Trend microblogging

Perusahaan - perusahaan sofware besar biasanya punya produk unggulan yang membuat mereka mampu bertahan dalam keadaan krisis. Seperti halnya microsoft, adobe, oracle, dan perusahaan - perusahaan senior lain, mereka tidak sepenuhnya bersandar pada produk - produk populer yang basic pemanfaatannya hanya sekedar untuk iklan.

Produk - produk mereka pernah dan tetap memberikan banyak manfaat dan dikenal bahkan sebelum raksasa Google ada. Produk tersebut berfungsi di sisi produksi & operasional, bukan di sisi pemasaran. Produk mereka mahal dan dicari, tidak digratiskan.

Akhir - akhir ini banyak sekali produk atau layanan web - base yang mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah pengguna. Contohnya saja layanan microblogging seperti plurk atau twitter. Tidak dapat disangkal layanan seperti ini menarik dan bermanfaat bagi penggunanya, meski dampaknya bagi produktivitas masih layak dipertanyakan.

Yang jadi pertanyaan saya kemudian, mampukah mereka bertahan? Maukah pengguna - penggunanya diminta untuk membayar misalkan iklan sukar didapatkan? Rasa - rasanya berat. Meski penggunanya jutaan dan mungkin addicted, dalam prediksi saya, layanan seperti itu tidak akan berlangsung lama. Hilang berganti seiring tumbuhnya aplikasi - aplikasi serupa. Ada saja yang baru tiap harinya.

Mereka - mereka yang besar punya pondasi yang kuat karena bermain di sisi produksi. Sebenarnya banyak yang seperti ini. Mereka tidak terkenal, tidak banyak terpublikasi, dan tidak melayani pengguna - penggunanya dalam skala massal. Tapi mereka banyak dicari. Merekalah yang punya kans selamat lebih besar di masa resesi.

Twitter? Plurk? bagi saya sekedar selingan di rimba internet. Trend sesaat :-p. Keriuhannya tidak terlalu banyak menghasilkan uang. Karena bisnis adalah uang, maka yang tidak terlalu banyak menghasilkan uang tentu sukar bertahan. Bukan begitu? Paling - paling akan jadi fitur tambahan saja bagi produk - produk web - base perusahaan - perusahaan besar semacam microsoft atau google, itupun tidak dengan akuisisi, tapi bikin sendiri.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e