7

Pembeli Memilih, Penjual Memilih

{ , , , }
Sebagai pembeli, konsumen, kita adalah makhluk yang pemilih. Kita memilih produk yang kita sukai, membeli di toko favorit, makan di warung langganan, dan sebagainya. Sebagai penjual - jika anda pedagang - andapun sebenarnya juga punya hak untuk memilih. Penjual bisa memilih konsumen yang hendak ia layani. Semakin anda tahu tipe konsumen yang ingin anda layani, maka hasilnya akan semakin bagus karena anda akan makin fokus dalam menjual produk. Jangan sampai sebagai penjual, kita terjebak untuk memuaskan semua orang, karena itu adalah hal yang mustahil dilakukan. Hal ini nampak mudah jika yang kita jual adalah produk khusus (produknya sendiri sudah tersegmen), namun akan terasa sukar jika produk yang dijual adalah produk umum. Kelontong atau sembako misalnya.
1

Alkohol Yang Membunuh

{ }
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di India pun ada. Di sini dibiarkan, di sanapun sama. Dibiarkan. Sama - sama makan korban pula. Cara pengurangan jumlah penduduk yang aneh.

Seperti kebanyakan miras, kadar alkohol seringkali menjadi patokan untuk menaikkan nilai jual. Kadar yang tinggi, makin keras, makin cepat bikin mabuk, makin mahal. Rata - rata minuman beralkohol ilegal memang dijual dengan kadar alkohol cukup tinggi. Bahkan ada beberapa peracik yang mencampur alkohol industri ataupun etanol denaturasi untuk meningkatkan kadar alkohol minuman. Tentunya ini sangat berbahaya.

Alkohol yang ada di minuman keras adalah alkohol jenis etanol. Etanol ini bisa diproduksi secara alami dengan cara fermentasi. Minuman yang dijual resmi sumbernya adalah etanol yang dihasilkan dengan cara seperti ini, jadi aman karena yang ada dalam minuman hanya etanol dan air. Untuk kadarnya, jamur ragi secara alami hanya menghasilkan etanol dalam rentang belasan persen. Jika ada minuman keras dengan kadar alkohol di atas itu, berarti ada proses destilasi untuk mengurangi kadar airnya.

Minuman akohol ilegal seringkali diproduksi oleh mereka yang kurang pengetahuan tentang alkohol. Yang penting kadar alkoholnya tinggi dan bisa cepat mabuk, itu yang dicari. Mereka mencampur miras dengan spiritus atau alkohol teknis yang kadar alkoholnya memang sangat tinggi, bisa sampai di atas 90%. Yang mereka tidak tahu adalah kandungan diluar etanol itu sebenarnya adalah racun yang tidak bisa dikonsumsi manusia. Spiritus misalnya. Ia adalah etanol yang sudah ditambah racun dengan sengaja agar tidak digunakan sebagai minuman, karena memang fungsinya bukan untuk itu. Sedang alkohol teknis adalah alkohol hasil proses industri. Disamping etanol, ada zat - zat lain yang terkandung di dalamnya, dan zat kimia inipun bisa berbahaya untuk manusia. Mencampur minuman dengan alkohol jenis ini jelas sangat berbahaya, tapi karena tidak tahu (dan tidak mencari tahu), ya sudah. Musibah untuk yang minum, penjara untuk yang membuat.
2

Adaptasi, Antara Manusia dan Binatang

{ }
Dalam dunia satwa, adaptasi memegang peranan penting dalam hal survival. Hewan yang kemampuan adaptasi lingkungannya rendah, bisa dipastikan akan punah cepat atau lambat. Itu kalau dalam dunia binatang. Bagaimana jika itu bukan binatang, tapi manusia?

Manusia punya akal untuk merubah lingkungannya. Dalam kondisi lingkungan ekstrim sekalipun, manusia bisa hidup karena dianugerahi akal. Dalam kehidupan sosial, adaptasi juga memegang peranan, terutama jika kita ada di posisi bawahan. Juragan dan pembantu, maka pembantu yang dituntut untuk beradaptasi. Bos dan karyawan, dan karyawanlah yang dituntut untuk lebih beradaptasi. Tidak seperti hewan, pada manusia, yang dituntut untuk bisa beradaptasi dan berlaku fleksibel adalah bawahan. Bukan pimpinan. Semua manusia yang berada di posisi bawahan dan bermental bawahan, hidup dengan beradaptasi.

Para pemimpin, jika kita tengok, bukanlah orang yang gemar beradaptasi untuk bisa hidup di lingkungannya. Kebanyakan dari mereka justru berusaha merubah lingkungannya untuk membuat mereka nyaman berada di lingkungan tersebut. Contoh saja, Bung Karno misalnya. Apa jadinya jika Bung Karno lebih suka beradaptasi dan hidup nyaman dibawah pemerintahan Hindia Belanda? Che Guevara. Jika ia lebih suka beradaptasi, tidak ada perubahan di Amerika Selatan. Para pemikir dan saintis, jika mereka lebih suka beradaptasi dengan lingkungannya, mungkin saat ini kita masih hidup di gua atau di atas pohon.

Yang membedakan manusia dan hewan, manusia tidak bertahan hidup hanya dengan beradaptasi dan mengikuti apa yang lingkungannya inginkan. Manusia merubah lingkungannya. Manusia mampu kalau ia mau.

Di Indonesia, nampaknya terlalu banyak orang yang hidup dengan mekanisme binatang. Setiap orang yang masuk di lingkungan pemerintahan, mereka beradaptasi, menyesuaikan diri, dan jadi bagian lingkungan yang sebenarnya tidak sehat. Dalam beberapa dekade terakhir, hampir tidak ada yang bisa dikategorikan sebagai pemimpin yang layak diingat. Dalam catatan sejarah, tidak ada tinta emas. Yang ada hanya log kejadian - kejadian layaknya dunia satwa. Ada yang mati, ada yang bertahan, ada yang berjuang. Semua mencoba beradaptasi di lingkungan yang seharusnya diubah. Semua mengadopsi mekanisme satwa.
2

Ekosistem Smartphone dan Layanan Masa Depan

{ }
Bagi smartphone, ekosistem adalah ruang hidup yang antara satu dan yang lain saling menunjang dan melengkapi. Dalam suatu ekosistem, ada saling ketergantungan. Pembuat ponsel dan pengembang aplikasi hidup dan saling menghidupi dalam suatu ekosistem, yaitu sistem operasi. Sistem operasi ponsel adalah ekosistem. Pertarungan sistem operasi bukanlah pertarungan yang singkat. Di tahun - tahun awal, semua masih mungkin terjadi. Bicara tentang OS, entah dulu ataupun sekarang, Apple selalu tampil di awal dengan performa yang mengagumkan, sebelum akhirnya menjadi minoritas. Saat inipun nampaknya sama saja. Apple yang dominan mulai tergerus dominasinya dengan kehadiran android. Kembali lagi ke faktor ekosistem, android disuport beragam merk ponsel, sementara iOS hanya satu. Secara ponsel mungkin iPhone bisa menang, tapi secara ekosistem, android jelas lebih punya masa depan. Akhir pertarungan ekosistem smartphone mungkin akan sama seperti PC, hanya saja, di smartphone ada satu lagi pemain yang punya kans unntuk dominan. Windows phone. Saya mengesampingkan Blackberry karena selain ia mirip seperti iPhone dalam hal pemanfaatan OS, Blackberry lemah di sektor lain untuk membuat OS nya berkembang. Blackberry tidak dominan baik di bisnis PC maupun Internet. Saya rasa, kompetisi OS tidak bisa dimenangkan hanya dengan modal fitur messenger.
0

Mencoba BlogIt : Blogger App Untuk Android

{ }
BlogIt adalah program untuk OS android yang fungsinya untuk manajemen konten blogger blogspot. Diantara beragam aplikasi di toko aplikasi android, menurut saya ini yang terbaik untuk ngeblog di blogger.

Dibanding aplikasi serupa, blogit paling terintegrasi dengan akun blogger kita. Saat akun dibuka, kita dihadapkan pada pilihan blog mana yang akan dimanage. Saat blog dibuka, terdapat daftar konten dari blog tersebut plus sebuah tombol new post. Di halaman ini kita bisa melakukan dua hal. Membuat post baru atau mengedit post lama. Masih di halaman yang sama, ada tab navigasi yang berisi komentar di blog kita. Di halaman ini kita bisa mempublikasikan komentar. Jadi dengan software ini membuat, mengedit post, atau sekedar menambahkan komentar jadi mudah. Semua dalam metode penulisan yang dilengkapi dengan pilihan bold, italic, striketrough, dan beberapa yang lain. Pengisian label juga mudah karena software juga sudah menyimpan label yang biasa digunakan, jadi tinggal tap aja.

Post ini dibuat pakai blogit. Gimana hasilnya ya? Saya sendiri belum bisa cek di komputer. Nanti sore paling baru bisa. Btw, sebagai test aplikasi baru, kayaknya ini sudah cukup panjang, hehe.
1

Azis Syamsuddin : Mulutmu Harimaumu

{ }

Arogansi sosok Azis Syamsuddin menuai kecaman.  Bakal kandidat Gubernur DKI Jakarta dari Partai Golkar ini, yang sekarang menjadi Wakil ketua komisi III di DPR, belum - belum sudah menunjukkan sikap yang membuat kansnya untuk maju sebagai calon gubernur layu prematur. Kata - kata kasar yang sebenarnya kurang pas di forum yang diliput media ( bahkan sebenarnya tetap kurang pas tanpa ada liputan media sekalipun) ditujukan pada Denny Indrayana, wakil menteri hukum dan HAM, yang pada saat itu mebahas pengetatan remisi bagi koruptor. Kata - kata ini seperti membuka sebuah selubung kalau Azis, dan mungkin partainya, berusaha membela koruptor. Ini mengingat banyaknya kader partai pohon rindang ini yang ngandang di balik jeruji karena kasus korupsi.


Saat ini kita sedang gencar - gencarnya melawan korupsi. Misalkan emosi dan memaki - maki karena menentang korupsi itu wajar, mungkin justru mendapat simpati orang banyak. Lha ini emosi kok ditujukan pada mereka yang sedang giat menentang korupsi, di forum penting lagi, diliput lagi. Opo tumon. 
0

English Grammar Online Checker

{ }
Writing in English is frustrating for people like me who speak a language without any tenses. Sentences using past future, past perfect continues, and many other tense never been used in my language, so i can't translate those kinds of sentences automatically in my mind. Knowing my limitation, then i search some helpful sight on goggle dealing with English grammar. The result is, i found an interesting site that provides online checking for grammar. http://www.whitesmoke.com/free-online-checker. Ever heard about this site? No?

Simple paste your paragraph to the window, click check, then it will investigate your writing immediately. If mistakes found, those words will be underlined. If you click the word, some suggestions appear. Very informative for people like me to handle mistakes about english grammar, especially tenses.
2

Akhirnya : Monetisasi

{ }
Agar tidak terbengkalai, akhirnya saya mutusin untuk menyisipkan sedikit iklan/ad post untuk blog ini. Tentunya bukan model blog untuk iklan yang harus kejar target ini itu, nggak. Posting tetap ancur seperti biasa, cuman akan ada ruangan buat nampilin iklan meski ga terlalu besar. Rasanya sayang ngeliat blog ini yg PR nya lumayan cuman dianggurin atau cuman diisi keluh kesah berkepanjangan. Kali aja dengan adanya iklan, saya jadi semangat untuk kembali mengoptimasi, silaturahmi ke blog - blog lain, dan sebagainya. Harapannya baik, coba ntar diliat hasilnya kayak apa. O iya, agar jangkauannya global, tentunya perlu post dalam bahasa inggris. Ini jadi jagoan saya ntar, soalnya saya akan menerapkan english-Indonesia, bukan english-UK atau english-US, jadi akan ada genre baru dalam bahasa inggris. Yah, litle - litle semrawut lah pokoknya, yang penting inggris.
0

Feedburner Ngadat dan Tampilan Baru Feedburner

{ }
Hari ini feedburner sedang nggak happy. Dia nggak nampilin jumlah pelanggan feed. Saya pikir ada masalah, lantas saya cek di akun feedburner saya, dan memang. Feedburner tidak menampilkan jumlah pelanggan feed. Mungkin memang sedang ada pembenahan. Dari tidak tampilnya jumlah feed subscriber, saya jadi tahu kalau ternyata feedburner juga ada tampilan baru meski masih beta. Tampilannya seperti layanan - layanan google yang lain, seperti google analytic, adsense, gmail, dan semacamnya. Mungkin nantinya semua tampilan google bakal seperti itu.
3

Ngeblog Tanpa Tujuan

{ , }

Melakukan sesuatu tanpa target ternyata berat. Seperti halnya menulis di blog ini. Menulis tanpa tahu sebenarnya apa yang hendak dicapai. Dulu, blog digunakan untuk berbagi cerita, belajar merangkai kata, kalimat, menjadi suatu kisah yang layak dibaca oleh orang lain. Sekarang setiap kata dan kalimat mulai dibajak oleh facebook atau twitter. Hanya menyisakan lahan kosong di halaman blog. Bingung mau berbagi apa.

Blog bisa juga digunakan untuk menjual sesuatu. Apa saja bisa. Tapi social media dan ecomerce juga mulai mengambil alih. Jual baju, sepatu, apa aja di facebook. Menyisakan blog - blog yang hanya berisi beberapa post yang tidak ada respon saat artikelnya mendapat komentar. Sepi.

Blog bisa juga jadi lahan cari uang. Adsense, adsen - adsenan lokal, dan beberapa sistem cari duit lain yang banyak beredar di internet. Blog terus update, entah nulis sendiri atau kopas, yang penting update. Ada yang blognya bahkan tidak bisa terbaca saking kacau balau isinya, tapi sekali lagi. Update selalu.

Blog overload. Blog jadi luar biasa banyaknya, dan banyak yang tidak penting, seperti halnya blog ini. Untung blog ini nggak ramai, jadi meski isinya nggak karu - karuan, tidak ada yang melempar tomat busuk.
 
poside by budityas |n|e