Big Cola, Saingan Terberat Untuk Coca Cola

Mungkin sudah banyak dari rekan rekan yang sudah mencoba mengkonsumsi Big cola, minuman ringan berkarbonasi murah dari Aje. Variannya komplit, dari cola, lemon, strawberry, hingga orange. Semua rasa yang ada berkompetisi langsung dengan coca cola dengan variannya sprite dan fanta.

Dengan harga jual eceran hanya 3000 untuk 500ml minuman berkarbonasi siapa yang nggak mau coba, padahal kualitasnya relatif setara. Bisa dibilang Aje big ini sudah mampu menggantikan keberadaan coca cola di banyak lokasi. Di tempat saya misalnya, 650 pak(lusin) Big cola habis dalam 3 hari. Mo order lagi barang udah habis, harus nunggu seminggu lagi. Saat ini inden sudah ratusan pak, barang belum datang. Bisa dibilang, dengan harga jual saat ini, big cola sudah mampu menggantikan coca cola.

Bagaimana dengan coca cola? Sebenarnya saya juga tadinya menjual coca cola. Saya punya beberapa krat coca cola botol yang tadinya saya jual rutin, tapi sekarang tidak lagi. Semua krat berikut botolnya saya kembalikan ke distributor karena satu alasan, distributor tidak mau menerima penukaran hadiah tutup botol. Dulu, coca cola bikin promo hadiah tukar produk di tutup botolnya, bertuliskan, promo berlaku hingga 15 januari. Tanggal 5 januari saya mengklaim hadiah tsb ke pihak distributor, tapi klaim ditolak dengan alasan hadiah yg masuk sudah banyak, jd tidak menerima hadiah lagi. What? Aneh sekali. Saya rugi ratusan botol untuk penukaran hadiah. Karena emosi saya minta krat coca cola saya ditarik semua berikut botolnya, dan saya nggak jual coca cola lagi. Kebetulan ada big cola, jadi saya ajak pelanggan saya pindah ke big cola. Untungnya pada mau, dan sekarang malah booming. Ya sudah, tidak ada coca cola, sekarang ada big cola. Lebih murah, lebih laris, dan nggak repot.

UPDATE Desember 2012
Bad news saudara - saudara. Sales bigcola mulai nyari untung sendiri. Produk langsung dijual ke langganan - langganan saya dengan harga lebih tinggi. Saya nggak disuplai lagi dengan dalih bermacam - macam. Sudah sebulan ini stok kosong. Kabarnya, diluaran harganya nyampe 33rb - 34rb per pak, padahal eceran cuma 3000, alias dapat ngecermya cuman 36rb per pak.

Memang susah membesarkan produk baru jika endingnya seperti ini. Para pelanggan banyak yang minta produk, sementara stok tidak tersedia karena memang disengaja pihak suplier. Kelemahan distribusi paling fatal adalah tidak bisa menjaga kontinuitas suplai produk. Hal seperti ini pula yang membuat saya enggan juga menjual produk - produk Aqua. Pas lagi laris suka dimainkan sendiri oleh supliernya, entah itu salesnya atau siapa yang jelas harga dan suplainya tidak stabil.

Sementara ini, yang saya push adalah floridina dan coca/fanta/sprite seru. Floridina tentunya jadi prioritas pertama, karena selama ini suplai wings paling stabil, sementara cola/sprite/fanta menjadi alternatif karena selain nggak butuh krat, distributornya ngasih kemudahan karena komplain saya atas kasus sebelumnya.

Sebuah pengalaman berharga untuk saya. Seperti inilah dinamika bisnis. Jika tadinya saya gencar menjajakan big cola, kini tidak lagi. Biarlah yang mendapat budget promo saja yang cuap - cuap. Toko cuma sebatas menyediakan produk, itupun kalau suplai ada.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

11 komentar:

Seputar Jakarta said...
malah aku kira iklan spiderman itu type baru coca cola, eh, ternyata merek lain to, pantesan coca cola langsung bantin harga ke 3950 dari yang sebelumnya 6000 [harga di outlet yang sama]
Admin said...
Iya. Saya sempat jual juga coca cola yg diecer 4000 itu. Versi 425ml. Harga kartonan standar 28 ribu isi 8 biji. Pas promo beli 10 dus gratis 1 dus. Lagi - lagi, promo itu ga sampai ke saya.... yg gratis sekarton ga dikasih.... ampun deh...
Inyong said...
emang murah ko big cola
Admin said...
Stok bigcola sekarang susah. Sudah 2 mingguan ga ada kiriman. Kayaknya diecer sendiri sama salesnya dgn harga lbh tinggi. Sekarang lagi push coca cola seru. Pas dapat promo hg murah, jd seminggu bisa habis 100an dus.
emang big cola itu murah,rasanya juga relatif mirip dengan coca cola,dan rasa yang lebih bervariasi.
utari ist said...
big cola 3.100ml harganya berapa
Admin said...
13rb mbak. Biasanya pada jual sedikit diatas itu.
Anonymous said...
q beli big cola 3.100ml di alfamidi 15.000, ampun deh tapi gpp lah udah lebih dari fanta yang cuma 1.5 harganya selagit :D
pinjaman1 said...
Ya, harga big cola memang lebih murah untuk berbagai ukuran dibanding dengan coca cola
kahfi aje said...
Moga think big tetap membuming
sejak big coLa Launching, maLah jadi Langganan beLi. Ga pernah beLi produk dari coca coLa company Lagi. .

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e