PPC Lokal dan Variasi Iklan

Untuk PPC Indonesia, traffic adalah raja. Secara sistem memang demikian. Hal ini tidak sama dengan PPC luar negri, contohnya saja adsense. Untuk adsense, situs traffic rendah masih dimungkinkan mendapat hasil yang sama dengan situs bertraffic tinggi. Kuncinya ada di nilai klik yang variabel.

PPC Indonesia seperti kumpulblogger, adsensecamp, atau kliksaya misalnya, memberikan nilai klik yang sama. Rata - rata 300-500 per klik. Hal ini tentu membuat publisher berlomba - lomba hanya mengejar traffic, bukan berlomba - lomba memperkaya variasi materi blognya. Wajar jika kemudian ada yang mengejar traffic dengan cara - cara ajaib. Tag lendir misalnya, hee... ^_^.

Sebenarnya, apa sih variabel kelayakan PPC untuk bisa mendeliver informasi berkualitas untuk advertiser sekaligus memberikan benefit optimal untuk publishernya? Ada 2 hal yang saling terkait, yaitu :

1. Kontekstual ads
Ini adalah bentuk kelayakan PPC dari sisi advertiser. Dengan adanya kontekstual ads atau iklan yang sesuai dengan materi blog, maka yang ditarget adalah visitor - visitor potensial. Iklan sampai pada target yang semestinya. Tanpa ada kontekstual ads, pengiklan hanya akan berisi pengiklan - pengiklan yang tidak punya target spesifik, pokoknya asal pengguna internet saja. Jadi materi iklannyapun cenderung monoton.

2. Nilai klik yang variabel
Ini adalah bentuk keadilan PPC dari sisi publisher. Jika semua klik dianggap sama nilainya, bagaimana publisher - publisher dengan blog niche bersemangat mengikutsertakan blognya dalam program PPC? Sedang blog itu sendiri menyasar peminat spesifik dengan traffic yang memiliki batas maksimal yang relatif rendah. Pada akhirnya, pengiklan niche tidak tertarik karena minimnya blog yang cocok, dan ujung - ujungnya sama saja. Materi iklan cenderung monoton.

Misalkan saja 2 hal itu terpenuhi, maka blog - blog niche tetap berkembang menjadi bagian terintegrasi bisnis PPC sebagai ladang bagi advertiser niche untuk beriklan. Kontekstual ads saja tanpa klik variabel akan membuat iklan advertiser jarang tampil karena minimnya blog yang sesuai, sedang jika sekedar variabel klik saja, hehe.. mana mungkin? Bukankah variabel itu tergantung konteksnya? Dalam perkembangannya, arah PPC lokal seharusnya bisa seperti adsense. Setelah kontekstual ads diterapkan, harus seiring - sepaket dengan nilai klik yang variabel. Itu membuat informasi benar - benar terdeliver dengan optimal.

Btw, untuk sementara ini, kalau anda mau ikutan PPC lokal, yah.. kejarlah traffic sampai ke negeri Cina. Kalau anda ikut adsense, perkaya saja isi dan kualitas situs. Pendapatan akan menyertainya, meski tentu saja, traffic tetap tidak boleh diabaikan. Paling tidak, ke niche-an situs anda ada harganya.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

7 komentar:

rudy azhar said...
bagus infonya Mas, thanks...
heru said...
nice infonya mas, thanks ya
Poside said...
Trimakasih kembali mas -mas udah berkunjung :)
Bisnis Online said...
thanks yach infonya :) keren nih
Yep said...
Wah...aku belum kesini Mas...
Pengen juga sih.... :)
Poside said...
Trafficmu tinggi lho yep, klo skedar buat bli pulsa pasti sisa dapetnya :p
CumaINI said...
yup, makin kesini makin banyak aja nih PPC lokal

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e