Pengalaman Bekerja Sambil Kuliah

Selama kuliah dulu di Jogja, saya punya beberapa pengalaman kerja, dan tentunya saat itu status saya masih mahasiswa, alias bekerja sambil kuliah. Bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja mungkin bukan hal yang langka. Banyak orang yang mengalaminya, dan saya hanyalah salah satunya. Ada banyak sekali kesempatan mendapatkan uang tambahan sebagai seorang mahasiswa, namun, akan lebih bijak jika bisa memilih mana saja tawaran pekerjaan yang dampaknya sesedikit mungkin mengganggu aktifitas kita yang utama, yaitu kuliah. Dari sekian jenis pekerjaan yang pernah saya jalani, berikut beberapa diantaranya :



1. Waiter outlet minuman
Saat itu tugas saya hanya meracik dan menyajikan minuman kepada pelanggan. Jam kerjanya hanya 4 jam sehari, namun banyak kenangan yang indah disana. Selain pekerjaannya menyenangkan, rekan - rekan kerjanyapun menyenangkan karena selain sama - sama masih kuliah, rata - rata mereka punya wacah cakep, alias enak dilihat. Jenis pekerjaan seperti ini sangat ideal untuk sekedar mencari uang tambahan (dan jodoh barangkali) untuk seorang yang berstatus mahasiswa.

2. Asisten Marketing
Menjadi bagian dari team marketing sangat menantang, hanya saja, umumnya marketing, durasi kerja dan waktunya tidak bisa diprediksi. Bisa 8 jam sehari, bisa kurang, namun seringkali lebih. Pekerjaan ini menjanjikan salary lebih banyak, non salary juga lumayan, namun sangat menyita waktu. Secara pengalaman, ini sangat berharga, namun banyak memakan waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan kuliah.

3. Team pelaksana proyek
Pelaksana proyek adalah orang yang melakukan pekerjaan sesungguhnya dari suatu proyek, entah perusahaan manapun itu yang memenangkan suatu tender. Pekerjaan ini fleksibel, dalam arti, untuk yang saya alami, bisa dilakukan pada malam hari. Memang pekerjaan malam hari tidak mengganggu kuliah secara langsung, namun bagaimanapun juga, jika kita bekerja dari malam sampai pagi, fisik yang akan komplain. Gampangnya, saat seharusnya kita kuliah, kita tidur. Jenis pekerjaan ini pendapatannya lumayan, tapi memang pengorbanannya juga besar.

Dari sekian banyak jenis pekerjaan yang saya jalani, hanya terbagi dalam 3 jenis pekerjaan di atas. Pekerjaan durasi pendek. pekerjaan durasi panjang, dan pekerjaan durasi panjang malam hari. Jika anda kuliah, saya sarankan mencari pekerjaan jenis pertama, atau jika mungkin, segala jenis pekerjaan dimana anda tetap fleksibel menentukan waktu kerja tanpa ada pressure dan keharusan yang mengikat (kontrak).

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e