Ada banyak tantangan yang membuat sebuah produk/brand FMCG baru seringkali gagal di pasaran. Beberapa diantaranya :
1. Perbedaan kualitas
Ada kalanya karena suatu bisnis sedang booming, sebuah perusahaan besar ikut terjun ke bisnis yang semula dominan berisi pemain - pemain kecil. Hanya mengandalkan nama besar dan distribusi yang bagus saja seringkali tidak cukup jika produk yang di launch kualitasnya kurang kompetitif. Pemain kecil mendapatkan pangsa pasar terutama karena kualitas, bukan yang lain. Kalau ingin masuk, tentunya kualitas tidak boleh kalah, kelebihan publikasi dan distribusi jadi nilai tambah.
2. Alokasi budget distribusi
Sebuah produk baru masuk dengan iklan tv intensif, distribusi bagus, namun seringkali tidak menganggarkan budget cukup untuk jaringan distribusinya. Margin yang ditawarkan tidak cukup menarik bagi grosir/retail. Bagi reseller, ada terlalu banyak item barang yang bisa dijual.
3. Label harga
Label harga yang tertera dalam kemasan bisa jadi hal terburuk yang dilakukan untuk produk baru. Sebuah produk dilabel dengan harga sedikit lebih murah dibanding kompetitor dengan harapan bisa laku lebih banyak. Benarkah bisa begitu? Seringkali label harga justru membuat distribusi terhambat. Yang punya niat beli mungkin banyak, tapi siapa yang mau jual jika rentang marginnya dibatasi? Ada terlalu banyak toko kelontongan kecil, apakah semua bisa dicover sales resmi sehingga jalur distribusinya pendek? Tidak akan mungkin. Dengan label harga, kesempatan jadi sangat luas bagi kompetitor mendisplay produk mereka di outlet2 pelosok tanpa pesaing. Untuk produk baru dengan harga murah, sebaiknya tidak perlu dibandrol, kecuali produk memang sudah lancar dan distribusi mandirinya berjalan maksimal.
4. Konservatifism
Maksudnya? Perdagangan penuh perubahan. Data pasar, intuisi bisnis, banyak memegang peranan. Melihat pasar bagi seorang akademisi dan pekerja di lapangan bisa jadi berbeda. Menjadi konservatif, statis, dan bepijak pada keberhasilan prosedur standar masa lalu bisa jadi bumerang. Pasar bergerak.
FMCG sangat crowded, riuh. Banyak chalanger yang berguguran, menyisakan pendatang - pendatang baru yang tangguh dan produknya menjadi item reguler yang penjualannya terus mengalir sepanjang waktu.

Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Strategi |
10 years ago

Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Opini |
10 years ago

Marketing atau Pemasaran Dalam Pemahaman Yang Sederhana
-
*Marketing/pemasaran gampangnya adalah suatu mekanisme untuk membuat
produk/jasa diterima di pasaran. Konsumennya terus menerus membeli, dan
reselernya ter...
Pemasaran |
11 years ago

Kontes Video Iklan via Youtube
-
Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal,
untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan
internet. Bagi...
Ide |
11 years ago

Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Skill |
11 years ago

Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Stuff |
11 years ago

Alkohol Yang Membunuh
-
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak
bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di
In...
Popnews |
13 years ago

Mengejar Pasif Income
-
Kalo orang bilang sih, pasif income adalah income yang didapat karena aset
yang kita miliki, bukan karena kerja yang kita lakukan. Mudahnya saja untuk
blog...
Bisnis Online |
15 years ago

Poside : Sebuah Blog Pribadi
-
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog
abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan
penghasilan via *i...
Blogger Tips |
15 years ago
Internet Download Manager Portable
-
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat
berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel,
tanpa perlu i...
Software |
15 years ago

Membuat Top Komentator Blogger Blogspot
-
Menampilkan top komentator pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan
bagi komentator - komentator blog kita. Di blog ini, ada 5 komentator
terbanyak y...
Blogger Tutorial |
15 years ago
20+ Desain Blog Bernuansa Alam
-
Gaya natural atau alami banyak dipakai sebagai tema mendesain blog. Dari
rerumputan yang hijau hingga langit yang biru, semua bisa dilihat dari sisi
arti...
Desain |
15 years ago
3 komentar:
http://en.wikipedia.org/wiki/Fast_moving_consumer_goods
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.