Marjan vs ABC vs Freiss Indofood, Perang Rutin Setahun Sekali

Syrup sangat identik dengan lebaran. Setiap kali bulan puasa datang, beragam merk minuman syrup botolan terpajang di supermarket hingga warung - warung kecil dalam gang. Perang antar merk berlangsung rutin setahun sekali.

Dari sekian banyak merk, persaingan yang paling kentara melibatkan 3 kontestan. Marjan, ABC, dan Freiss Indofood. Dalam menjaring animo konsumen via iklan TV, hanya Marjan yang menggunakan pendekatan emosional. 2 yang lain fokus menjual produk secara teknis, mengedepankan nilai tambah produk mereka masing masing. ABC berinovasi dengan botolnya yang unik, sementara Indofood memperkenalkan syrup dengan kandungan madu. Meski begitu, dalam hal menarik minat konsumen, nampaknya Marjan masih selangkah di depan.

Jika bicara kualitas, ketiganya bisa dianggap setara. Untuk distribusi, Indofood jelas paling unggul. Dengan melihat data penjualan (di toko saya sendiri), untuk 2 minngu pertama ramadhan, Marjan tetap duduk di peringkat pertama, disusul oleh ABC squash, baru kemudian yang lain. Tapi bicara tahun kemarin, posisi penjualan bisa saja berbalik. Tahun kemarin syrup Freiss mengoverlap Marjan dalam hal penjualan, setidaknya di toko saya ^_^. Mengapa begitu? Seperti kita tahu, syrup bukanlah produk rutin. Lakunya hanya setahun sekali. Meski Marjan lebih banyak peminat, namun hanya Freiss yang memberikan jaminan retur produk jika pasca lebaran produk tersebut tidak habis terjual. Dalam arti, beberapa hari menjelang lebaran, syrup Marjan maupun ABC sudah out of stock. Habis, dan toko tidak berani order lagi. Jadi tinggal Freiss yang tersisa, tanpa kompetitor. Ya sudah, paling laku deh....^_^.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

1 komentar:

mudah di mengerti info info nya
terimkasih gan

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e