Kulkas Alami Tanpa Listrik

Ini teknik pendinginan sederhana yang membuat kreatornya, Mohammed Bah Abba, mendapat hadiah Rolex award senilai $100.000 atau sekitar 1 milyar rupiah. Prinsip pendinginannya sederhana, yaitu memanfaatkan proses penguapan untuk mengambil kalor/panas sehingga membuat temperatur jadi rendah. Metode ini efektif untuk daerah kering. Kalau daerahnya lembab, proses penguapan sulit terjadi karena kandungan air di udaranya tinggi.

Cara membuat kulkas alami seperti ini :
Siapkan 2 buah gentong, yang satu besar, satunya lagi kecil. Taruh gentong yang kecil di bagian dalam. Di sela - sela gentong besar dan kecil dikasih pasir basah, kemudian ditutup dengan karung/kain basah. Nah, buah dan sayur yang ingin didinginkan ditaruh di gentong yang kecil.

a96721_a471_refrigerator

Proses penguapan air membutuhkan kalor/panas, dan itu didapat dari dalam gentong, akibatnya suhu dalam gentong berkurang 15 hingga 20 derajad dari suhu sekitarnya. Jadilah kulkas alami. Ini bukan saja hemat listrik, tapi membuat desainernya jadi milyarder. Dalam ukuran rupiah tentunya, hehe.

Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

6 komentar:

heru said...
wow mantap mas, bisa jadi ladang $ hehehe
marsudiyanto said...
Berarti kalau mau buat AC non listrik, musti buat rumah besar lalu didalamnya dibuat rumah kecil, lalu diantaranya diberi pasir basah...
[Hadiahnya dari Rolex bisa $1.000.000]
Poside said...
Kayaknya buat udara yang ga mengalir pak. Klo udara mengalir kayak AC, jd ga efektif. Klo rumah kita dibikin kayak gitu terpaksa kita juga harus berubah jadi tomat ato wortel biar cocok, hehe...
Anonymous said...
w40 k3wL b9T
risna lucu said...
tahan berapa lama tu dinginnya?
Admin said...
selama airnya blm habis menguap mbak...

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e