Mengapa harga pasar lebih rendah dibanding harga resmi?

Ada banyak hal yang menyebabkan harga di pasaran lebih rendah dibanding harga resminya. Mengapa demikian? Secara detil sebenarnya saya tidak benar2 tahu, hehe.. ^_^, hanya dari pengalaman saja akan saya share. harga pasaran lebih rendah dari harga resmi karena hal - hal berikut :

1. Ada promo resmi
Pada waktu tertentu, dalam durasi waktu tertentu, suatu produk dijual dengan potongan harga tambahan. Ini dijalankan oleh distributor yang secara resmi mengelola area tertentu. Produk murah yang beredar bisa berlangsung cukup lama, bahkan diluar rentang waktu promonya selama stok produk di toko - toko yang mengorder di waktu promo belum habis. Produsen yang bonafid biasanya punya alokasi/budget dan jadwal tertentu untuk promo - promo seperti ini, sehingga selain membuat distribusi produk mereka makin meluas, kemungkinan kompetitor untuk menggerus market share mereka melalui harga murah bisa diminimalkan.

2. Ada promo modern market
Seperti halnya distributor resmi, modern market skala besar mampu menjual produk dibawah harga standar distributor. Latar belakang hal ini mungkin beragam, namun yang jelas, harga di pasaran akan rusak dalam jangka waktu tertentu, bahkan ada produk - produk yang beredar luas karena cara ini, dalam arti, harga yang ada di pasaran SELALU di bawah harga resmi distributor. Contoh mudahnya adalah Daia 900g dari wings.  

3. Distribusi yang kurang selektif
Distributor dengan team salesnya seringkali kurang/tidak selektif memilih outlet/partner dalam mendistribusikan produk. Outlet2/reseller yg mendapat tempo dan menjual rugi demi cash masih saja mendapat suply dalam jumlah besar sehingga produk2 yang dijual rugi tersebut membanjiri pasar. Ini seringkali terjadi saat team sales mengalami over pressure. Targetnya tidak sebanding dengan serapan pasar. Jika yang seperti ini berlanjut, produk mungkin akan membanjiri pasar, namun bukan uang yang didapat, tapi beragam bad debt dan bubarnya team sales.

4. Pergantian distributor
Saat produk berganti distributor, seringkali distributor lama melepas produknya dengan cepat dengan harga lebih murah. Saat list harga resmi distributor baru muncul, stok - stok lama dengan harga murah masih membanjiri pasar.

Distributor resmi memang mitra yang paling ideal dalam bisnis sembako/kelontong/FMCG, namun bukan berarti harga yang mereka tawarkan selalu yang termurah. So, utk yang belum disuplay dist resmi, jangan berkecil hati. Selalu ada jalan untuk tetap kompetitif di bisnis ini.





Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

6 komentar:

FMCG Book said...
Discover many interesting facts on "FMCG: The Future of Fast Moving Consumer Goods".

"By far the biggest news in the company’s short history was the shock April 2011 announcement in of the retirement of Bart Becht, the only CEO the company had ever had."
Check fmcgbook.com for more details.
pemesanan said...
oh jadi begitu yah, ane baru tahu tuh...
BELAJAR BAHASA said...
harga di pasar tentunya ada unsur diskon dan ada faktor lain yang buat lebih murah
Tangan Kreatif said...
sayang sekali blog ini sudah jarang di update
Anonymous said...
Having issues while building Wordpress Websites ?

Check out https://www.codemywp.com/
Anonymous said...
Having issues while building Wordpress Websites ?

Try this

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e