Keterkaitan, Diskusi, dan Pendapat Anda

Jangan pernah merasa aman saat pendapat anda sama dengan pendapat orang kebanyakan. Jika itu terjadi, maka itu tanda anda adalah orang biasa, tidak istimewa. Berpikir beda bisa dengan beragam cara. Bisa asal beda, bisa juga beda yang mencerahkan. Tergantung anda.


Seperti pernah saya singgung di post sebelumnya tentang beragam keterkaitan, maka setiap subject bisa dipandang dari beragam perspektif. Tidak mungkin pendapat itu identik kecuali anda memang tidak mau atau tidak mampu membangun satupun alternatif keterkaitan yang berguna.

Diskusi bagi saya bukan sekedar benar salah atau setuju tidak setuju. Bagi saya, diskusi adalah sebuah cara menilai keterkaitan apa yang mampu anda sumbangkan untuk memperkaya sudut pandang bagi subject yang sedang diperbincangkan.

Pada akhirnya, bagi saya, seorang pemenang adalah mereka yang mampu membangun sebuah simphoni keterkaitan yang indah dan kuat, yang sukar dipatahkan, bukan sekedar asal menang dengan fokus pada cara - cara menjatuhkan lawan bicara.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e