Ekosistem Smartphone dan Layanan Masa Depan

Bagi smartphone, ekosistem adalah ruang hidup yang antara satu dan yang lain saling menunjang dan melengkapi. Dalam suatu ekosistem, ada saling ketergantungan. Pembuat ponsel dan pengembang aplikasi hidup dan saling menghidupi dalam suatu ekosistem, yaitu sistem operasi. Sistem operasi ponsel adalah ekosistem. Pertarungan sistem operasi bukanlah pertarungan yang singkat. Di tahun - tahun awal, semua masih mungkin terjadi. Bicara tentang OS, entah dulu ataupun sekarang, Apple selalu tampil di awal dengan performa yang mengagumkan, sebelum akhirnya menjadi minoritas. Saat inipun nampaknya sama saja. Apple yang dominan mulai tergerus dominasinya dengan kehadiran android. Kembali lagi ke faktor ekosistem, android disuport beragam merk ponsel, sementara iOS hanya satu. Secara ponsel mungkin iPhone bisa menang, tapi secara ekosistem, android jelas lebih punya masa depan. Akhir pertarungan ekosistem smartphone mungkin akan sama seperti PC, hanya saja, di smartphone ada satu lagi pemain yang punya kans unntuk dominan. Windows phone. Saya mengesampingkan Blackberry karena selain ia mirip seperti iPhone dalam hal pemanfaatan OS, Blackberry lemah di sektor lain untuk membuat OS nya berkembang. Blackberry tidak dominan baik di bisnis PC maupun Internet. Saya rasa, kompetisi OS tidak bisa dimenangkan hanya dengan modal fitur messenger.


Layanan Smartphone Masa Depan

Pembayaran berbasis ponsel
Di masa yang akan datang, semua hal yang mampu dilakukan secara nirkabel dan portabel akan disuport oleh smartphone. Yang terdekat adalah fitur semacam eWallet, metode pembayaran dengan memanfaatkan smartphone. Uang maya yang terintegrasi dengan smartphone kedepannya akan terkait erat dengan eCommerce. Bisa dibilang, jika perusahaan semacam Google mampu mengintegrasikan fitur eWallet ke smartphone, ia juga bakal sukses dengan eCommerce. Fitur semacam eWallet adalah kunci untuk terbukanya kesempatan bertransaksi seluas - luasnya, baik online maupun offline, bagi pengguna smartphone.

Remote control berbasis ponsel
Bagaimana jika TV, DVD, dan beragam alat elektronik bisa dikontrol menggunakan ponsel? Pasti menarik. Tidak perlu bingung jika remote bawaan TV rusak. Kemampuan seperti ini sebenarnya sudah tertanam di smartphone mutakhir dengan adanya DLNA, hanya saja pengaplikasiannya belum luas. Masih perlu waktu untuk membuat semuanya terintegrasi secara optimal.

Dan lain - lain .. (to be continue) ...







Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

Seputar Jakarta said...
Menunggu lanjutannya mas Bud... :)
Loker Jakarta said...
Ini abangnya mana, pasti bisnisnya ruar biasa besar jadi lupa ma blognya... ;D

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e