Menggelar Tikar, Menjual Dagangan

Mungkin title itu cocok untuk mendeskripsikan model bisnis layanan - layanan gratisan di internet. Menyediakan layanan gratis seperti halnya menyediakan tikar atau meja kursi bagi suatu restoran, sementara produk dan bisnis yang menghasilkan uang dijalankan di situ, berbasis layanan gratisan tersebut.

Beberapa layanan yang bisa dijadikan contoh adalah Facebook dan CMS Joomla/drupal. Yang satu adalah layanan yang terorganisir, semenara yang satu lagi adalah CMS yang bebas digunakan dan disebaluaskan siapa saja. Facebook membuat uang berputar melalui layanan periklanan, sementara Joomla membuat bisnis desain dan customize memiliki ruang yang lapang. Keduanya menciptakan bisnis besar.

Menggelar tikar tanpa tahu apa yang bisa dijual di atasnya adalah kesalahan, blunder. Sama salahnya dengan menggelar tikar saat tikar lain sudah lama digelar dan orang - orang sudah nyaman ngobrol di atasnya. Bersaing dengan facebook menjadi sebuah kesalahan jika tidak ada nilai tambah yang khas. Bersaing dengan Joomla juga kesalahan jika tidak ada alternatif fungsionalitas fundamental. Penilai tidak melihat seberapa sulit sebuah kode program dibuat, tapi seberapa besar nilai tambah yang bisa didapatkan.

Pada dasarnya, telah begitu banyak tikar digelar. Jika fokus ke bisnis dan mau instan, maka akan lebih baik langsung saja menggelar dagangan di tikar - tikar yang sudah ada. Atau jika berharap menggelar tikar sendiri, buatlah tikar yang beda. Orang akan malas beranjak dari tempat duduk hanya untuk pindah ke tikar serupa.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

Zippy said...
Wah, bener tu sob...
Sebaiknya buat gebrakan baru....
Bisnis tersebut harus jadi sesuatu yang beda dan lebih oke...
BudiTyas said...
Haha, .. itulah yang sulit bro. Klo bisnis aplikasi web, kayaknya semua udah ada. Ini itu tinggal pakai aja. Gebrakan baru butuh ide2 brilian.
jemiro said...
wah, jomla dan drupal memang nice banget :D mudah dan cepat dalam membuat web :D hehe
membatu banget :D
Yani said...
Selain dari bisnis Membuat apalikasi apalagi ya kira untuk membuat Usaha/ bisnis yang bagus..

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e