Beberapa minggu terakhir mungkin jadi hari - hari yang sibuk untuk mereka yang bekerja di PT Santos Jaya Abadi, produsen kopi kapal api, kopi ABC, Goodday, Grande, dan Fresco. Kompetitor kelas berat masuk ke lahan bisnis mereka. Wings, masuk ke pasaran kopi dengan membawa brand Top Coffee, yang iklannya gencar, tidak kalah dengan penetrasi produknya.
Kapal api nampaknya tidak ingin menjadi Indofood ke 2, yang market share mie instantnya banyak tergerus oleh hadirnya mie sedaap bikinan Wings. Kapal api cukup sigap menyambut tantangan Wings dengan menghadirkan Fresco. Kopi yang dijual dengan program promo 2 gratis 1, identik dengan metode jual Wings untuk Top Cofee. Pertanyaannya, apakah Fresco mampu membendung Top Coffee? Apakah kehadiran Fresco bukan sebuah kesalahan?
Pada awal kemunculannya, Top Coffee hanya punya dua varian, yaitu kopi susu dan kopi gula. Fresco pun sama. Kopi susu, kemudian disusul dengan kopi gula. Semuanya berjenis kopi dengan ampas, alias kopi tubruk. Yang jalan kencang cuma yang pakai susu, yang versi kopi gula agak ngadat alias tidak begitu laku. Dari sekian banyak yang beredar, Santos (Kapal api) memang menjadi leader dengan brand beragam. Sebut saja ABC susu, Kapal api susu, Ya!susu, ditambah lagi Fresco. Harga ABC susu terlalu tinggi untuk dijual ecer Rp 1000,- , yang akhirnya dibuat serenceng isi 11pcs untuk membuatnya tetap menarik. Kapal api susu dijual ecer Rp 1000,- , harga per rencengnya setara dengan kompetitor lain macam Torabika susu atau Nescafe tubruk. Ya!susu harganya nanggung, dijual 1000an kemahalan, dijual kurang dari itu repot ngasih kembalian receh, jadi kurang populer bagi banyak pedagang tradisional. Top Coffee dengan cerdik menghindari harga 'nanggung', namun tetap terasa jauh lebih murah. Seribuan, tapi beli 2 dapat tambahan gratis 1. Hal ini pula yang mungkin membuat Kapal api perlu sebuah brand lagi untuk melawan Top Coffee, brand dengan metode jual 2 gratis 1, tanpa perlu mengorbankan brand - brand lama yang relatif sudah mapan di pasaran.
Dari sisi kualitas, Fresco jelas berkualitas. Rasanya lebih enak dan harganya diposisikan di bawah Top Coffee. Dari sisi pemasaran, yang saya tahu, iklan TV nya tidak kalah gencar dengan Top Coffee. Untuk aspek pemasaran lain yang sifatnya BTL, saya kurang tahu. Untuk distribusi, lebih tepatnya masalah term pembayaran, keduanya memiliki perbedaan yang menyolok, setidaknya di area saya. Produsen kopi menjual produknya dominan dengan metode hard cash. COD. Sementara, produk - produk Wings dijual dengan sistem tempo. Jika toko ditanya lebih suka mendapat barang tempo atau cash, sudah bisa dipastikan mereka akan memilih tempo. Pada awalnya, Fresco mungkin dijual juga dengan sistem tempo untuk mendapatkan pasaran, namun semua juga tahu, pada akhirnya para pedagang itu tetap harus membayar cash untuk mendapatkan Fresco, seperti halnya produk - produk Kapal api yang lain. Dari sini tampak jelas bahwa membesarkan Top Coffee lebih menarik dibandingkan membesarkan Fresco. Makin besar Top Coffee, makin besar cash in, sementara untuk Kapal api, makin laku, makin besar cash out di awal, padahal seperti umumnya produk laku, profitnya tipis. Wings vs Kapal api tidak sama dengan Wings vs Indofood atau Wings vs Unilever yang menyediakan fasilitas/metode pembayaran yang serupa.
Banyak pedagang mungkin berharap Top Coffee menjadi dominan, namun selera masyarakat itu soal lain. Di tempat - tempat dimana mie sedaap mendominasi, alasan mie tersebut dibeli bukan lagi lantaran harga, tapi karena rasa. Harga murah sekedar pintu masuk untuk membuat calon konsumen mau mencicipi. Seberapa besar penetrasinya/market share yg didapat bergantung pada kualitasnya. Pendapat saya pribadi, dari sisi rasa, produk kapal api sebenarnya masih lebih unggul dibanding Top Coffee (setidaknya untuk saat ini). Top Coffee tetap akan punya pangsa pasar tersendiri, hanya saja tidak akan menjadi dominan jika Kapal api bisa menjaga kanal distribusinya. Jika sampai pangsa pasarnya tergerus banyak, kekalahan Fresco (dan mungkin produk Kapal api yg lain) lebih mungkin karena banyak toko out of stok produk Kapal api, sementara Top Coffee selalu full stock. Yang jelas bukan lantaran kalah harga atau kalah kualitas.
Update : 12 Nov 2012
Semenjak ada promo 2 gratis 1, penjualan Kapal api susu meningkat lumayan pesat. Budget cash 5 jutaan untuk produk kapal api habis dalam 3 hari, padahal biasanya cukup untuk 1 minggu. So, meski yg diminta produk 2 gratis 1 adalah kapal api susu, hari - hari selanjutnya jualannya ya tetep Top Coffee, yg stoknya lumayan banyak karena emang nggak harus beli cash. Batasan penjualan Top coffee adalah animo pembeli, sementara batasan penjualan Kapal api adalah budget pedagang. Maklumlah pedagang kecil. Budget 5 jutaan aja rasanya udah ngos - ngosan, haha... Paling2 orderan mendatang terpaksa order ABC susu dikurangi, dan fresco praktis nggak jual lagi.
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Opini |
10 years ago
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Strategi |
10 years ago
Marketing atau Pemasaran Dalam Pemahaman Yang Sederhana
-
*Marketing/pemasaran gampangnya adalah suatu mekanisme untuk membuat
produk/jasa diterima di pasaran. Konsumennya terus menerus membeli, dan
reselernya ter...
Pemasaran |
11 years ago
Kontes Video Iklan via Youtube
-
Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal,
untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan
internet. Bagi...
Ide |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Skill |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Stuff |
11 years ago
Alkohol Yang Membunuh
-
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak
bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di
In...
Popnews |
12 years ago
Mengejar Pasif Income
-
Kalo orang bilang sih, pasif income adalah income yang didapat karena aset
yang kita miliki, bukan karena kerja yang kita lakukan. Mudahnya saja untuk
blog...
Bisnis Online |
14 years ago
Poside : Sebuah Blog Pribadi
-
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog
abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan
penghasilan via *i...
Blogger Tips |
15 years ago
Internet Download Manager Portable
-
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat
berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel,
tanpa perlu i...
Software |
15 years ago
Membuat Top Komentator Blogger Blogspot
-
Menampilkan top komentator pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan
bagi komentator - komentator blog kita. Di blog ini, ada 5 komentator
terbanyak y...
Blogger Tutorial |
15 years ago
20+ Desain Blog Bernuansa Alam
-
Gaya natural atau alami banyak dipakai sebagai tema mendesain blog. Dari
rerumputan yang hijau hingga langit yang biru, semua bisa dilihat dari sisi
arti...
Desain |
15 years ago
23 komentar:
kerja di wings ya?
Nganggur ya?
Haha... kok bisa kerja di wings tu dari opini bgian mana ya? Saya pengangguran om.. ga kerja di mana2...
Btw, abc susu hg kartonan turun, mungkin agar toko2 full stock semua (kl bisa overstock)... sayangnya distributor krg siap barang, jadi pas timingnya bandar2 pada pgn borong stok dist malah kosong. Ntar pas stok ada, toko2 dah pada tahu klo hg turun,... minat bandar buat ngeborong jadi berkurang deh...
Indofood dan Unilever yg market leader pun masih lebih baik pelayanannya dari Wings.
Tapi produk Wings memang positioning harga lebih baik. Lebih murah, tapi ga murahan.
Kopi Top memang jos, kemaren habis dapat 100 rb hadiah di bungkusnya, sayang ga cair2 sampe sekarang! Oiii PT Inti Daya Rajawali Terboyo Semarang, mana hadiah gw
Di lidah saya, produk kapal api relatif lebih manis dibanding bikinan wings atau torabika. Merk ABC plg manis, sama spt fresco, baru merk kapal api, Top, n terakhir torabika.
Kapal api ini lucu. Bikin merk macem2 tapi rasanya cenderung serupa. Tiap satu merk ada promo, yang termakan justru merknya sendiri juga, bukan merk milik kompetitor. Kapal api susu dibikin promo 2 gratis 1, bukannya omset Top coffee yg ngedrop, justru ABC susu n fresco yg turun drastis,...hadew..
(Tadi yg ditulis kalau dijual kurang dari 1000 repot kembaliannya)
Hitung2 orang mungkin beliin temennya sekalian, nambah langganan. Hehe
Merek yg COD cuma kapal api, yang lainnya tempo ya? Atau ada merk lain yg bisa survive walau COD juga ya?
yogi
Justru rata2 pemain kopi terkenal mainnya COD. Produk kopi terkenal yg ngasi term ya wing aja.
Persaingan kopi nasional sedang sengit2nya. Bakalan banyak yg berdarah2 di samudra merah..haha
Cari samudera biru mas, kayak white kofie luwak sachet dulu..., sebelum banyak kompetitor yang meniru. Btw, sekarang white kofie jd banyak banget kompetitornya... abc white, kopiko white, grande white, hsl, marimas white..omg ...samudra merah lagi deh....
gede iklannya aja rasane blm pas.
tks
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.