Produk kebutuhan sehari - hari, atau FMCG (Fast Moving Consumer Goods), bisa sampai ke konsumen dengan beragam cara. Di bawah ini adalah sedikit gambaran bagaimana suatu produk bisa "selamat" sampai ke konsumen dan menjadi produk reguler (produk laku dan rutin dikonsumsi).
Yang pertama adalah persyaratan suatu produk untuk menjadi produk reguler, yaitu kualitas. Untuk laku, kualitas tidak harus yang terbaik, yang penting kompetitif dan terjangkau di kelasnya.
Jika produk sudah masuk kualifikasi layak jual, harga perlu dipertimbangkan dengan matang. Harga retail, grosir, dan seterusnya perlu diset terlebih dahulu dan seadil mungkin sehingga tidak ada keluhan dalam proses distribusinya ke depan.
Setelah itu distribusi produk. Distribusi produk biasanya dibagi menjadi kanal tradisional dan kanal modern. Kanal modern relatif welcome dengan produk - produk baru, sementara kanal tradisional relatif lebih sulit, padahal kanal tradisional potensinya lebih besar karena relatif lebih dekat dengan konsumen dan tersebar dalam jumlah banyak. Menjadi produk reguler di kanal tradisional adalah jaminan suatu produk bertahan dalam jangka panjang.
Agar konsumen mau membeli suatu produk, maka konsumen perlu tahu produk tersebut beserta kelebihannya. Cara termurah adalah dengan mendisplay produk sedemikian rupa sehingga mudah dilihat konsumen. Produk roti basah dan camilan tradisional biasanya menggunakan cara seperti ini. Cara yang mahal adalah melalui iklan di media massa.
Nah, bagaimana cara agar suatu produk "selamat" dan menjadi produk reguler yang laku terus menerus? Memantau repetisi order toko atau semacamnya bukan cara untuk mebuat produk laku, namun sekedar untuk mengetahui produk tsb bakal laku terus menerus atau tidak. Jika saya adalah pemilik suatu produk, yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut :
1. Memastikan produk punya keunikan yang menjual. Keunikan ini merupakan nilai tambah intrinsik produk yang tidak serta merta dpt ditiru kompetitor. Kalau sekedar harga lebih murah sementara produk tidak punya kelebihan tertentu yang menjual, sekedar info saja, menurunkan harga itu perkara mudah dan dapat dilakukan siapa saja, termasuk kompetitor.
2. Mendistribusikan produk secara top down dengan mencari (dan memberi margin yg layak) grosir2 potensial yang punya komitmen dan punya akses distribusi luas.
3. Mempekerjakan sales spreading dengan target kunjungan (bukan omset) untuk menginformasikan harga standar pembelian produk skala ritel, sekaligus mencoba menjual produk dengan jumlah minimal.
Cara tersebut sebenarnya relatif umum, dan tentunya punya kelemahan.
Kelemahan di no 3, seringkali sales spreading/motoris ditarget omset, dan yang terjadi adalah sales tidak mendistribusi dan menginformasikan harga ke retailer, tapi menjual barang hanya ke beberapa outlet, selanjutnya mengarang nota efective call. Tentunya perlu ada mekanisme yang baik sehingga hal seperti ini bisa dihindari.
Kelemahan di no 2, grosir umumnya malas menjual barang, dimana langganan2nya tidak ada yg merequest. Untuk itulah perlu selektif memilih grosir yang bisa diajak bekerjasama. Cara mudah untuk mengenali grosir seperti ini adalah via sales freelance. Grosir besar di pasar atau grosir yang sudah memiliki banyak langganan toko, relatif sulit menerima produk baru, karena dengan produk yang sudah adapun mereka sudah jalan dengan lancar.
Dengan metode di atas, tanpa iklanpun saya pikir produk sudah punya kans untuk menjadi produk reguler. Pada kenyataannya, cukup banyak produk - produk lokal yang mampu bertahan dengan cara - cara di atas.
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Opini |
10 years ago
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Strategi |
10 years ago
Marketing atau Pemasaran Dalam Pemahaman Yang Sederhana
-
*Marketing/pemasaran gampangnya adalah suatu mekanisme untuk membuat
produk/jasa diterima di pasaran. Konsumennya terus menerus membeli, dan
reselernya ter...
Pemasaran |
11 years ago
Kontes Video Iklan via Youtube
-
Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal,
untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan
internet. Bagi...
Ide |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Skill |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Stuff |
11 years ago
Alkohol Yang Membunuh
-
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak
bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di
In...
Popnews |
13 years ago
Mengejar Pasif Income
-
Kalo orang bilang sih, pasif income adalah income yang didapat karena aset
yang kita miliki, bukan karena kerja yang kita lakukan. Mudahnya saja untuk
blog...
Bisnis Online |
14 years ago
Poside : Sebuah Blog Pribadi
-
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog
abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan
penghasilan via *i...
Blogger Tips |
15 years ago
Internet Download Manager Portable
-
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat
berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel,
tanpa perlu i...
Software |
15 years ago
Membuat Top Komentator Blogger Blogspot
-
Menampilkan top komentator pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan
bagi komentator - komentator blog kita. Di blog ini, ada 5 komentator
terbanyak y...
Blogger Tutorial |
15 years ago
20+ Desain Blog Bernuansa Alam
-
Gaya natural atau alami banyak dipakai sebagai tema mendesain blog. Dari
rerumputan yang hijau hingga langit yang biru, semua bisa dilihat dari sisi
arti...
Desain |
15 years ago
0 komentar:
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.