Persaingan OS Ponsel

Akhir - akhir ini saya lagi suka memperhatikan persaingan OS ponsel pintar. Mulai android, iPhone OS, windows phone, symbian, sampai blackberry OS. Kalau dianalisa, siapa yang bakal unggul ya?

Beberapa waktu lalu, blackberry dan iphone menjadi primadona untuk smartphone. Uniknya, dua - duanya adalah produsen ponsel sekaligus OS nya. Jika dikilas balik ke jaman perkembangan komputer masa lalu, apa yang terjadi seperti persaingan komputer sebelum ada ms windows. Dengan tampilnya android, tren nampaknya mulai bergeser. Kembali lagi ke kilas balik, perkembangan ponsel saya pikir tidak akan jauh beda dengan komputer. Hardware jadi makin murah dan makin canggih, sementara software harus sesegera mungkin mengupdate dirinya untuk mengikuti perkembangan yang ada. Ke depan, saya hanya pegang 2 kandidat yang bakal bertarung seru. Windows phone dan Android. Hanya dua itu yang punya kans booming cepat dan terdistribusi optimal tanpa kehilangan momentum karena didukung distribusi dan fabrikasi harware multi vendor. Momentum iPad yang terganjal distribusi dan manufacturing yang kewalahan tidak akan terjadi.

Android dan windows phone, mana yang bakal unggul? Analis luar mengatakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, android akan mendominasi. Itu didasarkan pada infrastruktur yang sangat mendukung seperti online store, jumlah aplikasi pendukung, dan seterusnya. Jika ditilik dari saat ini, pendapat tsb mungkin benar. Motorolla, samsung, LG, dan banyak pabrikan lain tidak punya banyak pilihan untuk bisa berkompetisi melawan iPhone. Android hadir di saat yang tepat dan mendapat sambutan luar biasa.

Bagaimana dengan windows phone? Secara tradisional, orang lebih familiar dengan windows. Secara tradisional pula, hubungan windows phone dan windows pc teramat akrab. Pengguna android bertambah banyak, namun belum bisa diartikan bahwa rasa familiar itu bisa langsung terbentuk. Dengan kemampuan setara, saya pikir windows phone bisa bicara banyak. Dengan budget marketing hingga USD 500 juta, kali ini Microsoft nampaknya benar - benar serius terjun ke bisnis smartphone.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

Zippy said...
Emang nih, persaingan dikalangan OS ponsel untuk saat ini sedang gembar gembornya.
Lari adu jotos lah istilahnya :D
Budityas said...
Yah biar adil, semua bakal saya beli, tapi ntar.. ntar klo harganya dah pada turun dibawah 500rb, hehe

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e