Mengenal Kualitas Film (Bajakan)


Jika ditilik dari sumbernya, kualitas film bisa dibedakan sebagai berikut :

BRRip
Blu Ray disk memiliki resolusi maksimal 1920x1080 dan menjadi sumber film terbaik untuk dirip. BRRip adalah istilah untuk encoding hasil rip dari Blu Ray disk (BDRip), dan biasanya disimpan dan didistribusikan dalam format yang terkompresi. BRrip umumnya beresolusi 720p dengan kualitas audio 5.1 kanal. Dengan kualitas seperti itu, ukuran file setiap film bisa dibawah 1GB dan relatif mudah didistribusikan via Internet dengan kualitas gambar terbaik. Kelemahan dari BRrip ada pada proses dekompresinya. Saat film diputar, jika spesifikasi hardware komputer tidak mencukupi, gambar akan patah - patah, bahkan kadang tidak bisa diputar sama sekali.

HDTV atau DS Rip
Hasil ripping yang bersumber dari tayangan berbayar yang bersumber dari film kualitas HD, baik via kabel maupun via satelit (DS/Direct Satelite). Kualitasnya biasanya diatas DVDRip  namun masih dibawah BRRip.

DVDRip
DVDrip adalah hasil ripping dari DVD original. Kualitas gambarnya bagus dengan tingkat kompresi medium, sehingga dalam proses penayangan film tidak terlalu membebani komputer. Ukuran file yang dihasilkan biasanya lebih kecil dari BRRIp.

TC (Telecine) 
Telecine adalah hasil metode pengkopian film digital langsung dari pita film. Kualitas suara dan gambarnya hampir setara DVDRip, hanya saja, selain lumayan langka karena peralatan untuk melakukan pengkopian jarang dijumpai, pengkopian dari pita film seringkali membuat gambar sedikit tergeser ke kanan atau ke kiri dari posisi seharusnya.

DVDScr
Mirip seperti DVDRip, hanya saja berasal dari DVD Promo/demo dimana diselinggi tulisan - tulisan info yang mengganggu dengan kualitas audio lebih rendah. DVDScr bersumber dari DVD yang dikirim ke kritikus, distributor, dan kalangan perfilman tertentu sebagai demo sebelum DVD originalnya dirilis untuk publik.

PPVRip
PPVRips berasal dari tayangan Pay-Per-View, semua rilis PPVRip adalah film baru yang belum dirilis ke DVD tetapi tersedia untuk dilihat oleh pelanggan Hotel.

R5
R5 berasal dari istilah DVD Region 5, yang sebenarnya bersumber dari pita asli seperti halnya TC, tapi diperuntukkan untuk region 5 (India, Afrika, Korea Utara, Rusia dan Mongolia). untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, hanya kelemahannya, kadang audio belum ada (atau memang tidak ada), dan biasanya audio diganti dari sumber lain dengan kualitas yang buruk.

CAM
Cam bersumber dari handycam tayangan langsung dari bioskop. Biasanya gambarnya ancur, ada orang yang lalu lalang, dlsb. Hanya layak untuk dijadikan VCD bajakan kaki lima karena terindikasi bisa merusak mata ^_^.

TS (Telesync) 
Kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM, hanya saja sudah dipoles agar lebih layak ditonton. Well,.. tetap saja masih jelek karena sumbernya sudah jelek duluan.

Workprint
Berasal dari film yang editingnya belum selesai secara keseluruhan. Biasanya terdapat cacat seperti ada adegan yang hilang, suara yang bisu/tidak beraturan, visual effect yang belum dirender, dlsb. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

Nah, yang di atas itu baru kualitas film jika dilihat dari sumbernya. Untuk kualitas film secara keseluruhan, sebenarnya ada hal lain yang musti diperhatikan, misalnya :

Kualitas hardware dan software untuk proses ripping
Ripping adalah istilah untuk pengkopian removable media (CD/VCD/DVD/BR) ke dalam hardisk. Proses ini membutuhkan hardware dan software yang bisa berbeda - beda kualitasnya, dengan kualitas hasil yang berbeda - beda pula.

Kualitas kompresi
Sistem kompresi ada beragam dengan format yang beragam pula. Umumnya, yang digunakan saat ini adalah codec divX dan didistribusikan dalam kemasan format matroska (.mkv). Matroska dipilih untuk distribusi film karena fleksibilitasnya dalam menyajikan subtitle.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

6 komentar:

flm bajakan itu sama dengan ilegal ya???ternyata bajakan juga masaih punya kualitasa ya
Seputar Jakarta said...
klo bajakan karya bule ya no comment ane, klo karya anak bangsa masak tega siih...
Admin said...
Sama - sama ga bayar, tetap pilih yang bagus kok om...hehe.
Admin said...
Tega kok bos, wong udah banyak sumbernya di net. Klo model sundel bolong perawan, lebih ga tega buka dompet ngeluarin duit kali...
Anonymous said...
murah kok njaluk apik. Gitu aja kok repot
Admin said...
Lebih bagus yg gratis drpd yg murah... BRRip tu gratis..

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e