anda. Itu merupakan modal jualan sekaligus alat ampuh dalam bargain dengan suplier anda.
7. Mulai dengan segera, atau pesaing makin banyak,..termasuk saya...^_^

Akhir kata, silahkan jadi pengekor kalau anda memang punya dana sangat besar. Jika tidak, utamakan inovasi dan terus berkreasi. Kembangkan ide untuk jadi purple cow yang remarkable.

Ada pendapat atau pertanyaan? Silahkan saja. Komentar di sini tidak dipungut biaya..^_^

note : Blog lain yang membahas e-Commerce diantaranya :
1. NavinoT :: E-Commerce: Navigasi dan Search Engine.
0

Facebook PKS : Partai Komunis Sejahtera

{ }
Partai Komunis Sejahtera. Pernah dengar nama itu? Entah sekedar iseng atau ada agenda tertentu, Mohammad Amin memajang logo hasil modifikasi logo PKS di facebooknya. Anda masih ingat logo PKS yang ndompleng logo operator seluler? Mungkin saja ini balasannya. Logo PKS didesain ulang dimana gambar bulan sabit diganti palu arit dan kata keadilan diubah menjadi komunis. Kalo dihitung hitung, PKS jadi impas, hehe. Apa yang ia lakukan terbalas oleh si Muhammad amin ini. Ataukah memang si Muhammad amin ini terinspirasi oleh 'kreasi' PKS? Entahlah
0

Situs Pertemanan dan Bisnis

{ , }
Jika anda diminta menjadi sales produk dan diminta untuk mencapai target penjualan, sebagai seorang amatir yang baru belajar, siapa yang akan anda tawari pertama kali? Jawaban yang paling umum adalah :
Satu : Keluarga
Dua : Teman

Dua hal itu yang biasanya menjadi langkah awal seorang sales. Langkah lanjut bagi seorang sales adalah meningkatkan keahliannya sehingga pada akhirnya ia tidak mencari teman untuk berjualan, tapi berjualan hingga mempunyai banyak teman. Ya, seorang pedagang yang ahli mendapatkan teman dari hasil berjualan, bukan sebaliknya. Dengan mendapatkan teman dari kegiatan berjualan, dipastikan dagangannya bagus, cara ia menjual juga bagus, jadi timbul kepercayaan dan pertemanan antara penjual dan pembeli. Di poin ini, bisnis dipastikan berjalan lancar.


Basic jual beli dan langkah untuk menjual dan berteman tersebut berlaku juga di dunia maya alias internet. Jika anda public figur, dimana diri anda telah 'terjual' dan orang - orang (yang bukan teman anda) merasa puas, maka jika anda membuat blog atau gabung di facebook, dijamin tawaran pertemanan datang dari mana saja. Pertemanan datang melalui transaksi yang sukses. Jika anda main sinetron dan banyak orang mengenal anda, sudah pasti dagangan anda atau 'diri anda sendiri' sukses terjual bukan? Thats it.

Bagaimana jika anda melakukan sebaliknya? Well, bukannya hal tidak mungkin anda melakukan yang sebaliknya kan? Anda mencari teman sebanyak - banyaknya dulu baru mulai menawarkan dagangan anda. Di dunia nyata, hal ini jelas tidak praktis, tapi di dunia maya, itu bisa dilakukan dengan mudah melalui situs pertemanan, forum, blog, atau semacamnya. Berteman dulu sebanyak - banyaknya, simpan dagangan di belakang.

Apakah itu berhasil? Jika menilik dari prinsip dasar jual beli dan pertemanan terkait jual beli di atas, maka model membangun teman dulu baru menjual tidak akan memberikan hasil maksimal. Itu seperti langkah sales junior yang baru belajar jualan. Pada kenyataannya, teman bisnis yang baik tumbuh dari kepercayaan jual beli, bukan sebaliknya. Mengeksploitasi teman untuk dagang atau memanfaatkan transaksi bagus untuk dapat teman, menarik yang mana menurut anda dari sisi bisnis?

Brand image, entah itu produk atau pribadi, yang paling tinggi nilainya adalah kesaksian dari orang yang sama sekali tidak anda kenal. Jadi, masihkah anda membangun jaringan di beragam situs pertemanan dengan harapan mempermudah anda memasarkan produk anda? Jika ya, maka hasil yang anda harapkan kemungkinan besar tidak menjadi kenyataan.

Bisnis Dulu - Lancar, Wellknown, Dapat nama - Baru Ekspansi ke jaringan maya. Mungkin itu langkah terbaik membangun jaringan pertemanan lanjut dan ekspansi bisnis, tapi tidak untuk startup.

Just my statement - my oppinion, kritik dan sanggahan dipersilahkan.
0

Industri Obat dan Kesehatan Bangsa

{ , }
Roda bisnis obat - obatan sebenarnya bisnis yang bisa berjalan tanpa perlu margin tinggi mengingat produk tersebut selalu dibutuhkan. Sistem kompetisi farmasi di Indonesia yang menyebabkan itu terjadi sehingga margin tinggi seakan menjadi kewajiban yang tidak bisa dihindari untuk menjalankan proses 'distribusi' yang mahal.


Bagaimana obyektifitas dokter jika dalam memilih obat untuk pasiennya ia diiming - imingi uang/bonus untuk resep produk obat tertentu? Etiskah? Yang perlu digaris bawahi adalah, meski uang bonus itu nampaknya berasal dari perusahaan farmasi, tapi sebenarnya berasal dari orang - orang yang tengah sengsara yang sangat butuh bantuan, dan mereka bukan untuk dipalak. Memang jika ditilik dari tugasnya, obat yang diberikan oleh dokter berfungsi menyembuhkan, apapun mereknya, hanya saja, dengan sistem sekarang, biaya untuk sembuh itu menjadi mahal. Mengapa orang - orang kita banyak memilih berobat ke Singapore? Dari apa yang banyak saya dengar, biaya berobat di sana justru lebih murah dibanding di Indonesia. Artinya, pengelolaan terhadap hal yang menyangkut kesehatan bangsa kita ini payah. Harus diubah.

Jika suatu bisnis sudah terpola menjadi 'mahal', maka yang berkaitan dengan itu akan menjadi mahal pula. Bahkan mahasiswa yang berniat menjadi dokter juga biayanya paling mahal dibanding jurusan lain. Jika bukan menyangkut kemanusiaan, bisnis mahal sebenarnya wajar - wajar saja, tapi di Indonesia ini, bisnis mahal justru yang menyangkut kebutuhan primer manusia dimana manusia tidak punya pilihan selain terlibat.

Silahkan diteliti lebih lanjut tentang skema distribusi obat hingga sampai pasien. Anda akan tahu betapa sangat mahal biaya kesehatan kita. Dan itu semua seharusnya bisa dihindari melalui suatu regulasi yang lebih memihak anak bangsa. Jaring pengaman sosial untuk kesehatan warga miskin saja tidak cukup, karena sama saja mengatakan "Warga miskin tidak boleh dipalak, tapi yang menengah keatas silahkan saja dipalak banyak - banyak".
0

Bill Gates dan Kodak

{ }
Baru - baru ini tersiar kabar bahwa Bill Gates memborong saham kodak hingga kepemilikan sahamnya di kodak ada di posisi 4 besar. Dengan kinerja kodak yang melorot semenjak fotografi beralih ke digital, apa maksud Bill Gates berinvestasi di sana? Ada yang punya ide? Berikut ini adalah beberapa alasan om bill jika dilihat dari kacamata pos ide


Alasan pertama, bill gates mungkin tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang bisnis dan teknologi fotografi. Kodak adalah pemain lama dengan segudang paten dan pengalaman. Dengan menjadi pemilik saham dengan nilai demikian besar, ia bisa mendapatkan akses bisnis & paten produk Kodak. Menjual saham juga tidak terlalu sulit jika hajat kesampaian.

Alasan kedua, bisnis fotografi tidak pernah mati. Dengan timbunan uang gates, kodak bisa tampil superior dan mendominasi. Jika bill gates sudah mulai terpengaruh sobatnya, warren buffet, maka langkah investasi bill gates bisa saja dalam rangka menyelamatkan salah satu raksasa fotografi itu dari penurunan kinerja jangka panjang.

Yang ketiga, yang paling tidak masuk akal, bill gates iseng iseng saja. Bingung duitnya mo diapain ^_^
0

SPP : SPG Dunia Maya

{ }
Di pemasaran dunia nyata, kita mengenal adanya SPG atau Sales Promotion Girl yang berfungsi untuk menarik perhatian. Lebih jauh mengenai SPG, maka ia harus memiliki prasyarat tertentu untuk bisa menjalankan fungsinya, misalkan saja ia harus cantik atau seksi. Selain itu, SPG sedikit banyak harus memiliki pengetahuan atau informasi, jadi nggak blank banget. Dengan adanya SPG, maka ada lebih banyak orang yang datang dan menengok produk yang kita jual. Agar SPG berfungsi maksimal, tentu saja harus ada traffic. Jika tanpa SPG yang datang dan menengok produk hanya 10% traffic, dengan adanya SPG bisa ditingkatkan hingga dua tiga kali lipat, bahkan bisa lebih jika SPG nya terbilang outstanding.

Bagaimana halnya dengan web/blog? Mungkinkah ia memiliki semacam SPG? Mungkin saja. Di dunia maya, web page yang secara nyata menjadi lalu lintas utama hanya ada dua. Yang pertama adalah situs berita, yang kedua adalah search engine. Selain dua itu hanyalah berita minor individual atau kelanjutan dari apa yang dibahas di situs berita utama, alias ulasan dan ulasan. Lantas bagaimana caranya 'mendekat' ke arus utama tadi? Manfaatkan saja SPG maya untuk menarik perhatian, atau dalam istilah saya SPP (sales promotion post) *maaf, ga keren bgt istilahnya..^_~

SPP adalah sebuah post yang berfungsi untuk menarik perhatian dan ia bukan materi utama blog kita meski ada di blog kita. Keberadaannya hanya difungsikan untuk menarik traffic menuju blog kita, tidak lebih dari itu. Etiskah? Ya etis saja selama itu merupakan bagian dari aktivitas marketing. Lantas detilnya gimana?

Pertama, mendekat ke situs - situs berita ternama bertrafik tinggi. Perhatikan berita - berita yang ditampilkan. Selalu ada celah keyword baru yang bisa kita manfaatkan di berita terbaru tersebut. Keyword tersebut adalah keyword yang menimbulkan rasa penasaran dimana tidak dibahas lebih jauh di berita yang dilansir. Di sini, nalar harus benar - benar bekerja. Sebagai contoh yang pernah saya coba adalah 'hartono prapanca club'. Berawal dari lansiran berita detik yang membahas prostitusi online artis indonesia dimana terdapat screenshoot situs dengan header hartono prapanca club. Dalam berita, keyword tersebut tidak dipakai, namun pembaca dapat melihat tulisan dalam gambar, dan itu kata yang banyak dicari melalui search engine. Karena keyword baru, praktis minim sekali yang tampil di search engine, dan SPP di blog ini bekerja. Contoh lain saat ada berita 4 anak jenius karena metode hanifida. Yang diberitakan 4 anaknya, tapi yang menimbulkan rasa penasaran adalah 'metode hanifida' nya. Sekali lagi, SPP bekerja. Kedua kata kunci tersebut memberikan kontribusi sama baiknya di saat yang tepat. Mengapa timingnya harus tepat? Seperti traffic jalan di Jakarta, macetnya hanya di waktu - waktu tertentu. Sama saja dengan traffic hasil pemberitaan situs berita. Ramainya hanya 6-12 jam pertama. Jika anda lihat di google trends, grafiknya mirip menara. Menjulang, lantas terjun bebas. Jadi SPP memang seperti halnya SPG. Anda mempekerjakannya by event. Tidak terus menerus dalam jangka panjang.

Yang kedua adalah maksimalisasi pages dalam kaitannya dengan SEO karena keyword kita memang dimaksudkan untuk konsumsi search engine. Untuk SEO tidak dibahas lebih jauh mengingat materi tersebut bisa dengan mudah anda cari di google. Banyak sekali yang membahasnya. Dengan mengaryakan SPP, anda bisa memaksimalkan judul post materi - materi utama anda untuk lebih menarik dalam pandangan manusia. Biarkan si SPP saja yang judulnya dimaksimalkan untuk search engine.

Nah, demikian sedikit banyak tentang ide SPP, SPGnya dunia maya. Kurang lebihnya bisa anda kembangkan sendiri.
11

Kantor lucu BAF Solo

{ }
Hari ini saya diminta nyonyah buat bayar angsuran motor di BAF solo. Antrian lumayan banyak, untung AC nya dingin jadi ngga gerah. Tapi ada hal yang lucu. Di antara keramaian OB menyeruak, nggak tahunya cuma buat mengharumkan ruangan dengan parfum semprot, tapi keliatan seperti pemburu lalat :p. Nampak lucu karena kantor lumayan besar. Kalo di ruang tamu rumah sendiri sih udah lumrah. Biasanya sih kantor sekelas BAF disamping AC, udah ada pasangannya, yaitu pengharum ruangan otomatis. Saat saya amati, memang ada pengharumnya, tapi model gantung yang bergoyang2 kena AC. Klo emang mo hemat, kayaknya memang skalian saja ndak usah ada wewangian, daripada keliatan aneh untuk kantor sekelas BAF.
6

Menanti Runtuhnya Apple

{ , }
Membahas Apple memang selalu menarik mengingat cara ia berbisnis tergolong unik, untuk kata lain 'nyeleneh'. Kalau boleh dibilang, bisnis apple adalah bisnis 'boom' atau bisnis yang mengandalkan penetrasi bombastis singkat, dilakukan secara periodik dengan memanfaatkan buzz pendukung dan brand image yang telah tertanam dalam jangka panjang. Untuk produk elektronik dengan tingkat perkembangan sangat pesat, saya pikir strategi Apple ini tidak akan bertahan lama.

Saya melihat bahwa strategi Apple untuk menjadi beda ini kadang terasa over, dalam arti, tampil beda itu dilakukan hampir dalam segala hal. Mungkin kita masih ingat kabar beberapa waktu yang lalu dimana pabrikan ponsel besar bersatu untuk bareng - bareng membuat charger ponsel yang sama. Dari sisi efisiensi, tentu charger yang sama untuk semua merk HP memudahkan bagi produsen maupun konsumen. Selain itu, dampak lingkungan akibat proses fabrikasi maupun sampah paska penggunaan bisa dibatasi mengingat charger reusable untuk produk apa saja. Bisa dibilang, pabrikan tidak perlu lagi mengurusi pembuatan charger. Mereka bisa benar - benar fokus membuat HP yang bagus.


Dalam kesepakatan bersama itu, Apple tidak ada. Apa yang dipikirkan Apple? Tampil beda? Apakah Apple sudah tidak ada inovasi baru hingga charger saja harus diupayakan untuk beda? Sungguh bagi saya, keputusan Apple itu berlebihan. Lebih banyak minusnya daripada plusnya.

Faktor kedua. Inovasi dalam hal teknologi itu mudah ditiru. Salah besar jika orang berpendapat layar sentuh Apple itu yang pertama. Konsep Apple hadir setelah LG Prada. Bisa dibilang, LG Prada adalah pioneernya. Hal kedua yang membuat Apple tersandung adalah sistem rendering layarnya. Sebuah perusahaan tidak terima dengan Apple dan menuntut karena engginenya digunakan tanpa lisensi padahal pabrikan - pabrikan besar lain membayar lisensinya. Lebih jauh terkait teknologi, Apple bisa meniru yang lain, dan yang lainpun bisa meniru Apple. Inovasi dalam hal teknologi punya rentang ekonomis yang singkat.

Faktor ketiga, Apple lambat melansir produk baru. Produk yang jarang - jarang itu memang menarik atensi dan menimbulkan buzz, tapi jika menilik cepatnya teknologi berkembang, rate produksi Apple tidak berjalan mengimbanginya. Apple bisa dibilang jalan dibawah rate yang seharusnya untuk sebuah perangkat elektronik. Dengan margin tinggi dan teknologi yang tertinggal, paska masa panen, pembeli Apple praktis hanyalah budak merek atau korban buzz imaging brand yang biasanya bangga saat berkata,"Repot, obsolete ndak papa, yang penting Apple". Pada kenyataannya, seawet apapun produk, selama era teknologinya terlewati, secara fungsionalitas ia inferior. Dalam tataran persaingan gadget canggih, penentu produk masih layak jual (di kelas tsb) atau tidak bukan karena ia mahal atau masih layak dipakai, tapi lebih menyangkut regenerasi produk berteknologi baru yang muncul kemudian.

Faktor selanjutnya adalah segmen yang niche. Dalam hal apapun, kelompok kecil biasanya lebih solid dan punya solidaritas kelompok yang tinggi. Itu pula yang terjadi pada Apple, madura perantau, padang perantau, bahkan WNI keturunan. Saat rasa bangga kelompok itu tetap niche dan tergroup dalam jumlah kecil, tidak ada masalah. Mayoritas maklum - maklum saja. Tapi jika mulai ke tataran lebih besar, tantangan bertambah. Yang terbentuk bukan lagi pendukung - netral, tapi menjadi pendukung (yang bertambah) - menolak juga banyak, dan hanya menyisakan sedikit yang netral. Dengan kalimat yang mudah, Apple tetap akan memiliki image Apple, tanpa cacat, hanya jika ia tetap melayani dan memaintain yang berjumlah sedikit. Melangkah lebih jauh, ada kemungkinan image itu rusak karena buzz negatif resistensi pendukung produk lain.

Dengan beberapa hal diatas, saya kira konsep bisnis Apple bukan cara ideal untuk mampu leading marathon jangka panjang. Ia timbul tenggelam secara periodik dan benar - benar bersandar pada inovasi dan imaging brand. Benar - benar butuh seorang inovator visioner untuk tetap berjalan di rel yang tepat. Dengan kondisi kesehatan CEO yang tidak begitu bagus, nampaknya nama Apple sedikit demi sedikit akan mulai hilang dari perbincangan internet kita. Paling tidak untuk satu tahun ini. Dengan inovator - inovator muda, produk multivarian, plus rantai distribusi yang solid di seluruh dunia, kompetitor Apple nampaknya punya nafas lebih panjang dibanding Apple dengan produknya yang terbatas plus distribusi Apple Storenya.
0

Monetisasi Cara Lama, Media Baru

{ }
Dulu pas masih sering nonton film di bioskop, suka nongol iklan dulu sebelum masuk ke movie utama. Entah apa sebutannya dulu untuk iklan - iklan seperti itu, extra atau apalah namanya. Saya agak lupa.

Kini saya lihat detik tv menerapkan cara yang sama. Sebelum liat tv detik, pengunjung wajib liat iklan dulu. Dan lagi, yang saya lihat iklan dari Gerindra. Benar - benar berak duit nampaknya pak bos satu itu. Nggak habis - habis duitnya buat iklan.

Eniwei, bagi yang koneksi netnya lemot, dijamin males nunggu loading stream berita tv detik. Alhasil, yang didapat cuma iklan doang karena iklan muncul duluan. Selamat, paling tidak kunjungan anda ke tv detik tidak sia - sia.
1

Protes Layanan Data IM3

{ , }
Dari kemaren jam 6 sore hingga tulisan ini dibuat, layanan data IM3 di dusun saya matot. Praktis untuk menengok blog jelek ini saya terpaksa harus turun gunung nyari warnet di kota. Kalo mati cuma sejam dua jam saya masih maklum, tapi kalo sampai berganti hari gini ya saya jelas protes. Hajat saya ngeblog ria benar - benar terganggu. Saya jadi nggak bisa menyapa pengunjung blog saya. Dan lagi, pulsa saya yang khusus buat ngenet jadi nggak berkurang. Rugi juga kan perusahaan?

Sebagai perusahaan besar, mbok segera dibetulkan itu masalahnya. Saya ada di Karanganyar nih, Solo ke timur dikit. Karanganyar bukan Badung, kalo di Badung, mungkin yang saya maki - maki bupatinya, berhubung ini Karanganyar, ya IM3 harus tanggung jawab. Hayo, manager di sini siapa?

Untung bintang Iklannya Asmirandah, idola saya. Kalo nggak, saya maki - makinya ga berhenti sampai di sini. Saya bikin makian macam sinetron Indonesia. Serial. Sambung menyambung. Biar ada yang dengar.

UPDATE :
Nampaknya yang nggak beres adalah IM3 dengan opera 4. Kasus seperti ini sudah pernah terjadi. Entah mengapa bisa seperti ini. Dengan browser bawaan HP atau opera 3 bisa nyambung, tapi opera 4 tidak. Terjadi di Karanganyar - Surakarta tgl 20 februari mulai jam 6 sore.

11

Metode Menghafal Hanifida

{ }
Hanifida adalah metode hafalan dengan sistem asosiasi, dimana objek yang dihafal dihubungkan dengan kalimat/kata yang mudah mudah untuk dihafal dan diasosiasikan. Nama Hanifida sendiri berasal dari nama pembuat sistem hafalan tersebut, yaitu ustadz Hanif dan istrinya, ustadzah Ida dari Jombang. Metode ini sudah dipatenkan pada tahun 2006


Sistem hafalan ini terbukti efektif untuk anak - anak dimana anak dibawah usia 10 tahun sudah mampu menghafal Quran beserta artinya. Dengan metode hanifida pula anak mampu menghafal deret 100 angka dalam 2 menit. Sejauh yang saya baca, belum ada contoh efektifitas metode tersebut untuk orang dewasa. Kalau anda sendiri, berapa panjang angka yang bisa anda hafal? Coba deh bikin urutan 3 nomor HP di phonebook HP anda kemudian dihafal. Itu baru max 36 angka lho (asumsi 12 digit per no HP). Kalau dah bisa, coba sebutkan dengan cara terbalik. Bisa? Haha, pasti syusyah...!
2

Kartu Kredit ANZ yang Aneh

{ }
Pagi ini saya dapat telepon yang bilangnya dari ANZ. Dia mo nagih penggunaan kartu kredit yang katanya jumlahnya cukup besar. Yang jadi aneh, saya tidak pernah pegang yang namanya kartu ANZ. Bentuknya kayak apa juga belum tahu.

Dulu, saya pernah apply ANZ, itu juga karena naksir boneka ikan yang dijadikan souvenir. Syaratnya cuma ktp sama CC yang udah dimiliki. Ya udah saya apply. Selanjutnya saya ga tau gimana tahu - tahu ada tagihan dari ANZ sejumlah 180 ribu. Lhah saya kan kaget, liat CCnya aja belum pernah kok dapat tagihan. Selidik punya selidik ternyata kartunya dikasih ke CS kantor saya. Agar tidak bingung tagihan itu dari mana, langsung saya telp CS yang jakarta minta penjelasan. Diterangkan bahwa kartu kreditnya memang belum diaktifkan, katanya yang 180 ribu itu memang tagihan iuran keanggotaan yang dikirim meski kartu belum aktif. Oo..., begitu ternyata. Aneh sekali. Sementak mendaftar, baru kali itu saya ngobrol sama yang namanya orang ANZ, sebelumnya nggak pernah, jadi nggak tahu kalo ternyata aplikasi saya di approve. Karena saya ngerasa aneh kartu belum dapet, belum aktif kok dah dikasih tagihan, ya saya kontan langsung minta kartu tersebut diblok, dibatalkan. Jujur saja saya males kalo berurusan sama yang aneh gini. CSnya lantas nanya2 kok harus dibatalkan kartunya, ya saya bilang aja kartu belum aktif kok ditagih, apalagi kartu ga sampai ke tangan saya. Akhirnya ya CSnya OK, kartu saya diblok, tanpa saya pernah lihat atau pakai meski hanya sekali. Cerita awalnya seperti itu.

Berbulan bulan saya tenang - tenang aja. Saya pikir masalahnya sudah beres, wong CSnya nggak konfirm berarti sudah beres.

Kembali ke pagi ini, saya dapat telp dari ANZ buat nagih lagi untuk pemakaian kartu kredit. Piye to iki? Ya saya jelaskan aja dengan gamblang proses yang kemaren2. Dia bilang permintaan pembatalan saya tidak ada, katanya kartu atas nama saya tsb dipakai di bandung dll. Lhah? Lha trus kok saya lagi yang dibikin repot? Wong saya ini liat yang namanya bandung aja belum pernah seumur-umur. Katanya sih kalo nggak diurus nama saya bisa rusak. Saya ya ga terlalu mikirin, ndak ngerti apa - apa. Yang saya tahu, kesalahan saya cuma satu. Ngiler liat boneka (soalnya istri hamil, jd mikir hadiah buat anak, hehe).

Yah, begitulah kisah awal saya tentang ANZ. Semoga perusahaan itu mau cek internal dulu sebelum nelpan nelpon saya lagi. Masak nelp cuma buat nagih? Coba kalo perlu cek penggunaan kartu yg di Bandung itu siapa, kali aja bisa dilacak pelakunya karena jelas jelas bukan saya. Saya ndak pernah kemana - mana karena nunggu istri hamil tua. O iya, minggu kemarin junior saya lahir. Moga2 jadi anak yg salehah, bermanfaat untuk sesama. Doakan Kiera Sofie ya..
0

Jumbosize : Iklan Prabowo di Detik

{ }
Barusan baca detik, ada gambar Prabowo segedhe gaban nutup layar monitor. Wuah,..bener - bener gedhe dan nggak mau nutup sendiri. Minta di klik tomblo (x) baru mau nutup. Wah internet terimbas kampanye nih,...alamat lebih sering baca - baca via RSS, lebih bebas iklan.


Dah itu aja infonya. Namanya juga kategori 'notes', jadi wajib pendek
0

Pendapatan dan Profit Yahoo, Microsoft, dan Google

{ }
Yahoo, pada tahun 2008 pendapatannya sebesar USD 7.22 miliar atau Rp 79.4 triliun. Laba kotor yang berhasil diraihnya USD 4.13 miliar atau Rp 15.7 triliun.

Microsoft meraih pendapatan USD 60.42 miliar atau Rp 664.6 triliun pada 2008. Dengan laba bersih USD 17.68 miliar atau Rp 194.5 triliun pada 2008.

Google, meraih pendapatan USD 16.6 miliar atau Rp 182.5 triliun. Adapun laba bersihnya USD 4.23 miliar atau Rp 46.5 triliun.
2

Ide Bisnis Kalender Model Baru

{ , }
Setiap tahun, kalender modelnya seperti itu - itu aja, minim perubahan. Apakah tidak ada ide lain selain gambar gadis cantik, pemandangan, atau bangunan? OK. Kali ini Pos ide akan membahas tentang ide seputar kalender. Targetnya adalah maksimalisasi space kalender, monetisasi, dan membuatnya memiliki nilai tambah untuk dijadikan sumber income reguler. Regular di sini dalam artian bulanan, bukan sekali setahun.


Saat ini, hal yang indah tidak hanya 3 yang disebut di atas. Ada banyak hal yang indah sekaligus informatif untuk dijadikan layout kalender. Misalkan saja produk laptop terbaru, HP terbaru, atau peralatan elektronik terbaru. Coba tebak, dalam 1 bulan, ada berapa produk baru keluar? Bisa menebak? Jawabannya adalah banyak. Untuk 1 kota saja banyak apalagi senegara. Agar ide terjabarkan secara struktural, ada baiknya kita melihat kembali pada kalender yang pemanfaatannya saat ini lebih banyak sebagai pembentuk awareness dan dibagikan secara cuma - cuma kepada pelanggan.

Misalkan saja kita optimasi begini :
1. Kita buat kalender sistem bulanan
2. Kalender 1 lembar ukuran besar berisi info produk plus foto
3. Kalender disebar ke warung - warung padat pengunjung
4. Kegiatan diulang tiap bulan
5. Kita jadi EO kalender

Seberapa besar potensinya?
- Produk disebarluaskan di warung - warung dengan traffic minimal 100/hari
- Jumlah warung minimal 100 untuk 1 kota
- Kalender bulanan, jadi masa tayangnya 1 bulan

Kalau dibandingkan dengan web atau blog, berapa potensi kalender tersebut?
- Dalam sehari ada 10.000 unique visitor
- Pageview cuma satu, jadi kalikan aja dengan berapa kali ia ditengok oleh 10.000 pengunjung warung (^_^)
- Kalikan 1 bulan. Berapa? 10.000x30 hari = 300.000. Lumayan banyak.
- Dengan traffic segitu, berapa biaya untuk iklan di web/blog?

Adakah pemilik produk yang tertarik? Saya pikir pasti ada, tentunya jika harganya cocok. Nah, sekarang coba kita hitung biaya cetaknya. Misalkan ukuran setengah plano, biayanya sekitar 3000an untuk cetak 1000 lembar. Total 3 jutalah biayanya (itu untuk 1000 lembar lho). Misalkan kita minta Rp 1.000.000 per produk gimana? Masuk? Dengan asumsi 1 kalender muat 20 produk, maka dana masuk - kira - kira 20 juta. Dikurangi bea cetak masih sisa 17 juta. Kok banyak banget. Kemaruk nih kayaknya, hehe. Tapi, hitungan yang atas tadi baru 100 warung lho, padahal cetaknya 1000, berarti 1000 warung. Trus? Misalkan yang 300.000 tadi kita jadikan 1 juta fair nggak? Fair ya? Ok.

Nah, pertanyaannya, ada yang berani eksekusi? Kalo ga berani juga gapapa, wong itungan yang diatas itu juga masih kasar. Masih perlu pendalaman dan kalkulasi lagi.
2

Hartono yang Bukan Hartono

{ }
Ternyata Hartono asli, alias Hartono 'ayam' Setiawan atau Hartono prapanca masih meringkuk di LP kedung pane Semarang. Dari detikcom dikabarkan bahwa pemilik situs online prostitusi yang lagi banyak dicari itu bukan hartono prapanca yang dedengkot mucikari.(lha lantas siapa pelaku aslinya kok detik bisa bilang bukan hartono? *penasaran!!!*, apa memimpin gituan dari penjara ga bisa?). Kemaren diberitakan kalau pelakunya sudah ditangkap, tapi sampai sekarang kelanjutan beritanya tidak ada. Daripada nggak ada yang bisa diceritakan, lebih baik baca biografi hartono ala detik ini aja dulu :

Jakarta - Pria ini sekarang masih mendekam di LP Kedung Pane, Semarang. Ia adalah Hartono Setyawan yang kesohor disebut Hartono Ayam, mucikari kelas kakap. Namanya saat ini ramai diperbincangkan lagi karena ada sebuah alamat situs yang menampilkan namanya.

Tapi ternyata pengelola situs tersebut bukanlah Hartono. Pengelola hanya menjual nama Hartono untuk dapat reputasi sebagai mucikari papan atas.

Nama Hartono memang tidak lepas dari bisnis esek-esek. Kiprah sebagai mucikari yang dilakoninya sejak awal 80-an membuat Hartono banyak dikenal luas sejumlah kalangan. Terutama para pejabat orde baru yang sering menjadi pelanggannya.

Sejumlah gadis cantik, artis hingga perempuan bule jadi anak buahnya. Mereka sebelumnya "dipermak" Hartono untuk tidak berprilaku dan bersikap seperti penajaja seks pada umumnya. Untuk itu anak buahnya diberi pendidikan kepribadian oleh seorang pengajar yang disewa Hartono.

Cara yang dilakukan Hartono ternyata sangat efektif untuk menjerat para pelanggan dari kalangan pejabat maupun pebisnis. Mereka sangat nyaman berkencan dengan gadis-gadis yang dibina Hartono. "Penampilannya seksi tapi berkelas. Kayak sekretaris perusahaan bonafid," jelas Yd, bekas anak buah Hartono.

Wilayah bisnis esek-eseknya juga sangat luas, yakni ada di Batam, Jakarta, Riau, Surabaya, dan Bali. Itu sebabnya, para pelanggannya bisa dengan mudah memesan "ayam" Hartono jika sedang dinas di kota-kota tersebut. Tinggal kontak, seorang wanita cantik langsung meluncur ke tempat yang diinginkan pelanggan.

Untuk mengamankan bisnisnya, Hartono konon melibatkan sejumlah petinggi kepolisian dan TNI. Namun lama-kelamaan bisnis haramnya itu digempur juga oleh polisi.
Bisnis esek-eseknya kemudian digerebek polisi pada 18 Juli 1986. Empat petugas Polda Metro Jaya dipimpin Letnan Dua Kisworo, menerobos masuk ke rumah bordil itu. Keempat polisi ini bisa masuk ke dalam rumah sebagai tamu.
Setelah di dalam, mereka langsung membekuk 19 orang PSK dengan dua diantaranya adalah orang asing. Namun saat penangkapan itu, Hartono tidak bisa dibekuk karena tidak ada di tempat.

Rumah di Prapanca itu rupanya hanya markas, sebelum wanita-wanita itu disewakan ke tamu-tamu yang mencarter mereka di hotel-hotel mewah.

Karena merasa bisnisnya sudah tidak nyaman lagi lantaran banyak pesaing yang coba menghabisi bisnis esek-eseknya, Hartono kemudian hijrah ke Bali dan berniat membangun Planet Bali, tahun 1994. Namun karena krisis moneter, 1996 Bank Tamara, yang memberikan pinjaman tidak sanggup lagi membiayai bisnis one stop entertainment yang digagas Hartono.

Karena sangat butuh uang, Hartono kemudian meminjam uang kepada bos Artha Graha Tomy Winata. Ia kemudian diberi pinjaman modal sebesar Rp 8,5 milliar untuk kelanjutan proyek Planet Bali.

Belakangan, Hartono terlilit utang karena pinjamannya ke Tomy Winata membengkak hingga Rp 63,7 miliar. Dan ujung-ujungnya seluruh properti miliknya, di Bali, Batam, Surabaya, dan Jakarta disita. Tidak hanya itu, Planet Bali pun kemudian ditutup 8 Agustus 1997.

Sandungan Hartono makin bertambah ketika ia juga tersangkut kasus aborsi. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur bekerja sama dengan Polresta Surabaya Selatan, membongkar septic tank di rumahnya di Jalan WR Supratman 85 Surabaya.

Karier Hartono sebagai mucikari kemudian terhenti sejak dirinya mendekam di LP Kadung Pane. Kini ia harus menjalani hari-harinya seorang diri di dalam bui. Tidak ada lagi gadis-gadis cantik di sekelilingnya. Hartanya juga pelan-pelan ludes sudah.

Kini sebuah Sebuah situs online mengatasnamakan Hartono muncul. Di situs itu ditampilkan wajah-wajah selebriti
seperti Pretty Asmara,Laudya Chintya Bella, Sarah, Rahma dan Ayu Azhari, Olga Lidya, Angel Lelga, Julia Perez, Julia Estelle. Situs itu sempat menjadi heboh karena ada dugaan Hartono terjun lagi ke bisnis esek-esek.

...oke langsung ke detik aja buat ngelanjutin baca biografi Hartono. Monggo..., jangan lupa balik mari ya..

Baiklah,..yang lalu biarlah berlalu, yang lebih menarik buat saya adalah pembuat situs www.hartonosejakdulu.com karena pelaku yang ini belum ada di penjara, jadi bisa dibilang masih mungkin melanjutkan kisah esek - esek ini ke episode lebih lanjut, ^_^. Detik, mana lanjutan kisah dari kantor polisi? Udah dapat nama belum?
1

Blogger Blogspot yang Tidak Google Friendly

{ , }
Nampaknya Google memang tidak memaksimalkan kemampuan blognya sendiri, yaitu blogger, untuk bisa tampil lebih baik dalam SERP. Title yang tidak optimal hingga ketiadaan opsi meta tag per page adalah jawaban jelas bahwa blogspot tidak dioptimalkan untuk publikasi profesional.

Bagi yang nekat, memaksakan diri membuat meta tag per page masih mungkin, cuma, perlu if-else sejumlah page yang dioptimalkan. Belum-belum udah kebayang betapa beratnya template blogger yang pagenya ratusan kalo tiap pages butuh tambahan if-else tersendiri. Pantas platform blogger tidak bisa menang lawan wordpress kalo tarung SEO, orang ngoptimizenya syusyah betul..., fyuh...

*budi lagi jengkel sama google*

Untuk keyword hartono prapanca, yg diotimasi baru title dan judul post. Meta tag belum. Itu sudah cukup untuk tampil di halaman depan. Ntar coba dioptimasi meta tagnya, ada pengaruhnya nggak.
1

Akhir Prostitusi Online Hartono Prapanca Club

{ }
Meski sudah tertangkap, proses lebih lanjut dari kasus Prostitusi Online Hartono Prapanca Club ini masih layak ditunggu. Masih menunggu, apakah memang sudah benar - benar tertangkap atau belum gembong prostitusi online tersebut. Disamping itu sayapun sedang melihat dan meneliti bagaimana search engine bekerja dalam menyortir informasi dalam kaitannya dengan berita ini. Siapa tahu bisa menebak dengan valid bagaimana cara kerja mesin pencari dan bobot tiap tag yang kita gunakan. Kesempatan tidak datang dua kali, ya kan?


Ternyata saudara - saudara. Setelah berita hartono ayam ini diberitakan di mana - mana, post tidak langsung diindex oleh google. Perubahannya lama. Intinya apa? Jika ingin diindex oleh google dengan cepat, buatlah berita dimana google belum/minim memiliki data. Apalagi untuk berita yang saat itu banyak dicari. Google akan menganggap itu posting yang sangat penting dan diprioritaskan.

Untuk akhir cerita Hartono prapanca selengkapnya bisa dibaca di Hartono yang bukan Hartono.

0

Logo, Antara Trend dan Fungsi

{ , }
Seringkali kita dengar perusahaan merubah logonya, apalagi beberapa tahun terakhir. Mulai dari TPI, Global TV, hingga Pertamina. Pertanyaannya, apakah itu sekedar trend, atau memang 'butuh'?

Logo adalah identifikasi awal keberadaan suatu perusahaan. Masyarakat mulai mengenal dan aware terhadap perusahaan melalui logonya. Dengan begitu pentingnya logo, tentu merubah logo bukan perkara ringan. Ada banyak pertimbangan suatu perusahaan berganti logo. Dalam opini saya, alasannya demikian :

1. Simplifikasi. Banyak perusahaan yang merubah logo rumit menjadi lebih mudah diingat. Ingat logo pertamina dulu yang berbentuk kuda laut?
2. Modernisasi. Kalau dulu permainan desain logo lebih ke motif, sekarang warna makin mendominasi. Kalau dulu stempel hanya satu warna, kini beragam warnapun bisa. Simplifikasi motif diiringi variasi warna, dan itu bisa karena makin majunya teknologi.
3. Persaingan yang ketat. Ya, persaingan memaksa siapa saja untuk lebih kreatif meningkatkan layanan dan kualitas di segala lini. Banyak perusahaan dituntut merubah diri.
4. Kesadaran publikasi. Dalam persaingan modern, publikasi menjadi penting. Logo yang mudah diingat dan dana yang terinvestasi dalam mempublikasikan logo memberikan gambaran, bahwa makin besar perusahaan, desain logonya biasanya makin sederhana.

Nah, poin nomor 1 dan 4 ini bisa jadi bahasan yang menarik. Mengapa perusahaan besar desain logonya sederhana? Selain karena mudah diingat, mereka punya dana publikasi yang cukup untuk membuat logo tersebut menjadi identitas mereka. Banyak perusahaan kecil yang merasa bahwa logo yang simple adalah yang terbaik dengan asumsi perusahaan besarpun logonya sederhana. Apakah demikian? Sebenarnya belum tentu. Logo yang sederhana meskipun lebih mudah diingat, tapi juga lebih mudah diserupai. Tanpa kemampuan publikasi yang cukup (poin 4) maka hasil yang diharapkan dari sebuah kesederhanaan (poin 1) tidak akan tercapai. Misalkan tahun 90an perusahaan anda punya logo mirip pertamina. Banyak orang dan relasi mengenal keberadaan usaha anda melalui logo tersebut, lantas tahun 2000an Pertamina mengganti logonya mirip logo anda. Apa yang terjadi? Desain logo tersebut secara de facto menjadi identitas pertamina. Anda yang lebih dulu dikenal dengan logo tersebut jadi tidak terlalu berarti karena kalah besar, kalah publikasi. Saran saya, jika anda memulai dari yang kecil, buat logo yang cukup kaya detil, jangan terlalu sederhana,apalagi meniru. Logo adalah identitas. Jika perusahaan anda tumbuh besar dan cukup dana untuk publikasi massal, merubah logo bukanlah hal yang tabu.
0

Pelaku Prostitusi Online Tertangkap?

{ }
Pelaku prostitusi online itu tertangkap juga akhirnya. Tapi tunggu dulu. Mengingat korban salah tangkap kasus Ryan dulu, nampaknya konfirmasi yang jelas dan transparan dari pihak kepolisian masih perlu ditunggu. Yang jadi pertanyaan, mengapa harus diulur ulur sih? Apa ada tawar menawar dulu? Atau masih ragu2 karena menyangkut hajat nikmat banyak pejabat?

Pelaku prostitusi online semacam www.hartonosejakdulu.com (yang katanya milik hartono prapanca) dan semua hal yang berbau pornografi sebenarnya sudah dianjam dengan kurungan hingga 6 tahun dan denda hingga 1 milyar. Pada kenyataannya, kalau ditilik dari rasa keadilan, jika yang dituntut hanya mereka yang beritanya dilansir media ternama, rasanya agak aneh juga. Bukankah esek-esek begitu banyaknya tersebar di internet? Mungkin jika tuntutannya adalah penipuan atau pencemaran nama baik bisa jadi lebih masuk di akal mengingat situs tersebut memang memajang nama artis dan mensyaratkan DP dalam jumlah tertentu, dan bisa jadi, anda salah satu korbannya ;p. Tuduhan penipuan atau pencemaran nama baikpun bisa jadi tidak berlaku jika ternyata pelanggannya puas, atau dengan kata lain, memang artisnya dagang body.

Memang banyaknya pelaku pornografi di internet tidak bisa lantas membenarkan prostitusi online tersebut, tapi paling tidak, itu adalah gambaran nyata bahwa bisnis esek-esek cukup banyak dengan beragam bentuknya. Kalau mau diusut semua, penjara bisa penuh dengan para blogger mupengers, hehe..

OK, nampaknya lawakan 'lakang' ini masih terus berlanjut. Bagi yang berminat, silahkan tunggu info terbaru.
2

RSS, SEO, Niche Topic, dan Informan Dadakan

{ , , , }
Ya, 4 hal itu ternyata lebih menarik untuk dipelajari lebih lanjut daripada sekedar mencari traffic via digg atau lintas berita. Masih terkait post sebelumnya, RSS berfungsi untuk mensuplay tag/keyword berita terbaru yang (mungkin saja) menjadi hit, sekaligus menjadi pawang pembawa hujan pencari informasi. SEO sendiri adalah optimisasi search engine sehingga situs mudah untuk terindex dan tampil di halaman depan hasil pencarian. Niche topik tentu saja adalah topik - topik khusus yang jarang dijumpai di internet. Dengan perpaduan tersebut, anda akan dipaksa menjadi informan dadakan karena banyaknya traffic yang masuk.


Mengapa bisa begitu? kalau dilihat dari skenarionya adalah sebagai berikut :
1. Situs berita melansir berita yang menarik
2. Blog kita juga menampilkan berita tersebut via RSS
3. Masyarakat tertarik dan mencari info lebih lanjut via google
4. Topiknya terlampau unik, yang muncul hanya pembawa berita dan kita (yang menampilkan RSSnya)
5. Karena berita utama sudah dibaca, kemana lagi arah traffic kalau bukan blog kita?
6. Banjir pengunjung dadakan
7. Cepet - cepet melansir berita via comot sana - sini agar pengunjung tidak kecewa.
8. Jika blog sudah terbentuk dengan baik, pengunjung tersebut berpotensi menjadi pelanggan blog kita.

Nah, menarik bukan? Ada yang berniat mencoba?
2

Memaksimalkan Traffic Melalui Kata Kunci Tak Terprediksi

{ , , }
Salah satu cara terbaik membangun traffic melalui google adalah dengan memperbanyak kata kunci up to date yang memiliki potensi dicari besar. Pertanyaannya kemudian, siapakah yang punya kemampuan membangun berita dan mempengaruhi pembacanya untuk mencari lebih jauh? Jawabannya adalah situs berita. Situs berita biasanya melansir berita dalam 3 - 4 paragraf, dan untuk materi berita yang menimbulkan rasa ingin tahu lebih jauh, 3 - 4 paragraf itu tidak cukup. Pembaca akan mencari tahu lebih jauh.


Menampilkan RSS berita lokal, baik dari detik, okezone, kompas, maupun yang lain di situs kita memiliki nilai tambah lebih dalam mendatangkan traffic. Materi RSS tersebut juga diindex oleh google di situs kita. Melihat dan memantau potensi datangnya traffic dari google akibat RSS situs berita itu mudah. Pertama adalah dengan melihat traffic kedatangan pengunjung. Di sini, feedjit sangat membantu kita mengetahui dari mana datangnya pengunjung. Jika sumbernya adalah mesin pencari, kita klik aja sumbernya di feedjit, maka akan ketahuan kata kunci yang dicari dan posisi situs kita di SERP. Jika kita merasa bahwa kita tidak pernah menulis apa yang tampil di SERP tersebut, berarti yang keindex adaah berita dari RSS di situs kita. Artinya apa? Berarti berita tersebut tidak banyak tersedia di internet sehingga menjadi sebuah topik menarik (karena diberitakan di situs berita ternama) yang lowong (hingga RSS di situs kitapun ikut ditampilkan). Nah, mumpung tampil di halaman depan SERP dan beritanya sedang hot di situs berita, mengapa tidak kita manfaatkan? Sekali - sekali tampil sebagai pemburu berita tidak mengapa kan?

Nah, dari sini kita tahu manfaat menampilkan RSS berita di situs kita. Ada kalanya kita jadi author, ada kalanya jadi translator, ada kalanya jadi pemburu berita yang dikejar deadline karena timing hot berita yang singkat. Demi blog yang meriah, banyak cara dilakukan, asal jangan asal copy paste aja.
0

Operator Seluler dan Trend Microblog

{ , }
Dengan kompetisi yang ketat seperti saat ini, operator dituntut kreatif dan inovatif, terutama dalam menciptakan layanan tambahan (Value Added Service). VAS adalah layanan tambahan yang mampu menambah pelanggan sekaligus mempertahankan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk ekspansi, dalam arti, dengan BTS yang ada, generating new subscriber dapat lebih dimaksimalkan lagi.

Banyak operator mulai memberikan layanan data dengan tarif bersaing. Dalam tataran inovasi, jika layanan satu dan yang lain setara, maka nilai tambah kompetitifnya bisa dibilang tidak ada lagi. Untuk itu, perlu tindakan lebih lanjut agar geliat masyarakat sadar internet internet ini dapat dimanfaatkan untuk keuntungan perusahaan.


Operator three adalah yang pertama kali memberikan layanan tambahan dengan memanfaatkan trend di net yaitu layanan YM murah. Dalam hal nilai tambah, tentu manfaatnya sangat besar terutama bagi mereka yang memang sudah terbiasa menggunakan YM. VAS seperti ini kalau mengacu ke tread Strategi, Taktik, dan Teknis, maka layanan YM berada dalam tataran taktik. Pelayanan nilai tambah instan untuk memikan konsumen. Sebuah nilai tambah yang bagus dari three, dan nampaknya untuk urusan inovasi, three memang salah satu operator yang berada di depan.

Sebenarnya ada 1 lagi kemungkinan membuat VAS berbasis layanan data yang mampu memberikan cengkeraman lebih dalam, yaitu layanan tweeter-like yang terintegrasi dengan SMS. Saat ini, tweeter masih merupakan layanan berbasis html, dalam arti, ia dibangun murni dari kebutuhan pengguna internet dengan menggunakan teknologi internet yang ada. Pendekatan operator selular bisa lain. Operator bisa menciptakan layanan tweeter-like dengan lebih mengedepankan teknologi SMS dan mengintegrasikannya dengan database dan aplikasi berbasis net. Misalkan saja, setiap pelanggan mendapat akun tweeter-like dimana ia dapat menemukan inbox ataupun outbox di akunnya, sehingga menjadi semacam backup SMS lifetime sehingga pelanggan bisa dengan bebas menghapus SMS di HP yang mulai penuh. Dengan integrasi SMS itu pula, pelanggan dapat membentuk komunitas sosial dengan kemudahan pengiriman informasi ke tweeter-likenya di internet. Dari sisi pelanggan, ini menguntungkan. Dari sisi operator juga menguntungkan karena selain bisa dimonetisasi/dicharge, sistem login dengan no HP mampu mengurangi terjadinya churn.

VAS tweeter-like merupakan layanan dalam tataran strategi, jadi harus dipersiapkan maksimal terpusat dengan dukungan tenaga ahli yang kompeten. 1 juta pelanggan berpotensi mendatangkan revenue bagi perusahaan sebesar 10-20 M per bulan. Jika VAS ini bisa dijalankan dengan target subscriber 100.000 orang, berarti potensi pemasukan dijamin berkisar 1-2 M dengan asumsi nomor yang digunakan subscriber tersebut harus selalu dalam kondisi aktif untuk bisa login. Dengan prediksi revenue sebesar itu, kira - kira berapa dana yang harus diinvestasikan untuk membuat layanan tweeter like? 1 bulan revenue? 2 bulan revenue? Tentunya operator harus berani menganggarkan di atas 1 M jika memang targetnya 1-2 M per bulan. Bukan begitu?

Nah, sekarang bagaimana dengan penggiat internet? Adakah yang berani mengajukan proposal untuk layanan tweeter-like operator selular? Sebuah project besar bisa melibatkan programmer-internet marketer-bahkan blogger?!(dengan horisontal buzz nya).Berhasil atau gagal, nampaknya membuat proposal biayanya tidak terlalu mahal. Tidak nyampe sejuta kayaknya. Gimana? Berani menawarkan diri? Lebih baik mencoba dan gagal memperjuangkan yang besar daripada terus - menerus berkutat di proyek - proyek recehan.
0

Kualitas Situs Berita Terkait Prostitusi Online Artis Indonesia.

{ }
Dari berita prostitusi online yang dilansir oleh hampir seluruh surat kabar lokal, bisa dinilai cara kerja dan kualitas situs berita yang ada saat ini. Dari 3 situs yang saya baca yaitu detik, okezone, dan kompas, berikut opini saya:

detik com adalah pembuat berita. Selama menyangkut peristiwa online, bisa dibilang detik cepat mengangkatnya ke permukaan untuk disajikan ke para pembacanya. Kompas lain lagi. Ia melaporkan hasil konfirmasi dengan artis - artis yang namanya tercantum dalam daftar 'ayam', mulai dari ayu ashari, julia perez, ria irawan, hingga asmirandah. Sedang okezone, tidak jauh beda dengan umumnya blogger, okezone melansir berita hasil ngegoogle juga nampaknya. Aneh sekali. Berita yang dipublish sama sekali tidak mencerminkan kalau mereka punya wartawan.

Jika ditilik dari cara kerja dan kualitas informasi, harus diakui kompas masih nomor 1. Terlihat benar kalau mereka punya wartawan. Untuk urusan kecepatan informasi terkait online, detik bisa diandalkan. Yang membaca detik mungkin masih sempat melihat situs prostitusi online yang menghebohkan tersebut. Okezone? Kalau landasan penilaian adalah berita hartono prapanca ini, okezone lawannya masih blogger yang singgle fighter. Belum selevel kompas atau secepat detik dalam mengendus kejadian layak berita di internet.
0

Hartono Prapanca dan Berita Asal Jadi

{ }
Penasaran dengan www.hartonosejakdulu.com? Memperhatikan bagaimana google melakukan crawl situs jadi nampak aneh saat berhadapan dengan berita yang banyak dicari tapi sedikit informasinya di internet. Bayangkan saja, baru saja post tentang hartono prapanca, google langsung mengindex dan menampilkannya di halaman depan SERP. Tidak sampai 2 menit. Ini bisa menjadi pembelajaran buat yang demen SEO. Kata hartono prapanca sendiri saat dilacak via google hanya terdapat 3000an hasil pencarian(mungkin terus meningkat dalam waktu dekat).
Sebagai info tambahan, tidak hanya detik, okezonepun melansir berita terkait hartono prapanca, tapi bukan berita baru nampaknya, hanya sekedar bongkar-bongkar arsip di dunia maya. Yang aneh lagi, berita okezone dan teknologinet serupa, hanya kata 'okezone' jadi 'teknologinet'. Perhatikan saja bahasanya, dan dua - duanya tampil di halaman depan google. Wah,...serba nggak kreatif, dan google oke - oke aja tuh. Namanya juga mesin pencari. Kalau manusia pencari pasti 'misuh - misuh'.

Akhirnya, situs prostitusi yang menggunakan nama bos mucikari itu ditutup juga. Entah karena tekanan dari pemerintah atau bukan, akhirnya host situs tersebut mensuspend hingga batas waktu yang tidak diketahui (ga usah terlalu berharap bakal buka lagi deh). Di Indonesia, denda prostitusi online hingga 1 dengan nol sembilan biji alias semilyar. Meski bisnis lendir banyak duitnya, tapi 1 milyar tetap saja denda yang besar.
3

Hartono Prapanca Effect

{ }
Hari ini saya lumayan kaget karena dapat traffic lumayan banyak dari google. Selidik punya selidik, ternyata kata yang dicari adalah hartono prapanca, seorang germo kakap yang kabarnya berjualan online. Lantas mengapa blog ini bisa tampil 10 besar di SERP? Nampaknya, itu berasal dari widget RSS berita di sidebar blog ini

Ya, dari petikan berita yang tampil di google, informasi tentang hartono prapanca keindex pada tanggal 11 februari. Sudah lama memang. Dan mengapa yang diindex google justru blog ini bukan situs berita aslinya? Kemungkinan, google tidak cukup lengkap mengindex situs berita tersebut, tapi cukup cepat mengindex blog ini. Pelajaran yang didapat adalah, jika ingin memperkaya materi yang terindex oleh google, pasang RSS situs berita. Situs berita update hampir tiap 10 menit, dan kadang tidak terindex google saking cepat dan banyaknya berita. Pelajaran berikutnya, saya harus mencari itu yg bernama hartono prapanca. Ga enak rasanya dikunjungi orang tapi tidak punya cukup informasi untuk disajikan. Dari info detik.com, nama satu ini menggunakan situs instant dengan alamat hartono**.com. Ya, nama domain seperti itu memang tidak sepantasnya dipublikasikan. Apalagi untuk denda hingga 1 milyar untuk prostitusi online. Mereka yang berminat booking artis indonesia harus menebak nebak 2 bintang tsb, belum lagi kalau nama domainnya diganti, belum lagi kabar benar tidaknya kalau artis yg jd pemuas syahwatnya. Yah, mereka yang tertarik harus berusaha keras.

Nama hartono sendiri sudah terkenal sejak dulu dengan julukan hartono 'ayam' setiawan. Usaha prostitusi yang ia geluti memang banyak diberitakan, mulai dari dibakarnya rumah milik sendiri hingga dibongkarnya septitank tempat ayam ayamnya membuang bayi hasil aborsi. Mungkin efek pencarian hartono prapanca, atau hartono yang tinggal di jalan prapanca meriah hari ini saja, tapi siapa tahu. Bisnis dia kan salah satu bisnis yang tak lekang dimakan jaman
0

Hasil SERP Google.co.id pun Beda - beda

{ }
Meski sama - sama menggunakan google.co.id, ternyata hasil pencarian untuk kata kunci Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 bisa berbeda - beda. Jalur koneksi berpengaruh. Contohnya saja saat saya coba dengan PC yang dikenali berasal dari Jakarta, hasilnya berbeda dengan koneksi via HP dimana dikenali berasal dari Santa Clara, California.


Gimana kalau jalur koneksi pengguna Internet di indonesia bervariasi? Hasilnya bisa beda - beda dong?
0

Melihat Peringkat SERP Blog Berdasar Keyword

{ }
Karena lagi seneng - senengnya ikutan kontes Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, akhirnya butuh juga alat yang satu ini, yaitu alat untuk melihat nomor urut blog atau web kita di search engine, dalam hal ini search engine google Indonesia.

Caranya ternyata mudah saja. Anda tinggal memasukkan kata kunci/keywordnya, lantas isikan alamat web/blog anda, dan lebih spesifik lagi, pilih search engine googlenya. Kalau ingin tahu google indonesia ya pilih google.co.id. Setelah itu wes hewes hewes, sim salabim. Muncul deh peringkatnya.


Layanan ini bisa melakukan pengurutan hingga peringkat ke 1000. Jadi, kalau peringkat anda di luar itu, dia akan menyarankan anda untuk belajar lagi, berusaha lebih keras lagi. Sebelum menemukan layanan ini, saya biasa melihat hasil SERP secara manual di google, dan tentu saja karena blog baru ya lihatnya dari belakang, hehe. Itu juga tidak ketemu - ketemu. Kurang ajar betul.

Setelah pakai layanan dari situs tersebut, saya tahu, ternyata blog saya ke list di 1000 besar aja nggak untuk kata kunci yang saya "maksimalkan". Waks, pantas sampai keriting liat page google nggak ketemu - ketemu.

Ok deh, bagi yang penasaran ingin ikut melihat posisinya berdasar kata kunci Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009, silahkan langsung menyerbu Situs keren satu ini.
2

Bahaya Kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

{ , }
Setelah saya pikir - pikir, rasanya kontes SEO mas Pogung177 yang mengambil kata kunci Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 ini membuat kita jadi kesulitan mendapatkan informasi "real" tentang event Pemilu 2009. Sekarang keyword - keyword Pemilu Indonesia 2009 tersebut dominan berisikan sampah, bukan informasi yang valid mengenai pemilu 2009 yang sebenarnya.

Jika jago - jago SEO mengisi halaman - halaman depan mesin pencari dengan sampah, lantas bagaimana lagi kita harus mencari informasi yang benar - benar kita butuhkan mengenai pemilu? Akan sangat sulit tentunya.


Jika melihat siapa yang dirugikan, maka beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Masyarakat Umum
Alasannya mudah saja. Masyarakat yang ingin mencari informasi mengenai Pemilu Indonesia 2009 jadi kesulitan dalam mendapatkannya.
2. Caleg & Parpol
Situs caleg dan parpol yang dibuat mahal - mahal mungkin saja terbenam di halaman bontot SERP mesin pencari. Sukar ditemukan.
3. Pemantau & pengamat pemilu
Mereka adalah pencari informasi yang intens, dan dengan timbunan sampah SEO di Internet, dijamin apa yang mereka cari akan lebih sukar mereka dapatkan.
4. Pemerintah
Ya. Tentu saja pemerintah. Keamanan pemilu, kelancaran pemilu, dan beragam tetek bengek pemilu 2009 adalah tanggung jawab pemerintah.

Kalau melihat yang diuntungkan, ya tentu saja ada, diantaranya :
1. Peserta kontes SEO Pemilu Indonesia 2009 yang di SERP tampil di halaman pertama
Lumayan, selain berpotensi dapat hadiah, dia juga berpotensi memasang foto Caleg. Itu bisa jadi pendapatan tambahan.
2. Yang bikin kontes (kemungkinan)
Tidak mungkin tidak ada agenda. Mengeluarkan hadiah sedemikian banyak rasanya tidak mungkin hanya sekedar buat having fun. Ya kan?

Sebagai tambahan saja untuk yang belum tahu kontes tersebut, berikut hadiah yang dijanjikan :
1st Prize: Rp 5.000.000 + 16Gb USB drive
2nd Prize: Rp 2.000.000 + 8 Gb USB drive
3rd Prize: Rp 1.000.000 + 8 Gb USB drive
4th Prize: 8 Gb USB drive
5th Prize: 8 Gb USB drive
6th Prize: 4 Gb USB drive
7th Prize: 4 Gb USB drive
8th Prize: 4 Gb USB drive
9th Prize: 4 Gb USB drive
10th Prize: 4 Gb USB drive

Nah, bagaimana menurut pendapat anda? Mungkin nggak dalam 1 atau 2 bulan ke depan kontes ini menimbulkan masalah? Misal iya, siapa saja yang kena?

*Postingan buat ikutan lomba SEO nih. Setelah belajar bikin template, sekarang belajar SEO. Lumayan belajar sambil untung - untungan. Btw, kata kuncinya lumayan niche, kayaknya nggak terlalu masalah. Kayaknya sih...
0

Kontes SEO Berhadiah Jutaan

{ , , }
Sebuah blog yang difungsikan untuk memantau kontes SEO yang diberi judul "Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009" sedang dalam pengerjaan. Lomba tersebut diadakan oleh blogger senior asal jogja yang berinisial pogung177. Hadiahnya nggak kira - kira. Kalau ditotal bisa lebih dari 10 juta. Yang ingin iseng bolehlah ikutan. Tidak perlu berharap banyak, anggap saja hiburan untuk waktu luang. Paling tidak, ada tambahan motivasi dalam berinternet ria.


Lomba tersebut diselenggarakan mulai 1 Februari hingga 1 Mei 2009. Nah, untuk lebih lengkapnya tentang kontes ini dan perkembangannya, pantau terus Dashboard Kontes SEO Pemilu. Semua blog akan dikumpulkan RSS nya di sana untuk melihat setiap pergerakan. OK guys. Wanna Join?
8

Nokia dan Cara Pemberian Nama Produknya

{ , , }
Jika anda pernah mendengar tentang intel pentium, AMD athlon, atau Apple iPhone, maka akan jauh lebih mudah untuk membaca alur pemikiran yang berikut ini. *Yang belum pernah dengar berarti lama tinggal di gua...(^_^)*

Dulu, prosesor dinamai tanpa trademark, sekedar seri. Misalkan saja Intel 486 atau intel 8088, mirip dengan cara penamaan produk - produk Nokia saat ini. Nah, seiring waktu, pola penamaan berubah menjadi intel pentium, intel xeon, intel core, dan semacamnya, dan sistem penamaan tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam mengenali varian tiap produk dan membedakannya. Dari sisi segmentasi, pemilah - milahannya sangat mujarab dan cara penamaannya elegan.


Nokia dengan produk yang menggunung juga akan lebih menarik jika menggunakan cara yang sama dalam memilah - milah produknya. Hanya di satu hal ini produsen - produsen non amrik tidak melakukannya sehingga menyebabkan Apple atau Blackberry seakan melangkah sendirian di pasar premium tersebut tanpa ada kejelasan "real produk" kompetitor lain.

Jika N97 difungsikan sebagai pesaing Ponsel buatan Apple atau Blackberry, akan lebih baik jika ada nama lain untuk produk di segmen tersebut. Saatnya Nokia harus belajar dari Intel untuk memberi nama produk - produknya. Lupakan Seri. Seri itu cara penamaan yang tidak menjual. Seri hanya layak untuk pemisahan varian dengan perbedaan yang relatif kecil di group segmen yang sama.

Bagaimana pendapat anda pembaca?
Bagaimana Nokia?
4

Format Iklan Internet Masa Depan

{ , , }
Pernahkah anda bertanya - tanya mengapa iklan baris google lebih menarik dibanding iklan gambar/flash yahoo? Jawabannya ada di koneksi internet anda sekalian. Pada saat itu (mungkin hingga saat ini) iklan gambar adalah beban karena berat secara relatif mengacu ke kemampuan koneksi rata - rata pengguna internet. Kelebihannya iklan Google cuma satu. Enteng.

Pada dasarnya saat transfer data itu bukan hambatan, sebuah informasi jika ditilik menarik atau tidaknya justru jadi terbalik. Kita bandingkan dengan iklan konvensional saja, maka yang paling menarik adalah iklan video, kemudian gambar, baru iklan text. Dilihat dari tarifnyapun bisa langsung kelihatan mana yang lebih mahal.


Iklan itu menarik karena 2 hal. Pertama konteks iklannya, kedua adalah art dari iklan itu sendiri. Dilihat dari konteksnya, ketiganya sama - sama mendeliver informasi pengiklan, namun dari sisi artnya, media video/gambar bergerak jauh lebih kaya.

Dengan makin majunya teknologi, koneksi jadi makin cepat, dan bukan tidak mungkin dalam 3-5 tahun ke depan koneksi broadband yang murah sudah ada di mana - mana. Lantas bagaimana dengan keunggulan Google? Kalau Google tetap fokus hanya ke iklan baris, mungkin saja ia akan ketinggalan jaman. Ia bisa saja dikejar lagi oleh yahoo (yang saat ini tidak terlalu menarik karena iklan gambarnya)

Saya membayangkan apa jadinya jika iklan - iklan tv yang menarik dan lucu - lucu itu bisa dengan mudah tayang di internet. WoW. Pasti hilang obrolan kita di internet yang bilang, "Dah pada liat iklannya Oalah..Agus Three di TV?" berganti, "Liat iklan Three di Yahoo ga?, iseng tadi ngeklik eh ternyata lucu lho..."

Itu harapan masa depan. Dengan adanya iklan video/gambar, selain lebih menarik, maka akan lebih banyak lagi ahli - ahli desain/ director yang dapat pekerjaan, dan tentunya dunia desain akan lebih berkembang. Untuk tahap perkenalan, bisa saja sebenarnya Google atau Yahoo mulai mengaplikasikannya sekarang, dengan memberikan pilihan buat pengguna tentunya agar pengguna yang koneksinya lambat atau terbeban bandwidth bisa memilih untuk tidak menerima iklan jenis tersebut.

Koneksi ke depan akan makin cepat dan makin baik. Itu sudah pasti. Nah, mulai dari saat inilah kita seharusnya sudah punya prediksi ke depan. Ide - ide kecil bisa saja jadi peluang.
1

RSS atau Feed Blogger Blogspot

{ }
Banyak sekali manfaat adanya feed RSS. Disamping bisa digunakan untuk berlangganan tulisan/berita dari blog/situs favorit kita, RSS juga bisa digunakan untuk memantau komentar, jadi kita bisa melihat apakah komentar kita di suatu blog sudah mendapat balasan atau belum.

Berikut ini feed RSS untuk poside.blogspot :


Feed Post
HTTP://poside.blogspot.com/atom.xml
HTTP://poside.blogspot.com/rss.xml
HTTP://poside.blogspot.com/feeds/posts/[TYPE]
HTTP://beta.blogger.com/feeds/[ID BLOG]/posts/[TYPE]

Karena feed sudah diredirect ke feedburner, maka lebih baik langsung ke alamat feedburnernya, yaitu :
http://feeds2.feedburner.com/BudiTyas

Feed Komentar
HTTP://poside.blogspot.com/feeds/comments/[TYPE]
HTTP://beta.blogger.com/feeds/[ID BLOG]/comments/[TYPE]

Feed Komentar Per-Post
HTTP://poside.blogspot.com/feeds/[ID POST]/comments/[TYPE]
HTTP://beta.blogger.com/feeds/[ID BLOG]/[ID POST]/comments/[TYPE]

Label Feed
HTTP://beta.blogger.com/feeds/[ID BLOG]/posts/[TYPE]/-/[LABEL]

Keterangan
[ID BLOG] = Identitas dari Blog
[ID POST] = Identitas dari Posting
[TYPE] = Pilihannya "Summary" atau "Full" (tanpa tanda kutip)
[LABEL] = Nama Label (Kategori) atau tag

Untuk ID post, anda bisa lihat di bagian paling bawah dimana ada tulisan "Subscribe to: Post Comments (Atom)", nah, itu tinggal klik kanan dan lihat propertinya. Akan terlihat ID POST dalam bentuk angka yang lumayan panjang.

Kalau anda berminat untuk memantau blogger blogspot yang lain, anda bisa ganti poside dengan blog yang anda ingin pantau. Andapun bisa memantau perkembangan tulisan blog lain dengan membuat semacam widget seperti yang tampil di samping kanan blog ini. Lumayan kan, mengunjungi blog - blog rekan jadi jauh lebih mudah dan terjadwal dan langsung dari blog anda tanpa harus menggunakan feed reader tertentu.
0

RSS Kompas : Tidak Valid

{ , }
Hari ini iseng - iseng nambah blog dengan RSS dari situs berita nasional ternama. RSS tersebut dipilah berdasar kategori dan dilist otomatis urut dimana berita terbaru terlist paling atas.

Hampir semua RSS berfungsi dengan baik, dalam arti, semua data yang tampil memang sesuai dengan kategorinya, sampai akhirnya ketemu dengan RSS Kompas kategori olahraga. Saat tampil yang keluar adalah berita entertainment. Loh, kok bisa???


Usut punya usut, ternyata RSS tersebut memang disisipi berita entertaintment, semacam advertorial dari club - club malam. Setelah saya buka urutannya, berita tentang club malam tersebut ada beberapa biji diantara list berita olahraga yang ditampilkan saat itu. O alah kompas,..kompas. Kok ya sigitunya itu lho cara jualannya. Sampai - sampai kategori tercampur aduk demi iklan.

Setelah saya lihat - lihat, Widget RSS ternyata bermanfaat juga.
Pertama : Tidak repot membuka seluruh halaman situs berita tersebut untuk mengetahui berita terbaru, jadi hemat bandwidth.
Kedua : Nggak perlu lihat iklan yang berjejal karena link langsung menuju ke sasaran, tidak perlu parkir dulu di halaman utama.
Ketiga : Tahu kecepatan update berita dari situs - situs ternama plus kualitasnya.
Keempat : Blog saya jadi tambah keren.. *halah*

Demikian sekilas info hari ini.

Oh, jangan lupa. Kalau anda butuh alamat RSS berita selengkapnya, silahkan tengok Daftar RSS Feed Situs Berita Indonesia


1

Menjual : Antara Strategi, Taktik, dan Teknis

{ , }
Produk apapun pada akhirnya mengalami tahap penjualan, perpindahan kepemilikan, dan berujung pendapatan bagi produsen. Secara garis besar, proses penetrasi produk ke pasar bisa dilihat dalam beberapa lingkup pemikiran, yaitu tataran strategi, taktik, dan teknis.

  • Strategi : Merupakan sebuah garis besar suatu konsep pemasaran. Strategi dirancang oleh eksekutif untuk selanjutnya ditindak lanjuti dan diterapkan oleh team pemasar yang ada di lapangan.
  • Taktik : Merupakan strategi dalam lingkup yang lebih kecil dimana penerapannya disesuaikan dengan situasi & kondisi yang ada di lapangan.
  • Teknis : Adalah tata cara eksekusi oleh ujung tombak di lapangan. Cara menawarkan, cara pendekatan, dan hal - hal yang bersifat individual personal bisa dibilang sebagai hal - hal yang sifatnya teknis.

Sekedar contoh saja, misalkan saja saya memiliki sebuah produk handphone Indo-China, mereknya Indonesia, buatan asli China. Untuk pemasaran, bagaimana kira - kira langkah - langkah pemikirannya?


Berfikir Strategi
Ada 2 pilihan, melalui sistem distribusi/indirect atau sistem direct selling(bisa keduanya, tapi tetap ada 1 yang jadi fokus utama). Kalau sistem distribusi, maka produk didistribusikan oleh sales ke konter - konter dengan resiko sedikit konter yang berani ambil stok. Selain itu, diperlukan advertising massal untuk menciptakan awareness dan mengundang masyarakat untuk sekedar kenal, mau liat - liat, dan coba - coba produk di konter - konter, untuk kemudian diharapkan mau membeli. Margin konter harus cukup besar agar mereka mau jualan/mempromosikan produk dan harga harus dijaga melalui iklan dengan harga CBP yang jelas. Untuk sebuah produk baru, resiko 'uang hilang' di advertising sangat besar untuk membuat orang2 mengenal,melihat,mencoba, dan membeli. Strategi distribusi bisa dibilang perang antar top managemen dimana otak pimpinan wajib bekerja keras mengatur strategi secara garis besar untuk lancarnya pemasaran.

Strategi kedua adalah sistem direct selling. Produk ditawarkan langsung ke konsumen dengan publikasi minimal, hanya brosur saja misalnya. Butuh sales handal untuk pelaksanaannya. Karena butuh SDM handal, maka dibutuhkan training regular dan team HRD yang solid untuk rekruitmen sales handal. Sistem pembayaran pekerja dibuat variabel sehingga expense untuk gaji sebanding dengan jumlah penjualan. Direct selling sangat mengandalkan tenaga lapangan. Berhasil tidaknya benar - benar tergantung pekerja lapangan karena hanya pekerja lapanganlah yang murni langsung kontak dengan konsumen untuk membuat konsumen mengenal, melihat, mencoba, dan membeli.

Nah, pura - puranya, karena dana operasional saya pas - pasan, maka saya ambil strategi kedua, yaitu direct selling. Sekarang kita lihat area pemasaran.

Memikirkan Taktik
Sebelumnya digunakan taktik rekruitmen tenaga kerja dengan gaji besar untuk menarik sales yang bagus, dan memang margin produk diset cukup besar. Untuk wilayah Yogyakarta, karena kotanya cukup padat, maka penjualan dilakukan dengan sistem swarm. Pintu ke pintu, kantor ke kantor, dengan rapat, reguler. Taktik tersebut dilaksanakan untuk mengcover area padat dengan efektifitas tinggi. Taktik perlu disusun karena ada strategi yang perlu ditindak lanjuti.

Detil di Teknis
Dari sisi teknis, sales diajari untuk tahu betul keunggulan produk. Tawarkan produk ke calon konsumen dengan menunjukkan pemutar musik yang mudah dengan suara bagus, muat banyak, bisa muter 3gp dll. Cara membujuk, menggiring, dan closing diajarkan dan terus - menerus dilatih dan ditingkatkan untuk target market yang dituju sehingga mendukung taktik yang dijalankan. Sales dengan skill yang bagus, mendukung taktik yang dijalankan, akan memberikan hasil maksimal.

Nah, demikian kira - kira sistem flow aliran produk dari produsen ke konsumen jika ditilik dari strategi, taktik, dan teknisnya, dimana diturunkan dari startegi awal yaitu direct selling. Ada minat untuk membahas yang indirect?

*Seperti biasanya, Pos Ide tidak menulis berdasar referensi. Believe it or not, mari didiskusikan kalau ada yang berminat. Tengkyu...
2

Kampanye Politik yang Bermanfaat

{ , }
Di masa kampanye seperti ini, banyak kita temui poster dan baliho caleg/partai bertebaran di mana - mana. Jika cuma satu dua mungkin ada efeknya untuk lebih dikenal masyarakat, tapi jika sudah sedemikian banyak, nampaknya uang yang dihambur - hamburkan lebih ke sebuah kesia - siaan.

Sekedar nampang itu tidak cukup. Harus ada nilai tambah yang bisa menimbulkan rasa ketertarikan dan simpati. Pertanyaannya kemudian, adakah kemungkinan langkah nyata untuk melakukannya? Ada. Misalkan saja seperti ini.


Membantu packaging industri kecil
Industri kecil seperti keripik singkong, sale pisang kering, dan semacamnya membutuhkan biaya pengemasan. Produk tersebut terdistribusi ke warung - warung, dipajang, dan dibeli konsumen. Membantu dalam hal biaya pengemasan dengan dibumbui foto caleg atau logo partai tentunya adalah sebuah simbiosis mutualisma yang menarik.

Branding gerobak makanan
Bakso, Sate, dan penjual makanan dengan gerobak dorong adalah sarana strategis menciptakan awarenes. Disamping tidak mahal, gerobak yang keluar masuk kampung mampu memberikan awarenes yang lumayan. Lebih baik memberi rejeki mereka daripada memajang poster tumpang tindih di jalan - jalan.

Branding Becak
Branding 1 becak lebih efektif daripada memberikan kaos ke 20 tukang becak. Kaos itu bisa dipakai bisa tidak. Jika rusak kemungkinan besar hanya jadi gombal. Branding becak lebih awet, selalu dipakai, dan kemungkinan digantinya kecil karena mengecat butuh biaya.

Tentunya ada banyak lagi cara yang bisa diterapkan, tapi sementara itu dulu. Sekedar kritik untuk team kampanye agar mengutamakan manfaat setiap kali mengeluarkan uang untuk kampanye. Sedikit lebih kreatif, jangan sekedar ikut - ikutan dengan cara - cara standar. Sistem kunjungan ke kampung - kampung, makan - makan, amplop, adalah cara lama yang seharusnya mulai ditinggalkan. Partai saat ini terlalu banyak, berbeda dengan era orde baru. Masih ada cara - cara lain yang mampu memberikan nilai tambah tanpa harus mengeluarkan biaya berlimpah. Produk yang terdistribusi atau "manusia" yang terdisribusi (keliling sana - sini) adalah duta - duta promosi yang efektif dan layak diajak bekerjasama.

Btw, anda sendiri punya ide bagus untuk kampanye partai/caleg?
3

Antara Ide dan Referensi

{ }
Akhir - akhir ini, dengan makin mudahnya transfer ilmu dan informasi, dunia berubah dari model pengalaman membangun teori menjadi teori membangun pengalaman. Sebuah referensi dan pemikiran orang lain yang berstempel profesional, pakar, atau ahli, menjadi penting untuk mengutarakan pendapat pribadi dalam konteks keilmuan.

Sebenarnya tidak salah, hanya saja menurut saya proporsinya makin tidak berimbang. Berabad lalu, pemikiran - pemikiran bagus dan revolusioner tumbuh berkembang dalam situasi transfer informasi yang kurang begitu bagus. Antar ahli saling bertukar informasi hanya melalui korespondensi surat menyurat, atau melalui tulisan di surat kabar. Tidak sebaik saat ini dimana tinggal klik, informasi bertebaran di mana - mana.

Minim referensi sebenarnya juga bukan hal yang buruk. Dalam kondisi demikian, orang dituntut untuk menciptakan ide - ide segar yang bersumber pada kejadian nyata di sekitarnya. Pengalaman dan ide dalam menyelesaikan masalah memberikan kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan.

Dalam era modern ini, tanpa terasa informasi telah menggiring kita ke mainstream kemajuan, dalam arti, kemajuan terpolakan secara komunitas dan mengeliminasi serpih - serpih ide yang sebenarnya bisa jadi adalah sumber wawasan baru. Dalam era modern, pemikiranpun merupakan sebuah trend.

Mengeliminasi referensi dan lebih berfokus pada pemikiran sendiri dalam membangun realitas bisa dibilang kembali ke era lampau yang minim informasi, namun di saat yang sama, bisa menjadi perkembangan pecahan yang boleh jadi membentuk group pengetahuan khas dan penyelesai masalah yang baru.

Btw, preferensi orang berbeda - beda, namun saya memilih untuk meminimalisir cuplikan kata dari pakar dan meminimalisir link sumber bacaan. Semua yang ada di sini sebagian besar bersumber dari melihat kondisi real plus analisa pribadi plus ide pribadi.

Kualitas ide bisa bagus bisa buruk, tapi setidaknya, originalitas tanpa terpengaruh referensi bisa menjadi hal baru untuk difikirkan.
2

Samsung W7900 The Show dan Potensinya

{ }
Lupakan dulu tentang persaingan iPhone vs Blackberry di Indonesia yang paling - paling hanya akan digunakan 'beberapa ratus ribu' orang saja. Kita ganti dengan potensi yang lebih besar yaitu jutaan, atau mungkin saja, puluhan juta orang.

Yang saya maksud adalah ponsel proyektor pertama di dunia besutan Samsung, W7900 alias The Show. Sebelumnya, Samsung sempat memperkenalkan prototipe ponsel inovatifnya tersebut di event Consumer Electronics Show beberapa minggu lalu.

Samsung memaparkan informasi detail tentang ponsel proyektornya. Samsung W7900 hadir dengan layar OLED 3,2 inci yang mengantarkan resolusi sebesar 240x400 piksel. Di samping itu, The Show juga dilengkapi kamera berkemampuan 5 megapiksel ditambah TV tuner digital yang sudah terintegrasi. Dengan begitu, user dimungkinkan untuk merekam berbagai program acara di TV. Vendor ponsel yang kini menempati posisi terbesar kedua di dunia itu menyisipkan sebuah piranti terpenting, yaitu proyektor digital (DLP) yang mampu menampilkan visualisasi tajam dan terang hingga 50 inci.

Bisa anda bayangkan seberapa besar potensinya? Yang jelas, bisa saja TV konvensional tergerus tergantikan HP berproyektor. Anda yang doyan menonton film pun bisa memanfaatkan HP ini. Berapa banyak file .3gp tersimpan di HP anda? Hayo ngaku (^_^).

Dengan potensi sedemikian besar, bisa jadi inovasi iPhone, Blackberry, ataupun Palm Pre tidak sebanding dengan nilai tambah yang diberikan oleh Samsung. Ini sekedar awal, bisa saja perkembangan teknologi satu ini akan makin heboh lagi di masa depan.

4

Branding Website : Pernik Template

{ , }
Setelah beberapa hari otak atik template blog, jadi kepikiran tentang branding website via elemen - elemen/ pernik - pernik web. Singkat kata singkat cerita gini :

Ngedandanin blog kan kadang harus nyari - nyari theme nih. Banyak di internet yang pada ngasih theme gratisan. Ada sebagian yang dikasih hanya kodenya aja, ada yang dikasih berikut elemen - elemen penyusunnya (mungkin biar di host sendiri maksudnya biar si empunya theme hemat bandwidth)

Yang ngasih theme hanya kodenya (klo blogspot ya .xml nya), biasanya icon list ato pernik2 mungil lain di host di server gratis dgn alamat yg nggak permanen. Alamat nggak permanen ini filenya nggak bisa 'ditimpa' atau di replace. Kalaupun dihapus lantas upload lagi dgn filename yg sama, alamatnya bisa jadi berbeda.

Para pembuat theme ini nampaknya memang murni membuat theme demi datangnya traffic. Lha lantas gimana biar ada nilai tambahnya untuk si pembuat theme? Nah ini yang jadi pikiran saya.

Kalo saya jadi pembuat theme, maka yang saya lakukan kayak gini :
1. Buat theme yang cantik, banyak pernik - pernik pendukungnya dlm bentuk image. Entah itu icon list, atau ikon judul posting, dll. Yg penting loading tidak terlalu berat, standar aja.

2. Saya simpan pernik2 tersebut di server dengan alamat yang fix, permanen. Kalo yang gratis ya geocities misalnya. Lebih baik lagi klo server berbayar.

3. Saya kasih kode theme dalam bentuk kodenya aja, jadi loading pernik tetap dari server saya.

4. Saya sebarkan gratis seperti umumnya para pembuat theme.

Nah setelah itu tinggal tunggu waktu aja theme itu dipakai banyak orang. Makin OK yang pakai tentu makin banyak. Biasanya orang malas buat download pernik2 tsb satu persatu untuk di host sendiri, asalkan theme dipasang dah oke ya udah. Jarang yang mo ribet kecuali emang theme addict.

Nah, sekarang menciptakan awarenes dan kesadaran branding bisa lewat pernik - pernik tadi. Misalkan aja setiap 2 hari sekali selama 6 jam pernik di alamat yg fix tadi kita replace dengan elemen lain. Gimana akibatnya?

Contohnya aja icon list bulet ijo kayak di samping blog saya itu tuh. Gimana misalnya kalo sewaktu - waktu tahu - tahu jadi logo Toyota atau Pertamina misalnya. Selama ukurannya sama dan tidak terlalu menganggu saya pikir tidak masalah. Pengguna template tdk akan terlalu keberatan. Apalagi jika hanya sewaktu - waktu saja. Itu kalo si empunya blog menyadari (klo sampe sadar berarti aware replace ikon sukses), misal yg sadar cuma pengunjungnya aja, ya tetap sukses juga (maksa,hehe..)

Nah sekarang kita coba pelajari :
1. Lebih atraktif & lebih menimbulkan awarenes mana icon mungil yang berganti tanpa terduga dibanding banner gedhe tapi itu2 aja? Setahu saya sih apa - apa yang mudah diduga lebih mudah untuk diabaikan ;)

2. Berapa mahal sih biayanya untuk icon semungil itu? Kayaknya tetep masih murah deh, apalagi kalo hostingnya gratis.

3. Potensinya? Misalkan ada 100an orang yg pake theme tsb n tiap blog dikunjungi 100 orang, ya potensinya 10 ribuan view lah. Klo ikon list yg berulang muncul tiap baris di sidebar, pasti cukup meriah dan mengena. Lumayan kan? Itu baru icon mungil. Blom yang lain.

Nah, itu sekilas pelajaran yang saya dapat selama otak atik theme. Bagi saya, branding itu bisa disebut branding kalo yang kena tuh web/blog orang lain dimana identitas brand kita tampil di situ. Klo brand kita terpampang hanya di situs kita aja ya kayak Spanduk IM3nya Indosat dipajang hanya di kantor Indosat sendiri. Sama juga bo'ong ;)
 
poside by budityas |n|e