Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko


Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3 dasar dalam menjual, yaitu :

Jelas
Teliti
Ramah

Dalam menjual diperlukan kejelasan dalam berbagai hal. Mulai dari kejelasan produk, harga, isi/kemasan, dan lain sebagainya. Kejelasan menumbuhkan keyakinan, dan keyakinan menumbuhkan kepercayaan.

Menjual juga membutuhkan ketelitian. Teliti dalam hal kesesuaian produk dengan permintaan pembeli, teliti dalam kalkulasi, dan teliti dalam hal pengemasan. Ketelitian memastikan transaksi berjalan tanpa ada satu pihak yang dirugikan.

Disamping hubungan bisnis, transaksi di toko adalah hubungan antar manusia yang merupakan makhluk sosial. Keramahan dibutuhkan, terutama untuk toko tradisional dimana tatap muka penjual – pembeli berlangsung lebih intens.

Ketiga prinsip dasar tersebut harus berjalan beriringan, jangan sampai terjadi suatu kejelasan yang kasar/tidak ramah, atau justru keramahan yang tidak jelas dan tidak teliti (misal : transaksi sambil bergosip ria)

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e