Sales, pada dasarnya adalah tujuan akhir, namun ia menjadi bentuk primitif dari bisnis modern yang menggunakan term marketing sebagai induk. Dalam bisnis modern yang lebih banyak menggunakan pemasaran halus atau soft selling, brand menjadi krusial. Selling skill sebagai keahlian individual disubstitusi oleh kekuatan brand dan mekanisme distribusi. Bagi sebuah brand yang kuat dengan distribusi yang bagus, salesman bisu sekalipun bisa dipekerjakan untuk men-drop produk ke reseller - reseller, dan aliran produk dari produsen ke konsumen bisa mengalir lancar tanpa banyak kendala. Itu mekanisme bisnis modern, dan mekanisme itu bisa jadi tidak lagi relevan karena sangat mungkin digantikan oleh yang lebih baru lagi.
Jika dibuat sebuah timeline, maka skema menuju terjadinya penjualan/sales dapat kita bagi menjadi 3 era :
1. Primitif
Era dimana tanggung jawab terjadinya penjualan bergantung pada skill selling individual. Mulai dari memperkenalkan produk, membuat konsumen tertarik, hingga akhirnya membeli, semua terbeban pada seorang salesperson. "Produk dagangan si A bagus" lebih dominan dibanding "Produk X bagus".
2. Modern
Era dimana terjadinya penjualan bergantung pada sistem marketing dan distribusi perusahaan. Memperkenalkan produk, membuat konsumen tertarik, hingga terjadi trial, dilakukan melalui aktivitas - aktivitas marketing yang sebagian besar bersifat satu arah. Dari perusahaan menuju konsumen. Publikasi via koran, radio, atau televisi menjadi ciri khas pemasaran modern.
3. Primitif Modern
Adalah era dimana penjualan akan kembali menjadi primitif. Primitif di sini tentu berbeda dengan primitif masa lalu. Primitif di sini adalah mekanisme jual - beli yang terjadi karena komunikasi produsen konsumen kembali menjadi komunikasi dua arah layaknya masa lalu, namun difasilitasi oleh beragam teknologi modern. Presentasi ala primitif tidak didominasi kontak penjual - pembeli dalam lingkup sempit, tapi menjadi semacam presentasi di sebuah hall luas dimana setiap percakapan didengar oleh banyak orang. Branding modern juga tidak lagi satu arah, namun tersebar dimana setiap konsumen bisa memajang pendapatnya di dinding hall layaknya lukisan untuk dilihat semua orang. Paradigma baru butuh toolset baru, bukan adopsi atau hasil adaptasi paradigma lama. Sudah siapkah anda dengan segala perlengkapan pemasaran baru untuk menyambut penjualan primitif di era modern?
Ke depan, poside akan lebih sering membahas mengenai pemasaran primitif modern. Jika anda tertarik dengan bahasan ini dan ingin terus mengikuti artikel - artikel mendatang dan berdiskusi, silahkan berlangganan artikel gratis via RSS feed. Dan satu lagi, kita berpijak pada sales, selling, bukan yang lain. Segala tetek bengek branding, awareness, data user, dan lainnya sekedar aksesoris addisi, bukan fokus. Jargon - jargon komplementer itu sangat mungkin jadi sampah, beban pikiran, dan bisa mendistraksi kita dari tujuan awal bisnis. Sale, produk laku.
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Opini |
10 years ago
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Strategi |
10 years ago
Marketing atau Pemasaran Dalam Pemahaman Yang Sederhana
-
*Marketing/pemasaran gampangnya adalah suatu mekanisme untuk membuat
produk/jasa diterima di pasaran. Konsumennya terus menerus membeli, dan
reselernya ter...
Pemasaran |
11 years ago
Kontes Video Iklan via Youtube
-
Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal,
untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan
internet. Bagi...
Ide |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Skill |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Stuff |
11 years ago
Alkohol Yang Membunuh
-
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak
bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di
In...
Popnews |
12 years ago
Mengejar Pasif Income
-
Kalo orang bilang sih, pasif income adalah income yang didapat karena aset
yang kita miliki, bukan karena kerja yang kita lakukan. Mudahnya saja untuk
blog...
Bisnis Online |
14 years ago
Poside : Sebuah Blog Pribadi
-
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog
abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan
penghasilan via *i...
Blogger Tips |
15 years ago
Internet Download Manager Portable
-
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat
berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel,
tanpa perlu i...
Software |
15 years ago
Membuat Top Komentator Blogger Blogspot
-
Menampilkan top komentator pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan
bagi komentator - komentator blog kita. Di blog ini, ada 5 komentator
terbanyak y...
Blogger Tutorial |
15 years ago
20+ Desain Blog Bernuansa Alam
-
Gaya natural atau alami banyak dipakai sebagai tema mendesain blog. Dari
rerumputan yang hijau hingga langit yang biru, semua bisa dilihat dari sisi
arti...
Desain |
15 years ago
2 komentar:
Sejak tidak sengaja tersesat ke blog ini beberapa bulan lalu, saya kini menjadi pecinta sekaligus praktisi dunia selling dan marketing. Terima kasih, Pak Budi. I'm your very first fan.
A.S
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.