Antara Ide dan Referensi

Akhir - akhir ini, dengan makin mudahnya transfer ilmu dan informasi, dunia berubah dari model pengalaman membangun teori menjadi teori membangun pengalaman. Sebuah referensi dan pemikiran orang lain yang berstempel profesional, pakar, atau ahli, menjadi penting untuk mengutarakan pendapat pribadi dalam konteks keilmuan.

Sebenarnya tidak salah, hanya saja menurut saya proporsinya makin tidak berimbang. Berabad lalu, pemikiran - pemikiran bagus dan revolusioner tumbuh berkembang dalam situasi transfer informasi yang kurang begitu bagus. Antar ahli saling bertukar informasi hanya melalui korespondensi surat menyurat, atau melalui tulisan di surat kabar. Tidak sebaik saat ini dimana tinggal klik, informasi bertebaran di mana - mana.

Minim referensi sebenarnya juga bukan hal yang buruk. Dalam kondisi demikian, orang dituntut untuk menciptakan ide - ide segar yang bersumber pada kejadian nyata di sekitarnya. Pengalaman dan ide dalam menyelesaikan masalah memberikan kontribusi besar dalam ilmu pengetahuan.

Dalam era modern ini, tanpa terasa informasi telah menggiring kita ke mainstream kemajuan, dalam arti, kemajuan terpolakan secara komunitas dan mengeliminasi serpih - serpih ide yang sebenarnya bisa jadi adalah sumber wawasan baru. Dalam era modern, pemikiranpun merupakan sebuah trend.

Mengeliminasi referensi dan lebih berfokus pada pemikiran sendiri dalam membangun realitas bisa dibilang kembali ke era lampau yang minim informasi, namun di saat yang sama, bisa menjadi perkembangan pecahan yang boleh jadi membentuk group pengetahuan khas dan penyelesai masalah yang baru.

Btw, preferensi orang berbeda - beda, namun saya memilih untuk meminimalisir cuplikan kata dari pakar dan meminimalisir link sumber bacaan. Semua yang ada di sini sebagian besar bersumber dari melihat kondisi real plus analisa pribadi plus ide pribadi.

Kualitas ide bisa bagus bisa buruk, tapi setidaknya, originalitas tanpa terpengaruh referensi bisa menjadi hal baru untuk difikirkan.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Rommi Ariesta said...
Kalau hanya untuk menyampaikan ide memang kita tidak membutuhkan referensi. Tapi lain bila kita ingin membuat analisis.

Menurut Ichsannoresy dalam pada acara debat caleg di TV ONE dalam menilai caleg yg membuat analisis tak berdasar disebutkan setidaknya harus memperhatikan 5 hal sebelum membuat analisis :

1. Sumber data
2. Fakta
3. Referensi
4. Bukti-bukit
5. Baru kita mengajukan analisis.
BudiTyas said...
Ya, analisis itu membahas sesuatu hal, jd ada yg dibahas & ada prosedurnya untuk bisa dibilang analisa tsb acceptable.

Kadang, sekedar melontarkan ide, opini atau semacamnya, ada jg yg minta sumber2 utk tahu mengapa ide tsb diajukan, dasar2nya dlsb.

Karena, kita ini sukar membedakan apakah itu ide non referensi atau sekedar ide hasil mengembangan ide orang lain (semacam analisa hasil bahan bacaan utk dikembangkan menjadi sesuatu yg baru. Ide baru)

Akhir - akhir ini, metode yg terakhir itu banyak sekali. Ide yg bereferensi, jd ide yg sambung menyambung membentuk mainstrem. Sulit mencari sesuatu yg benar2 khas dan berbeda, krn ide masa kini tumbuh bereferensi.

Jujur saja, kita saat ini lebih sering dapat ide setelah baca sesuatu hal, ya kan? Nah, itu ide yg bereferensi. Semua yg tertulis itu teori.
Rommi Ariesta said...
Ide yang disampaikan dengan fakta dan data lebih "mencengkram".

Terlepas dari itu semua, sah saja kalau kita tidak merujuk pada suatu teori atau fakta. Kalau kita mau menunjukkan sisi originalitasnya.

Senang bisa berdiskusi dengan Mas BudiTyas.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e