Sales Freelance, Kategorisasi dan Cara Kerja

Sales freelance adalah sales yang bebas. Tidak ada yang menggaji, beroperasi dengan modal sendiri, inisiatif sendiri, tanpa ada yang memberikan instruksi/perintah. Semua serba mandiri. Singkatnya, sales freelance adalah seorang wirausaha yang bergerak di bidang selling/menjual. Dalam menjual itu sendiri, pendekatan yang digunakan bisa bervariasi. Ada yang menggunakan pendekatan suply/sumber produk, ada yang menggunakan pendekatan demand/permintaan. Namun tetap ada margin dimana mereka bisa mendapatkan profit untuk setiap produk yang mereka jual.


Seperti disebutkan di atas, kategorisasi sales freelance bisa dibedakan menjadi 2, yaitu sales yang berpendekatan suply, dan sales yang berpendekatan demand, atau mudahnya, sales yang lebih fokus mengejar harga semurah - murahnya, dan sales yang fokus dalam hal menjual dengan harga setinggi mungkin. Dalam prinsip ekonomi, mungkin yang diharapkan adalah mendapat produk semurah - murahnya, dan menjual setinggi - tingginya, namun dalam persaingan yang sedemikian ketat, seorang sales freelance memang perlu memiliki prioritas untuk profesi yang ia jalankan, karena dengan durasi 24 jam yang mereka miliki, terlalu sedikit waktu yang ada untuk bisa merengkuh segalanya. Fokus di salah satu, jika memang ada rejeki, rentang margin yang tinggi merupakan sebuah bonus meski mungkin bukan untuk jangka panjang.

A. Trader
Saya menyebutnya trader, karena memang biasa disebut demikian. Dengan pendekatan pada supply, mereka menjual dalam kuantiti besar dengan  harga yang murah. Untuk satu jenis produk, mereka membeli dalam jumlah banyak dan menjual dalam jumlah yang banyak pula, dan karena kapasitas angkut terbatas, varian produk traderpun terbatas. Dengan fokus pada koneksi suplier yang baik, trader mampu menjual barang dalam kuantiti besar hanya pada sejumlah kecil pelanggan, umumnya toko - toko grosir yang memang mampu membeli dan menjual dalam skala besar. Trader butuh modal lumayan besar karena timing promo dan jual bisa tidak sama, jadi perlu dana untuk stok. Ada beberapa sumber bagi trader untuk bisa mendapatkan produk dengan harga murah, diantaranya :

1. Modern market
Jejaring market modern yang ada di berbagai kota seringkali menggunakan umpan harga sangat murah untuk meningkatkan traffic pelanggan, namun hal itu seringkali disiasati oleh trader untuk bisa mendapatkan harga produk semurah mungkin. Dengan hubungan yang baik antara trader dan pengelola modern market, harga yang jauh lebih murah dari standar harga resmi bisa diperoleh. Tingkat sulit/mudah dalam prosesnya tergantung jam terbang/pengalaman dari trader itu sendiri.

2. Mitra dagang
Mitra dagang di sini bisa sesama trader, atau bisa juga grosir langganan. Setiap trader bisa punya produk tertentu dengan kuantiti berlimpah (overstock), sehingga untuk bisa membuatnya liquid (mudah laku dan jadi duit), maka saling tukar menukar barangpun terjadi. Makin variatif produk yang dijual, makin mudah untuk mencairkannya (laku n jadi duit).

3. Toko kepepet
Aneh ya istilahnya, hehe.. tapi memang pada kenyataannya demikian. Trader bisa mendapat harga murah, bahkan lebih murah dari harga promo sekalipun, saat sebuah toko terdesak kebutuhan keuangan, misalkan saja saat mereka terdesak oleh tagihan, karena butuh uang mendesak, maka suatu produk bisa dijual dengan harga super murah, yang penting jadi duit. Memang rasanya tidak fair, tapi toko yang menjual produknya dengan harga rugi itu ada dan tidak sulit ditemui.

B. Sales Keliling/Loper
Ada yang menyebutnya sales kelilingan, ada juga yang bilang loper. Sales kelilingan menjual produk dalam satuan jual grosir terkecil (renceng misalkan) untuk bisa mendapat profit setinggi mungkin. Dengan satuan jual kecil, maka perlu produk yang multivarian dan melayani banyak langganan per harinya untuk bisa mendapat omset yang cukup besar. Sales kelilingan tidak butuh modal yang besar. Dengan modal kerja sejutaanpun sudah bisa jalan. Untuk bisa mendapat profit lumayan, target pembelinyapun harus tepat, dan umumnya didominasi pengecer, misal saja :

1. Kantin
Setiap sekolahan atau kantor punya kantin, dan kantin menjual ecer dengan basis pelanggan yang jelas. Selama dilayani dengan baik, mereka mau menerima produk meski dengan harga sedikit lebih tinggi.

2. Toko Besar Daerah
Yang dimaksud toko besar daerah adalah toko dengan ukuran cukup besar namun hanya melayani eceran, dan beroperasi jauh dari kota besar. Meskipun harga murah adalah harapan semua pelanggan, namun dengan variasi produk yang beragam, selalu ada ruang terbuka untuk produk - produk tertentu. Selain itu, untuk daerah yang jauh dari pusat bisnis, perkara menjual sedikit lebih mudah dibanding mendatangkan dagangan.

3. Toko Kecil yang Tersebar
Toko kecil adalah toko yang secara ukuran memang kecil, ada di beragam tempat, dengan nilai belanja puluhan hingga ratusan ribu. Untuk melayani toko seperti ini yang dibutuhkan adalah ketelatenan dan jadwal yang jelas. Telaten karena memang omsetnya tidak besar, dan terjadwal karena tidak setiap hari ada cash terkumpul, jadi memang perlu kejelasan, hari apa jika ingin mendatangi toko tersebut.

Sales kelilingan pada umumnya mencari produk di area terdekat. Tidak harus semua produk selalu mendapat harga termurah, yang penting lengkap dan tidak mengecewakan langganan. Grosir/suplier terdekat itupun kadang punya spesialisasi masing masing, jadi perlu mendatangi 2 hingga 4 toko untuk bisa mendapat harga terbaik.

 Pada dasarnya, profesi apapun butuh jam terbang untuk bisa benar - benar ahli. Makin berpengalaman, maka makin ahli dalam hal mengumpulkan laba. Yang terpenting dalam dagang adalah, jadilah ahli dalam menjual, bukan ahli dalam membeli, karena selama ada modal, membeli bukanlah hal sukar. Selama bisa menjual, modal kecil tidak masalah, jika punya modal besar akan lebih baik lagi.

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e