Pada dasarnya saat transfer data itu bukan hambatan, sebuah informasi jika ditilik menarik atau tidaknya justru jadi terbalik. Kita bandingkan dengan iklan konvensional saja, maka yang paling menarik adalah iklan video, kemudian gambar, baru iklan text. Dilihat dari tarifnyapun bisa langsung kelihatan mana yang lebih mahal.
Iklan itu menarik karena 2 hal. Pertama konteks iklannya, kedua adalah art dari iklan itu sendiri. Dilihat dari konteksnya, ketiganya sama - sama mendeliver informasi pengiklan, namun dari sisi artnya, media video/gambar bergerak jauh lebih kaya.
Dengan makin majunya teknologi, koneksi jadi makin cepat, dan bukan tidak mungkin dalam 3-5 tahun ke depan koneksi broadband yang murah sudah ada di mana - mana. Lantas bagaimana dengan keunggulan Google? Kalau Google tetap fokus hanya ke iklan baris, mungkin saja ia akan ketinggalan jaman. Ia bisa saja dikejar lagi oleh yahoo (yang saat ini tidak terlalu menarik karena iklan gambarnya)
Saya membayangkan apa jadinya jika iklan - iklan tv yang menarik dan lucu - lucu itu bisa dengan mudah tayang di internet. WoW. Pasti hilang obrolan kita di internet yang bilang, "Dah pada liat iklannya Oalah..Agus Three di TV?" berganti, "Liat iklan Three di Yahoo ga?, iseng tadi ngeklik eh ternyata lucu lho..."
Itu harapan masa depan. Dengan adanya iklan video/gambar, selain lebih menarik, maka akan lebih banyak lagi ahli - ahli desain/ director yang dapat pekerjaan, dan tentunya dunia desain akan lebih berkembang. Untuk tahap perkenalan, bisa saja sebenarnya Google atau Yahoo mulai mengaplikasikannya sekarang, dengan memberikan pilihan buat pengguna tentunya agar pengguna yang koneksinya lambat atau terbeban bandwidth bisa memilih untuk tidak menerima iklan jenis tersebut.
Koneksi ke depan akan makin cepat dan makin baik. Itu sudah pasti. Nah, mulai dari saat inilah kita seharusnya sudah punya prediksi ke depan. Ide - ide kecil bisa saja jadi peluang.
4 komentar:
Semakin bergeraknya zaman, orang semakin rakus terhadap resources. Lihat saja, memori komputer 10 tahun dan bandingkan dengan sekarang.
Pastinya secara alami kita memang lebih menyukai melihat dari pada membaca. Ilustrasi/iklan dalam format audio visual memang lebih menarik.
Peluang memonetasi blog akan berkembang pula.
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.