Karakter Khas Seorang Pemimpin

Dalam suatu kelompok yang memiliki tujuan, hampir bisa dipastikan ada yang menggerakkan dan bertindak sebagai pimpinan/leader. Diluar baik/buruk kepribadian ataupun tujuannya, seorang pemimpin mempunyai karakteristik tertentu yang membuatnya diikuti/punya pengikut. Seorang pemimpin negara atau gembong perampok punya kesamaan hingga mereka menjadi pemimpin. Kesamaan itu khas, dan jika disarikan, ada 3 hal yang khas ada pada seorang pemimpin.

1. Lebih disegani
Orang disegani karena banyak hal. Bisa karena wawasannya, kepintarannya, kekuatannya, atau hal - hal lainnya. Orang tidak akan mau menjadi pengikut atau dipimpin oleh orang yang disepelekan banyak orang. Seorang pemimpin mampu membuat orang lain merasa tunduk dan takluk.

2. Lebih mampu memberi perintah
Seorang pemimpin mampu memberi perintah dan dituruti pengikutnya. Orang yang disegani tapi tidak punya kemampuan memerintah hanya bisa disebut penasehat, atau tetua.

3. Lebih berani mengambil keputusan.
Seorang pemimpin berani mengambil keputusan. Tidak ragu - ragu atau takut salah dan dipersalahkan. Pemimpin berkepribadian baik berani memikul tanggung jawab untuk segala resiko dari keputusan yang diambil, sedang pemimpin berkepribadian buruk akan mencari cara untuk lepas dari segala akibat dan tanggung jawab. Dengan mencari kambing hitam misalnya.

Orang yang memiliki kelebihan di ketiga karakteristik di atas secara alami akan menjadi pemimpin di kelompoknya, baik atas keinginannya sendiri ataupun melalui desakan orang - orang yang ingin dia pimpin, baik itu di level keluarga, hingga ke level negara hingga dunia.

Terlepas seseorang itu pemimpin yang baik dan menuju kemakmuran atau pemimpin yang buruk dan membinasakan, pemimpin tetaplah pemimpin.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e