Kontes Video Iklan via Youtube

Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal, untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan internet. Bagi mereka yang tradisional atau mereka yang ingin dampak cepat dalam waktu singkat untuk memasarkan produk baru mereka, hal itu masih bisa dibilang wajar. Namun, untuk brand – brand lama yang tidak ingin popularitasnya tergerus, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk mempertahankan popularitas brand mereka. Salah satunya via Youtube.


Youtube punya rentang tayang fleksibel dan masa hidupnyapun saya rasa panjang kalau melihat bahwa yang membackup adalah Google, raksasa internet dengan kapitalisasi pasar sangat besar. Youtube adalah media murah untuk cost per view iklan yang rendah dan durasi tayang panjang. Untuk suatu kategori produk, menjadi brand dominan di Youtube adalah kesempatan yang sebaiknya tidak diabaikan.

Menjadi dominan di Youtube tidak mungkin bisa dilakukan jika suatu brand hanya punya 1-2 video di sana. Perlu ada puluhan atau ratusan untuk bisa mendominasi. Untuk itu, butuh suatu metode untuk mencapainya, dan salah satu cara yang mungkin adalah melalui suatu kontes video iklan yang diupload oleh kontestan. Video yang dibuat siapa saja selama bermuatan positif dan meningkatkan awarenes terhadap produk adalah hal yang positif, terlepas dari kualitas video tersebut. Ada beberapa alasan mengapa hal itu layak dilakukan, diantaranya :

  • Gadget semakin canggih, bahkan kamera ponsel dengan resolusi 5 Mpix sekarang adalah hal yang lumrah.
  • Youtube makin sering diakses. Selain karena perkembangan infrastruktur yang makin baik, youtube menjadi menarik karena merupakan gudang video dari seluruh penjuru dunia, bahkan banyak acara TV mengambil video yang merupakan courtesy Youtube.
  • Kreativitas itu milik siapa saja, dalam arti, dari sekian ratus juta orang Indonesia, pasti ada yang punya ide – ide istimewa untuk bisa menjadi konsep sebuah iklan yang baik. Jadi, tema iklan tidak selalu harus dibuat oleh sebuah tim kreatif, karena anak SMP yang bisa mengoperasikan ponselpun bisa jadi sangat kreatif.
  • Punya dampak meski tidak tayang di TV. Iklan yang tayang di youtube, meski buatan perseorangan, bukan corporate, tetap punya visitor. Dapat dilihat dan diakses siapa saja, kapan saja, sengaja atau tidak sengaja.

Iklan yang dibuat siapa saja, tentu saja punya konten yang beragam, bahkan bisa juga punya tendensi yang kurang bagus/kontra dengan brand itu sendiri, namun efek viralnya tetap ada, dan itu tetap meningkatkan awareness terhadap brand meski perlu ada effort tambahan untuk terciptanya image bagus terhadap brand tersebut.

Untuk membuat kompetisi, tentunya perlu ada hadiah dan metode pelaksanaan. Perlu difikirkan dengan baik untuk hal ini, dalam arti, suatu project dapat dibilang berhasil jika hasilnya lebih besar dari modalnya, karena pada dasarnya, ini bisnis. Dan dalam bisnis, perhitungan yang ada adalah untung rugi, bukan yang lain.

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e