Tantangan Non Teknis Toko Grosir Sembako

Toko grosir sembako yang dikelola secara tradisional dengan team kecil biasanya hanya ada 2 layer jabatan, yaitu pemilik usaha (alias juragan ^_^) dan pekerja/karyawan. Tidak ada departemen atau segala macam divisi. Hanya ada 2 lapis dalam menjalankan bisnis. Dengan team yang kecil, maka kendala non teknis memberi pengaruh besar dalam menjalankan usaha. Diantaranya :


1. Anak kecil
Jika anda punya usaha grosir sembako dan punya anak yang masih kecil - kecil, maka tantangannya justru di situ. Bahkan kadangkala dampaknya bisa lebih besar dibanding faktor - faktor teknis. Anak yang merengek saat toko sedang ramai, minta diantar ke taman bermain smentara kita sedang banyak kerjaan, dan masih banyak contoh lain, adalah sebuah tantangan yang seringkali lebih sulit ditangani dibanding faktor - faktor teknis yang menyangkut jual beli.

2. Pertengkaran suami istri
Haha.., kebayang kan kalau melayani pelanggan sementara antara suami istri yang sama - sama mengurus toko saling diam - diaman? Ini hal yang sulit,...but that shit happen. Memang serba tidak enak, namun setiap orang punya ego masing - masing, dan untuk bisnis yang dikelola keluarga, maka masalah personal dan kerjaan seringkali tercampur aduk.

3. Masalah personal karyawan
Karena hanya terdiri dari 2 lapis struktur kerja, maka kalau bukan juragannya ya karyawannya yang punya masalah personal. Kebayang kan kalau punya karyawan cewek yang habis putus sama pacarnya? Senyum nggak ada, ketelitian turun drastis, dll. Hal seperti ini sulit dihindari, dan bisa terjadi di grosir manapun.

Semakin kecil team yang ada, pengaruh hal non teknis tersebut semakin besar dampaknya, dan kebanyakan, tidak ada solusi praktis untuk mengatasinya karena memang sifatnya khas. Beda toko bisa beda situasinya.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

terimakasih infonya gan
yogrosir said...
wah, ternyata toko grosir sembako punya banyak kendala dan tantangan di dalamnya. maksih infonya mas.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e