Microsoft dan Smartphone

3 pabrikan besar, Apple, RIM, dan Nokia, sedang bertempur berebut pasar yang sama. Smartphone. Mungkin persaingan akan bertambah sebentar lagi dengan masuknya kembali pemain lama yang sempat tidak terdengar. Palm dengan palm pre nya.

Pabrikan - pabrikan tersebut menggunakan strategi yang kurang lebih sama seperti Apple masa lalu saat mulai menjual Mac nya. Menjual hardware sekaligus software. Smartphone masih dipandang sebagai handphone, belum menjadi suatu bentuk terpisah software-hardware. Hegemoni software belum terasa dampaknya.

Saya sendiri bertanya - tanya, sampai kapankah konsep seperti itu akan bertahan? Selamanya? Saya pikir tidak. Akan ada pengerucutan, dan sangat boleh jadi, kemenangan justru jatuh ke pihak lain selain pabrikan - pabrikan yang saya sebut di atas.

Pabrikan - pabrikan Asia adalah raksasa yang sedang menunggu dan bersiap. Sony, LG, Samsung, HTC, dan masih banyak lagi pembuat ponsel pintar yang tidak memiliki basis OS sendiri. Mereka lebih memilih bekerjasama dengan dengan pembuat OS smartphone daripada harus mengalokasikan dana untuk pengembangan OS untuk produk - produk yang mereka produksi. Khas perusahaan asia adalah fabrikasi hardware, bukan software.

OS smartphone yang memiliki potensi besar ada 2, yaitu Windows mobile dari microsoft dan Android dari Google. Manakah diantaranya yang akan memenangkan persaingan? Jika mau bertaruh, saya akan pegang Windows mobile.

Dari sisi urgensi, maka microsoft memiliki kepentingan besar dalam suksesnya windows mobile (winmo). Dengan makin dekatnya gap antara smartphone dan PC, maka kemenangan di winmo adalah jaminan keamanan Windows PC. Adalah ancaman yang sangat berarti saat smartphone didominasi oleh perusahaan lain dimana OS smartphone sangat berpotensi berubah menjadi OS untuk PC. Microsoft tidak akan mengambil resiko.

Dari sisi lobi, pabrikan besar semacam sony pun sudah lama menjadi mitra bisnis microsoft dimana windows tertanam sebagai OS bagi Vaio sejak bertahun - tahun yang lalu. Dengan bisnis software yang memiliki jalinan erat dengan beragam perusahaan hardware, microsoft mempunyai 'teman' yang sangat banyak. Belum lagi dengan perusahaan software. Dengan menguasai lebih dari 80% marketshare OS PC, produsen software yang menggantungkan pendapatannya dari windows teramat banyak. Mereka akan bersorak gembira jika dengan software yg mereka miliki bisa berekspansi melayani lebih banyak konsumen via winmo.

Dari sisi teknologi, microsof adalah gudangnya tenaga ahli yang banyak berkutat dengan hardware. Tentu tidak sebanding dengan Google yang basis bisnisnya adalah advertising. Dari sisi kapitalisasi modalpun Microsoft jauh lebih besar. Keduanya mempunyai arah bisnis yang sebenarnya berbeda.

Saat ini pemberitaan di beragam media sedang gencar - gencarnya mengulas tentang Palm pre, iPhone, Blackberry, maupun Nokia. Itu hal biasa demi "peningkatan oplah majalah". Budak - budak web 2.0 pun nampaknya begitu bersemangat mengulasnya. Termasuk saya :-). Industri smartphone nampaknya belum menjadi prioritas utama bagi microsoft dalam waktu dekat ini. Ada saatnya sendiri raksasa software itu dan raksasa - raksasa hardware asia sebagai mitranya masuk dan mulai menjadi kompetitor terberat bagi lawan - lawannya. So let wait n see. Benar atau tidak prediksi saya nanti.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

dani said...
kok saya masi prefer ke palm yg ringan ya, bukan berarti anti ms/windows..scr aplikasi free dan opensource-nya palm masi banyak tumbuh dan dipelihara
BudiTyas said...
Skr yg lagi hot emang palm. Tp palm tdk cukup besar utk bisa dominan. Pengembangan software+hardware tersendiri itu terlalu mahal krn menyangkut teknologi yg dlm hitungan bulan bisa berganti. Model bisnis microsoft dengan PCnya jauh lbh murah. Penetrasi smartphone klo gak salah baru 10%, jd pasarnya masih terbuka.

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e