Menganalisa Sumber Traffic Blog

Yah, berkat e-refferer yang saya pasang beberapa hari lalu, saya bisa tahu traffic blog ini darimana saja lengkap dengan jumlahnya. Pada saat post ini ditulis, berikut adalah daftar 10 besarnya :

google.co.id [1293]
rp-0.blogspot.com [209]
lintasberita.com [185]
beritatercepat.blog... [165]
newsline.blogpico.com [93]
blogcatalog.com [34]
moresms.110mb.com [16]
search.yahoo.com [12]
politikana.com [11]
www6.shoutmix.com [9]

Dari sini kita bisa tahu beberapa hal, diantaranya :

Search engine google berperan besar dalam mendatangkan pengunjung. Terlihat dari data bahwa Google meninggalkan yang lain dengan perbedaan yang sangat jauh. Ini tentunya memberikan gambaran betapa pentingnya SEO dan Search Engine Strategy untuk mendatangkan pengunjung. Yahoo juga mendatangkan traffic, namun tidak terlalu signifikan dibanding google.

Rp-0 dan beritatercepat.blogspot.com adalah blog saya sendiri yang hanya berfungsi untuk menjaring traffic dari search engine. Kedua blog tersebut praktis tanpa isi, sekedar merujuk ke blog ini, hanya saja judulnya dibuat ramah search engine. Kalau melihat hasilnya, strategi menjaring traffic melalui blog pendukung seperti itu ternyata sangat efektif. Sama juga dengan newsline.blogpico, blog tersebut serupa dengan 2 blog saya di atas, fungsinya untuk mereferensikan blog lain.

Lintas berita ternyata juga sangat efektif. Kebetulan ada rekan yang tertarik dengan materi post dan memasangnya di lintasberita (thanks bro ^_^). Dan ternyata, lintas berita merupakan sumber traffic yang signifikan. Hanya saja ada kejanggalan. Di lintas berita terlihat votenya diatas 1000, tapi yang berkunjung ke blog ini hanya sekitar 200 (berdasar e-refferer). Apakah yang nge-vote di lintas berita tidak melihat postnya? Saya agak bingung (aka "curiga") dengan yang satu ini. Jika pengunjung datang dari search engine lantas menuju lintas berita untuk nge-vote, rasanya kok janggal, apalagi hingga 800. Yang paling mungkin sih, ada orang - orang tertentu yang nilai votenya lebih dari 1 ^_^, benar?

moresms.110mb.com dan politikana adalah sebuah forum. Bukan rahasia lagi jika forum adalah sumber traffic yang lumayan. Dan ternyata, jumlah traffic dari forum yang intens saya ikuti (politikana), jumlahnya masih kalah dengan forum yang saya bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Ini kejutan.

Blogcatalog memberikan kontribusi yang lumayan. Situs komunitas blogger itu memang tidak mensuply traffic secara instant, namun cukup stabil mengantar pengunjung dari waktu ke waktu.

Shoutbox adalah sumber traffic yang tidak terduga. Ternyata berkomentar di shoutbox mendatangkan traffic lebih banyak daripada meninggalkan komentar di kolom komentar. Yah, ini benar - benar di luar dugaan saya. Sekian banyak menulis komentar di blog - blog ternama, secara traffic hasilnya ternyata masih di bawah shoutbox. Jadi, jangan meremehkan shoutbox. Jika ada yang memasang, manfaatkan untuk mendatangkan traffic.

Nah, dari informasi di atas, ada beberapa hal penting yang bisa kita tahu, diantaranya :

1. Google tetap ramah pada blog baru selama post yang dia publish adalah unik. Ini terlihat dari blog Rp-0.blogspot.com dan beritatercepat.blogspot.com yang baru saya buat, minim isi, dan hanya dapat link dari blog ini saja.

2. Social bookmark mendatangkan traffic lumayan banyak, terutama jika post anda unik, lucu, atau aneh.

3. Berkomentar di blog orang lain, meski terkenal sekalipun, hasilnya tidak terlalu signifikan dari sisi traffic, meski mungkin bermanfaat untuk meningkatkan pagerank.

Demikian hasil analisa saya dari sudut pandang "blog baru" yang masih minim pelanggan dan komentator. Hasilnya tentu berbeda dengan blog senior yang sudah memiliki subscriber ribuan, yang tiap kali posting selalu didatangi pelanggannya yang berduyun - duyun berebut untuk menjadi komentator "pertamax!". ^_^
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

9 komentar:

perigi tua said...
hhaaddiirrr....
malam2 mengunjungi sahabat, berharap ada secangkir kopi tuk menghilangkan dahaga ini...
wow... manteepp infonya, pasang soundbox ya?
thx
cu...
BudiTyas said...
Wah, jadi ingat lagu masa kecil..

"Laura da costa.., sahabat pena antar benua"

Oke deh, besok masuk lho, jangan sampai bolos.. :D
ZonS said...
wah, keren infonya, thanks ya :)

kalo gitu, titip pesan di sotbox deh :lol:

.
Rigih said...
wew, begitu ya. saya lum pernah kut forum kaya gitu. coba dlu deh
BudiTyas said...
Ikutan forum selain dapat traffic juga dapat teman dan pengetahuan, bro. Ayo, join forum :)
siais said...
wah banyak sumber2nya...
marsudiyanto said...
Makasih ilmunya.
Sukses buat Pos Ide.
pro234 said...
twitter juga bisa nambah traffic kali ya mas
BudiTyas said...
@pro234
Wah, saya malah tidak memanfaatkan twitter. Buat blog baru, cari follower sama susahnya dgn nyari subscriber feed :p

@All
Trimakasih atas kunjungannya. Sering - sering mampir ya... :)

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e