Tips Javascript Blogger Blogspot

Blogger adalah mesin blog yang tertutup, dalam arti, penggunanya tidak tahu apa yang terjadi si sisi server. Untuk bisa memodifikasi fungsionalitas standar, maka yang bisa dilakukan hanya lewat javascript dimana kemampuannya dalam mengolah data untuk ditampilkan sangat terbatas karena bekerja di sisi user.

Javascript sering diidentikkan dengan 'lambat', dan beberapa user memilih untuk menghindari penggunaannya untuk blog. Karena bekerja di sisi user, maka cepat atau lambat javascript sebenarnya sangat tergantung pada data apa yang dikerjakan oleh javascript itu sendiri. Makin banyak data yang dibutuhkan, maka prosesnya akan makin lambat, kecuali javascript yang digunakan adalah tipe asyncronous macam ajax atau jquery dimana page dapat ditampilkan tanpa harus menunggu keseluruhan data terload.

Nah, javascript blogger yang seperti apa yang kira - kira bakal membuat blog anda terasa lambat? Ada beberapa, diantaranya :
- Javascript pengolah feed. Ia lambat karena perlu mengambil data umpan dulu sebagai bahan untuk diolah.
- Javascript penampil gambar. Ia lambat karena perlu loading gambar - gambar untuk ditampilkan. Jika menggunakan asyncronous, akan mempercepat tampilnya halaman sementara gambar - gambar yang dibutuhkan sedang diambil.
- Javascript penampil elemen halaman. Javascript untuk membuat elemen model tab seringkali dibuat sekedar untuk menyembunyikan elemen. Jadi perlu menunggu elemen terisi baru ia akan tampil. Ini membuat halaman terasa lama untuk tampil.
- Javascript auto readmore blogger. Ini lambat karena ia mengolah data asli sebelum menampilkan data yang lebih simpel.
- Javascript loop replacing. Javascript yang perlu melakukan looping berulang. Misalnya saja penampil smiley. Ia sering gagal, terutama untuk koneksi lambat karena butuh proses loop dan replace string yang lumayan banyak.

Nah, jika blog anda menggunakan javascript - javascript tersebut, bersiap - siaplah untuk merasakan penurunan performa. Mulai dari lambat tampil, elemen kosong, hingga javascript yang gagal service karena materi yang seharusnya ia olah tidak kunjung tiba.

Jika masih memungkinkan untuk memanfaatkan gadget blogger, maka itu lebih baik. Jika tidak ada dan perlu memanfaatkan javascript, perhatikan data apa saja yang ia olah. Jika terlalu banyak dan sinkron, lebih baik hindari saja.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Zippy said...
Gak tw javascript apa aja yg ada di blog gue, xixixi...
Blog gue jg lumayan berat sih, tp tergantung jg ama koneksi internet'x :D
BudiTyas said...
Blog ini juga lumayan berat, terutama sidebarnya,... tapi ya ga papalah, sepadan sama kepuasan ngopreknya, xixi..
Mat MUN_D said...
gaul cuy sharing yu

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e