3

Belajar Membuat Pendapatan Pasif Dari Internet

{ }
Setelah beberapa lama menimbang - nimbang, akhirnya saya putuskan juga untuk mencoba membuat blog yang fungsinya untuk mendapatkan penghasilan secara pasif dari Internet. Sebelum memulai, tentunya ada banyak yang saya pertimbangkan. Mulai dari tingkat kemudahan, etika, serta target realistis yang bisa saya realisasikan.


Yang paling menarik untuk bisnis income pasif, nampaknya masih model - model bisnis PPC. Entah PPC lokal atau PPC bule, keduanya memungkinkan adanya pemasukan saat kita sedang tidak aktif berurusan dengan internet. Ia tetap bekerja 24 jam tanpa harus ada tuntutan berlebih dan campur tangan. Memang tidak mudah untuk memperoleh penghasilan besar, namun cukup jika sekedar menjadi imbal balik bagi waktu luang saya saat berkutat di internet. Bisa dibilang, itu investasi untuk membangun trafik sekaligus pendapatan sejak dini. Mngkin kita berharap menjadi Mark Zukerberg, atau mungkin jadi seorang Sergey Brin. Itu tidak mengapa, namun meski begitu, membangun web pasif income sejak awal tetap tidak ada ruginya.

So, disamping angan - angan besar, saya mulai membangun angan - angan kecil berupa rupiah recehan dalam PPC. Berhubung hobi membuang - buang waktu, saya buat banyak sekali blog untuk keperluan itu. Entah yang mana yang nantinya akan bertahan sesuai mood saya.
1

Kapan Saatnya Jual Rugi

{ , }
Jual rugi? Terdengar aneh memang. Setiap pedagang tentunya berharap jual untung. Namun, pada kenyataannya ada saat dimana jual rugi perlu dilakukan. Nah, kapan saatnya kita harus jual rugi?


Saat trend permintaan barang menurun
Jika saat permintaan barang meningkat anda melakukan overstok alias nyetok produk terlalu banyak, dan saat tren menurun produk masih menumpuk di gudang, berarti saatnya jual rugi perlu dipertimbangkan, terutama jika ada pandangan lain dimana uang bisa diputar untuk menghasilkan laba.

Saat produk model baru segera diluncurkan
Jika anda punya model lama yang secara harga sama dengan model yang baru, jual rugi perlu dipertimbangkan. Umumnya, produk model baru lebih disukai dibanding yang lama, kecuali jika memang ada penurunan kualitas. Tanpa menurunkan harga, kemungkinan produk rusak, habis periode garansi, atau menghabiskan tempat di gudang sangat besar.

Saat ingin berganti usaha
Yang ini wajar. Produk harus sesegera mungin menjadi uang cash. Paling mudah menguangkan produk yang ada adalah dengan menjual rugi produk yang ada ke pedagang lain yang masih aktif.

Pertimbangan jual rugi umumnya adalah agar uang yang diinvestasikan tidak "tidur" dalam bentuk barang yang lambat terjual. Uang tidur dalam bentuk barang sama saja rugi, apalagi jika barangnya mudah rusak. Masih lebih baik segera dihabiskan meski jual rugi sehingga cash yang didapat dapat diputar lagi untuk produk yang lebih menguntungkan. Strategi cuci gudang seperti ini sering digunakan oleh mall - mall besar untuk segera mengeluarkan barang yang sangat lambat terjual. Di sini, harga bukan lagi masalah bandrol, bukan lagi masalah production cost, tapi lebih ke request pasar.
0

Kemunculan Rhani Juliani

{ }
Akhirnya datang juga. Setelah sekian lama, Rhani Juliani muncul juga ke polda metro untuk memberikan kesaksian sekaligus bukti keterlibatan Antasari Ashar atas pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.


Polisi sudah mengumpukan barang bukti keterlibatan Ketua KPK yang diberhentikan sementara itu, antara lain CCTV pertemuan Antasari dan Sigid Wibisono di rumah Sigid. Polisi juga mengumpulkan keterangan dari saksi yakni saksi IT KPK yang mengatakan nomor Rhani dan Nasrudin pernah disadap atas perintah Antasari.

Sementara itu mengenai pelimpahan berkas perkara kasus pembunuhan Nasrudin dengan tersangka Kombes Wiliardi Wizar dan Sigid, akan dilimpahkan ke Kejagung Senin depan (29/6/2009).
5

SeoQuake : Add on SEO Mozilla Firefox yang Bermanfaat

{ }
Bicara tentang kontes SEO dan perlengkapannya, ada satu add on mozilla yang sangat bermanfaat sebagai alat bantu mengoptimasi website anda. Bantuan yang diberikan tidak secara langsung, tapi dengan memberikan parameter - parameter yang untuk kedepannya sangat bermanfaat untuk memperbaiki posisi website kita di search engine. Beberapa yang menarik dari SeoQuake diantaranya :


1. SeoQuake menunjukkan parameter - parameter penting mengenai situs - situs yang anda buka. Jadi, informasi itu tampil on the fly selama kita berselancar dari situs satu ke situs yang lain. Informasi dapat ditampilkan di toolbar (dengan mengaktifkan seotoolbar, atau di page bagian atas (dengan mengaktifkan seobar). Jika informasi realtime on the fly dirasa berat, bisa juga informasi ditampilkan hanya saat kita ingin saja. Dengan menginstal seoQuake, klik kanan mouse anda akan bertambah kaya dengan opsi - opsi dari seoQuake. Untuk melihat parameter penting page yang kita buka, tinggal klik kanan, pilih page info dari seoQuake, dan tampillah informasi khas SEO di halaman tersendiri. Detil dan lengkap. Mulai dari Pagerank, Google Index, yahoo index, alexa rank, dan semacamnya yang semua bisa diseting mana yang ingin ditampilkan melalui opsi program. Tampilan klik kanan seperti ini :


2. SeoQuake memiliki banyak plugin dengan beragam manfaat, salah satunya adalah plugin google. Dengan mengaktifkan plugin google, maka setiap anda melakukan pencarian dengan google, daftar hasil pencarian dilengkapi dengan parameter - parameter khas SEO (PR, Alexa, dll), jadi anda bisa tahu mengapa satu situs posisinya lebih atas dibanding situs yang lain di SERP. Hasil pencarian google akan menjadi seperti ini :


3. Satu lagi plugin menarik dari SeoQuake adalah linkinfo. Dengan mengaktifkan linkinfo, maka anda dapat dengan mudah mengetahui mana link dofollow dan mana yang tidak. Dengan linkinfo, maka setiap link nofollow yang anda jumpai akan menjadi link-strike. Ini akan mempermudah anda saat blogwalking mencari blog - blog dofollow untuk membangun backlink. Contoh komentar link-bergaris di blog nofollow seperti ini :


Cuma 3 saja? Nggak, ada banyak lagi, dan anda bisa mengekplorasinya sendiri setelah menginstal SeoQuake. Saat pertama kali menggunakannya mungkin agak kagok, tapi setelah terbiasa, anda akan merasa sangat dipermudah. Jika ingin tahu lebih jauh,langsung saja anda menuju website SeoQuake.
0

Kematian Michael Jackson

{ }
Entah mengapa, saya sedih sekali mendengarnya. Teringat kembali saat - saat dulu suka joget - joget sendiri menirukan gaya si raja pop itu. Dan kini, kabarnya Michael Jackson sudah meninggal. Sebuah kehilangan yang besar bagi dunia musik dan dunia pertunjukan. Salah seorang putra terbaiknya tiada. Jacko memang layak mendapat pemberitaan besar, bahkan dalam kematiannya.


Kabar terakhir menyebutkan kematiannya adalah karena penyakit jantung. Namun lebih dari itu, tekanan akan rencana konser dan rasa kesepian mungkin jadi penyebab secara tidak langsung. Mengingat prestasi dan kehidupan real sosok selebritis kadang terasa ironis. Yah, penggemarnya pantas berduka. Agak sukar akhir - akhir ini menemukan sosok performer yang mempunyai gaya panggung yang khas sekaligus prestasi musik yang menonjol.

Sudah tidak ada lagi dance style baru Michael Jacson untuk menjadi inspirasi. Video - videonya saja yang kini masih bisa dikoleksi. Anda punya album - album lama original Michael Jackson? Atau anda punya koleksi - koleksi lama mengenai raja pop itu? Siap - siap saja harganya bakalan naik.
0

Koneksi Internet : Kualitas Dulu atau Distribusi Dulu?

{ , }
Jika bicara masalah koneksi internet, apa yang seharusnya diutamakan terlebih dulu. Kualitasnya atau pemerataan layanan? Jika melihat trend saat ini, yang terjadi adalah pemerataan layanan dulu, alias distribusinya dioptimalkan, meski kualitas koneksinya menyedihkan. Menurut saya, ini hal yang salah, sangat salah. Mengapa? Berikut alasan saya :


Tidak ada standar kualitas yang jadi acuan
Siapapun penyedia layanan akan terbentur masalah lambannya koneksi internet karena semua berlomba – lomba melakukan 'distribusi' seluas – luasnya, sebanyak – banyaknya. Teknologi menjadi alat memperdaya konsumen. Istlah 3G, HSDPA, atau apapun namanya menjadi sekedar istilah yang tidak mewakili kecepatan real yang didapat di lapangan. Masyarakat seperti dihadapkan pada penipuan atas kualitas layanan secara kolektif sehingga membuat semua hal tersebut menjadi nampak sebagai sesuatu yang wajar.

Loading yang lama membuat waktu efektif berinternet lebih pendek
Cukup banyak yang menghabiskan waktunya duduk menunggu, diam, sementara suatu page internet tersaji di depannya. Secara akumulatif, waktu tunggu ini menyita waktu efektif yang sebenarnya bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih produktif. Bagi yang memang luang waktunya sih tidak mengapa, tapi bagi orang – orang produktif yang sedang demam internet tentunya akan mengurangi waktu lain yang sebenarnya lebih bermanfaat.

Kritik sudah seharusnya disertai juga dengan solusi. Nah, berikut solusi dari poside :

Ada standar kualitas
Paling tidak, ada netmeter yang dijadikan rujukan bersama antara penyedia layanan dan konsumen untuk memantau kecepatan koneksi. Ada aturan tertentu yang dijadikan landasan bottom level kualitas koneksi sehingga provider tidak seenaknya memperbanyak pelangan tanpa memperhatikan akibatnya terhadap pelanggan lama. Jika sampai kualitas koneksi terus berada di bawah bottom level yang sudah menjadi kesepakatan provider dan pengguna, adalah hak bagi pengguna untuk mendapatkan ganti rugi atas kesepakatan yang dibuat. Saat ini koneksi adalah model upto XXX untuk menunjukkan kecepatan maksimum yang bisa dicapai. Lantas bottom levelnya berapa? Apakah nol? Ini yang tidak adil untuk konsumen. Tidak ada batas bawah sebagai acuan meneriakkan protes.

Ekspansi harus ada aturannya
Jadi merujuk ke no 1 tadi. Jika provider layanan internet semua berlomba – lomba jualan tapi lemah dalam hal berlomba – lomba memperbaiki kualitas layanan, tentunya sekali lagi, pelanggan yang dirugikan. Jika uang sudah menjadi dewa, maka tidak ada keadilan dan kerjasama mutualisme dalam waktu lama. Semua akan sekedar mengeruk uang sebanyak – banyaknya. Akibatnya akan banyak konsumen berganti – ganti provider, namun tetap berujung pada hal yang sama. Kecewa.

Indonesia memang mengalami kemajuan dalam hal distribusi layanan dan keterjangkauan terhadap layanan internet. Namun jika kemajuan ini dikomparasi dengan kemajuan yang dicapai bangsa lain, maka kita masih merangkak sementara yang lain berlari. Jika di kepala kita sudah terbentuk perbandingan : saat ini lebih baik dari sebelumnya, maka kita lupa bahwa bahwa bangsa lainpun sama, namun jauh lebih cepat. Bukan masalah internet sudah lebih baik atau tidak, tapi lebih ke : seberapa besar bertambah baik itu dari sudut pandang global? Pada kenyataannya, mengacu info dari post saya sebelumnya, internet kita masih jauh di bawah bangsa – bangsa lain di asia. Apalagi dunia.

Di saat kabar peningkatan kualitas belum ada, ini ada berita baru dari Kompas. Kita harus senang atau sedih? Kalau untuk Telkom sih pasti senang. Kan pemasukan, bukan begitu?
7

Peringkat Koneksi Internet Indonesia versi Speedtest.net

{ }
Kalau di post sebelumnya koneksi internet broadband kita ada di posisi rendah, dari data speedtest.net ini ternyata hasilnya tidak jauh beda. Lebih parah malah.




Download peringkat 128, upload 110. Pantas Indonesia banyak yang jadi tukang ketik blog dan pelanggan besar opera mobile. Lha emang lambat koneksinya.
0

Ranking Broadband Dunia Versi Strategy Analytics

{ }
Mungkin anda suka bertanya - tanya tentang koneksi internet anda. HP nya 3G, jaringan juga katanya 3G, tapi kok buka internet satu page aja ngos - ngosan? Ketersediaan koneksi broadband itu sendiri terkait banyak hal. Berikut adalah peringkat broadband dunia versi Strategy Analytics berdasar data per rumah tangga penikmat broadband :


1. Korea Selatan 95%
2. Singapura 88%
3. Belanda 85%
4. Denmark 82%
5. Taiwan 81%
6. Hong Kong 81%
7. Israel 77%
8. Swiss 76%
9. Kanada 76%
10. Norwegia 75%
11. Australia 72%
12. Finlandia 69%
13. Prancis 68%
14. Inggris Raya 67%
15. Emirat Arab 65%
16. Jepang 64%
17. Swedia 63%
18. Estonia 62%
19. Belgia 62%
20. Amerika Serikat 60%
21. Slovenia 58%
22. Jerman 58%
23. Irlandia 58%
24. Spanyol 57%
25. Selandia Baru 57%
26. Lithuania 51%
27. Italia 51%
28. Austria 50%
29. Portugis 40%
30. Yunani 39%
31. Turki 37%
32. Hungaria 34%
33. Slovakia 33%
34. Polandia 32%
35. Argentina 31%
36. Rumania 31%
37. Latvia 30%
38. Republik Czech 28%
39. Meksiko 28%
40. Chili 27%
41. Kroasia 23%
42. China 21%
43. Malaysia 21%
44. Venezuela 17%
45. Brasil 17%
46. Russia 14%
47. Bulgaria 13%
48. Peru 11%
49. Arab Saudi 7%
50. Thailand 7%
51. Vietnam 7%
52. Filipina 5%
53. Albania 5%
54. Ukraina 4%
55. Mesir 3%
56. India 2%
57. Indonesia 1%

Apa artinya? Yah, meski anda pakai HP 3G, HSDPA, atau koneksi terbaru dengan kecepatan dalam megabit/sec, tetap saja koneksi lemot karena jaringan belum mendukung.

3

Bisnis Dunia Maya

{ , }
Karena akhir - akhir ini banyak nganggurnya, iseng - iseng saya coba beragam cara mencari uang di internet. Mulai dari dagang cincin kawin, jadi makelar webhosting, nyeles software lapak maya, hingga ikut kontes - kontes di internet saya ikuti. Tidak lupa saya juga ngamen adsense dan adsensecamp yang kemungkinan duitnya hanya bisa dicairkan oleh cicit saya kelak.


Prestasi terbesar selama aktif bikin stensilan di blog adalah kaos dari internet sehat award, juga dari navinot saking seringnya saya nyepam di postingannya :D. Beberapa kali ikut kontes SEO juga tidak pernah menang. Dalam sebulan, menembus seribu besar saja tidak mampu, terpaksa saya mengundurkan diri tanpa pamit dan tanpa pesangon. Yah, internet memang penuh kesempatan dan kemungkinan, meski untuk orang lain, tidak untuk saya. Belumlah, bukannya tidak.

Menjadi follower kemungkinan suksesnya kecil, apalagi di bisnis - bisnis internet. Karena blog ini fokusnya ke ide, maka adalah kewajiban bagi poside untuk menemukan sesuatu yang baru. Mencari cara baru yang masih mungkin dikembangkan dari Internet yang benar - benar mampu memberi nilai tambah. Satu bulan ke depan akan saya temukan cara baru itu. Optimis ini. Cara yang tentunya berbeda dari sebelumnya. Sekarang memang belum ada gambaran, tapi nanti pasti ada, pasti ketemu cara barunya.
2

Stop Dreaming Start Action - Kontes Joko Susilo

{ }
Saat kontes Navinot belum berakhir, saat kontes Alnect Computer sedang berjalan, kini hadir lagi kontes baru dengan hadiah yang menggiurkan. Totalnya adalah 25 Juta rupiah. Kontes ini berbeda dengan kontes - kontes yang disebut sebelumnya. Jika Navinot dan Alnect memperlombakan materi artikel, kontes ini mengharuskan peserta bersaing dalam posisi di search engine Google.co.id. Gampangnya, ini adalah kontes SEO. Bagaimana dengan poside, apakah akan ikut terjun dalam perlombaan?


Dengan hadiah yang besar, maka kontes yang bertajuk Stop Dreaming Start Action ini sudah bisa dipastikan akan diikuti banyak peserta dengan jurus - jurus optimalisasi search engine yang ampuh. Poside selalu ikut dalam beragam kontes. Bukan semata karena hadiahnya, namun lebih ke semangat untuk terus ngeblog, menulis, dan terkoneksi dengan dunia. Jika dipandang keuntungan bagi pembuat kontes, tentunya keuntungan itu ada, dalam bentuk traffic pastinya. Dengan blog seumur jagung, poside bisa dipastikan kalah(..halah), tapi start action sajalah. Sama - sama menulisnya juga.

Kontes SEO, jika dianalogikan dengan kontes yang disiarkan televisi, konsepnya hampir sama. Kontes yang sederhana semacam who wants to be a milionaire, tebak lirik, atau kontes - kontes lain dengan hadiah puluhan juta, ratusan juta, bahkan milyaran bukanlah hal baru. Traffic mahal harganya karena traffic identik dengan iklan, dan iklan identik dengan pemasukan. Dalam banyak hal, memang kadang bukan yang rumit atau berkualitas yang berhak memiliki harga jual tinggi. Program TV yang sederhanapun bisa jadi mahal jika mampu mendatangkan penonton dalam jumlah banyak, alias berating tinggi. Itu salah satu hal yang kadang membuat kritikus senewen jika menonton televisi.

Kembali lagi ke kontes Stop Dreaming Start Action, pemilik blog atau website pribadi, siapapun orangnya, diperbolehkan ikut serta berlomba. Blog pribadi ini maksudnya dikelola dan ditulis oleh pemilik blog sendiri, bukan tipe user generated content. Syarat ini tentu menguntungkan karena persaingan menjadi lebih adil, tidak harus bersaing dengan situs yang diisi oleh ratusan bahkan ribuan orang seperti halnya forum, situs iklan, atau situs - situs web sejenis. Selain itu hadiah juga diperuntukkan bagi peserta lomba sejumlah 10 orang dengan mengeliminasi situs - situs yang tidak diperbolehkan ikut di atas, dalam arti, peserta yang tampil di search engine result page (SERP) di peringkat 15 pun bisa dapat hadiah selama ada 5 situs berupa forum (atau blog pembuat kontes) tampil di atasnya.

Stop dreaming. Ya, tidak peduli seperti apa kualitas blog ada, mengikuti kontes adalah sebuah pembelajaran. Tidak peduli seperti apa kontesnya asalkan itu legal dan ada jaminan bahwa pembuat lomba tidak akan mengingkari kata - katanya, alias dapat dipercaya, maka kontes layak untuk diikuti. Kontes Stop Dreaming Start Action itu sendiri start pada 20 Juni 2009 dan berakhir 15 September 2009. Cukup lama, dan biasanya, dalam beberapa hari awalpun kandidat - kandidat juara sudah bermunculan. Sebenarnya, tidak harus selama itu sebuah kontes berjalan karena jika dalam 1 bulan peserta tidak juga tampil di 100 besar, harapan sudah sirna dan yang tersisa tinggal beberapa. Dalam arti, di sisa waktu berikutnya fokus terhadap lomba tinggal menyisakan sedikit orang. Traffic ataupun buzz yang dihasilkan tidak akan sama seperti sebelum - sebelumnya. Saya sebenarnya justru lebih suka jika kontes dibagi menjadi event - event bulanan dengan hadiah level medium. Jadi, buzz selalu tercipta dan terjaga secara lebih stabil.

Ah, kok jadi panjang sekali postingannya. Jadi kayak curhat. Ok deh. Yang mau start action, monggo dipersilahkan. Alamat untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kontes Stop Dreaming Start Action ini ada di SINI. Silahkan diserbu.
2

Politik dan Mental Kita

{ , }
Seperti halnya dalam sepakbola, dalam politikpun ternyata banyak insan Indonesia lebih tertarik berkomentar dan mengkritik daripada menyumbang sesuatu yang sifatnya lebih produktif. Ternyata bangsa kita ini memang memiliki corak khas yang seakan tidak bisa hilang. Ngomongnya lebih banyak daripada tindakannya. Maaf, sarkastic mode : on.


Beberapa waktu lalu saya sering berkumpul di politikana.com untuk ikut membahas masalah - masalah yang berkaitan dengan politik. Dalam benak saya, pastilah ada sumbangsih yang bisa saya, atau orang lain berikan untuk dunia politik kita. Sesuatu yang positif. Jalan keluar yang memberi manfaat. Seiring berjalannya waktu, saya mulai kehilangan gairah. Semakin sulit mencari artikel yang mengajukan ide atau solusi yang secara realistis mampu diimplementasikan untuk membuat bangsa ini menjadi lebih baik. Makin lama, yang ada adalah komentar bernada keluhan, kritik, harapan - harapan, dan semacamnya. Terus terang saya kecewa, apalagi jika makin banyak saja artikel politik berupa kampanye negatif. Aduh, bangsa ini. Rasanya seperti bangsa yang orang - orangnya harus saling menenggelamkan saudaranya sendiri demi mengambil nafas untuk hidup. Seakan adalah keharusan untuk menginjak kepala yang lain agar kepala sendiri bisa menyembul ke permukaan.

Saya terjebak paradox. Artikel inipun tergolong kritik. Semoga saja ini terakhir kalinya saya menulis kritik, mengemukakan hal negatif tanpa memberikan sub header dengan label solusi dalam angka romawi bold - uppercase. Saya tetap mengunjungi politikana, namun sekarang dengan filter bacaan yang makin ketat dan selektif, karena memang tidak semua yang tertulis itu sesuai dengan preferensi saya dalam mencari solusi.

Yah, sekedar opini saja. Teriakan dari satu kepala yang mungkin sebentar lagi senyap tergerus arus dominasi artikel yang sedang ngetrend akhir - akhir ini.

4

Lampu Pijar : Nyala Terang Yang Mulai Hilang

{ }
Masih adakah lampu pijar di rumah anda? Semenjak kehadiran lampu hemat energi, apalagi dengan bombardir lampu - lampu energy saver tanpa SNI dari Cina yang berharga murah, keberadaan lampu pijar makin tersisih dan mulai hilang keberadaannya. Semua lampu mulai dialihkan ke lampu hemat energi, atau yang dalam teknisnya disebut CFL (compact fluorescent lamp), bahkan hingga lampu - lampu untuk jalan umum.


Sebenarnya, setiap jenis lampu mempunyai fungsinya tersendiri. Tidak lantas semua lampu layak dialihkan ke lampu hemat energi. Untuk lampu kamar mandi, misalnya. Lebih cocok tetap menggunakan lampu pijar. Atau untuk lampu belajar, lampu pijar lebih bagus untuk mata. Lampu pijar memiliki karakteristik lebih cocok untuk kondisi dengan repetisi hidup-mati tinggi. Kamar mandi yang hanya disinggahi beberapa menit, tidak cocok menggunakan lampu hemat energi karena lampu jenis CFL tersebut umurnya menjadi pendek jika terlalu sering hidup-mati. Misal terus dihidupkan dari sore sampai pagi, akan membuat listrik jadi boros. Untuk yang seperti ini lampu pijar tetap lebih layak digunakan.

Untuk lampu jalan juga demikian. Lampu jalan tidak cocok menggunakan lampu hemat energi. Tiang - tiangnya yang tinggi membuat cahaya tidak mampu menjangkau hingga bawah. Lampu CFL memang terang, namun kelemahannya di jangkauan. Ia terang hanya untuk radius hingga 4-5 meter saja. Lumensnya (tingkat terangnya) drop jika lebih dari itu. Berbeda dengan lampu mercuri atau sodium yang sinarnya mampu menjalar hingga 25 meter.

Nah, jika anda mau memilih lampu, lebih baik tidak sekedar melihat wattnya, tapi juga memperhatikan peruntukannya. Jangan sampai karena ingin menghemat listrik membuat anda justru boros karena lampu dengan initial cost tinggi itu menjadi tidak awet.
0

Einstein Quote

{ }
Men marry women with the hope they will never change. Women marry men with the hope they will change. Invaribly they are both disappointed.

Albert Einstein


Disamping dikenal di bidang fisika teoritis, Einstein juga dikenal sebagai seorang filosof yang quote - quote nya bertebaran di mana - mana. Yang di atas adalah salah satunya. Ke depan, quote - queto menarik akan lebih sering tampil di sini, sekedar untuk inspirasi saja.
0

Eksekutor : Pelaksana dalam Bisnis

{ }
Dalam bisnis, ada orang yang sangat berperan membuat suatu bisnis berjalan. Orang yang aktif dan sanggup menyelesaikan beragam tugas hingga finish. Orang yang saya maksud adalah eksekutor.


Seorang eksekutor biasanya adalah orang yang giat dan sigap. Tidak peduli ia pandai atau bodoh, cerdas atau tidak, apa yang ia tuju adalah garis finis. Jika anda punya pegawai bertipe eksekutor, berbahagialah. Setidaknya rencana dan visi anda akan berjalan. Berjalan atau berlari tergantung kualitas orangnya. Jika tidak ada seorangpun orang bertipe eksekutor, meski suatu bisnis dihuni orang - orang jenius, tetap akan sulit untuk maju. Visi dan rencana tetap harus ada yang mengeksekusinya, dan dia adalah eksekutor. Tanpa mereka, ide cemerlang hanya akan menjadi hiasan dinding, tidak akan berjalan kemana - mana.
2

Customer Service : Antri dan Menunggu

{ , }
Menyangkut suply and demand, layanan pelanggan atau customer service juga mengalaminya. Demand adalah banyaknya orang yang ingin mendapatkan layanan, sedang suply adalah penyedia layanannya. Jika tidak imbang, maka yang terjadi adalah antri dan menunggu. Customer service adalah cost, karena itu pula biasanya yang merasa jenuh adalah pelanggan yang harus antri, bukan si CS yang nganggur karena tidak ada kerjaan. Jika yang namanya antri itu waktu tunggunya sudah diluar toleransi, yang terjadi adalah kekecewaan di pihak pelanggan. Nah, sekarang bagaimana caranya agar perusahaan mampu menciptakan layanan pelanggan yang hemat sekaligus memuaskan? Daripada berteori tanpa implementasi yang jelas, lebih baik to the poin kasus per kasus saja. Begini :


1. Antrian Ruang Tunggu
Yang dimaksud antrian ruang tunggu adalah antrian dalam ruang, langsung di tempat. Misalnya saja di bank. Untuk meningkatkan layanan, ada 2 metode yang bisa diambil. Pertama adalah mempersingkat waktu tunggu. Kedua adalah membuat waktu tunggu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Untuk membuat waktu tunggu lebih singkat, tentunya yang terpenting adalah jumlah tenaga CS harus mampu mengcover pelanggan meski saat peak time/saat ramai - ramainya. Jika memperbanyak CS reguler adalah biaya, mungkin yang terbaik adalah memberikan pelatihan pada tenaga yang ada sehingga semua mampu menjadi CS. Jadi saat peak time, tenaga yang tidak mengerjakan tugas primer bisa diperbantukan sementara untuk menjadi CS. Jika waktu tinggal rerata pelanggan yang dipersingkat, maka kesannya adalah 'pengusiran' halus dan itu tidak nyaman untuk pelanggan. Teknis tambahan yang mungkin adalah memanfaatkan satpam sebagai alat filter. Untuk hal - hal yang sederhana, seorang satpam bisa memberikan penjelasan yang cukup. Selain mempersingkat waktu tunggu, cara ke dua adalah membuat waktu tunggu menjadi menyenangkan. Ini dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari menyediakan koran, AC, hingga internet hotspot. Setiap perusahaan bisa berbeda - beda metodenya, namun semua bisa diawali dengan survey singkat tentang apa yang disukai pelanggan saat ia harus menunggu. Selain teknis memoles basi - basi pegawai CS, paduan kedua cara tadi bisa membuat antrian ruang tunggu tidak lagi menyebalkan.

2. Antrian via Phone
Setiap perusahaan tentunya punya data berapa jumlah phone call CS yang tidak terlayani.Kembali lagi tentunya pada suply and demand tadi. Kalau jumlah penelepon banyak, penerima telepon juga perlu banyak. Bagaimana caranya agar antrian telepon tidak tinggi sehingga jumlah CS yang ada mencukupi? Paling awal menghindari banjir phoene call sebenarnya sederhana. Bikin produk bagus dengan dokumentasi yang lengkap. Jika itu tidak bisa dilakukan, kelompokkan pertanyaan yang paling sering diajukan ke mesin penjawab, atau buat manualnya dan tunjukkan lokasi untuk mendapatkannya. Mencetak instruksi manual relatif lebih murah dibanding menggaji CS secara rutin.

3. Menunggu barang kiriman toko online
Ada beberapa cara agar pembeli sabar menunggu datangnya barang kiriman. Dalam hal teknis, agar pembeli tenang, maka scan resi pengiriman perlu dikirim via email plus contact delivery service untuk track barang. Cara yang kedua adalah hiburan dan nilai tambah untuk kesediaan menunggu. Cara yang afdol mungkin adalah keangotaan sementara di forum online store dimana di dalamnya terdapat konten - konten eksklusive yang sifatnya menarik dan menimbulkan ketagihan. Sementara pembeli menunggu, ia mendapat akses gratis ke konten - konten tersebut. Setelah barang diterima dan dikonfirmasi petugas pengiriman, keanggotaan dihentikan. Bagaimana jika ternyata pelanggan kecanduan? Aha.. kemungkinan ada 2. Pertama adalah menjadi anggota berbayar, yang kedua adalah memesan produk lagi dan tidak tergesa minta dikirim sehingga ia dapat 'menunggu' lebih lama. Ini akan menguntungkan online store. Di samping untung karena kemungkinan dapat member di forum berbayar mereka, produk jadi lebih laris dan bisa memilih delivery termurah meski mungkin sedikit lambat. Di pihak lain pelanggan bisa memanfaatkan konten berbayar itu sedikit lebih lama.

Antri dan menunggu di mana lagi yang perlu dibahas? Pastinya banyak sekali. Tapi sementara itu dulu sekedar adisi dan respon tulisan navinot untuk kontes berfikir kritis.
9

ECommerce Trend : Toko Maya yang Nyata

{ }
Amazon,eBay, dan perintis - perintis ecommerce masa lalu nampaknya tidak lagi relevan untuk dijadikan dasar konsep sebuah ecommerce modern. Saat pemain - pemain nyata dengan kepemilikan outlet real mulai terjun ke kancah online, adalah saat dimana ecommerce murni mengalami persaingan yang mungkin lebih ketat dari sebelumnya, dan mungkin saja, akan kalah.


Di masa - masa awal pemanfaatan internet untuk menjual suatu produk/jasa, internet adalah alternatif, bukan sebuah kanal distribusi integral dimana pemain - pemain besar memasukkannya dalam mekanisme standar untuk menjual produk - produk mereka. Kanal yang terabaikan itu ternyata tumbuh makin besar dan sanggup mengantar perusahaan kecil menjadi perusahaan raksasa, yang besarnya bahkan melampaui toko - toko real yang telah ada sebelumnya.

Outlet real/offline store tentunya tidak buta dengan perkembangan internet saat ini. Internet bukan lagi alternatif, tapi kanal baru yang selayaknya diintegrasikan dengan kanal penjualan yang telah ada. Kecenderungan ke arah ini sedikit banyak bisa dilihat pada perkembangan situs - situs berita- yang notabene bukan ecommerce- tapi melakukan hal yang sama. News company - situs pembawa berita- yang tentunya paling aware terhadap trend, telah melakukan integrasi maya - nyata paling dulu. Okezone, kompas, maupun vivanews bukan murni sebuah perusahaan online, tapi perpanjangan dari bisnis nyata yang merambah dunia maya. Tidak hanya situs - situs berita besar nasional, bahkan koran daerah semacam Kedaulatan rakyatpun 'menghidupkan' kembali situsnya dengan tampilan baru yang lebih segar. Ini indikasi bahwa persaingan online akan jadi persaingan pemilik outlet - outlet nyata, outlet yang menempati suatu tanah dan bangunan dengan alamat yang tidak lagi dimulai dengan http://www.

Outlet nyata yang mulai berperan dan terjun ke dunia maya tersebut didukung oleh beragam kemudahan. Contohnya saja adanya layanan aplikasi CMS ecommerce lokal yang laris manis dengan terus bertambah banyaknya jumlah klien baru tiap harinya. Hanya dengan dana ratusan ribu, sebuah toko nyata/offline store, bisa mulai berdagang di dunia maya dengan teramat mudah. Salah satu penyedia CMS ecommerce lokal contohnya adalah vkios. Online seller yang didukung toko offline dengan alamat tanpa http jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Kepercayaan masyarakat lebih mudah diraih saat eksistensi realnya pun ada dan mudah dikenali. Bertebarannya cabang - cabang bisnis outlet real di berbagai kota akan mempermudah akses bagi pembeli sekaligus meminimalisir cost delivery. Semangat meng-onlinekan toko nyata itu nampak sekali saat ini. Jika kita lihat kontes Alnect Computer yang mau mengeluarkan anggaran puluhan juta untuk bisa eksis di kancah maya, itu adalah salah satu bukti nyata bagaimana arah dari sistem dagang di masa mendatang. Internet kini adalah kanal distribusi terintegrasi dari outlet - outlet real, bukan lagi entitas bisnis tersendiri yang sepenuhnya lepas dari aktifitas penjualan offline.

Dengan masuknya offline store ke kancah online, teladan ecommerce sukses masa lalu seharusnya tidak lagi diikuti. Ada dunia baru di depan. Dunia ecommerce yang mungkin lebih diperuntukkan bagi offline store yang tanggap teknologi. Online store yang ingin tetap dalam jalur kompetisi seharusnya mengambil langkah serupa. Membuat offline store yang beralamat tanpa http, karena dengan matematika sederhana saja akan mudah dikalkulasi bahwa online + offline daya tawarnya jauh lebih besar dibanding hanya sekedar online saja. So, pure online seller, siapkah anda menghadang ekspansi offline store di dunia maya?

Note :
Artikel ini didedikasikan untuk menyemarakkan Kontes Berfikir Kritis yang diselenggarakan Navinot.com bekerjasama dengan Bhineka.com
11

Tag Cloud Flash Untuk Blogger Blogspot

{ }
Jika anda tertarik membuat label tag cloud flash untuk blogger blogspot seperti yang tampak di bagian kanan blog ini, berikut langkah membuatnya :


Pertama, anda pasang dulu widget label standar dari blogger. Setelah itu, masuk ke editing html. Jangan lupa contreng expand widget template. Kemudian cari kode label berikut :

<b:widget id='Label1' locked='false' title='Label' type='Label'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<ul>
<b:loop values='data:labels' var='label'>
<li>
<b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
<span expr:dir='data:blog.languageDirection'><data:label.name/></span>
<b:else/>
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>
</b:if>
<span dir='ltr'>(<data:label.count/>)</span>
</li>
</b:loop>
</ul>

<b:include name='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

Ganti kode tersebut dengan :


<b:widget id='Label1' locked='false' title='' type='Label'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<script src='http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/swfobject.js' type='text/javascript'/>
<div id='flashcontent'>Blogumulus by <a href='http://www.roytanck.com/'>Roy Tanck</a>, <a href='http://poside.blogspot.com'>Poside</a>, and <a href='http://www.bloggerbuster.com'>Amanda Fazani</a></div>
<script type='text/javascript'>
var so = new SWFObject(&quot;http://halotemplates.s3.amazonaws.com/wp-cumulus-example/tagcloud.swf&quot;, &quot;tagcloud&quot;, &quot;300&quot;, &quot;150&quot;, &quot;7&quot;, &quot;#ffffff&quot;);
// uncomment next line to enable transparency
//so.addParam(&quot;wmode&quot;, &quot;transparent&quot;);
so.addVariable(&quot;tcolor&quot;, &quot;0x333333&quot;);
so.addVariable(&quot;mode&quot;, &quot;tags&quot;);
so.addVariable(&quot;distr&quot;, &quot;true&quot;);
so.addVariable(&quot;tspeed&quot;, &quot;100&quot;);
so.addVariable(&quot;tagcloud&quot;, &quot;<tags><b:loop values='data:labels' var='label'><a expr:href='data:label.url' style='16'><data:label.name/></a></b:loop></tags>&quot;);
so.addParam(&quot;allowScriptAccess&quot;, &quot;always&quot;);
so.write(&quot;flashcontent&quot;);
</script>
<b:include name='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>


Keterangan :
300 : Lebar widget.
150 : Tinggi widget.
#ffffff: Warna backgroud widget.
0x333333 : Warna font/huruf.
100 : Kecepatan pergerakan animasi.
16 : Ukuran zoom huruf.

Semua bisa anda ganti sesuai dengan theme anda.









Level 5
Fungsionalitas 5
Estetis 7
Tutorial Indo Poside
Tutorial Inggris -
Sampel Poside

2

Memanfaatkan Keluarga Google

{ }
Apa yang dimaksud keluarga Google? Mudahnya, keluarga Google adalah produk - produk Google yang saling terkait satu sama lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tertentu. Saat mulai intens memanfaatkan internet, memanfaatkan salah satu dari keluarga Google ini bisa dibilang adalah kepastian, paling tidak search enginenya, google.com atau google.co.id. Untuk seorang blogger, keluarga Google yang wajib dimiliki adalah :



1. Gmail
Gmail merupakan layanan email dari Google yang menjadi sentral layanan. Dengan memiliki email di Gmail, maka login ke layanan - layanan Google yang lain akan lebih mudah. Bahkan jika anda sudah login ke Gmail, layanan Google yang lain sudah secara langsung bisa diakses tanpa harus berulang kali memasukkan user name dan password.

2. Blogger blogspot
Blogger blogspot adalah media publikasi gratis yang disediakan oleh Google. Selain mudah dan multibahasa, blogger adalah sarana publikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pendapatan via internet, salah satunya melalui adsense.

3. Google Webmaster tools
Webmaster tools adalah layanan Google yang berfungsi untuk memantau performa konten/isi blog dari sudut pandang mesin pencari. Hampir semua pengakses internet memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Dengan memanfaatkan webmaster tools, maka kualitas blog dalam pandangan mesin pencari dapat ditingkatkan sehingga kemungkinan untuk mendapat limpahan pengunjung dari mesin pencari lebih besar.

4. Google Analytics
Google Analytics adalah layanan Google untuk memantau performa blog dari sudut pandang jumlah kunjungan. Dengan memanfaatkan Google analytics, pemilik blog bisa mengetahui jumlah kunjungan pada blognya, berasal dari belahan dunia mana saja, datang melalui situs lain atau search engine, dan masih banyak lagi. Maksimalisasi kualitas konten blog dengan memanfaatkan webmaster tools hasilnya (dalam bentuk jumlah kunjungan) dapat dipantau menggunakan Google analytics.

5. Google Insights
Masih terkait dengan mesin pencari, Google insights berfungsi untuk memantau apa saja yang biasa dicari orang melalui mesin pencari. Hal paling menarik dari Google insights adalah kemampuan filtering lokasi dan rentang waktu. Jadi, anda bisa mengetahui apa yang dicari oleh pengguna Internet di Indonesia dalam periode tertentu, atau kata apa saja yang mengalami peningkatan animo pencarian di minggu - minggu terakhir. Jika belum banyak situs yang menyediakan informasinya, anda bisa segera ambil bagian untuk menyediakan informasi tersebut dan tampil di halaman depan hasil pencarian search engine.

6. Google Adsense
Jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog, maka ini salah satu layanan dari Google untuk menghasilkan uang melalui ad placement atau penempatan iklan di blog anda. Adsense membayar anda untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung blog, untuk tiap X kali penayangan iklan, dan untuk hal - hal lain yang masih terus ditambah dan dikembangkan. Meski mudah, tetap ada syaratnya. Blog anda harus berbahasa Inggris.

Sebenarnya banyak sekali layanan dari Google, namun untuk seorang publisher blog, keluarga kecil Google yang terdiri dari 6 layanan di atas adalah yang terpenting. Sebenarnya ada tambahan 1 lagi, yaitu feedburner, namun itu akan ditambahkan kemudian bersama dengan youtube dan layanan Google yang lain sehingga membentuk sebuah keluarga besar. Keluar yang sakinah, mawadah, warohmah, murah meriah di Internet (^_^).
7

Blogspot : Tampilan Daftar Isi dan Kategori Yang Sederhana

{ }
Daftar isi blog, kategori, dan hasil pencarian jika ditampilkan utuh layaknya halaman utama tentunya akan terasa berat dan makan waktu untuk tampil. Untuk itu, tips berikut merupakan penyederhanaan tampilan sehingga data yang ada bisa tampil lebih sederhana dengan loading time yang lebih cepat.


Langkah - langkahnya sebagai berikut:
Setelah masuk ke bagian modifikasi kode blogger dan mencontreng expand template widget, temukan kode berikut :

<b:include data='post' name='post'/>

Kemudian ganti dengan kode berikut :

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<a expr:href='data:post.url'>
<div> <data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>


Penjelasan :
Dengan kode di atas, maka untuk halaman non homepage dan non item, data yang ditampilkan hanya data judul post saja.

Bagi theme - theme tertentu, data tanggal mungkin tetap muncul. Untuk menghilangkannya, di atas kode yang baru saja diganti tadi ada kode semacam ini :

<b:if cond='data:post.dateHeader'>
<h2 class='date-header'><data:post.dateHeader/></h2>
</b:if>


Mungkin tidak identik, tapi tetap mengandung kode <data:post.dateHeader/> di sana. Nah, hapus dan pindahkan kode tadi ke kode pengganti sehingga keseluruhan kode pengganti yang terbentuk adalah :

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<a expr:href='data:post.url'>
<div><data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.dateHeader'>
<h2 class='date-header'><data:post.dateHeader/></h2>
</b:if>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>

<b:if cond='data:post.dateHeader'>
<h2 class='date-header'><data:post.dateHeader/></h2>
</b:if>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>



Dengan begitu, informasi tanggal hanya muncul di halaman homepage dan halaman item post saja.

Untuk membuat daftar isi, tinggal bikin link dengan alamat sebagai berikut :

http://BLOGANDA.blogspot.com/search?max-results=200


Link bisa anda tempatkan dimanapun anda suka. Jumlah 200 itupun bisa anda ubah sesuai selera.
4

Maksimalisasi Penggunaan Label di Gmail

Akhir - akhir ini seiring makin intensifnya poside memanfaatkan layanan di Internet, mailbox saya jadi penuh dengan laporan konfirmasi dari banyak layanan yang saya ikuti. Kadang sampai email teman terselip lupa dibaca karena banyaknya new email di inbox. Nah, agar email masuk itu termanage dengan baik, gmail menyediakan fasilitas label.


Label berfungsi layaknya folder, jadi tiap email masuk yang sudah terbaca bisa langsung dipindahkan ke folder tersebut sehingga tidak memenuhi halaman muka inbox. Enaknya lagi, tool untuk memindahkannya sudah terpampang di bagian atas list email masuk, jadi tinggal klik email yang dimaksud langsung berpindah. Praktis sekali. Setelah terbiasa dengan label, untuk mencari post - post lama juga makin mudah. Tinggal klik labelnya, daftar email yang ada di label tersebut yang tampil, nggak semuanya. Untuk gmail saya, label saya bagi beberapa macam, diantaranya :

  • bisnis : untuk mengumpulkan email bisnis rekanan offline
  • afiliasi : untuk mengumpulkan bisnis - bisnis internet
  • teman : untuk mengumpulkan email teman
  • bookmark : untuk mengumpulkan email - email dari situs bookmarking
  • feed : mengumpulkan email dari situs - situs langganan
  • bloghost : mengumpulkan email dari penyedia blog gratis yang saya ikuti

Nah, dengan memanksimalkan fungsi label, ber email ria jadi makin nyaman. Ga lagi bete karena timbunan post yang nggak keurus.
1

Weebly : Blog Gratisan Tercanggih

{ }
Sejak pertama mencoba, saya langsung terkagum - kagum dengan blog gratisan satu ini. Luar biasa. Layoutnya yang full ajax dan fitur - fitur managemen blognya yang serba drag and drop benar - benar mengagumkan. Kehebatan weebly tidak cuma di hal tampilan. Masih banyak lagi.


Diantara kelebihan weebly adalah kemampuan wordpress plus. Jika di wordpress kita bisa bikin page statis plus page terurut waktu, di weebly anda bisa membuat beragam page statis sekaligus beragam blog terurut waktu. Seperti punya website dengan subdomain bermacam - macam blog, dan hebatnya, itu semua dimanage secara drag and drop.

Jika anda membuat blog untuk cari duit, weedbly juga menyediakan fitur untuk memasang adsense. Bukannya dilarang, justru dipermudah. Semua di weebly terasa mudah, bahkan untuk optimasi SEO pun dipermudah. Rasanya seperti drag and drop layaknya program - program bikinan microsoft, saya sampai bertanya - tanya sendiri apakah blog itu pakai kode html atau tidak ^_^.

Sebenarnya masih banyak kelebihan dari weebly, namun lebih baik anda coba sendiri saja. Setelah mencoba, anda bisa komen di sini mengenai blog gratisan yang saya maksud. Saya jamin, anda juga akan kagum dengan kecanggihannya. Blog? Rasanya lebih pas disebut website. Website yang canggih dan gratis. Kalau anda ingin lihat hasilnya, blog saya di sini. Belum saya isi sih, sekedar untuk coba - coba aja. Mungkin saja nantinya saya justru hijrah ke sana.

2

Tumblr : Blog Gratisan Yang Praktis

{ }
Barusan nyoba layanan blog gratis di Tumblr.com. Ternyata asik juga. Praktis, dengan pilihan nama subdomain yang masih longgar, dalam arti, nama saya belum ada yang make ^_^. Yah, langsung saya coba deh beragam fasilitasnya.


Yang paling menarik dari layanan blog ini adalah kepraktisan. Tidak ada individual page, jadi yang nampak hanya halaman utama. Semacam twitter tapi bisa post lebih dari 140 karakter, juga bisa menampilkan gambar. Yang asik lagi skinnya banyak, jadi bisa berlama - lama milih skin/theme ini itu. Saat barusan saya coba buka halaman tumblr saya, ternyata isinya feed dari blog ini. Lumayan juga. Praktis. Posting di satu blog, tumblr otomatis juga terisi. Ya, itung - itung buat nambah - nambah backlink blog ini juga.

Buat yang mau coba, silahkan aja. Tapi hati - hati, ntar malah asik maen tumbr sampai lupa blog yang utama, soalnya ada sistem kayak di plurk. Semacam tingkat kepopuleranlah gampangnya. Detilya saya juga kurang tahu untuk yang satu itu.
2

UI, ITB, UGM, atau Perguruan Tinggi Lain?

{ }
Kemarin arak - arakan anak SMA yang lulus benar - benar gaduh sampai - sampai harus dikawal polisi. Kalau melihat yang seperti itu, jadi ingat masa muda dulu ^^. Waktu dulu lulus SMA dan mau masuk perguruan tinggi, wah, rasanya seakan kuliah adalah gerbang menuju kemakmuran yang sebenarnya. Saat diterima di PTN jurusan favorit senangnya bukan kepalang, apalagi kuliah masih benar - benar murah. Waktu itu SPP UGM cuma 250 ribu nett. Nggak ada bayaran lagi per SKS. Untuk PTN lainpun sama saja, masih murah.


Sekarang banyak yang berubah. Kuliah di PTN tidak lagi murah. Apalagi jika dosennya masih susah kasih nilai. Waduh, udah lama lulusnya, mahal lagi. Pahit. Jika dibanding dengan perguruan tinggi swasta, PTN jadi tidak semenarik dulu. Dalam dunia kerja, ijazah sekedar entrance card. Performa dan kontribusi menjadi hal yang lebih penting. Hasil psikotes dan wawancara akan memberikan gambaran yang lebih jelas dibanding ijazah dari Universitas ternama.

UGM, ITB, UI, ITS, dan yang lain, masihkah menjadi tujuan favorit calon mahasiswa baru? Saya kurang tahu. Dengan PTN sekarang yang jor - joran menjual 'tarif' masuk, apa nggak rugi besar jika saat keluar apa yang didapat tidak sepadan? Kalau sampai menganggur atau dapat pekerjaan dengan gaji setara SMA, kuliah yang butuh biaya dan waktu lama itu jadi sebuah pilihan yang tidak menarik lagi.

Disamping itu, dengan makin rajinnya iklan pemerintah mempromosikan SMK, nampaknya dogma "wajib belajar" ke pendidikan tinggi sedikit terpinggirkan, digantikan oleh pandangan baru yang lebih relevan dari sudut pandang kebutuhan bangsa, sekaligus kemampuan ekonomi kita. Kemandirian sejak awal, produktif sejak dini, melalui SMK. Waktu belajar dialihkan ke waktu untuk bekerja. Mungkin baru disadari akhir - akhir ini bahwa bangsa ini butuh lebih banyak orang yang bertindak, bukan berpendidikan tinggi. Yang berarti, lebih baik lulus SMK trus kerja daripada berlama - lama kuliah untuk akhirnya (mungkin) menganggur karena sarjana lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan.

Kemabali lagi, pilih mana? UGM, UI, ITB, ITS, Unpad? Silahkan berusaha, asal jangan memaksakan diri aja demi gengsi. Pertimbangkan semua aspek, termasuk isi kantong orang tua.
0

Komoditas : Saat Brand Tidak Mampu Mengatur Harga

{ , }
Saat ini, makin banyak produk yang dipandang sebagai barang komoditi meski jelas tersemat adanya brand di kemasannya. Saat produksi dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, maka pengaturan harga oleh merk menjadi tidak berlaku, atau paling tidak, sangat lemah posisinya.


Contoh mudahnya adalah memory card. Saat ini memory card terdiri dari beragam merk dengan kapasitas yang beragam. Dalam kondisi seperti ini, produk terjun menjadi komoditas. Pembeli tidak meminta merk tertentu tapi meminta kapasitas tertentu. Harga pasar untuk kapasitas sudah terbentuk. Merk apapun seakan bukan masalah selama secara kapasitas sudah sesuai. Toh semua memberi garansi seumur hidup. Dalam keadaan seperti ini, merk tidak mampu bicara banyak.

Ada banyak contoh lain sebenarnya untuk barang fabrikasi bermerk namun dipandang sebagai komoditas dengan harga rata - rata. Silahkan perhatikan produk - produk di sekitar anda. Anda akan banyak menemukan contohnya.
0

Tutorial dan Blog Niche

{ }
Beberapa hari ini saya mencoba blog walking ke situs - situs blog minat khusus, mulai dari industri hingga pertanian. Dan ternyata saudara - saudara, blog merekapun ramai. Setiap blog yang ramai terdiri dari beragam isi, namun ada dua yang terpenting, yaitu : Artikel aplikatif(tutorial howto) dan download. Kebanyakan pengunjung adalah orang yang ingin mencari informasi/belajar. Ya, komunitas yang terbentuk lebih ke guru - murid dan selalu saja ada pendatang baru yang ingin belajar. Kalau melihat perkembangan internet di indonesia, nampaknya memang rate masuknya pengguna baru jauh lebih tinggi dibanding pengguna intermediate menuju ke advance. Ke depan, bahasan untuk pemula nampaknya lebih menjadi prioritas poside. Nampaknya lebih bermanfaat menulis sesuatu bagi yang belum bisa daripada diskusi dengan mereka - mereka yang sudah bisa. Ke depan, diskusi sekedar menjadi selingan saja nampaknya. Tutorial dan materi download lebih diutamakan.
0

Kritik : Identik Dengan Perhatian Atau Penggerutu?

{ }
Kritik keluar saat seseorang merasa ada yang salah tapi tidak mampu memberikan solusi atau mengambil tindakan sebagai langkah penyelesaian masalah. Sisi baik kritik adalah mengingatkan, itu tanda punya perhatian. Namun jika itu menjadi kebiasaan, kritik tidak lebih dari pelarian atas ketidakmampuan dalam memikirkan solusi, apalagi melaksanakannya dalam langkah - langkah nyata. Kritik bagus. Tukang kritik tidak bagus. Itu saja.
3

Respon Panas Monolog Butet

{ , }
Nggak penting, basi, atau apalah. Yang mo liat monolog butet saat deklarasi kampanye damai videonya kayak gini :




Satunya lagi macam ini :



Kalau videonya sendiri sih adem - adem aja. Yang ngasih komentar di youtube itu lho. Panas. Lucunya untuk hal yang ginian, yang panas - panasan itu malah bukan capresnya ^_^. Stay cool sajalah. Kalau dalam hal politik orientasi saya masih sama. Lanjutkan! Yang bikin makmur kan bukan janji atau kritik, tapi tindakan. Betul tidak? *Aa' Gym : On*
0

Fren Duo dan Layanan Tabungan Mobile 8

{ , }
Gebrakan baru dibuat oleh operator selular Mobile-8. Selain menyatukan FWA (Hepi) dengan selular (Fren), mobile-8 juga menjadi pioner layanan tabungan plus asuransi via pulsa. Ini bukan promosi, sekedar analisa kritis saja. Sesuatu yang baru tentunya selain menyegarkan juga tersimpan sisi negatif yang mungkin timbul sebagai eksesnya.


Fren duo, satu kartu dua sistem itu menggunakan nomor yang berbeda. Defaultnya fren, dan jika pengguna tdk terlalu mobile, bisa mengaktifkan layanan FWA dengan mengirim pesan ke nomor tertentu. Meski FWA aktif, nomor fren tetap bisa dihubungi. Saat keluar area dan FWA tidak bisa dihubungi, otomatis nomor fren yang diaktifkan. Ini sebuah terobosan yang hebat, baik dari sisi teknis maupun pemasaran. Poin plus untuk yang satu ini.

Mengenai tabungan, nampaknya tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Ada syarat asuransi yang secara fixed harus dibayar setiap bulan. Artinya, pulsa akan terpotong untuk asuransi. Nampaknya lebih mirip pemasaran asuransi via kartu selular daripada pemasaran kartu untuk alat menabung. Untuk yang ini, saya pribadi kurang tertarik. Masih mendingan menabung deposit di layanan pulsa all operator yang kini bertebaran di mana - mana. Lebih praktis dan menguntungkan.
7

Blog Repeater : Diperbudak Tanpa Terasa

{ , , }
Dunia internet adalah media termurah untuk saling mempengaruhi. Orang yang paling mudah dipengaruhi adalah orang yang sejalan, satu bidang bisnis, dan butuh pengakuan. Orang yang paling efektif memberikan pengaruh adalah orang yang sudah punya nama. Terkenal istilahnya.

Marketing viral, ide yang tersebar secara horisontal adalah cara menyebar pengaruh yang sangat efektif. Saya pernah menulis tentang post yang berjudul budak - budak web 2.0. Dan pada kenyataannya, itu banyak terjadi di internet. Budak yang tidak merasa menjadi budak karena seolah - olah melakukan sharing pemikiran yang sejalan.


Mengapa secara sarkastis saya sebut budak? Sedikit contoh, misalkan saja :
Ada seorang pengusaha terkenal yang bergerak di bidang internet marketing. Target dia adalah perusahaan - perusahaan besar. Prioritas dia saat ini adalah menggoalkan suatu ide agar banyak perusahaan terpengaruh untuk membeli jasa/layanan tersebut.

Apa yang dia lakukan? Tentu saja dia mempublikasikan ide tersebut di internet karena memang bisnisnya terkait internet. Karena dia terkenal, otomatis yang mendukung dia banyak. Bahkan blog - blog bau kencur yang suka mampir ke blog dia ikut - ikutan membahas materi yang sama, tentunya dengan pendekatan sendiri - sendiri (ah, saya termasuk ini). Secara viral, ide itu tersebar luas dan menjadi bahasan yang menarik. Marketing dia jalan. Supporter - supporternyalah yang melakukan edukasi pasar secara gratis untuk kepentingan dia. Dia sendiri post and relax, balas komen juga ala kadarnya karena memang bukan sebuah keharusan. Supporternya bisa melakukan itu untuk dia.

Kemudian, ada perusahaan besar tertarik mengaplikasikan ide tersebut (entah perusahaan itu membaca dari blog yang mana dan milik siapa bukan masalah). Siapa yang akan dicari perusahaan peminat itu? Tentunya perusahaan yang paling siap menjual. Nah, siapa yang bonafit dan siap menjual kalau bukan perusahaan pemilik ide tadi?

Nah, itu salah satu contoh jelas yang membedakan marketing efektif yang didukung kesiapan menjual dan marketing - marketingan yang sekedar sharing. Kita bisa membedakan, siapa yang benar - benar mengambil keuntungan dan siapa yang sekedar jadi repeater yang sama sekali tidak merasa kalau ia sedang dimanfaatkan. Ini salah satu alasan saya tidak suka merelay atau mengulang ide orang lain di net, apalagi jika memang bisnisnya di situ. Lebih baik mengangkat tema realitas di sekitar kita daripada jadi corong gratisan orang lain. Dunia itu luas. Masih banyak yang bisa digali di dunia nyata untuk pengayaan wawasan reader kita. Be genuine, karena yang asli itu mahal harganya.
2

Untuk Rakyat, Demi Rakyat

{ }
Setidaknya 5 tahun sekali, kata "rakyat" terasa demikian mujarab. Janji untuk rakyat seakan menjadi gong, menjadi pukulan dan tendangan maut ksatria baja hitam capres - capres kita. Berulang kali kata itu bergema, dan berulang pula hasilnya tidak sesuai kata - kata.

Rakyat bukan keledai. Janji untuk rakyat, demi rakyat, bukan lagi mantra sakti merayu massa. Entah mengapa, setiap kali kata itu dibawa - bawa, rumus praktis hasil cekokan bimbel semasa kelas 3 SMA dulu keluar menampilkan persamaan; Diri sendiri=rakyat. Untuk rakyat=untuk diri sendiri. Politik membuat saya menjadi orang yang skeptis.
0

Proses Mendirikan Perusahaan Berbentuk CV

{ }
Untuk bisa mendapatkan tender atau mengajukan penawaran resmi, diperlukan sebuah badan usaha legal. CV adalah salah satunya. Untuk membuat CV sebenarnya tidak terlalu rumit, cuma ya memang agak menyebalkan. Untuk syarat - syarat, anda bisa googling, sedang prosesnya sendiri silahkan baca cerita saya berikut :


Pertama saat berniat mendirikan CV, yang perlu dilakukan adalah datang ke tempat notaris. Di kantor notaris akan dikasi tau syarat - syaratnya apa aja. Diantaranya adalah KTP direktur (pemodal - aktif) dan komanditeenya (pemodal - pasif). Selain syarat - syarat yang tinggal memfoto copy, ada syarat yang perlu dicari, yaitu surat keterangan kedudukan usaha. Maksudnya agar lokasi usaha yang dimaksud bukan lokasi fiktif. Proses pertama adalah ke kalurahan. Seperti biasa, anda harus merogoh dompet untuk mendapat surat dari kalurahan. Stelah itu ke kecamatan. Sama, keluarkan isi dompet. Setelah pengantar ditanda tangani lurah dan camat, silahkan dikumpulkan bersama syarat - syarat lain untuk diberikan ke notaris. Di notaris nanti anda akan ditanya detil usaha yang dilakukan apa saja. Biasanya notaris akan memandu. Dulu sih bidang usaha bisa seluas - luasnya, tapi sekarang harus di list satu demi satu dengan lebih detil. Selang sehari dua hari dan draft jadi, anda akan diminta datang untk mendengarkan draft tadi dibacakan oleh notaris. Jika sudah oke, tunggu barang beberapa hari dan akte pendirian CV sudah jadi. Biasanya pengurusan akte ini sekalian dengan NPWP nya. Di tempat saya, bayaran notaris sekitar 600 ribu. Harga teman itu.

Agar akte itu benar - benar bisa buat kerja alias nender sana - sini ada beberapa surat - surat lain yang perlu dilengkapi. Diantaranya HO/ijin gangguan, SIUP, TDP, dan lain - lain tergantung bidang usaha yang ingin diterjuni. Pengurusan surat - surat itu tidak di notaris lagi, tapi di kantor satu atap.

Untuk sementara itu dulu. Jika ada yang berminat, kisah pencarian surat - surat akan saya lanjutkan di post mendatang.
2

Memindah Blog Dari Akun Satu ke Yang Lain

{ }
Akhirnya, poside.blogspot.com berpindah akun juga. Akun blogspot saya yang sebelumnya terlanjur crowded dengan puluhan dummy blog. Saya pilih memindahnya agar blog ini bisa dimanage dengan lebih serius. Ternyata memindah blog dari akun blogger yang satu ke akun blogger yang lain tidak terlalu sulit. Begini caranya :


1. Buka dua buah browser yang berbeda. Contohnya saja, satu firefox, satunya lagi opera.

2. Untuk yang firefox, login ke akun baru blogger. Untuk yang opera, login ke akun lama blogger.

3. Di kaun lama, masuk ke pengaturan blog yang ingin dipindahkan, export konten blog yang ingin dipindahkan tersebut.

4. Bikin blog asal saja di blog baru, kemudian copy paste kode html template blog di akun lama ke blog di akun baru. Jangan lupa contreng "expand template widget" agar kode tercopy seluruhnya. setelah di save, blog baru anda akan tampak sama dengan blog lama meski tanpa isi dan nama subdomainnya berbeda. Lanjutkan dengan setting tanggal dan lain sebagainya sesuai blog lama. Usahakan setting seakurat mungkin.

5. Setelah itu, langkah berikutnya adalah duplikat kode - kode di widget. Kalo anda punya kode html/javascript, silahkan dipindahkan ke blog baru dengan lokasi/penempatan yang sesuai. Kode mungkin tidak bekerja karena nama subdomainnya berbeda, tapi tidak apa. Nantinya tetap akan bekerja jika nama domain sudah diubah.

6. Nah, blog baru sudah hampir jadi. Sekarang tinggal mengcopy konten blog lama. Dengan fasilitas di pengaturan, import hasil export blog lama tadi ke blog baru. Untuk diperhatikan; jika setting komentar blog baru membolehkan anonimous berkomentar, maka komentar ikut terimport, jika tidak, hanya post saja yang terimport. Komen - komen yang ada akan hilang (Yang ini agak aneh. Kadang meski tidak anonimouspun komen ikut terimport, jadi harus teliti untuk yang satu ini).

7. Sekarang anda sudah punya blog baru di akun baru yang identik dengan blog lama di akun lama. Tinggal memindahkan nama subdomainnya saja. Untuk itu, baik blog lama maupun blog baru, masuk ke pengaturan di bagian publish blog. Di situ kita bisa mengatur perubahan nama subdomain blog. Ubah nama domain lama ke nama sembarang sehingga nama sebelumnya jadi bebas digunakan siapa saja. Setelah berhasil, ubah nama subdomain baru ke nama subdomain blog lama yang sudah bebas digunakan tadi. Akhirnya, blog baru sudah sepenuhnya identik dengan blog lama baik dari template, isi, maupun subdomain.

Kendala & Solusi:

1. Pastikan pengaturan tanggal tepat. Jika di blog lama jam ikut Jakarta (GMT+7), sesuaikan setting tersebut di blog baru. Jika tidak, post peralihan, misalnya tgl 31 mei bisa berubah menjadi 1 april. Ini akan merusak permalink. Contohnya post saya yang satu ini :
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran.html
seharusnya adalah :
http://poside.blogspot.com/2009/04/sarden-tantangan-pemasaran.html
Akhirnya jadi broken link hanya gara - gara lupa setting tanggal. Damned!!

2. Sebelum ke langkah 7 (mengganti nama subdomain), pastikan permalink tiap post identik. Kadang mesin blogger mengimport post dengan menambah _xxnomor di akhir permalink post. Misalnya :
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran.html
jadi
http://poside.blogspot.com/2009/03/sarden-tantangan-pemasaran_2321.html
Jika itu terjadi, import gagal dan harus diulang. Jika post yang satu seperti itu, semua pasti juga seperti itu.

3. Jika anda punya widget yang terikat subdomain. Daftar feed misalnya. Saat tidak muncul di blog baru biarkan saja. Saat langkah 7 dilakukan dan subdomain berganti dengan yang asli, daftar itu akan kembali lagi.

Nah, demikian cara memindah blog dari akun satu ke yang lain. Semoga bermanfaat.
0

Jasa Manajemen Blog Untuk Orang Sibuk

{ }
Dalam dunia yang penuh warna, tentunya kesibukan orang bermacam - macam. Tidak jarang orang yang punya niat bikin blog terkendala oleh kesibukan hingga untuk mulai membuat blogpun tertunda - tunda, tidak pernah terlaksana. Nah, di sini saya mencoba untuk menawarkan jasa management blog pada orang - orang berduit yang tidak punya waktu untuk sekedar mengurus blog, meski sebenarnya perlu. Adakah pasarnya?


Mengenai pasar dan peminat, saya belum tahu. Namun, jika virtual office yang dimanage pihak ketiga bisa eksis, maka bukan tidak mungkin sebuah blog yang dimanage pihak ketiga juga bisa eksis. Prinsip sederhananya, you tahu bereslah. Nggak repot. Kemudian pertanyaannya, anybody interested? Jika ada yang berminat, berapakah bayaran yang realistis untuk jasa tersebut?

Masih sebatas ide. Jika ada peminat, fine, jika tidakpun bukan masalah. At least, kita terus mencoba membuka khasanah baru dalam memberikan nilai tambah real di dunia maya.
2

Theme Song Pilpres Pemilu 2009 Faizal Motik

{ }
Ini lagu tema pemilu ciptaan Faizal Motik. Bentuknya video clip. Jika tertarik, silahkan download lewat savetube.com.




Artis-artis ibukota pun turut ambil bagian dalam menyanyikan lagu maupun dalam pembuatan video klip lagu tersebut, antara lain Titik Puspa, Trio Komedian Bajaj, Memes, Elly Kasim, Koes Hendratmo, Sundari Sukoco, Indi Barends, Hedi Yunus, dan lain-lain. Dengan menggunakan 5 macam bahasa daerah, lagu ini jadi khas dan lain daripada yang lain.
4

Alnect Computer : Tips Memilih Flashdisk

{ , }
Alnect Computer memberikan beragam informasi yang memudahkan konsumennya dalam memilih. Selain preview via net, Alnect Computer juga memberikan brosur cetak dengan kualitas yang bagus dan dilengkapi data yang informatif. Untuk memilih flashdisk, selain informasi foto dan harga, ada 1 informasi vital yang penting untuk dipertimbangkan. Informasi itu adalah write speed.


Dengan kapasitas simpan yang makin besar, sangat mungkin kita akan terbiasa mengcopy file dalam ukuran besar pula. Misalkan saja film. Saat kita maen ke warnet dan mengcopy film yang ada di sana, write speed akan memberikan pengaruh luar biasa besar. Beberapa film dengan ukuran total 4GB bisa anda copy dalam hitungan menit, tapi juga bisa dalam hitungan jam tergantung kecepatan tulis flashdisk anda.

Dari beragam jenis flashdisk yang ditawarkan, 3 besar flashdisk dengan kecepatan tulis besar adalah sebagai berikut :



Ada yang perbedaannya kontras tapi ikut terlist ya? Emang sengaja. Ada Adata. Produk tersebut sebagai pembanding kecepatan saja. Nah, diantara 3 tercepat, dengan memperhatikan harga, maka pilihan saya jatuh pada Imation Nano. Selain kecepatan tulisnya tertinggi dibanding 2 kandidat lain, untuk kapasitas yang sama harganyapun termurah. 15.5 mb/s, itu 6 kali lipat kecepatan tulis Adata. Jika anda copy data sebesar 4GB di warnet membutuhkan waktu 1 jam dengan Imation, jika anda pakai Adata anda perlu nongkrong selama 6 jam. Untuk perbedaan harga yang kecil, beda waktunya teramat besar. Jadi saran saya, jika garansinya sama - sama lifetime, pilih yang kecepatan tulisnya tercepat, lalu komparasikan harganya. Pilih tercepat dan termurah.

Nah, demikian sedikit tips dari saya mengenai pemilihan flashdisk. Jika anda tertarik membeli ataupun ikut serta mereview untuk mendapat hadiah sebiji laptop keren, silahkan ambil tiketnya di bawah ini.

Alnect computer Blog Contest
0

Download Lagu Pemilu | Coklat : 5 Menit Untuk 5 Tahun

{ }
Setelah ngobok - obok google dan youtube, akhirnya dapat juga lagu satu ini. Lagu 5 menit untuk 5 tahun ciptaan Edwin, gitaris Coklat, selesai dikerjakan dalam 3 bulan dan dilaunching di KPU pada tanggal 18 Maret 2009. Buat yang suka versi mp3 nya, lagu bisa di download di : DOWNLOAD LAGU PEMILU. Bagi yang suka videoklip, berikut clip youtube yang saya temukan :




Untuk download youtube, silahkan pakai savetube.com. Di sana tinggal paste alamat youtube, dan anda akan mendapat link downloadnya. Gampang kan?

0

Saat Tepat Membeli Komputer Baru

{ }
Melihat pergerakan dollar yang makin tertekan terhadap euro, imbasnya ternyata ke mata uang kita juga. Rupiah menguat. Dengan nilai tukar yang terus membaik, barang - barang yang dijual dalam dollar pastinya terasa lebih murah. Yang ingin membeli Komputer, ini saat yang bagus. Jangan terlewat, kesempatan mungkin tidak terulang dalam waktu dekat. Pantau terus kursnya.
2

Jaksa Kasus Prita Mulyasari

{ , , }
Selain kasus Prita Mulyasari sendiri, ternyata pemberitaan Prita - OMNI yang terus saja hangat ini mulai menyebar ke investigasi banyak hal yang terkait proses hukum yang terjadi, termasuk perangkat hukumnya. Dalam hal ini adalah jaksa dan kejaksaan. Investigator yang berpangkat sersan wartawan :D mulai mengendus hal - hal yang tidak beres di kejaksaan. Berita terbarunya sebagai berikut :


Pihak kejaksaan diduga mengalami konflik of interest oleh adanya layanan medical checkup gratis yang diselenggarakan OMNI untuk kejaksaan. Dugaan itu dikuatkan dengan sebuah surat berstempel yang skrinsyutnya terpampang di detik dot com seperti ini : Dari situ kemungkinan pemberitaan tentang kasus ini masih panjang. Jika tertarik, bisa saja KPK ikut ambil bagian. Bukan masalah jumlah korupsinya, tapi lebih pada proses peradilan yang tidak lagi bersih dari konflik kepentingan. Jika semua bisa terungkap, maka satu kasus bisa menjadi contoh dan landasan bagi kasus - kasus lain yang mungkin saja terjadi di kantor - kantor kejaksaan lain.

Jika sudah terendus pers, nampaknya ujung masalah harus benar - benar dipantau. Terlewat sedikit saja dan pers abai, kasus itu berakhir seperti apa tidak akan ketahuan. Masih ingat kasus hartono prapanca? Ada yang tahu perkembangan kasusnya? Nah, ini kritik untuk pers. Kadang ending suatu berita bersambung tanpa ada tamatnya hanya karena ada kasus hot lain yang layak diberitakan.

0

Metode Review Poside

{ , }
Bicara mengenai review, maka bahasan tidak akan jauh - jauh dari kelebihan dan kelemahan suatu produk. Nah, dalam membahas kelebihan dan kelemahan itu, apakah dasar yang dipakai? Bagaimana menilai suatu produk terkait harganya? Proposal poside adalah sebagai berikut :


1. Perhatikan kelompok produk
Ini adalah landasan awal review. Apakah produk itu pioneer/belum punya kompetitor, atau produk baru dalam genre yang sudah ada, dan kelas mana ia berkiprah perlu diperhatikan. Ini akan terkait dengan penentuan baik buruk suatu produk, jadi pereview harus sudah adil dalam menilai sejak awal.

2. Komparasi fungsi standar
Bagi produk di genre yang sudah ada, maka fungsi standar di kelas tersebut perlu untuk dibahas meski tidak harus detil. Apa saja kelebihan kekurangan dibanding fitur standar yang sama untuk produk - produk di kelas yang sama. Fitur standar adalah landasan pengkelasan/klasifikasi. Jangan sampai suatu produk dinilai kelemahannya dengan standar kelas di atasnya. Itu adalah bentuk ketidak adilan dalam mereview.

3. Penilaian fitur khusus
Ini adalah hal yang berbeda dari suatu produk. Hal khusus yang membuat suatu produk layak menyandang merek dan tipe. Hal yang membuatnya khusus dinilai dari fungsi dan nilai tambahnya pada kelas yang dibahas. Untuk HP kelas entry level misalnya, ada produk menawarkan kemampuan sebagai modem. Ini adalah fitur khusus. Meski secara umum modem bukan hal yang istimewa, namun itu jadi istimewa saat ia ada di kelas entry level, dimana pesaing - pesaing di kelas yang sama tidak menyediakannya. Berapa besar nilai tambah fitur khusus ini jika dikomparasikan dengan harganya? Ini jadi subyektif pereview. Untuk produk pioneer, maka bisa dibilang semua fiturnya fitur khusus, jadi penilaian akan subyektif tergantung nilai tambah yang dirasakan/dianggap penting oleh pereview.

Ada satu tambahan lagi yang membuat suatu review makin bagus, yaitu jika pereview adalah pengguna+pembeli. Pengguna merasakan adanya plus minus secara detil. Untuk HP, misalkan saja; SMS broadcastnya mudah sekali, wifinya sulit connect, blutoothnya sukar kedetect, atau tombol keypadnya nyaman ditekan. Hal - hal detil seperti ini hanya mungkin disampaikan oleh pengguna yang membeli dan benar - benar memanfaatkan produk tersebut.

So, jika anda mau mereview, awali dengan adil, dan tutup dengan kesimpulan yang juga adil. Tidak kurang tidak lebih.

note :
Post kontes berfikir kritis Navinot.

15

Ceria Internet Unlimited ETS 2052

{ , }
Sudah pernah mendengar tentang telepon Ceria dari Sampoerna Telekomunikasi Indonesia? Ya, Ceria yang dulu identik dengan Dewi Persik itu kini mulai aktif memasarkan layanan data. Ceria Internet -atau Internet Ceria- merupakan salah satu pilihan menarik untuk koneksi internet secara hemat dan fleksibel. Sistemnya sederhana. Setiap paket yang anda pilih, nilai nominalnya akan secara langsung dikurangi dari saldo pulsa anda. Tanpa berlangganan. Mirip dengan Flash untuk pelanggan prabayar.

Terdapat beragam paket data servis yang bisa dipilih, diantaranya :
Harga Paket (Rp)
Lama Penggunaan
Masa Berlaku
Konversi Tarif (Rp)
per jam


per menit
10.000
8 jam online
5 hari
1.250
20,8
20.000


18 jam online
10 hari
1.111
18,5
50.000
60 jam online
30 hari
833
13,9
100.000
130 jam online
30 hari
769
12,8
150.000


Unlimited (tanpa batas pemakaian) 30 hari
30 hari
208
3,5
Paket terminal/modem yang ditawarkan :
  • Huawei ETS 2052
  • Kabel data USB
  • Charger
  • Batre
  • Kartu perdana berisi pulsa senilai 10.000
Paket tersebut ditawarkan dengan harga Rp 599.000,-
Untuk daerah bersinyal lemah juga disediakan antena outdoor seharga Rp 100.000,-

Cara Aktivasi Layanan Internet

1. Registrasikan kartu. Caranya standar, bisa via phone atau SMS. Setelah itu ketik "data 10" -tanpa tanda kutip- dan kirim ke 888 untuk membeli paket data senilai 10.000
2. Koneksikan perangkat ke komputer. Di windows explorer akan muncul drive baru dengan nama ETS yang berisi software untuk koneksi. Silahkan diinstal.
3. Setelah terinstal, jalankan program dan buat akun koneksi baru dengan parameter sebagai berikut :

Profile name : Ceria
Username : internet
Password : ceria

Parameter yang lain tidak perlu diubah. Setelah itu simpan.
4. Klik connect. Jika setting anda benar maka otomatis akan muncul portal Ceria dimana anda bisa melakukan banyak hal, termasuk memonitor durasi penggunaan maupun pembelian paket data.
5. Sudah, itu saja. Anda bisa berinternet ria dengan Ceria.

Setelah coba speedy, indosat, dan flash via kartu As, akhirnya saya pakai Ceria Unlimited. Lumayanlah. Selain jaringan loggar, magrib - magrib koneksi lancar - lancar saja. 153kbps sudah cukup untuk kebutuhan saya. Sehari download file dan copy website pakai teleport bisa dapat hingga 1GB/hari. Lumayan kan? Berhubung saya nggak mau rugi, ETS 2052 itu benar - benar harus bekerja ekstra keras melayani saya siang malam.

UPDATE (20 Juni 2009)
Mulai pertengahan Juni ini, kualitas koneksi Ceria menurun signifikan, paling tidak di daerah saya, Karanganyar. Beberapa hal yang paling sering terjadi diantaranya :
1. Transfer data tidak stabil. Hal yang paling serig terjadi adalah loading page yang berhenti di tengah jalan karena transfer yang lambat. Akhirnya page yang keluar adalah : Network Timeout, server malas melayani koneksi lambat.
2. Koneksi tidak stabil. Ini paling sering terjadi saat peak time, jadi antara jam 6 sore - 9 malam, koneksi sering terputus sendiri.
3. Gagal koneksi. Yang paling sering terjadi adalah kesalahan name/password yang tidak dikenali server. Ini menunjukkan server yang tidak bekerja, error, atau dalam maintenance. Masalah ini terhitung sering, jadi saya terpaksa ngganggur dan nunggu, bahkan saat harus membalas YM atau email yang urgent bagi saya.

Dari sisi sinyal sebenarnya tidak masalah, karena saya mendapat sinyal full. Jika melihat jumlah pelanggan Ceria, saya yakin jumlahnya juga belum terlalu banyak. Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin ini memang harus saya tulis di sini untuk mendapat respon. Sebelumnya saya sudah berusaha menghubungi penyedia layanan secara privat, baik via phone maupun email. Melalui phone, setelah menunggu respon berupa iklan RBT yang lamanya nauzubilah, ahirnya ada jawaban : semua customer servis kami sedang sibuk melayani pelanggan lain. Tidak kurang cara, saya coba kontak via email. Di email tertulis respon paling lambat sehari pada jam kerja. Tapi ini sudah hampir seminggu tidak ada respon sama sekali. Oh, well. What should i do? Akhirnya saya tulis di blog ini. As u see, di bagian atas saya sempat puas dengan layanan Ceria, tapi nampaknya koneksi di Indonesia memang ujung - ujungnya seperti ini. Jika memang saya mengalaminya sendiri mungkin saya diam saja, tapi saya me-resale juga. Bagaimana nanti kredibilitas ini saya jaga kalau kualitas koneksinya seperti ini? Saya akan kelelahan berkutat dengan alasan yang tidak terkonfirmasi.

Bagaimana ini bagian data service Ceria? Ada yang baca? Apakah pembaca ada yang megalami hal seperti saya? Please share guys..., i'm stuck here..

UPDATE (23 Juni 2009)
Skrinsut Page Cinta dari Ceria :


UPDATE (25 Juni 2009)
Kecepatan kembali lumayan. Berikut skrinsyut hasil pengukuran menggunakan speedtest M2 pada jam 1 siang.

- Jam 3 sore, kecepatan turun lagi. Download 33kbps, upload 18kbps.
- Jam 6 sore saya test lagi. Kecepatan jadi download 117kbps, upload 85kbps. Wah, sudah kembali seperti semula rupanya. Semoga ga lemot lagi. Asik - asik...

UPDATE (30 Juni 2009)
Ceria Internet stabil. Rata - rata kecepatan koneksi masih di kisaran angka wajar seperti info di atas. Jika anda juga ingin memakai Ceria internet, andapun bisa memesannya di sini. Kebetulan teman saya ada yang jadi manager di sana, so, kemungkinan besar produk bisa diantar langsung ke rumah anda tanpa tambahan biaya. Harapan saya sih, blog ini bisa jadi sarana bertukar info tentang Ceria internet secara jujur. Pas bagus bilang bagus, pas jelek bilang jelek. Apa adanya saja. Dengan sambungan internet lancar, bisnis internet saya juga bisa berjalan lancar. Lumayanlah buat menginvestasikan waktu luang.

UPDATE (2 Juli 2009)
Grrh..., lemot lagi. Rasanya sudah cukup deh. Nggak saya perpanjang unlimitednya. Dengan keharusan "modem khusus" untuk layanan ini, harusnya Ceria bisa lebih baik. Keharusan menggunakan modem khusus di 450Mhz harusnya menjadi tanggung jawab provider untuk bisa melayani lebih baik, bukan sebaliknya. Bermain di frekwensi sendiri, ternyata sama yang frekwensi 800an aja masih kalah. Fyuh..., what can i say. I'm done.

UPDATE (19 Agustus 2009)
Hehe, .. hari ini internet Ceria kenceng lagi. Setelah beberapa lama berkutat dalam hitungan bytes/detik atau kbytes/menit..^_^, kini hitungan kembali ke normal, kbps atau kilobytes/detik. Ini screenshotnya :

Dicek pakai tools pihak ketiga yaitu IM2 biar adil. Kabarnya, koneksi keong karena Ceria lagi pasang kabel fiber optik. Yah, .. moga - moga aja tetap kencang seperti ini.

UPDATE (9 September 2009)
Yak, masih normal. Tidak ada kendala. Sudah hampir sebulan tanpa masalah, jadi problem yang kemarin sudah terlewati n layanan ini layak buat direkomendasikan. Kalau ada yang berminat, anda bisa pesan di blog ini juga lho, selama bulan ramadhan, tiap pembelian langsung mendapat koneksi gratis 1 bulan. Lumayan kan? Sembari nunggu buka, anda bisa menghabiskan waktu berinternet ria. Ceria produknya mungkin tidak banyak, jadi agak sulit ditemukan di toko atau konter - konter. Kalau anda pesan di sini, informasi akan diteruskan ke petugas Cerianya langsung. Nggak sampai seminggu barang pasti sudah di tangan. Ceritanya saya lagi bantuin temen nih biar capai target. Yak, untuk yang jauh - jauh aja ya, kalo dekat - dekat sini, ntar takutnya bikin koneksi saya jadi lemot lagi klo banyak yang pakai, hehe.

UPDATE (13 September 2009)
Lemot lagi, sudah 2 hari ini. Kalau  belum ada pemberitahuan selanjutnya, berarti masih lemot. Moga - moga saya tidak malas update kalau ceria sudah membaik lagi.

UPDATE (14 September 2009)
Udah beres, kenceng lagi. Ini saya update tanggal 24 September. Sekalian mohon maaf untuk keterlambatan update keluhan di atas. Email yang saya kirim ke Ceria juga baru hari ini dibalas sih.
 
poside by budityas |n|e